Woku Belanga dan Bayam Kuah Asam

Lagi pengen nulis resep, siapa tau bisa membantu para ibu yang masak sendiri di rumah yang saya yakin pertanyaan tetap di benaknya setiap harinya adalah : masak apa hari ini?? πŸ˜€

Kali ini saya pengen berbagi resep dua masakan khas Manado yang sebelumnya pernah saya singgung di sini : woku belanga dan bayam kuah asam.

Woku Belanga

Bahan dasar untuk membuat masakan ini bisa beraneka ragam : tenggiri, tongkol, kakap, mujair, mas, nila, juga daging ayam pun bisa. Tinggal tergantung selera aja dan kalo saya tergantung persediaan bahan makanan di kulkas. Tapi walopun bahan dasarnya bisa apa aja, tapi lebih baik pilih yang dagingnya gak terlalu lembut ya, kalo terlalu lembut, ikan patin misalnya, bisa jadi cepet hancur dagingnya πŸ™‚

Untuk resep kali ini, saya pake ikan mujair πŸ™‚

Bahan :

  • 500 gram ikan mujair, dibersihkan, potong-potong lalu direndam sama air lemon cui dan garam minimal 30 menit
  • Kemangi 2 batang (dipetik daunnya)
  • Kunyit 1/2 jari, diparut (kalo gak mau repot, pake kunyit bubuk pun jadi. Cuma ya beda rasanya. Bedanya apa? Ya kalo diparut kan jari jadi berwarna kuning-kuning dan ini bisa jadi bukti otentik buat orang-orang yang masih teuteup gak percaya kalo ibu-ibu muda nan keren juga bisa masak. Eh, penting ya ini? Gak penting! Ya sudah, tak usah dihiraukan :mrgreen: )
  • Sere 1 batang, bisa hanya di geprek, bisa juga diiris.
  • Tomat 1 buah, diiris 8
  • Garam dan lada secukupnya
  • 1 sdm minyak goreng
  • Air

Ulek kasar (bumbu) :

  • Bawang merah 8 butir
  • Bawang putih 3 siung
  • Cabe merah 8 buah (tergantung selera dan kemampuan menerima masakan pedes aja yaa)
  • Cabe rawit (tergantung selera juga πŸ˜€ )

Cara membuat :

  1. Tumis bumbu, kunyit, dan sere sampai harus
  2. Masukkan ikan, aduk rata
  3. Masukkan tomat, garam, dan lada, aduk rata
  4. Masukkan air sampai ikan seluruhnya terendam (bukan tenggelam ya, artinya pokoknya sampai airnya cukup untuk mematangkan si ikan. Saat sudah ditaro air ini dan ketika ikannya hampir matang, selesaikan rasanya sampai garam dan ladanya pas, sambil diaduk hati-hati agar ikannya tidak hancur)
  5. Masukkan daun kemangi
  6. Tunggu sampai air menyusut dan ikan matang seluruhnya
  7. Angkat, sajikan.

Ini dia contoh gambarnya…

Mujair Woku Belanga

Woku belanga pada gambar di atas, warnanya kurang cantik. Mengapa? Karena gak pake cabe sama sekali! Maklum yaaa…suami masih belum bisa berurusan dengan segala cabe, makanya saya kalo masak segala bentuk cabe dihilangkan dari resepnya, hehehe…. Kemarin waktu mertua ada di rumah, saya bikin woku dalam dua versi, yang pake cabe dan yang gak, soalnya mertua susah bok kalo makan tanpa cabe, hehehe…

O iya, buat yang punya anak usia satu tahun ke atas, boleh lho dicoba resep tanpa cabe ini buat makanan padat anak, soalnya daging ikannya jadi lembut, rasanya seger, dan tentu pengolahannya lebih sehat karena ikannya gak digoreng. Raja juga suka banget makan mujair woku ini, lho πŸ™‚

Bayam Kuah Asam

Ini resepnya gampang banget lhooo…tinggal iris-iris lalu cemplung-cemplung. Resepnya sebenarnya udah ada di sini cuma ikan patinnya aja diganti sama sayur bayam πŸ™‚

Bahan:

  • Seikat sayur bayam, dipetik daunnya
  • 1250 ml air (atau diperkirakan lah yaaa, hehehe)
  • 10 lembar daun jeruk purut, buang tulang daunnya
  • 1 batang serai, memarkan lalu simpulkan
  • 1 lembar daun kunyit, disimpul-simpulkan juga
  • Cabe rawit merah utuh, tergantung selera
  • 2 tomat merah, dipotong menjadi 4 atau 8 bagian
  • 2 batang daun bawang, diiris kira-kira 1 cm
  • Garam secukupnya
  • 5 pucuk daun kemangi

Cara memasak:

  1. Rebus air bersama daun kunyit, daun jeruk, dan serai hingga mendidih
  2. Masukkan bawang merah dan cabe rawit, tutup panci dan biarkan selama kurang lebih 5 menit
  3. Masukkan daun bawang, tomat, garam, lalu sayur bayam, rebus sampai sayur matang.
  4. Matikan api, lalu masukkan daun kemangi.
  5. Sajikan hangat.

Foto sayurnya mana??

Hikkss….berhubung jenis masakan ini yang seriiinnggg banget dimasak di rumah, malah jadinya gak pernah difoto. Kasian deh πŸ˜€ . O iya, untuk jenis sayurnya bisa diganti-ganti. Kalo mau bisa juga pake kangkung. Trus untuk daun jeruknya, kalo gak ada bisa gak dipake, soalnya rasanya tetep enak kok walo tanpa daun jeruk :).

Demikianlah pemirsa, info resep masakan praktis dan sehat dari saya, semoga berguna, hehe…

Iklan

50 respons untuk β€˜Woku Belanga dan Bayam Kuah Asam’

  1. iihh… mantap ini dicoba… karna ikannya ga digoreng, jadi lebih sehat ya.. …alternatif buat makanan radit nih… thanks ya mamanya raja buat resepnya πŸ™‚

  2. hmmmmm asli lihat picture woku belanga nya lidah jadi “kemecer” apa itu bahasa indonesianya..hehehe…walah mbak..ada stock kemangi dirumah jadi pingin bikin itu…tinggal cari ingredient utamanya…:)
    bayam kuah asam?? kayaknya blom pernah coba…patut dicoba neh..
    tfs mbak..mantap nieh..resep dan picture-nya..
    btw desain baru rumahnya keren..photonya keren keren….:)

    1. Asiiiikkk..rumah baru ku dipuji lagi, hehe, thanks yah jeng πŸ™‚

      Kuah asamnya patut dicoba, mam, enak dan sehat πŸ™‚

      sama-sama terima kasih ya jeng πŸ™‚

  3. Aah akupun suka masak kuah asam ini, dikasi resepnya ama temen yg menado lis..
    Kalo zua paling suka pake jagung manis yg dipipil ama ikan dori, enyaaaak dan seger!

    1. O iya, pake jagung pipil mantep tuh. Aku belom pernah coba malah yang pake ikan dori, aiiihhh jadi pengen coba. Thanks ya Dhir πŸ˜‰

    1. Keknya masakan Korea ku baca-baca banyak juga yang pake kemangi/basile sama sere/lemongrass, jeng… kalo kunyit sih gak ngerti deh πŸ˜€

      1. Waaahhh…aku juga tadi pagi baru masak woku ayam, jeng… Sedap loohh…. Kalo pake ayam, bagusnya wajannya ditutup trus diungkep agak lama sampe kuah wokunya tinggal sedikit, biar daging ayamnya empuk πŸ˜€

  4. bayem kuah asam? wah baru denger..jadi alternatif baru buat masak bayem yang selama ini dibikin bening yag begitu aja rasanya hehe…

    tfs ya mama raja..

    1. Tapi biasanya kalo ikan di-pesmol, ikannya digoreng dulu kan mbak?

      bumbunya sih memang mirip-mirip ya mbak. Ikan woku ini juga mirip sama ikan arsik kalo buat orang Batak πŸ˜€

  5. Jeng, woku belanga mujairnya tampak nikmat sekali. Hujan2 begini, makan pakai nasi hangat kayaknya mantafff yak..Ngomong2 kenapa ada Belanga di belakang nama Woku, apakah karena jaman dahulu masak Wokunya dalam periuk belanga? Dan Woku Belanga secara keseluruhan artinya apa? Tks ya Jeng πŸ™‚

    1. Iya mbak, aslinya itu dimasak pake belanga. Kalo woku sendiri gak ada arti khusus, mbak, itu cumakata yang merujuk ke nama masakan aja, sama seperti rendang atau pecel gitu, mbak πŸ™‚

  6. Woku belanga namanya..
    hihii kalo di daerah ku bilangnya mujair bumbu kuning aja..
    Aku pernah bikin ..

    Ngebayanginnya aja bikin ngiler..

    makasih Mama resepnya..

    1. Resep-resep asli Indonesia memang bikin ngiler ya, kombinasi bumbunya pass banget πŸ˜€

      Sama-sama, mbak πŸ™‚

  7. Halooooooo Mommy Raja, apa kabar???

    Woku belanga itu aku nyebutnya acar, apa beda ya? tapi step by stepnya sama. Iya betul, recomended buat disajikan untuk toddler, Hanuun suka banget sama menu ini loh…

    Nah, kalo yang Bayam Kuah Asam aku belum pernah nyoba, maka bolehlah aku nyontek resepnya ya Mba…hehe…

    1. Acar kuning ya jeng? Mungkin agak mirip juga, sih, cuma kalo acar kuning itu biasanya aku pake kemiri, kalo jeng Ai gimana?

    1. Bisa juga tuh kayak gitu. Cuma kalo cabenya gak ditumis bareng sejak awal, bakal kurang terasa cabenya di bumbunya πŸ˜€

      Btw, saya kirim komentar ke tempat mbak, masuk ke SPAM keknya πŸ˜₯

  8. Kalau woku belanga itu sering banget jadi menu masakan kami mam, tapi saya nyebutnya dimasak kuning hehehe dan gak pakai daun kemangi. Tetehnya yang masak sih hehehe. Dan saya paling suka pakai ikan mas. Dan cabenya pun pakai cabai rawit yang dimasukin utuh gitu, jadi pas makan bisa di ceplus…mantaabs.. *mendadak lupa habis sakit thypus* :D. Dita juga suka banget makan pakai lauk itu, cuma memang harus ekstra hati2 dengan duri ikan sih. Oh ya, kl saya lbh suka ikannya gak digoreng dl, tapi suami lebih suka digoreng dulu sebentar.

    Oh ya yang kuah asam itu, menarik juga dicoba. Biasanya bayam cuma dibening dicampur jagung manis hehehe. Oh ya daun kunyit itu maksudnya daun salam ya mam? πŸ™‚

    1. Daun kunyit bukan daun salam, bund. Kalo daun salam kan kecil, nah kalo daun kunyit itu yang agak besar yang memang diambil dari tumbuhan kunyit gitu, bund πŸ™‚

  9. wahh baru tau bayam juga bisa dimasak kuah asam. mau nyoba ahh…
    oya kalau ga pakai daun kunyit rasanya bakal beda jauh ga ya? agak susah (baca: males) nyarinya soalnya :p

    1. Iyah, bayam sedep banget juga dimasak kuah asam πŸ˜€

      Gak beda jauh juga sih, cuma aroma kunyitnya itu bikin kuahnya tambah enak aja. Aku kalo kunyit cuma ngambil dari halaman, kutanam di halaman soalnya, gampang banget tuh tumbuhnya πŸ˜€

Thanks for letting me know your thoughts after reading my post...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s