Masak Apa Hari Ini: Mengatur Menu Masakan Untuk Seminggu

Salah satu kegiatan seru yang saya bikin setiap minggunya adalah ngatur menu masakan buat seminggu ke depan. Biasanya kan saya belanja mingguan untuk bahan-bahan masakan di hari Jumat malam (di supermarket) dan Sabtu pagi (di pasar tradisional), jadi kalo udah Jumat siang gini biasanya saya udah mulai tuh bikin daftar menu masakan buat hari Minggu sampe Jumat depan (buat Sabtu gak perlu, karena biasanya Sabtu kami makan di luar…hehehe).

Nah, udah mo 3 minggu ini saya gak punya mbak lagi di rumah, jadi ya otomatis kudu masak sendiri. Karena saya ngantor pagi dan harus berangkat pagi banget buat nganterin si abang sekolah dulu, maka saya milih bangun pagi jam 3 supaya punya waktu yang cukup tanpa terburu-buru di dapur selama 2 jam. Jam 5 saya udah harus kelar dengan urusan dapur trus harus segera mandi biar masih punya waktu yang cukup juga buat milih-milih baju dan dandan cantik…hehehehe…

O ya, karena lagi gak ada mbak, maka untuk urusan bersih-bersih rumah dikerjain sama pak suami dan si sus. Biasanya pak suami di lantai atas, sementara si sus di lantai bawah atau gantian terserah mereka lah ngaturnya, saya mah taunya sibuk di dapur aja dan taunya jam 5 udah pada kelar semua. Rumah udah bersih luar-dalam-depan-belakang sementara makanan udah tersaji di atas meja makan.

Jam 5 pagi makanan udah kelar dimasak. Memang pagi banget ya. Untunglah di rumah ada si sus jadi makanan bisa dipanasin dulu sebelum diantar sebagai bekal ke sekolah abang dan kantor kami. Si abang memang untuk bekal makan siangnya gak bawa dari pagi, tapi dianterin ke sekolah deket-deket sama jam makan siangnya supaya makanannya bisa dinikmati dalam kondisi masih hangat. Buat ngambil bekal dari rumah dan nganterin bekalnya ke sekolah abang, kami minta tolong sama OB kantor (dia kami kasih gaji bulanan untuk itu). Selain buat bekal abang, si sus juga biasanya siapin bekal makan siang untuk saya dan suami juga, jadi kami bisa makan siang di kantor dulu dan cuma keluar untuk jemput abang dari sekolah. Sekali lagi, syukurlah di rumah masih ada sus, jadi ada orang yang bisa manasin dan masuk-masukin makanan ke kotak bekal 😀 .

Karena sekarang lagi masak-masak sendiri, maka saya mau share di sini menu masakan saya selama seminggu ini. Jenis masakannya sendiri biasa-biasa aja sih, cuma sapa tau gitu bisa ngasih ide ato pencerahan buat ibu-ibu lain yang juga kudu mikir hari ini mo masak apa? Hehehe…. Sebagian masakan minggu ini resepnya udah ada di blog ini, tar saya kasih link-nya. Sementara yang resepnya belum pernah saya tuliskan di blog ini, sekalian bakal saya bagikan juga resepnya di sini 😉 .

Last week menu
This Week Menu

Lanjutkan membaca “Masak Apa Hari Ini: Mengatur Menu Masakan Untuk Seminggu”

Soto Ayam Bening

Jumat pagi ngomongin makanan boleh ya…hehe… Hari ini kayaknya udah banyak yang memulai perjalanan mudik ya, di kantor udah mulai sepi orang. Hari ini aja staf saya yang masuk tinggal dua orang. Seneng rasanya liat orang-orang mulai mudik. Kami sendiri gak kemana-mana meski saya harus ambil cuti tambahan 1 minggu di luar cuti bersama yang udah diberikan sama kantor. Sebabnya apalagi kalo bukan karena si mbak dan si sus akan cuti pulang ke kampung, jadilah saya mulai besok akan tambah sibuk di rumah. Tapi gak apalah, itung-itung buat ngurusin badan…hehe… Toh pekerjaan sebagai ibu di rumah juga sebenarnya menyenangkan dan menyehatkan kok 🙂 .

Nah, salah satu hal yang memperingan tugas saya sebagai seorang ibu adalah karena si abang tumbuh besar menjadi anak yang tidak pemilih makanan. Dulu memang ada masa dia suka pilih-pilih makanan. Ini gak mau. Itu gak mau. Dan dulu dia tipe anak yang gak mau coba makan makanan yang belum pernah dia makan sebelumnya, jadi ya makannya bolak balik di itu-itu saja.

Continue Reading…