Masak Apa Hari Ini: Berkreasi dengan Tabel Menu Masak Mingguan

Sudah bertahun-tahun ini, rutinitas saya setiap akhir minggu (kecuali kalo pas liburan ke luar kota) adalah membuat rencana menu masak mingguan. Udah terbiasa bikin kayak gini dan udah ngerasain banget manfaatnya,Β  makanya meski udah bertahun-tahun tapi rutinitas itu tetep saya jalanin.

Awalnya, rencana menu masak itu saya tulis pake tangan di atas sticky note trus saya tempel di kulkas, kayak gini….

Setelah sekian waktu berjalan, saya pun ngerasa kalo pake tulisan tangan dan sticky notes itu kurang efisien, karena tulisan saya jelek dan nulis pake tangan tuh melelahkan πŸ˜›Β  saya suka salah tulis sementara saya gak suka kalo ada coretan di kertas yang tertempel di kulkas ini, jadi biasanya kalo salah tulis, kertasnya pun saya ganti dengan yang baru. Berasa sayang aja gitu dengan kertas-kertas sticky notes yang kemudian terbuang percuma.

Karena itu, saya kemudian mutusin untuk bikin tabel menu masak di komputer aja. Kelar bikin tinggal dicetak dan tampilan tabelnya pun bisa saya ubah jadi format gambar buat ditampilin di IG khusus masak memasak saya @blessed.kitchen. Tabel menu masak yang saya bikin itu kayak gini contohnya.

Tabel Menu Masak Mingguan Tanggal 30 September – 05 Oktober 2019

Bagian atasnya ada quote, trus bawahnya berisi kolom dari hari Senin sampe Sabtu (atau tergantung kondisi, kalo mo liburan ya cuma sampe di hari sebelum pergi liburan…hehehe) yang mana di setiap kolom memuat rencana masak untuk menu utama (makan siang dan malam), sarapan, serta tambahan berupa buah. Format tabel ini dari minggu ke minggu ya sama, gitu-gitu aja, paling quote, jenis huruf, sertaΒ warna tulisannya aja yang saya ganti-ganti.

Pake tabel hasil bikin di MS Word ini menurut saya cukup efisien, karena jujur aja, saya lebih nyaman mengetik dibanding menulis…hehehe… Kalo salah tinggal tinggal delete, kalo mo nyontek dari menu sebelumnya tinggal copy-paste. Sudah gitu untuk kertasnya juga saya bisa pake kertas bekas yang salah satu sisinya masih kosong (termasuk kertas bekas berisi cetakan menu minggu sebelumnya πŸ˜„).

Karena ngerasa tabel menu seperti ini efisien, maka tabel ini pun terus saya pake dari minggu ke minggu.

Sampai satu waktu, tepatnya di hari Sabtu malam tanggal 05 Oktober yang lalu, begitu saya buka file di MS Word buat bikin rencana masak seminggu berikutnya, saya tiba-tiba ngerasa bosan banget melihat tampilan tabel yang terpampang di layar laptop.

Rasa bosen itu kemudian bikin saya iseng ngecek file rencana menu masak pertama yang saya bikin yang tersimpanΒ di folder ‘Meal Plan’ (semua rencana masak setiap minggu saya simpan di file yang berbeda, jadi di hard disk saya udah kayak punya database menu masak mingguan πŸ˜…). Begitu ngeliat tanggal di file pertama itulah baru saya sadar kalo ternyata model tabel yang sama udah saya pake selama lebih dua tahun lima bulan! Oalah, pantaslah saya sampe bosen gini liatnya, ternyata udah dari minggu ke minggu selama dua tahun lebih yang saya lihat adalah tabel dengan model yang sama. Untunglah gak sampe bikin saya jadi bosen masak ya πŸ˜….

Di situ saya kemudian memutuskan untuk mengganti model tabelnya, supaya gak ngebosenin lagi dan bisa lebih semangat bikin menu masak mingguan. Agar lebih afdol dan lebih menyemangati, saya memutuskan tiap minggu tabelnya harus berbeda-beda. Jadi ceritanya gak cuma menunya aja yang beda-beda, tapi tabelnya juga, supaya tiap minggu ada hal baru yang dilihat di pintu kulkas 😁.

Sejak malam itu, saya kemudian mulai berkreasi dengan tabel menu masak mingguan.

Penasaran sama hasilnya?

Yuk, mari kita lihat satu per satu yaaa…

Tabel Menu Masak Mingguan Tanggal 07 – 12 Oktober 2019

Yang di atas ini adalah yang pertama saya bikin pada malam ketika saya ngerasa bosen ngeliat tabel menu yang lama itu. Saya suka sama hasilnya yang berwarna-warni tapi tetep aksen dominannya adalah warna kesukaan saya, yaitu ungu. Setelah ngeliat hasil yang cerah ceria karena warna-warni seperti ini, saya pun mutusin kalo untuk minggu-minggu ke depannya tabelnya harus berwarna-warni juga. Harapannya sih biar yang masak juga hatinya bisa lebih cerah ceria sebagaimana tampilan kertas rencana menu masaknya yang tertempel di kulkas πŸ˜„.

Kalo format isi menunya pada dasarnya hampir sama ya. Ada untuk sarapan (S), menu utama untuk makan siang dan malam (U), serta ada tambahan berupa buah atau dessert (T).

Tabel Menu Masak Mingguan 14 – 19 Oktober 2019

Yang di atas ini favorit saya banget sebenarnya. Saya sukaaa sama warna-warni ‘sticky notes‘-nya. Mungkin di minggu-minggu berikut ide model ini bakal saya pake ulang. Gak bakal persis sama, sih, tapi temanya bakal sticky notes warna-warni juga.

Tabel Menu Masak Mingguan 21 – 26 Oktober 2019

Di atas ini yang paling anyar saya bikin. Baru dibikin tadi sore selagi nunggu anak-anak kelar les. Temanya papan tulis dan demi ini saya sampe download jenis font bertema chalkboard, untunglah ada jadi tulisannya bisa kayak tulisan kapur di papan tulis beneran…hehehe… O ya, karena tabel di atas itu adalah yang terakhir saya bikin, jadi itulah yang bakal jadi menu masak di rumah selama seminggu ke depan. Liatnya aja udah bikin semangat, gak sabar deh buat mulai belanja mingguan, mengeksekusi rencana masak hariannya, dan tentu saja gak sabar menanti bagian makannya! 😁

Puji Tuhan, memang dengan bikin model tabel yang berbeda-beda gini, hal yang sebenarnya udah merupakan rutinitas pada akhirnya gak ngebosenin lagi karena serasa ada yang baru tiap minggu. Yah, minimal walopun menunya gak begitu beda jauh dari minggu ke minggu, seenggaknya ada yang berbeda di tampilan menunya, ya gak? 😁

Kalau menurut pemirsa bagaimana, bagus gak tampilan tabel-tabel yang saya bikin? Yang jadi favoritnya yang mana nih?

O ya, saya dulu pernah bikin tulisan tentang daftar menu masak selama bulan Oktober 2016 dan lewat tulisan ini, yang sebenarnya aslinya bercerita tentang kreasi di tabel rencana masak, saya juga ternyata turut membagikan tentang daftar menu masak selama bulan Oktober 2019. Pas tiga tahun ya 😁.

5 respons untuk β€˜Masak Apa Hari Ini: Berkreasi dengan Tabel Menu Masak Mingguan’

  1. Lisa, dulu aku sempet bikin juga weekly plan. Template nya aku nyari di pinterest, yg ngasih gratis printable gitu. Tapi ya nulis tangan dan klo salah ya dihapus manual pake penghapus pensil 😁😁

  2. jd inspirasi masak juga nih. walo blom sanggup bangun jam 3 untuk masak πŸ˜€ tim food prep malam2 aku mah. thank you ya lisa

  3. Suka semuanyaaa. Kak lisa. Tapi salut banget menu makanannya banyak, trus masaknya yg susah2 semua (menurut aku) hahaha. Soalnya aku sendiri kalau masak, pasti 1 jenis sayur atau daging. Plus gorengan. Wkwkwkkw. Tapi enaknya bener yaa belanjaan jadi terarah dan uda tau bakalan mau masak apa.

Thanks for letting me know your thoughts after reading my post...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s