Masak Apa Hari Ini: Mengatur Menu Masakan Untuk Seminggu

Salah satu kegiatan seru yang saya bikin setiap minggunya adalah ngatur menu masakan buat seminggu ke depan. Biasanya kan saya belanja mingguan untuk bahan-bahan masakan di hari Jumat malam (di supermarket) dan Sabtu pagi (di pasar tradisional), jadi kalo udah Jumat siang gini biasanya saya udah mulai tuh bikin daftar menu masakan buat hari Minggu sampe Jumat depan (buat Sabtu gak perlu, karena biasanya Sabtu kami makan di luar…hehehe).

Nah, udah mo 3 minggu ini saya gak punya mbak lagi di rumah, jadi ya otomatis kudu masak sendiri. Karena saya ngantor pagi dan harus berangkat pagi banget buat nganterin si abang sekolah dulu, maka saya milih bangun pagi jam 3 supaya punya waktu yang cukup tanpa terburu-buru di dapur selama 2 jam. Jam 5 saya udah harus kelar dengan urusan dapur trus harus segera mandi biar masih punya waktu yang cukup juga buat milih-milih baju dan dandan cantik…hehehehe…

O ya, karena lagi gak ada mbak, maka untuk urusan bersih-bersih rumah dikerjain sama pak suami dan si sus. Biasanya pak suami di lantai atas, sementara si sus di lantai bawah atau gantian terserah mereka lah ngaturnya, saya mah taunya sibuk di dapur aja dan taunya jam 5 udah pada kelar semua. Rumah udah bersih luar-dalam-depan-belakang sementara makanan udah tersaji di atas meja makan.

Jam 5 pagi makanan udah kelar dimasak. Memang pagi banget ya. Untunglah di rumah ada si sus jadi makanan bisa dipanasin dulu sebelum diantar sebagai bekal ke sekolah abang dan kantor kami. Si abang memang untuk bekal makan siangnya gak bawa dari pagi, tapi dianterin ke sekolah deket-deket sama jam makan siangnya supaya makanannya bisa dinikmati dalam kondisi masih hangat. Buat ngambil bekal dari rumah dan nganterin bekalnya ke sekolah abang, kami minta tolong sama OB kantor (dia kami kasih gaji bulanan untuk itu). Selain buat bekal abang, si sus juga biasanya siapin bekal makan siang untuk saya dan suami juga, jadi kami bisa makan siang di kantor dulu dan cuma keluar untuk jemput abang dari sekolah. Sekali lagi, syukurlah di rumah masih ada sus, jadi ada orang yang bisa manasin dan masuk-masukin makanan ke kotak bekal 😀 .

Karena sekarang lagi masak-masak sendiri, maka saya mau share di sini menu masakan saya selama seminggu ini. Jenis masakannya sendiri biasa-biasa aja sih, cuma sapa tau gitu bisa ngasih ide ato pencerahan buat ibu-ibu lain yang juga kudu mikir hari ini mo masak apa? Hehehe…. Sebagian masakan minggu ini resepnya udah ada di blog ini, tar saya kasih link-nya. Sementara yang resepnya belum pernah saya tuliskan di blog ini, sekalian bakal saya bagikan juga resepnya di sini 😉 .

Last week menu
This week menu

Rancangan menu masakan buat seminggu biasanya saya tulis di atas post-it trus ditempel di kulkas. Berguna banget lho bikin rancangan menu kayak gini, antara lain gunanya buat saya tuh sebagai berikut.

  1. Bikin belanja bahan dan bumbu jadi lebih cepat dan tepat baik dari jenis maupun jumlah.
  2. Isi dalam kulkas gak ada yang kebuang karena dibeli sesuai kebutuhan.
  3. Gak bikin bingung diri sendiri pas mau masak dan gak bikin diri sendiri terdiam di depan kulkas lama-lama sambil mikir, “Hari ini mo masak apa?”
  4. Si suster jadinya bisa bantuin ngeluarin bahan lauk dari freezer sejak sore sebelum saya pulang tanpa harus nanya-nanya lagi ke saya, “Bu, buat besok mo ngeluarin ikan/daging apa?”

Untuk menu masakannya sendiri, saya biasanya cuma bedain antara menu sarapan sama menu makan siang/malam. Jadi apa yang dimakan siang, itulah yang dimakan malam. Terlalu ambisius kayaknya kalo saya berharap bikin menu yang beda untuk lunch dan dinner, sesuka-sukanya saya sama masak, tetep aja sayang waktunya cuyyyy…bisa dipake buat quality time yang laen kaann bareng suami dan anak-anak 😉 .

Trus itu di daftar menu ada juga saya taro menu buah untuk bekal siang si abang, biar si sus yang bantu siapin bekal abang gak bingung mo naro buah apa dalam kotak bekal abang 🙂 . Selebihnya untuk bekal si abang ya, adalah lauk-lauk dan sayur yang saya masak di hari itu. Syukurlah abang gak milih-milih makanan, apa aja yang saya masak dia mau makan 🙂 .

Ok deh, kita lanjut ya ke bahasan menunya hari per hari, tapi langsung ke hari Senin aja ya, karena hari Minggu saya lupa foto-foto…hihihihi…

Senin

Senin lauknya ayam woku (resepnya sama dengan mujair woku di sini) dan sambal goreng ati ampela pake kentang (ati, ampela, kentang, semua digoreng trus tumis sama bawang merah, bawang putih, dan cabe ijo). Sayurnya tumis buncis, wortel, baby corn. Untuk sarapannya saya bikin bihun goreng pake bakso sapi.

Masakan udah rapi di atas meja, tinggal ngopi cantik sebelum mandi 😀

Selasa

Untuk hari ini saya bikin soto ayam kampung. Itu ayamnya yang digambar masih belom disuwir-suwir, belom sempat, nanti si sus aja yang suwirin ayamnya…hehehehe…. Bikin soto ayam ini enak, karena gak perlu mikirin menu lauk yang laen 😀 .

Buat sarapannya sendiri saya bikin nasi goreng sosis, yang kemudian dimakan si abang pake kuah soto….hahahaha….

Rabu

Di hari Rabu saya bikin daging sapi bumbu rempah. Kalo ada yang mau resepnya, ini saya bagikan di sini.

Daging Sapi Bumbu Rempah

Bahan:

  • 1 kg daging sapi has dalam (saya pilih yang tanpa lemak)
  • 4 batang serai dimemarkan
  • 6 lembar daun salam
  • 6 lembar daun jeruk
  • 6 butir cengkih
  • 3 cm jahe dimemarkan
  • 4 cm lengkuas dimemarkan
  • 1 biji pala dimemarkan
  • 2 sdm tepung beras
  • 1 liter air (kurang lebih ini ya, yang pasti waktu masak bisa ditambah-tambahin airnya)
  • 400 ml santan kental
  • Minyak secukupnya untuk menumis

Bumbu halus:

  • 14 butir bawang merah
  • 6 siung bawang putih
  • 15 buah cabai merah
  • 1 batang terasi kecil (yang kayak merk ABC itu), dibakar
  • 4 cm kencur
  • 6 cm kunyit
  • 2 sdt gula merah bubuk
  • 2 sdt garam
  • 1/2 sdt merica bubuk

Taburan:

  • 5 buah cabai merah iris serong

Cara membuat:

  1. Potong-potong daging, cuci bersih, lalu tiriskan
  2. Tumis bumbu halus bersama serai, daun jeruk, daun salam, jahe, lengkuas, cengkih, pala, hingga harum
  3. Masukkan daging, masak bersama bumbu hingga berubah warna lalu masukkan tepung beras, aduk rata.
  4. Masukkan air, masak hingga daging empuk dan lembut (tes menggunakan garpu) dan air menyusut. Jika air sudah susut dan daging belum lembut, maka tambahkan air.
  5. Terakhir masukkan santan kental, masak dan terus diaduk hingga santan menyusut/kering dan warna daging menjadi cokelat gelap.
  6. Beri taburan cabe iris.

Bikin daging bumbu rempah ini gampang, cuma waktu yang dibutuhkan memang agak lama sampai daging lembut. Di saya biasanya butuh waktu paling kurang 1,5 jam untuk menyelesaikan masakan ini 🙂 .

Di hari Rabu ini, selain bikin lauk daging bumbu rempah, saya juga bikin lauk tahu kecap pedas. Sementara sayurnya saya bikin cap cay kuah.

Untuk sarapannya sendiri karena masak dagingnya udah lama, jadi cuma dadar polos doang…hihihihi….

Kamis

Hari Kamis nih jadinya agak melenceng dari rancangan menu. Sebabnya adek ipar dari Medan tiba-tiba datang dan bawa teri medan. Jadilah saya batal bikin tempe kemul, diganti dengan sambal teri medan. Trus sayurnya dari sop kimlo berganti jadi sup sayur wortel, brokoli, kembang kol, dan tofu.

Yang tetep konsisten adalah lauk utama, yaitu ayam goreng mentega. Ini resepnya.

Ayam Goreng Mentega

Bahan A:

  • 1 kg daging ayam
  • 5 siung bawang putih dihaluskan
  • 2 sdt garam
  • 1/2 sdt merica bubuk
  • 1 liter air

Bahan B:

  • 4 siung bawang putih dicincang
  • 1 buah bawang bombay diiris tipis
  • 3 sdm saus tiram
  • 2 sdm kecap inggris
  • 2 sdm kecap manis
  • 3 sdm margarine
  • 1/4 sdt merica

Cara membuat:

  1. Rebus ayam dengan Bahan A sampai empuk dan matang lalu tiriskan
  2. Goreng ayam sebentar hingga kecoklatan
  3. Panaskan margarine, tumis bawang putih dan bawang bombay hingga harum, lalu masukkan saus tiram, kecap inggris, kecap manis, ayam, dan merica. Aduk rata dan selesaikan rasanya 🙂 .

Jumat

Di hari Jumat untuk lauknya saya bikin mujair goreng saus kuning. Ini resep bener-bener adalah resep karangan saya doang, tapi saya sering bikin di rumah dan orang rumah pada suka..hihihihi….

Mujair Goreng Saus Kuning

Bahan:

  • 1 kg ikan mujair
  • 10 buah cabai merah keriting diiris serong
  • 1 cabai merah besar, keluarkan biji, iris serong
  • 1 cabai hijau besar, keluarkan biji, iris serong
  • 1 buah bawang bombay, iris tipis
  • 2 buah tomat dipotong masing-masing 4 bagian
  • Minyak untuk menggoreng dan menumis
  • 500 ml air
  • 1 sdt garam

Bumbu halus:

  • 6 butir bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 3 cm kunyit
  • 5 butir kemiri disangrai terlebih dahulu

Cara membuat:

  1. Goreng ikan dalam minyak panas hingga matang, angkat, tiriskan.
  2. Tumis bumbu halus bersama bawang bombay dan cabai merah keriting hingga harum
  3. Masukkan air dan tomat, masak hingga tomat layu
  4. Masukkan ikan, cabai merah besar, dan cabai hijau besar
  5. Beri garam, cicip dan selesaikan rasanya

Selain lauk di atas, saya juga bikin sayur sup wortel dan labu siam pake bakso sapi. Sementara untuk sarapannya berganti dari rancangan awal yang nasi goreng menjadi mie goreng sosis…hehehe…

=====================

Itulah menu makan kami di rumah seminggu ini. Hari ini saya udah harus bikin rancangan menu lagi untuk minggu depan, karena besok udah waktunya belanja mingguan.

O ya, untuk belanja, selain di pasar saya juga belanja di supermarket Diamond di PTC Mall. Saya suka belanja sayur di supermarket itu karena di situ nyediain banyak sekali pilihan sayur organik. Jadi biasanya saya beli sayur-sayuran semacam brokoli, kembang kol, buncis, wortel, jagung muda, tomat, caisim, kailan, dan sebagainya yang serba organik di situ.  Di pasar biasanya jadi tinggal belanja bumbu-bumbu sama ikan serta daging doang…hehehe… Untuk bumbu-bumbunya sendiri biasanya dalam seminggu saya pake kurang lebih 1/2 kg cabai merah, 1/2 – 3/4 kg bawang merah, dan 1/2 kg bawang putih. Bumbu-bumbu yang lain jumlahnya menyesuaikan dengan menu masakan di minggu itu.

Aneka sayur organik di Diamond PTC
Seger kaann liat yang ginian..hehehe
Brokoli dan kembang kol organiknya seger-seger
Kebayang kaann…..mereka dimasukkan dalam bakso kuah. Sedapnyaa!!

Itulah yang bisa saya share sekarang. Mudah-mudahan minggu depan bisa share menu masakan mingguan lagi.

Happy weekend ya!

PS:

  • Sejujurnya saya lebih seneng kalo bisa masak sendiri di rumah. Rasanya lebih puas aja gitu dan lebih tenang karena saya tau kalo saya masak, maka semua bahan-bahannya saya cuci bersih-bersih banget. Kalo mbak yang masak kan, ya walopun selalu diwanti-wanti untuk cuci bersih tapi kan hanya dia yang tau sebersih apa dibikinnya…hehehe… Udah gitu rasanya asik aja kalo dari sejak pagi buta udah sibuk, hari-hari rasanya jadi tambah bersemangat 😉 .
  • Kalo mau dapat lebih banyak inspirasi tentang menu harian keluarga, bisa follow atau liat-liat Instagram saya @kronesallisa, di situ saya sering update menu masakan di rumah hari per hari. Semoga bisa membantu memberi inspirasi yaaa 🙂 .
Iklan

66 thoughts on “Masak Apa Hari Ini: Mengatur Menu Masakan Untuk Seminggu

  1. hi jeng….lagi lihat email notif posting dirimu langsung di click…wah bisa di contek nieh beberapa menu disini, eh jadi keingat pingin banget eksekusi pindang ikan patin yang dulu sempat aku contek dari resepmu…besuk kepasar mau cari ikan patin. Btw untuk ikan udah nggak pernah belanja kepasar tradisional yah jeng?? dulu kayaknya pernah posting papanya raja beli ikan segar dipasar tradisional 🙂 tfs jeng

  2. Menunya aku zoom ada bayam kuah asem, resepnya gmna itu mb? Bru dengar kali ini.
    Brarti skrg abang udh gak sarapan oatmeal tomat keju lagi tiap hari? 😀😀
    Eh ada tempe kemul jg, tempe kemul itu kan boso jowo ,kok tau je mb? 😀😀

  3. Edaku yg satu ini emang keren banget deh. Super rajin. Menuku kok itu2 aja yaaa? Hiks. Ok da aku mau coba resep2mu deh…tq for sharing ya

    Btw Si abang dah bisa makan pedas ya? Aku repotnya masak kudi dua versi krna duo G ga mau makan pedas

    1. Edaaa…hahaha..bisa aja, da. Makasih yaaa…

      Aku juga andaikan gak bikin rancangan menu gini paling masaknya bakal bolak balik gitu2 aja da. Lupa tulis di atas salah satu kegunaan bikin rancangan menu adalah bikin kita jadi pengen nyari resep makanan baru yang belom pernah dicoba.

      Abang udah jago makan makanan pedas, da, jadi mo dibawa ke medan ato manado udah aman dia makan makanan khas kita 😀

      Iya, memang kalo anak2 blm bisa pedes jadi repot. Aku dulu sampe suka masak dalam dua versi, da. Biasanya cabenya aku halusin sendiri gak bareng bumbu laen, jadi kalo makanan kuah2 setelah udah matang ku pisahin, sebagian masak lagi dgn dimasukin cabe 😀

  4. Nyonteeeeeek…..hahahahahha….aku juga belanja mingguan Lis…tapi yang selalu ga sempet bikin menu mingguan….hahahahah…aku paling belinya standar2 aja (ketauan tiap minggu menunya itu2 aja) eh tiap hari si mbak selalu wa, bu besok masak apah…???
    Dueeeeng….lagi sibuk di kantor tiba2 langsung mikir besok masak apa hahahahah …

    Aku seneng tiap kamu share ginian…aku jadi terinspirasiiii…. 🙂

    1. Nah iya, aku males kalo ditanya2 gitu Ky. Kebayang lagi kerja urusan kantor tiba2 musti mikir soal masakan 😀

      Bikin rancangan menu gini juga biar menunya gak itu2 aja Ky, jadi tambah semangat nyari resep baru.

      Makasih ya Kyyy

  5. Ya ampuuuun sebagai anak asrama baca postingan ini cuman bisa nelen ludah. Ya ampun kangen masakan rumah. Di asrama itu sehari-hari pake jasa catering, cuman ya tiap hari menunya muter2 di itu-itu aja, sampe kayanya semua masakan rasanya sama.. hahaha.

  6. Kereennn! Aku tukang contek menu2 Mbak Lisa, yg dulu woku udah aku coba dan enakkk. Ada beberapa resep lain yg pernah diposting aku coba juga. Esp resep2 MPASI mu, Mbak yg plek2 aku contek. Super banget pokonya. Haha

  7. Gak ada pembantu tp kalo ada suster dan ob yg ngebantuin ya ok juga ya lis. Asik banget bisa nganter bakal anak anak jd gak bawa dari pagi dan jd dingin ya…

  8. abang Raja mau makan ikan buat bekal sekolah?
    kebanyakan anak2 nggak mau sih. ribet dengan durinya ya

    btw, kebiasan makan nasi gorng di sini mirip dengan abang, tapi pakai kuah sop daging, enak banget lho

  9. Iihhh mama Raja keren dah… Biarpun jd wanita karier tp tetep yaa urusan Rumah dan anak kepegang semua.. emang ya jeng Kalo Kita sempetin masak dulu sebelum kerja, sepanjang hari bawaan jadi tenang krn di rmh udah siap makanan sehat unt dimakan anak dan suami… Makasih info resep2nya ya..

  10. heubat mama raja…jadi terinspirasi buat rajin juga…biasanya semua diserahin ke mama dibelakang rumah untuk belanja dan atur menu dan teteh asisiten pulper kita yang masak he he he he

  11. Aku nyusun menu mingguan aja mikirnya lamaaa sampe akhirnya bosen sendiri hehehe.. ya gitu akhirnya tiap hari bingung mau masak apa. Tapi abis baca posting ini jadi semangat lagi!!! Ayo!!! hahaha… Thanks kak Lisa, you are so great.
    Kak harga sayur organik sama yg biasa jual di pasar beda jauh ga ya?

  12. Lisa… ijin nyontek beberapa resepnya yaaa ^_^. Baru mau tanya dah ada jawabnya.. ternyata tuk makan siang ada yg antar jemput, pantes bisa makan hangat, sehat, dan puas karena masak sendiri. Salut deh…

  13. Wah luar biasa kakak Allisa hehe.. Anak2 tidur jam berapa sampe bisa bangun jam 3 gt kak? Dari dulu begini apa karna lg ga ada art aja kak? Pengen bisa punya meal plan gitu, tp lama2 kagok dan ribet jg.. soalnya karna saya di rumah, jd sering berubah2 menu tergantung ketersediaan di tkg sayur hari itu hahaha.. Sy nyontek resep ayam menteganya ya hehe enakk loh 🙂 Next nyoba resep2 lain deh hehe makasihh yaaa… Gbu!

    1. Di rumah kami di weekday, jam 9 udah pada masuk kamar 😀 . Tadinya aku kayak gini krn gk ada ART, tapi akhirnya keterusan karena ngerasa ternyata lebih sehat kayak gini. Aku karena belanjanya mingguan jadi berguna banget bikin plan kayak gini, jadi gak bingung pas waktu mo belanja.

      Makasih juga yaa… Gbu too 🙂

  14. Hi salam kenal, kereb banget ibu yg satu ini. Really supermom, ternyata ibu pekerja masih bisa ngerjain kerjaan rumah walau perjuangan ya melek di pagi buta + pulang malem. Tp betul2 terinspirasi bgt bikin menu seminggu biar hemat juga jd gak jajan2. Trims ya inspired bgt.. Gbu

  15. Salam kenal kak,..senang banget baca posting menu2 masakan gini, tambah semangat lagi untuk bawa bekal makan siang ke kantor….sangat2 berguna utk saya yang mulai bawa bekal makan siang ke kantor, pengen coba resep mujair goreng saos kuningya kak….

  16. Da cari2 resep mujair woku dapa ngana p blog….hahahha
    ika pa kabar? poltak deng anak2 da bae2?
    email dang ngana p nomor telp..
    so kangen….

  17. Keren banget ini mbak, senang bukan main nemu blogmu. (Langsung save as favorit, hehehe) Makasi banyak sudah ngasih ide super keren untuk pengantin baru yang masih belajar seperti saya. Salam kenal 🙂 Semoga sehat selalu ya mbak ❤

Thanks for letting me know your thoughts after reading my post...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s