Resep Kue Tradisional Natal, Yule Log Cake

Suatu kali, ketika kami masih dalam masa karantina akibat terpapar Covid, anak saya yang kecil, si adek, sedang mengerjakan soal-soal Matematika di Koobits ketika dia mendapatkan badge dengan logo bergambar cake berwarna cokelat disertai keterangan bahwa nama cake tersebut adalah Yule Log Cake. Karena penasaran dan karena memang selalu tertarik dengan cake yang berwarna cokelat, si adek pun mencari tahu apa itu Yule Log Cake.

Dari hasil pencariannya, dia mendapatkan informasi bahwa Yule Log Cake adalah kue tradisional Natal yang aslinya berasal dari Prancis. Dalam bahasa Prancis, kue ini disebut Bûche de Noël.

Yule Log Cake berangkat dari tradisi yang sudah dikenal sejak sebelum abad pertengahan di dataran Eropa yang disebut the burning of the Yule log, di mana pada Malam Natal, orang akan memilih pohon dengan batang yang paling besar di hutan kemudian batang pohon yang besar itu secara utuh akan dibakar di rumah sehingga dapat menghangatkan seluruh rumah selama dua belas hari terhitung sejak Malam Natal hingga tanggal 5 Januari tahun berikutnya (twelve days of Christmas). Seiring waktu berlalu, tradisi itu menjadi kurang sesuai lagi dilakukan sehingga kemudian mengalami perubahan dari yang tadinya membakar Yule Log di Malam Natal menjadi menikmati Yule Log Cake di Malam Natal😁. Yule Log Cake adalah kue gulung yang dihias dengan chocolate ganache hingga menyerupai batang pohon. Tradisi membuat Yule Log Cake dan menikmatinya di Malam Natal kemudian menjadi tradisi pengganti the burning of the Yule log.

Demi mengetahui bahwa Yule Log Cake adalah cake tradisional perayaan Natal, si adek pun langsung meminta saya untuk membuatkan cake itu untuk perayaan hari Natal kami.

Saya belum pernah membuat cake gulung sebelum ini, sehingga pada awalnya ada rasa ragu untuk memenuhi permintaan si adek. Namun setelah membaca resep yang dicarikan oleh si adek (niat banget kaaannn dia, sampai resepnya pun dia yang mencari 😅), saya pun menjadi percaya diri akan bisa membuat Yule Log Cake karena ternyata baik bahan maupun langkah pembuatannya cukup mudah untuk diikuti.

Komponan utama dari Yule Log Cake adalah chocolate sponge cake yang teknik pembuatannya harus dengan memisahkan antara kuning dan putih telur. Kalau yang sudah terbiasa membuat chiffon cake tentu tidak asing lagi dengan teknik mengocok putih telur sampai tahap stiff peak sebelum kemudian dicampurkan dengan adonan kuning telur yang sudah dikocok terlebih dahulu bersama gula, bubuk cokelat, dan terigu. Untuk bubuk cokelatnya, saya kembali menggunakan bubuk cokelat Van Houten dengan alasan seperti yang sudah pernah saya tulis di sini,  Setelah adonan putih telur dan kuning telur tercampur rata, adonan tinggal dituangkan ke dalam loyang berbentuk persegi panjang. Untuk Yule Log Cake ini saya menggunakan loyang dengan ukuran 35 x 30 x 4 cm. Sebaiknya memang bila oven memungkinkan, gunakan loyang dengan panjang di atas 30 cm agar setelah jadi nanti, cake yang sudah tergulung bisa dipotong sebagian dan disusun hingga menyerupai batang pohon yang bercabang.

Setelah cake matang, cake harus segera dikeluarkan dari loyang dan digulung bersama baking paper selagi masih panas. Trik ini sangat penting agar cake bisa lebih mudah digulung tanpa khawatir retak setelah diberi isiannya nanti.

Untuk isiannya, resep ini menggunakan whipping cream dan keju mascarpone yang memiliki tekstur serta rasa yang lebih lembut dibanding krim keju (cream cheese). Merk yang saya gunakan adalah Yummy, karena gampang ditemukan di supermarket dan bentuknya sudah lembut alias tidak lagi berupa batangan. Untuk membuat isian ini memang lebih baik menggunakan keju mascarpone dalam kondisi dingin namun telah lembut.

Setelah cake yang digulung bersama baking paper telah dingin, buka kembali gulungan cake, lalu lepaskan dari baking paper-nya. Jika menggunakan baking paper yang bagus (saya selalu menggunakan Le Bakers), maka tak akan ada kesulitan di tahap ini. Isiannya kemudian dioleskan ke atas cake secara merata (saya kemarin kurang rata mengolesnya sehingga bagian tengah padat namun di bagian pinggir agak kosong ketika digulung). Setelah itu cake digulung kembali (kali ini tanpa baking paper) lalu dibungkus dengan plastic wrap dan disimpan ke dalam kulkas selama paling tidak satu jam.

Setelah cake telah set di dalam kulkas, untuk menghiasnya nanti hingga berbentuk seperti batang pohon, akan menggunakan chocolate ganache yang tentu saja hanya dibuat dari dua komponen bahan saja, yaitu cokelat dan whipping cream.

Cokelat seperti apa yang digunakan? Pada dasarnya bisa cokelat apa saja (asal bukan yang sudah berisi isian macam kacang-kacangan yak 😁), yang terpenting adalah cokelat harus dipotong atau diiris hingga berukuran sangat kecil agar mudah larut nantinya di dalam whipping cream. Saya sendiri merekomendasikan cokelat yang sudah berbentuk chocolate chips. Untuk cake yang saya buat ini, jenis cokelat yang saya gunakan adalah dark chocolate dari Callebaut yang sudah berbentuk chocolate chips. Saya sengaja memilih jenis cokelat ini karena rasanya yang kental, agak pahit, tapi tetap punya sensasi manis yang khas dimiliki oleh cokelat.

Adonan chocolate ganache ini tidak akan langsung disiramkan ke atas cake, melainkan akan diaduk dengan mixer dulu sampai benar-benar kental agar ketika dioleskan ke atas cake, kita bisa membuat pola serat pohon pada chocolate ganache tersebut dengan memanfaatkan garpu. O ya, agar tidak perlu terlalu lama mengaduk chocolate ganache sampai kental hingga berbentuk krim, maka lebih baik proses mengaduk dilakukan setelah ganache sudah benar-benar dingin. Kalau masih hangat, nanti sampai lelah pun mengaduk, ganache-nya tidak akan mengental 😁.

Masih kurang rapi hasilnya. Tak mengapa, toh ini baru pertama kalinya saya membuat cake seperti ini. Besok-besok dicoba lagi, semoga bisa lebih baik lagi hasilnya.
Isiannya jadi terlihat seperti lapisan kambium pada batang pohon…hehehehe

Saya membuat Yule Log Cake ini di tanggal 23 Desember. Setelah jadi langsung saya masukkan ke dalam kulkas dan baru dikeluarkan untuk dinikmati sebagai dessert di Malam Natal. Memotong Yule Log Cake ini sudah sangat kami tunggu-tunggu karena penampilannya yang benar-benar menggoda. O ya, biasanya Yule Log Cake ini dihias dengan daun rosemary dan buah cranberry yang sudah diberi gula, tapi karena di rumah saya masih punya stok buah ceri yang cukup banyak, jadi saya pakai ceri saja yang ternyata membuat tampilannya menjadi bertambah cantik dan ceria 😍.

Puji Tuhan ternyata tidak hanya tampilannya saja yang bagus, tapi rasanya juga sangat nikmat! Cokelat di bagian luar yang kental dan agak pahit beradu dengan cokelat pada bagian cake yang manis kemudian berpadu lagi dengan isian krim keju mascarpone yang segar dan manis. Tekstur dari cake ini juga sangat pas. Bagian luar padat kental, bagian tengah lembut, sementara bagian dalam langsung meleleh begitu masuk ke dalam mulut. Bersyukur sekali, Malam Natal kami bertambah keindahannya dengan kehadiran Yule Log Cake ini. All in all, Yule Log Cake yang baru pertama kali saya buat ini, sukses dan sangat enak sehingga pasti ke depannya akan lumayan sering saya buat lagi.

Karena masih akan dibuat lagi, maka resepnya saya tuliskan di sini supaya nanti-nanti saya sendiri lebih mudah mengakses resepnya. O ya, untuk resep aslinya saya dapatkan dari situs ini.

Yule Log Cake

Peralatan yang Dibutuhkan:

  1. Satu buah loyang persegi panjang 35 x 30 x 4 cm
  2. Baking paper ukuran besar (saya pakai yang gulung, lalu saya gunakan dua lembar karena baking paper saya kurang lebar)
  3. Mixer
  4. Alat-alat pengaduk (sutil, sendok, dan sebagainya)
  5. Alat-alat pengukur (timbangan, cangkir ukuran, sendok ukuran)
  6. Mangkuk adonan
  7. Oven
  8. Microwave (kalau tidak ada, whipping cream  untuk chocolate ganache bisa dipanaskan dengan memanfaatkan panci dan kompor dengan api yang sangat kecil)

Bahan-Bahan:

  • Untuk Chocolate Cake:
    • 98 gr (3/4 cangkir) tepung terigu serbaguna
    • 38 gr (1/3 cangkir) bubuk cokelat
    • 1 sdt baking powder
    • 1/2 sdt garam
    • 4 butir telur ukuran besar, pisahkan putih dan kuningnya
    • 155 gr (3/4 cangkir) gula pasir
    • 72 gr (5 sdm) sour cream
    • 57 gr (1/4 cangkir) butter, dilelehkan
    • 1 sdt ekstrak vanila
  • Untuk Isian Krim Mascarpone:
    • 300 ml (1 1/4 cangkir) heavy whipping cream dingin
    • 86 gr (3/4 cangkir) gula halus/gula tepung
    • 1 sdt esktrak vanilla
    • 1/8 sdt garam
    • 227 gr keju mascarpone yang telah lembut namun masih dingin. Saya menggunakan satu kemasan Yummy Mascarpone Cheese 250 gr sekaligus.
  • Untuk Hiasan Chocolate Ganache:
    •  227 gr dark chocolate, lebih baik yang sudah berupa chocolate chips
    • 250 ml (1 cangkir) whipping cream

Cara Pembuatan:

Pertama,  untuk persiapan, panaskan oven pada suhu 180 derajat Celcius api atas bawah, lalu siapkan loyang persegi panjang ukuran besar. Olesi loyang dengan margarin lalu beri alas baking paper. Pastikan ketinggian semua sisi baking paper melampaui ketinggian loyang agar mudah saat mengeluarkan cake dari loyang dan saat menggulungnya nanti.

Kedua, campur dan aduk terigu, bubuk cokelat, baking powder, dan garam di dalam mangkuk berukuran sedang. Sisihkan.

Ketiga,  di dalam mangkuk besar, aduk manual kuning telur dan gula sampai tercampur rata, lalu masukkan sour cream, butter leleh, dan ekstrak vanila. Aduk sampai tercampur rata lalu masukkan adonan bahan kering yang sudah dicampur di langkah dua di atas. Aduk perlahan sampai rata. Sisihkan.

Keempat, di dalam mangkuk besar, aduk putih telur dengan menggunakan mixer pada kecepatan tinggi  sampai kaku (stiff peak). Ambil kurang lebih 1/3 bagian adonan putih telur kaku, masukkan ke dalam adonan cokelat, aduk rata dengan teknik aduk balik. Masukkan sisa adonan putih telur, aduk rata dengan teknik aduk balik.

Kelima, tuang merata adonan ke dalam loyang lalu panggang selama 10 – 15 menit. Lakukan tes tusuk untuk memastikan cake telah matang.

Keenam, setelah cake matang langsung keluarkan dari dalam oven dan angkat bersama baking paper dari dalam loyang. Letakkan di atas meja atau di dalam loyang yang berukuran lebih besar. Selagi  cake masih panas, gulung cake (dimulai pada ujung bagian lebarnya) bersama baking paper lalu biarkan sampai cake dingin.

Ketujuh, setelah cake dingin, buat isiannya. Masukkan whipping cream, gula halus, ekstrak vanila, dan garam ke dalam mangkuk ukuran besar lalu aduk dengan mixer pada kecepatan tinggi sampai tahap soft peak. Masukkan keju mascarpone, lalu aduk kembali hingga tahap stiff peak, proses ini terjadi sebentar saja jadi jangan terlalu lama mengaduknya.

Kedelapan, buka gulungan cake sambil dilepaskan dari baking paper. Oleskan isian secara merata ke seluruh permukaan dalam cake, lalu gulung kembali cake kali ini tanpa baking paper. Bungkus cake gulung dengan menggunakan plastic wrap lalu dinginkan di kulkas selama paling sedikit satu jam.

Kesembilan, buat chocolate ganache untuk menghias cake setelah cake sudah siap untuk dihias. Masukkan cokelat ke dalam mangkuk ukuran sedang, sisihkan. Masukkan whipping cream ke dalam mangkuk atau cangkir tahan panas, hangatkan di microwave hanya sampai mulai akan mendidih (pada microwave saya proses ini terjadi dengan mode pemanasan cairan dengan durasi waktu 2,5 menit). Keluarkan whipping cream dari microwave lalu langsung tuangkan ke dalam cokelat. Biarkan beberapa menit, lalu aduk sampai licin. Sisihkan sampai adonan ganache ini benar-benar dingin, lalu tuangkan ke mangkuk mixer. Aduk dengan mixer pada kecepatan tinggi sampai adonan berjejak dan cukup kental untuk dioleskan.

Kesepuluh, potong sebagian cake (kurang lebih sepertiga dari panjang keseluruhan cake) secara diagonal. Tempelkan potongan cake yang lebih kecil ke sisi cake yang lebih besar. Gunakan ganache untuk menyatukan kedua potongan cake.

Kesebelas, oleskan seluruh chocolate ganache ke seluruh permukaan cake, lalu gunakan garpu untuk membuat garis yang seolah-olah adalah serat kayu di seluruh permukaan cake. Hiasi dengan ceri merah, atau dengan hiasan lain sesuai selera. Dinginkan cake ke dalam kulkas sampai siap dihidangkan.

Demikianlah pemirsa resep salah satu cake tradisional Natal, yaitu Yule Log Cake ini. Membuat Yule Log Cake memang tidak bisa dilakukan secara terburu-buru, karena meski pembuatannya sederhana, namun dibutuhkan kesabaran untuk menunggu sampai tahap selanjutnya bisa dilakukan. Walaupun begitu, ada kenikmatan tersendiri menyediakan satu hari khusus membuat cake ini mengingat cake istimewa ini akan disajikan di momen yang sangat istimewa. Kehadiran Yule Log Cake hasil buatan sendiri di atas meja makan di Malam Natal, membuat suasana Natal kian bertambah keceriaan serta kehangatannya. Puji Tuhan 💖.

Iklan

Satu respons untuk “Resep Kue Tradisional Natal, Yule Log Cake

Add yours

Thanks for letting me know your thoughts after reading my post...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: