Mari Ngomongin Isi Kulkas Seri Ke-3

Yuhuuu….pengen cerita soal kulkas dan isinya lagi nih 😁.

k1600_img_20191001_083211

Unjuk jari yang kulkasnya masih sering berantakan hingga susah nyari bahan yang diperlukan atau yang kulkasnya suka berbau gak sedap akibat keseringan menyimpan makanan atau bahan makanan yang udah busuk?

Semoga di antara yang baca ini gak banyak yang unjuk jari yaaa….hehehe…

Namun jika ada, saran saya, lekas-lekaslah bebersih isi kulkas. Keluarkan semua isinya, pilah-pilah mana yang bisa dipertahankan dan buang semua yang udah rusak/busuk, lap bagian dalam kulkas dan cuci semua rak serta laci, lalu atur kembali semua bahan di dalam kulkas dengan baik, usahakan tidak ada bahan atau makanan yang disimpan dalam kondisi terbuka agar tidak ada noda serta bau yang menyebar di dalam kulkas. Menjaga kulkas tetap bersih itu penting, karena itu menyangkut kebersihan makanan yang kita konsumsi sehari-hari di rumah.

Selain kebersihannya, menurut saya yang perlu dijaga juga adalah kerapiannya, karena kulkas yang rapi dan terorganisir itu bukan aja hanya enak dipandang mata, tapi terutama memudahkan kita ngambil bahan dari dalam kulkas tanpa perlu ngubek-ngubek serta bikin kita bisa lebih cepat tau bahan yang perlu ditambah atau sebaliknya bahan yang udah pantas dipindah ke tong sampah πŸ™‚.

Sekarang, yuk mari kita lihat seperti apa isi kulkas kami minggu ini.

The Fridge Side

k1600_img_20190930_185208

Di bagian pintunya ada segala macam keju, butter, yogurt, mayonaise, cooking cream, rhum, aneka susu, sirup, saus tiram, dan water jug.

Di rak paling atas, seperti biasa ada buah-buahan.

k1600_img_20190930_184717

Buah-buahannya semua ditaro dalam kotak. Minggu ini ada nanas, apel, pir, anggur, pepaya, dan kedondong. Semua disimpan dimasukin dalam kotak. Untuk pepaya, supaya lebih tahan lama, masih dibungkus lagi dengan plastik cling wrap.

k1600_img_20191001_114058

k1600_img_20191001_114135

Anggurnya masih disatuin bareng pepaya dan kedondong, karena belum dicuci. Biasanya saya simpan anggur dalam kondisi udah dicuci trus disimpan di kotak lain yang ukurannya sama dengan kotak buat nanas potong di atas itu, seperti kayak gini nih…

k1600_20191001_182718
Alas tissue dapur dalam kotak itu supaya buah lebih terjaga kesegarannya

Di rak ke-2, di bawah rak buah, ada kotak berisi daun selada, santan, tempe yang dibungkus pake plastik cling wrap, dan juga ada milk container buat coffee maker machine. Mesin pembuat kopi yang saya miliki di rumah memang memungkinkan supaya sisa susu yang gak kepake untuk cappucino atau latte disimpan kembali di dalam kulkas bersama container-nya sekaligus.

k1600_img_20190930_184738

Di rak ke-3, ada kotak berisi daun kangkung serta kotak-kotak lain yang isinya adalah bahan-bahan yang mo dimasak keesokan harinya. Ini saya fotonya hari Senin malam, jadi ada kotak berisi daging sapi yang kemudian dimasak Selasa subuh kemarin. Empat wadah yang disusun di sebelahnya juga berisi sayur, bumbu, serta bahan-bahan yang dimasak Selasa subuh tapi udah dipersiapkan sejak Senin malam.

Di rak ke-4, ada aneka telur. Penghuni tetapnya sih adalah telur ayam negeri kualitas premium (mengandung omega-3 lebih tinggi dibanding telur ayam negeri biasa) serta telur ayam kampung. Telur puyuhnya adalah penghuni tambahan yang hadir karena tercantum di tabel menu masak untuk minggu ini 😁.

k1600_img_20190930_184824

Di rak ke-5, ada kotak-kotak yang berisi bayam merah organik, cabe merah, wortel organik, dan tomat organik. Masing-masing disimpan di kotak yang berbeda dan kotaknya dilapisi tissue dapur supaya bahan mentahnya bisa lebih awet di dalam kulkas.

Di bawah rak ini, ada dua buah laci, yuk mari kita intip isi di dalamnya satu per satu.

k1600_img_20190930_185048
Brokoli dan kembang kol dibungkus plastik cling wrap rapat-rapat gitu supaya lebih awet.

Di laci ke-1, ada brokoli organik, kembang kol organik, paprika merah dan hijau, kol, jeruk nipis sisa dari minggu lalu, cabe burung, tomat ceri organik (buat bikin dabu-dabu), seledri organik, tauge, lobak putih, labu siam organik, daun kemangi organik, dan daun bawang.

k1600_img_20190930_184909

Di laci ke-2, didominasi oleh bumbu-bumbu yang bisa disimpan dalam kulkas, seperti jeruk kunci, sere, daun pandan, kunyit, jahe merah, lengkuas, daun jeruk, daun salam, daun kunyit, kemiri, kencur, dan sebagainya. Masing-masing jenis bumbu disimpan dalam plastic bag sendiri-sendiri supaya kalo ada yang busuk gak mengganggu bahan yang lain dan juga gak bikin kulkas bernoda apalagi sampai jadi bau.

Freezer Side

Nah, itu tadi bagian fridge side, sekarang kita pindah ke pintu sebelahnya, yaitu freezer.

Isi freezer minggu ini

Di bagian pintunya seperti biasa, ada stok ceker yang disimpan per sekali masak, daging sapi cincang, daging ayam cincang, sosis, ham, dan bakso.

k1600_img_20190930_184418

Di bagian raknya, rak ke-1Β  isinya cuma ice cube tray aja.

Rak ke-2, ada sayuran serta buah-buahan beku yang biasa saya pake buat bikin smoothie. O ya, ini kenapa dibekukan? Karena bahan-bahan ini termasuk yang gampang rusak bila disimpan di fridge, jadi supaya lebih tahan lama mending saya simpan di freezer aja, kalo perlu untuk dijadikan smoothie tinggal ambil trus cemplungin ke dalam blender 😁.

k1600_img_20190930_185600
Pisangnya dipotong-potong, taro dalam kotak, trus masukin freezer
k1600_img_20190930_185504
Kalenya udah dicuci dan diblansir sebelum disimpan ke dalam freezer per porsi sekali bikin gini. Kalo pengen pake kale buat smoothie tinggal ambil sekantong trus masukin ke blender

k1600_img_20190930_184448

Rak ke-3 dan ke-4, isinya ikan dan daging. Semuanya dimasukin dalam plastik lalu dimasukin lagi ke dalam kotak. Dengan cara ini, kulkas gak akan pernah bernoda darah apalagi sampe bau amis πŸ˜„.

Laci ke-1 di bawah rak, isinya ada frozen vegetable kayak kentang, jagung, kacang polong.

Laci ke-2, paling bawah, isinya adalah stok ikan teri medan, yang wajib ada, gak pernah boleh kosong stoknya 😁.

============================

Begitu deh pemirsa, isi dalam kulkas kami minggu ini.

Isinya terlihat minimalis memang, tapi sebenarnya lebih dari cukup untuk penyediaan asupan gizi keluarga lewat menu masakan yang beragam setiap harinya.

k1600_20190929_191030-01
Menu masak minggu ini

Isinya minimalis, bukan karena sedikit, tapi karena sesuai dengan kebutuhan πŸ˜‰.

Bagaimana cara menjaga kulkas tetap rapi dan bersih tanpa harus sering repot-repot bersihin dan pilah-pilah isinya? Cara yang saya terapkan dari dulu sampe sekarang tetap sama dan udah pernah juga sih saya share di tulisan yang udah dari tahun 2014 itu, tapi sekarang saya bagikan lagi deh di sini supaya post ini bisa agak panjangan πŸ˜›.

1. Isi Kulkas dengan Bahan-Bahan yang Memang Diperlukan

Gimana caranya supaya tau mana yang dibutuhkan dan mana yang cuma dipengenin?

Kalau saya akan selalu menyarankan untuk bikin rancangan menu. Dengan adanya rancangan menu, maka panduan belanja akan semakin jelas. Kalo gak ada rencana masak kangkung, ngapain beli kangkung, ya kan? Kalo gak ada rencana minggu ini masak pake daun kemangi, ngapain di kantong belanjaan harus ada sekantong daun kemangi, ya kan? Dengan belanja pake panduan, maka gak akan ada lagi deh kejadian sayur busuk di dalam kulkas karena udah dibeli tapi gak dimasak-masak 😁. Kalo bahannya gak cepat rusak sih masih gak apa ya disimpen lama dalam kulkas, tapi kalo kayak sayur-sayuran gitu kan bukannya bisa disimpan berlama-lama. Saya sedih banget lho kalo harus buang bahan makanan dari dalam kulkas karena saking lamanya gak kepake sampe akhirnya busuk. Rasanya gak menghargai makanan dan buang-buang duit banget. Makanya, dengan mengisi kulkas hanya dengan bahan-bahan yang memang diperlukan, selain berguna buat kulkas, bermanfaat juga buat isi ATM…hehehe….

Karena selalu mengupayakan cara ini, maka kulkas saya terlihat ringkes, gak numpuk-numpuk, dan saya gak pernah kuatir kulkas cuma jadi tempat penampungan bahan busuk. Ujung-ujungnya, saya bisa berhemat uang serta sekaligus hemat energi, karena gak perlu harus sering-sering nyortir isi dalam kulkas….hehehe….

2. Telur Harus dalam keadaan bersih untuk disimpan di kulkas

Telur yang kotor itu sumber bakteri bila disimpan dalam kulkas. Makanya kalo beli telur, usahakan beli yang bersih. Kalo nemu yang kotor gimana? Berarti harus dibersihkan, caranya dengan dilap sampai bersih. Kalo kotor banget, bisalah dicuci dulu trus abis itu dilap sampe kering trus masukin ke kulkas.

3. Jangan Nyimpen Bahan Atau Bumbu Yang Berbau Menyengat

Ini contohnya seperti bawang-bawangan. Selain karena baunya menyengat, juga karena memang aslinya bawang-bawangan (yang belum dikupas) justru lebih awet ketika disimpan dalam suhu ruang. Jika bawang sudah dikupas, maka harus disimpan dalam kondisi tertutup rapat di dalam kulkas.

Tempat penyimpanan bawang dan kentang di dapur saya

4. pastikan semua bahan dan makanan yang disimpan dalam kondisi tertutup

Ini sebenarnya sudah saya bilang di atas ya, tapi saya bilang lagi karena memang ini penting kalo pengen kulkas bersih dan rapi. Dengan cara ini, selain membuat bahan makanan lebih awet, juga bikin kulkas terhindar dari noda (apalagi noda darah ikan tuh….selain jijik liatnya, juga bikin kulkas bau! Makanya khusus ikan saya bikin double protection. Udah dimasukin plastik, masih lagi dimasukin dalam kotak 😁) dan misal-misalnya seandainya ada bahan yang busuk maka baunya akan terkurung dalam kotak/plastik tanpa perlu menyebar ke seantero kulkas.

Untuk memastikan semua bahan makanan atau makanan dalam kondisi tertutup, saya memanfaatkan plastik cling wrap, sealable plastic bag, serta berbagai macam kotak (diusahakan semua clear box supaya bisa keliatan isinya dari luar). Memang jadinya boros plastik ya (walo gak dikit-dikit plastiknya dibuang sih, karena seperti sealable plastic bag itu bisa dipake berulang kali), makanya saya lagi nyari nih alternatif pengganti kantong plastik yang bisa buat di kulkas. Kalo semua kantong plastik diganti dengan kotak, maka akan boros tempat dalam kulkas. Kabarnya sih udah ada kantong silikon yang bisa dipake buat dalam kulkas, tapi saya belum nemu yang jual.

Selain bikin kulkas bersih, cara ini juga cenderung menjadikan kulkas terlihat lebih rapi yang mana tentu manfaatnya selain enak dipandang mata juga bikin kita lebih cepat menemukan bahan yang diperlukan di dalam kulkas.

Demikianlah pemirsa, cerita-cerita soal isi dalam kulkas kami minggu ini. Buka kulkas lalu lihat isinya bersih serta rapi itu adalah kebahagiaan buat saya, makanya jangan heran kalo saya sampe udah tiga kali mendedikasikan tulisan untuk kulkas blog ini 😁. Kalo pengen baca tulisan yang lama tentang kulkas, bisa di klik di sini dan di sana. Selamat hari Rabu, pemirsa!

16 respons untuk β€˜Mari Ngomongin Isi Kulkas Seri Ke-3’

  1. Terima kasih ilmunya Kak. Selalu menarik baca blog Plovea.com ini. Selalu menginspirasi. Gak bosen juga baca ttg isi kulkas lagi, meski yg pertama dan media jg ttp dibaca.
    Terus semangat nulis Kak dan mjd berkat.

  2. Aku juga tiap Sabtu pagi bongkar kulkas dan cuci kulkas, Hari Minggu udah fresh kulkasnya dengan penghuni baru. Buah-buahan juga aku pas-in buat seminggu. Biasanya penghabisan di hari Jumat atau Sabtu. Tetep kerapihan kulkasmu juarak banget dan lueeeeeegaaaaaa……..

  3. Kak bikin vlog doong heee, dari dulu suka sekali dg inspirasi dan tips2nya, entah ttg anak2, ttg masak, ttg isi kulkas, ttg menu ttg jalan2, ttg rumah, pokoknya semuanya suka ….

Thanks for letting me know your thoughts after reading my post...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s