Tentang Si Manja Tukang Nempel dan Tentang Menu Masakan 4 – 8 September 2016

Aloha, selamat hari Selasa!!

😀 😀

Puji Tuhan, hari ini rasanya semangat banget memulai hari. Mungkin karena baru saja habis long weekend jadi bisa rileks lebih lama bareng keluarga. Mungkin karena pagi ini cerah setelah hujan mengguyur Palembang semalam dan menyebabkan banyak area terkena banjir. Dan mungkin juga karena rasa syukur mengingat sekarang udah bulan September di mana musim penghujan sudah di depan mata, tapi hingga kini tak ada setitik kabut asap pun yang terlihat membayangi kota ini. Puji Tuhan…

O ya, saya juga mau menyampaikan selamat hari raya untuk teman-teman yang kemarin merayakan Idul Adha, semoga semua dipenuhi dengan sukacita. Kami yang gak ngerayain aja bersukacita karena hari rayanya jatuh di hari Senin, apalagi yang ngerayain, ya kan? Hehe…

Hari ini, ada dua cerita yang pengen saya tulis di sini. Tentang si adek yang manja banget dan tentang menu masakan minggu lalu. Kesannya gak berhubungan ya, tapi sebenarnya berkaitan banget.

Untuk menu masakannya, seperti biasa, saya juga akan sekalian bagi resep di sini. Semoga bisa berguna untuk siapapun yang baca 🙂 .

Continue Reading…

Masak Apa Hari Ini: Mengatur Menu Masakan Untuk Seminggu

Salah satu kegiatan seru yang saya bikin setiap minggunya adalah ngatur menu masakan buat seminggu ke depan. Biasanya kan saya belanja mingguan untuk bahan-bahan masakan di hari Jumat malam (di supermarket) dan Sabtu pagi (di pasar tradisional), jadi kalo udah Jumat siang gini biasanya saya udah mulai tuh bikin daftar menu masakan buat hari Minggu sampe Jumat depan (buat Sabtu gak perlu, karena biasanya Sabtu kami makan di luar…hehehe).

Nah, udah mo 3 minggu ini saya gak punya mbak lagi di rumah, jadi ya otomatis kudu masak sendiri. Karena saya ngantor pagi dan harus berangkat pagi banget buat nganterin si abang sekolah dulu, maka saya milih bangun pagi jam 3 supaya punya waktu yang cukup tanpa terburu-buru di dapur selama 2 jam. Jam 5 saya udah harus kelar dengan urusan dapur trus harus segera mandi biar masih punya waktu yang cukup juga buat milih-milih baju dan dandan cantik…hehehehe…

O ya, karena lagi gak ada mbak, maka untuk urusan bersih-bersih rumah dikerjain sama pak suami dan si sus. Biasanya pak suami di lantai atas, sementara si sus di lantai bawah atau gantian terserah mereka lah ngaturnya, saya mah taunya sibuk di dapur aja dan taunya jam 5 udah pada kelar semua. Rumah udah bersih luar-dalam-depan-belakang sementara makanan udah tersaji di atas meja makan.

Jam 5 pagi makanan udah kelar dimasak. Memang pagi banget ya. Untunglah di rumah ada si sus jadi makanan bisa dipanasin dulu sebelum diantar sebagai bekal ke sekolah abang dan kantor kami. Si abang memang untuk bekal makan siangnya gak bawa dari pagi, tapi dianterin ke sekolah deket-deket sama jam makan siangnya supaya makanannya bisa dinikmati dalam kondisi masih hangat. Buat ngambil bekal dari rumah dan nganterin bekalnya ke sekolah abang, kami minta tolong sama OB kantor (dia kami kasih gaji bulanan untuk itu). Selain buat bekal abang, si sus juga biasanya siapin bekal makan siang untuk saya dan suami juga, jadi kami bisa makan siang di kantor dulu dan cuma keluar untuk jemput abang dari sekolah. Sekali lagi, syukurlah di rumah masih ada sus, jadi ada orang yang bisa manasin dan masuk-masukin makanan ke kotak bekal 😀 .

Karena sekarang lagi masak-masak sendiri, maka saya mau share di sini menu masakan saya selama seminggu ini. Jenis masakannya sendiri biasa-biasa aja sih, cuma sapa tau gitu bisa ngasih ide ato pencerahan buat ibu-ibu lain yang juga kudu mikir hari ini mo masak apa? Hehehe…. Sebagian masakan minggu ini resepnya udah ada di blog ini, tar saya kasih link-nya. Sementara yang resepnya belum pernah saya tuliskan di blog ini, sekalian bakal saya bagikan juga resepnya di sini 😉 .

Last week menu
This Week Menu

Lanjutkan membaca “Masak Apa Hari Ini: Mengatur Menu Masakan Untuk Seminggu”

Puding Nutrijel

Sejak gak punya ART, saya rajin liat-liat bumbu masakan instan. Maklum ya, dengan kondisi kayak gini musti bijak-bijak ngatur waktu dan memilih kegiatan yang lebih penting untuk dilakukan. Daripada kelamaan di dapur buat ngeracik bumbu, mending ngabisin waktu lebih  banyak buat nemenin Raja maen dan belajar. Meski suka nyari-nyari bumbu masakan instan, tapi tetep sih yang dicari adalah yang termasuk kategori sehat menurut saya, yaitu yang gak pake MSG dan kalopun pake pengawet/pewarna masih yang tergolong aman.

Nah, salah satu bahan makanan instan yang termasuk aman yang saya temukan adalah puding Nutrijell. Bener lho, saya baru tau soal puding ini beberapa hari yang lalu. Tadinya saya kirain yang merknya Nutrijell ya cuma yang jeli kenyal-kenyal itu 😀

IMG-20130224-05316

Lanjutkan membaca “Puding Nutrijel”

Woku Belanga dan Bayam Kuah Asam

Lagi pengen nulis resep, siapa tau bisa membantu para ibu yang masak sendiri di rumah yang saya yakin pertanyaan tetap di benaknya setiap harinya adalah : masak apa hari ini?? 😀

Kali ini saya pengen berbagi resep dua masakan khas Manado yang sebelumnya pernah saya singgung di sini : woku belanga dan bayam kuah asam.

Continue Reading…

PATIN

Ikan patin merupakan jenis ikan konsumsi air tawar, berbadan panjang berwarna putih perak dengan punggung berwarna kebiru-biruan. Ikan patin dikenal sebagai komoditi yang berprospek cerah, karena memiliki harga jual yang tinggi. Hal inilah yang menyebabkan ikan patin mendapat perhatian dan diminati oleh para pengusaha untuk membudidayakannya. Ikan ini cukup responsif terhadap pemberian makanan tambahan. Pada pembudidayaan, dalam usia enam bulan ikan patin bisa mencapai panjang 35-40 cm. Sebagai keluarga Pangasidae, ikan ini tidak membutuhkan perairan yang mengalir untuk “membongsorkan“ tubuhnya. Pada perairan yang tidak mengalir dengan kandungan oksigen rendahpun sudah memenuhi syarat untuk membesarkan ikan ini.

Ikan patin berbadan panjang untuk ukuran ikan tawar lokal, warna putih seperti perak, punggung berwarna kebiru-biruan. Kepala ikan patin relatif kecil, mulut terletak di ujung kepala agak di sebelah bawah (merupakan ciri khas golongan catfish). Pada sudut mulutnya terdapat dua pasang kumis pendek yang berfungsi sebagai peraba.

Ikan patin bermanfaat sebagai sumber penyediaan protein hewani.

Picture is taken from http://bayuputra.com/2010/04/20/budidaya-ikan-patin/

Setelah membaca komentar beberapa teman di tulisan sebelumnya, saya jadi ngerasa perlu nih untuk membahas tentang ikan namun yang lebih spesifik lagi yaitu tentang ikan patin!

Continue Reading…

Today’s Special

Saya, memang tidak begitu sering menulis tentang resep masakan di sini. Saya juga agak jarang menampilkan foto-foto makanan lezat di sini.

Tapii…seperti yang saya tulis di sini, sesungguhnya saya sangat suka dan sangat pede memasak.

Dan sekarang, di mana saya hanya punya seorang asisten di rumah yaitu si suster, kondisi ini serasa benar-benar menjadi berkat untuk saya. Yupe, karena sekarang saya tak punya asisten untuk masak memasak, jadi saya bisa melakukan semuanya sendiri!

Hari ini, hari kesekian di mana saya bangun di saat matahari masih sangat mengantuk. Tanda-tanda terbukanya tabir fajar bahkan belum ada. Namun di rumah kami, aktivitas yang penuh semangat telah dimulai oleh saya.

Diawali dengan doa tentu, lalu beberes dan bersihin rumah, dan kemudian dilanjutkan dengan: memasak!!

Oh…masaknya pasti yang gampang-gampang. Sekedar bikin ikan goreng dan kangkung tumis kan??

Huh…merendahkan banget! :mrgreen:

Ini dia hasil masakan saya hari ini:

Continue Reading…