Masak Apa Hari Ini: Daftar Menu Masakan Bulan Oktober 2016

Akhirnya, sempat juga nih nulis tentang menu masakan, tapi karena udah kelewat jauh, maka sekarang saya rekap aja sekalian untuk satu bulan. Itu pun karena waktu saya gak banyak, jadi gak bisa panjang-panjang ceritanya. Yang pasti, saya akan menuliskan beberapa resep masakan yang sebelumnya belum pernah saya bagi di blog ini πŸ™‚ .

Minggu ke-1

Menu Minggu ke-1 Bulan Oktober 2016
Menu Minggu ke-1 Bulan Oktober 2016

Hari Minggu

  • Sarapan :
    • Kwetiaw Goreng Bakso yang kemudian diganti jadi Mie Goreng
    • Telur Dadar Bayam Hijau
  • Makan Siang dan Malam
    • Mujair Goreng
    • Sambal Dabu-Dabu
    • Sup Bayam Jagung

Hari Senin

Soto Ayam Kampung Bening
Soto Ayam Kampung Bening

Hari Selasa

  • Sarapan: Kwetiaw Goreng Bakso
Kwetiaw Goreng Bakso
Kwetiaw Goreng Bakso
Daging Sapi Bumbu Rempah
Daging Sapi Bumbu Rempah

Tempe Kemul

Bahan:

  • 25 gr tepung tapioka
  • 75 gr tepung terigu
  • 150 ml santan kental
  • 300 gr tempe diiris tipis
  • 30 gr kucai iris (buat yang tinggal di Palembang, tempat paling mudah nemu kucai adalah di Diamond PTC)
  • Minyak secukupnya untuk menggoreng

Bumbu Halus:

  • 8 siung bawang putih
  • 2 ruas jari kencur
  • 1 ruas jari kunyit
  • 5 butir kemiri, disangrai dulu
  • 1 sdt ketumbar
  • 1 sdt garam

Cara Pembuatan:

  1. Campur semua bahan kecuali kucai, aduk rata hingga licin
  2. Masukkan kucai, aduk rata
  3. Celupkan tempe lalu goreng hingga matang

Hari Rabu

  • Sarapan: Mie Goreng Teri
  • Makan Siang dan Malam:
    • Ayam Suwir Pedas yang saya ganti dengan Ayam Masak Paprika
    • Perkedel Tempe
    • Sup Wortel Kembang Kol

Hari Kamis

  • Sarapan: Nasi Goreng
  • Makan Siang dan Malam:

Hari Jumat

  • Sarapan: Mie Goreng
  • Makan Siang dan Malam:

Minggu ke-2

Menu Minggu Ke-2 Bulan Oktober 2016

Hari Minggu

  • Ayam Woku
  • Sambal Teri Kacang
  • Tumis Bayam
Sambal Teri Kacang, Ayam Woku, Tumis Bayam
Sambal Teri Kacang, Ayam Woku, Tumis Bayam

Hari Senin

  • Gurami Asam Manis
  • Telur Dadar Kornet
  • Sup Wortel, Brokoli, Kembang Kol

Hari Selasa

  • Sarapan: Nasi Goreng Bakso
  • Makan Siang dan Malam:
    • Soto Kediri
    • Telur Rebus
    • Kentang Rebus
    • Sambal Cabe Merah

Soto Kediri

Bahan:

  • 1 kg Ayam Kampung
  • 2 liter Air
  • 400 ml santan kental
  • 2 batang serai, memarkan
  • 6 lembar daun jeruk
  • Minyak goreng secukupnya untuk menumis

Bumbu Halus:

  • 16 butir bawang merah
  • 8 siung bawang putih
  • 1 jari kunyit
  • 1 buah terasi kotakan (yang kecil-kecil itu), dibakar dulu
  • 1/2 jari jahe
  • 6 butir kemiri
  • 1 sdt merica
  • 2 sdt garam

Pelengkap:

  • Soun yang sudah diseduh dengan air hangat lalu ditiriskan
  • Kentang rebus
  • Telur rebus
  • Daun seledri diiris tipis
  • Bawang goreng
  • Jeruk nipis, kalo mau

Cara Pembuatan:

  1. Rebus daging ayam hingga empuk
  2. Ambil wajan, panaskan minyak lalu tumis bumbu halus bersama reai dan daun jeruk hingga harum, lalu tuang ke dalam rebusan daging ayam.
  3. Masak hingga bumbu meresap dan daging ayam benar-benar empuk, kemudian angkat ayam lalu tiriskan dan sisihkan.
  4. Masukkan santan kental ke dalam air rebusan, masak hingga mendidih.
  5. Daging ayam yang sudah disisihkan tadi lalu digoreng sebentar hingga agak kecoklatan, angkat kemudian suwir-suwir.
  6. Sajikan soto bersama daging ayam suwir serta bahan pelengkap lainnya.
Soto Kediri
Soto Kediri

Hari Rabu

Hari Kamis

  • Sarapan: Nasi Goreng Teri
  • Makan Siang dan Malam: Sop Buntut
Sop Buntut yang dibawa ke kantor. Penampakannya jadi agak kurang cantik ya..hehehe... Gak apalah, yang penting rasanya tetap enak
Sop Buntut yang dibawa ke kantor. Penampakannya jadi agak kurang cantik ya..hehehe… Gak apalah, yang penting rasanya tetap enak
Sambil coding, sambil makan sop buntut...nikmaattt
Sambil coding, sambil makan sop buntut…nikmaattt

Hari Jumat

  • Sarapan: Nasi Goreng Kuning
  • Makan Siang dan Malam:
    • Telur Bumbu Bali
    • Ayam Kecap
    • Sup Wortel Labu Siam

Minggu Ke-3

Menu Minggu Ke-4 Bulan Oktober 2016
Menu Minggu Ke-3 Bulan Oktober 2016

Hari Minggu

  • Sarapan: Nasi Goreng Merah (yang kemudian jadi ungu…wkwkwkwk)
  • Makan Siang dan Malam:
    • Ayam Masak Kecombrang
    • Sup Bayam Jagung
    • Tahu Goreng dan Sambal Kecap
Nasi Goreng yang awalnya pengen dibikin jaid warna merah, eh gak taunya malah jadi ungu. Ya udah, gak apa, malah jadi lebih cantik...hehehe... Oh iya, warnanya ini didapat dari bayam merah :)
Nasi Goreng yang awalnya pengen dibikin jaid warna merah, eh gak taunya malah jadi ungu. Ya udah, gak apa, malah jadi lebih cantik…hehehe… Oh iya, warnanya ini didapat dari bayam merah πŸ™‚

Hari Senin

  • Sarapan: Mie Goreng
  • Makan Siang dan Malam:
    • Gurami Goreng Tepung Saus Asam Manis
    • Sup Tofu, Wortel, Brokoli
    • Kering Kentang (yang batal dibikin karena gak sempat…huehehehe)

Gurami Goreng Tepung, untuk tepungnya saya pakai tepung terigu dan tepung sagu dengan perbandingan 2:1, tepungnya dicampur lalu diberi garam dan merica secukupnya. Sebelum digulingkan di tepung, terlebih dahulu daging gurami fillet dicelup (atau saya biasanya aduk sekalian di dalam mangkuk besar) ke dalam telur kocok
Gurami Goreng Tepung, untuk tepungnya saya pakai tepung terigu dan tepung sagu dengan perbandingan 2:1, tepungnya dicampur lalu diberi garam dan merica secukupnya. Sebelum digulingkan di tepung, terlebih dahulu daging gurami fillet dicelup (atau saya biasanya aduk sekalian di dalam mangkuk besar) ke dalam telur kocok

Hari Selasa

  • Sarapan: Nasi Goreng Sosi
  • Makan Siang dan Malam:
    • Daging Masak Kuah Asam
    • Kangkung Tumis
    • Fuyung Hai Kornet

Kangkung Tumis
Kangkung Tumis

Fuyung Hai Kornet

Bahan Telur:

  • 1 kaleng kornet (yang ukuran 340 gram)
  • 10 butir telur ayam
  • 1 sdt garam
  • 1/2 sdt merica
  • 4 siung bawang putih, haluskan
  • 100 gram wortel parut
  • 2 batang daun bawang bawang, iris halus
  • 1 sdt kecap ikan
  • 4 sdm tepung sagu

Bahan Saus:

  • 1 butir bawang bombay, iris
  • 5 siung bawang putih, cincang kasar
  • 1 cm jahe, cincang kasar
  • 1/2 buah wortel, iris panjang
  • 1 batang daun bawang, iris
  • 5 sdm saus tomat (atau sesuai selera)
  • 2 sdm saus sambal )atau sesuai selera)
  • 1 sdt gula pasir
  • 1 sdt garam
  • 1/4 sdt merica
  • 1/2 sdm tepung tapioka larutkan dengan kurang lebih 75 ml air
  • Air matang
  • Minyak secukupnya untuk menumis

Cara Pembuatan:

  1. Untuk telur, campur semua bahan telur, kocok hingga tercampur rata.
  2. Panaskan minyak, tuang telur dengan sendok sayur, balikkan setelah bagian di bawah matang. Masak telur hingga matang. Angkat, sisihkan (telur seharusnya berukuran tebal tapi tidak setebal telur di restoran Padang).
  3. Untuk saus, panaskan minyak lalu tumis bawang bombay, bawang putih, dan jahe hingga harum. Masukkan wortel, beri air, lalu masukkan saus tomat, saus sambal, garam, merica, dan gula pasir. Setelah wortel matang, masukkan larutan tepung tapioka, masak hingga mendidih dan mengental. Sajikan telur bersama saus.

O iya, seharusnya dalam saus Fuyung Hai terdapat kacang polong, tapi kami sekeluarga tidak suka dengan rasa kacang polong, makanya tidak saya masukkan πŸ™‚ .

Daging Masak Kuah Asam

Dari Tabloid Saji dengan penyesuaian seperlunya.

Bahan:

  • 1,5 kg daging sapi sengkel
  • 1 jari jahe, memarkan
  • 6 lembar daun salam
  • 4 liter air (kurang lebih)
  • 1,5 sdm gula pasir
  • 2 sdt garam (atau sesuai selera)
  • 6 buah tomat hijau, potong-potong

Bumbu Halus:

  • 15 buah cabai merah
  • 9 siung bawang putih
  • 1,5 sdt ketumbar
  • 3 buah kencur
  • 2 ruas jari jahe
  • 1 buah terasi kotak kecil, dibakar dulu
  • 1 jari lengkuas

Cara Pembuatan:

  1. Rebus daging hingga mengeluarkan buih, buang air, angkat daging, lalu rebus kembali dengan air yang baru bersama jahe dan daun salam hingga daging empuk (kalau saya sampai tiga kali rebus supaya yakin kalo dagingnya benar-benar bersih..hehe…)
  2. Tumis bumbu halus, lalu masukkan ke dalam rebusan daging.
  3. Beri garam dan gula, masak hingga semua bahan matang dan daging lembut.
  4. Sesaat sebelum diangkat, masukkan tomat hijau.
Daging Masak Kuah Asam
Daging Masak Kuah Asam

Hari Rabu

  • Sarapan: Spaghetti

  • Makan Siang dan Malam:
    • Ayam Goreng Tepung Saus Merica Hitam
    • Sup Wortel Labu Siam Ayam Kampung

Ayam Goreng Tepung Saus Merica Hitam

Inspirasi Dari Tabloid Saji dengan penyesuaian seperlunya.

Bahan:

  • 6 buah dada ayam tanpa tulang, potong-potong sesuai selera
  • 1 sdm garam
  • 1,5 sdt merica bubuk
  • 6 siung bawang putih, dihaluskan
  • Minyak untuk menggoreng

Bahan Tepung:

  • 900 gram tepung terigu protein tinggi
  • 9 sdm tepung sagu
  • 2 1/4 sdt baking powder
  • 1 1/2 sdm bawang putih bubuk
  • 1 1/2 sdm garam
  • 2 1/4 sdt merica bubuk

Bahan Tambahan:

  • 300 ml air

Bahan Saus Merica Hitam:

  • 1 butir bawang bombay, iris sesuai selera
  • 2 sdt kecap inggris
  • 2 sdt saus tomat
  • 1 sdt garam
  • 1 sdt merica hitam butiran, tumbuk kasar
  • 200 ml air
  • 2 sdt maizena, larutkan dalam 2 sdm air

Cara Pembuatan:

  1. Lumuri ayam dengan bawang putih halus, garam, dan merica bubuk. Diamkan dalam lemari es paling cepat selama 30 menit.
  2. Campur dan aduk rata semua bahan tepung.
  3. Gulingkan ayam dalam tepung, celup ke dalam air, gulingkan lagi ke dalam tepung sambil dicubit-cubit dan diremas-remas agar nanti agak keriting…hehe…
  4. Goreng ayam dalam minyak banyak yang sudah dipanaskan (tapi api jangan gede-gede supaya ayam matang seluruhnya dari luar sampe dalam tanpa ada bagian yang gosong duluan). Angkat, tiriskan, lalu sisihkan.
  5. Untuk bahan saus, tumis bawang bombay hingga wangi, masukkan air, kecap inggris, saus tomat, garam, dan merica hitam kemudian kentalkan dengan larutan maizena. Masak hingga mendidih dan meletup-letup.
  6. Hidangkan ayam bersama sausnya.

Hari Kamis

  • Sarapan: Mie Goreng Bakso
  • Makan Siang dan Malam:
    • Mujair Goreng Saus Kecap
    • Sambal Teri Kacang
    • Tumis Buncis, Wortel, Bihun

Hari Jumat

  • Sarapan: Spaghetti
  • Makan Siang dan Malam:
    • Ayam Goreng Tepung Saus Tiram
    • Wortel dan Buncis Kukus
    • Kentang Goreng Homemade

Ayam Goreng Tepung Saus Tiram

Inspirasi Dari Tabloid Saji dengan penyesuaian seperlunya.

Untuk masakan ini, sebenarnya untuk goreng tepungnya bisa menggunakan resep seperti Ayam Goreng Tepung Saus Merica Hitam di atas, tapi di sini saya beri resep goreng tepung yang lain lagi, terserah pemirsa mau pilih yang mana, hehe…

Bahan:

  • 6 buah dada ayam tanpa tulang, potong-potong sesuai selera
  • 1 sdt garam
  • 6 siung bawang putih, dihaluskan
  • Minyak secukupnya untuk menggoreng

Bahan Tepung:

  • 400 gram tepung terigu
  • 80 gram tepung beras
  • 8 sdm tepung sagu
  • 1/2 sdt merica bubuk
  • 1 sdt garam

Bahan Tambahan:

  • 400 ml air es

Bahan Saus:

  • 1 butir bawang bombay, iris sesuai selera
  • 1 siung bawang putih, cincang halus
  • 1 sdm saus tiram
  • 5 sdm saus tomat
  • 2 sdm saus sambal
  • 1 sdm kecap inggris
  • 1/4 sdt garam
  • 1 sdt gula pasir
  • 1/4 sdt merica
  • 300 ml air
  • 2 sdt maizena, larutkan dalam 2 sdt air
  • Minyak secukupnya untuk menumis

Cara Pembuatan:

  1. Lumuri ayam dengan bawang putih dan garam, diamkan minimal 15 menit (saya semalaman dalam kulkas)
  2. Campur dan aduk rata semua bahan tepung
  3. Gulingkan ayam ke dalam bahan tepung, celupkan ke air es, lalu gulingkan kembali ke bahan tepung sambil dicubit-cubit dan diremas-remas agar nanti jadi agak keriting
  4. Goreng di dalam minyak panas dan banyak hingga matang (api jangan gede-gede ya supaya jangan sampe bagian luar ayam udah gosong sementara bagian dalam belum matang). Setelah matang, angkat, tiriskan, lalu sisihkan.
  5. Untuk saus, tumis bawang bombay dan bawang putih hingga wangi, masukkan air, aneka saus, garam, gula, merica, kemudian kentalkan dengan larutan maizena. Masak hingga mendidih dan meletup-letup.
  6. Sajikan ayam dengan saus.

Minggu Ke-4 Oktober 2016

Menu Minggu Ke-4 Bulan Oktober 2016
Menu Minggu Ke-4 Bulan Oktober 2016

Hari Minggu

  • Sarapan: Nasi Goreng Hijau
  • Makan Siang dan Malam:
    • Ikan Mujair Masak Bilitango (belum bisa saya bagikan resepnya, karena masih gagal..huehehe…rasanya sih enak, cuma kayaknya ada yang salah deh…hehe)
    • Tempe Goreng
    • Sup Bayam Jagung
Nasi Goreng Hijau yang dibuat dari Bayam Hijau, dinikmati bersama Tempe Goreng dan Dadar Telur
Nasi Goreng Hijau yang dibuat dari Bayam Hijau, dinikmati bersama Tempe Goreng dan Dadar Telur

Hari Senin

  • Sarapan: Mie Goreng Sosis
  • Makan Siang dan Malam:
    • Gurami Saus Asam Manis
    • Sup Tofu, Wortel, Brokoli, Kembang Kol

Hari Selasa

  • Sarapan: Nasi Goreng Kuning
  • Makan Siang dan Malam:
    • Ayam Masak Kecombrang
    • Sambal Teri Kacang
    • Tumis Wortel, Buncis, Bihun

Ayam Masak Kecombrang

Kecombrang adalah tanaman bumbu khas Sumatera, di daerah Sumatera Utara lebih dikenal dengan nama kincung, jika digunakan dalam masakan, tanaman bumbu ini memberikan wangi yang menambah rasa sedap makanan.

Bahan:

  • 1,5 kg ayam, potong-potong
  • 2 batang serai, memarkan
  • 2 batang daun bawang, iris
  • 2 lembar daun pandan, iris
  • 2 lembar daun jeruk, iris
  • 2 batang kecombrang, iris tipis
  • Minyak secukupnya untuk menumis
  • 500 ml air

Bumbu halus:

  • 3 butir kemiri, disangrai dulu
  • 2 buah cabai merah
  • 5 buah cabai rawit merah
  • 1 ruas jari kunyit
  • 1 ruas jari jahe
  • 4 siung bawang putih
  • 3 butir bawang merah
  • 1 sdt garam

Cara Pembuatan:

  1. Panaskan minyak, tumis bumbu halus hingga wangi
  2. Masukkan serai, daun bawang, daun pandan, daun jeruk, aduk rata
  3. Masukkan ayam, aduk hingga daging ayam berubah warna
  4. Tambahkan air, masak hingga ayam lunak
  5. Masukkan kecombrang, masak hingga matang

Hari Rabu

  • Sarapan: Nasi Goreng
  • Makan Siang dan Malam:
    • Daging Masak Kuah Asam
    • Kangkung Tumis
    • Telur Dadar Isi (cabe, bawang merah, daun bawang)
Daging Masak Kuah Asam
Daging Masak Kuah Asam yang jadi salah satu olahan daging sapi favorit di rumah

Hari Kamis

  • Sarapan: Spaghetti
  • Makan Siang dan Malam:

============================

Udah deh, selesai sampai di situ menu bulan Oktobernya.

Lho kok udah kelar?

Iya, soalnya di hari Jumat tanggal 28 Oktober, saya gak masak berhubung malam sebelumnya baru jatuh di kamar mandi juga berhubung hari itu adalah hari ulang tahun saya yang mana suami ngajak nginep di hotel…hehehe…

O ya, seperti yang terlihat di atas, menu masakan harian saya bukannya yang banyak variasinya dari minggu ke minggu karena bagi kami asal tiap hari ada beda-bedanya aja udah cukup supaya baik yang makan juga yang masak gak merasa bosan πŸ˜€ .

Trus mohon maaf ya (kalo ada yang merasa menanti sih…hehehe), lama sekali baru update tentang menu masakan dan setelah update pun dalam bentuk rekap begini dan banyak yang tanpa fotonya pula πŸ˜€ . Maklumkanlah, yang punya rumah memang dua bulan terakhir sedang lumayan sibuk hingga tak bisa sering menulis. Sekarangpun harus segera udahan nih, semoga apa yang saya bagi sekarang bisa berguna bagi siapapun yang baca yaaa…. Selamat sore!

PS:

Kalo mau dapat lebih banyak inspirasi tentang menu harian keluarga, bisa follow atau liat-liat Instagram saya @menu.harian.plovea, di situ saya sering update menu masakan di rumah hari per hari. Semoga bisa membantu memberi inspirasi yaaa πŸ™‚ .

 

Iklan

24 thoughts on “Masak Apa Hari Ini: Daftar Menu Masakan Bulan Oktober 2016

  1. Met kenal mbak,tadinya saya cukup jadi SR ajahhh..dan selalu menanti postingan masakannya..deuhhh ga kuaattt deh klo lihat semua masakannya..
    kerja dan masih bisa masak sebanyak itu, saluutt banget.
    oh iyaa pengen nanya, itu masakan lauknya banyakan pedes.apa si adek juga udah maem yg pedes2 itu ?
    Dei, jogjakarta

  2. makasih byk jeng lissa, Sekarang tiap hari Minggu mau diniatkan masak sendiri, soale kepepet karena si teteh minggu skrg libur dan gak tega minta dimasakin emak, dan udah bosan sama makan diluar mulu he he he he

Thanks for letting me know your thoughts after reading my post...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s