Simple Summer Strawberry Cake

Akhir-akhir ini cuaca di Palembang sering sekali sangat panas pada pagi hingga menjelang sore hari. Panasnya yang betul-betul terik dengan temperatur udara yang cukup tinggi. Kemarin pagi, termonitor dari pengukur suhu di tengah kota, temperatur di kota ini mencapai 39,6 derajat Celcius. Wow banget pokoknya panasnya.

Panas yang sangat terik itu kemudian biasanya akan disusul dengan hujan yang seringnya cukup lebat disertai angin kencang pada malam hari. Kalau malam hari hujan, maka rasanya bersyukur sekali karena berarti temperatur dalam rumah akan jadi lebih sejuk dan lebih bersahabat hingga tidur pun bisa lebih nyaman. Lain hal kalau seharian itu tidak ada hujan sama sekali, AC diatur di suhu paling rendah pun tetap saja udara dalam rumah terasa sangat panas dan lembab, bikin pada keringetan dan gak nyaman buat tidur.

Iyes, cuaca memang lagi ekstrim akhir-akhir ini. Dan sepertinya ini terjadi bukan hanya di Palembang saja, tapi juga di kota-kota lain. Kondisi cuaca yang kayak gini memang bikin kita perlu banget jaga kesehatan ya. Puji Tuhan kami sekeluarga dalam kondisi baik dan sehat, si abang aja yang lagi kena flu, tapi flunya ringan kok gak sampe bikin sakit kepala dan demam πŸ™‚ .

Semalam, tiba-tiba saya kangen bikin kue lagi. Udah cukup lama lho dari sejak terakhir saya baking…hehe… Nah, di tengah cuaca yang begitu panas kemarin itu (ada hujan, tapi setelah hampir tengah malam baru hujannya turun…huhuhuhu), saya memilih untuk bikin kue yang gampang-gampang saja biar gak kegerahan sendiri di dapur. Yang terpikir pertama kali adalah Simple Summer Strawberry Cake yang bikinnya amat sangat mudah gak pake gerah…hehe…

Saya udah berkali-kali bikin kue ini di rumah dan selalu saja laris manis karena ini jenis kue yang bisa dimakan kapan saja dalam kondisi cuaca apa saja. Saat cuaca dingin, kue ini nikmat disantap pas baru keluar dari oven. Saat cuaca panas, kue ini bisa ngasih kesegaran lewat rasa stroberi dan kalo mau lebih segar lagi, bisa banget tuh dinikmati bersama es krim πŸ™‚ .

Resep kue ini sendiri saya dapat dari hasil googling . Jadi ini resep yang saya tuliskan di sini bisa dibilang hanya copy paste dari situs aslinya di sini yaaa… O ya, buat yang merasa gak pinter bikin kue, coba deh bikin kue ini, saya bisa jamin kalo bikinnya gampang sekali dengan kemungkinan gagal yang hampir tidak ada. Percayalah, karena saya juga bukannya yang pinter bikin kue…hehe…

Pada dasarnya kue ini adalah vanilla cake, cuma karena pake stroberi maka disebutnya strawberry cake. Karena dasarnya adalah vanilla cake, maka tak heran kalau cara pembuatannya gampang dan rasanya pun ringan πŸ™‚ . Soal rasa kue ini tak perlu diragukan. Seperti yang saya bilang, rasanya ringan, tidak terlalu manis dan karena pake stroberi maka rasanya menjadi manis segar. Selain itu penggunaan taburan gula pasir di permukaan membuat permukaan kue jadi agak crunchy, cocok sekali berpadanan dengan bagian dalamnya yang lembut πŸ™‚ .

Simple Summer Strawberry Cake

Simple Summer Strawberry Cake by Mamanya RJT-S

Bahan-bahan:

  • 1 1/2 cup tepung terigu serba guna
  • 1 1/2 sendok teh baking powder
  • 1/2 sendok teh garam
  • 6 sendok makan unsalted butter
  • 1 cup gula pasir + kurang lebih 2 sdm gula pasir untuk taburan (dipisah ya)
  • 1 butir telur ukuran besar
  • 1 sendok teh ekstrak vanila
  • Strawberry secukupnya, dibuang bagian daunnya, dicuci, lalu dibelah dua

Cara Pembuatan:

  1. Panaskan oven api atas bawah pada suhu 180 derajat.
  2. Olesi loyang ukuran diameter 20cm dengan margarin atau butter.
  3. Ayak bersamaan tepung terigu, baking powder, dan garam. Sisihkan.
  4. Aduk butter serta gula pasir dengan mixer hingga lembut (kurang lebih antara 3 – 5 menit).
  5. Masukkan telur dan ekstrak vanila, aduk lagi sampai rata.
  6. Secara bergantian, masukkan campuran tepung dan susu, aduk dengan kecepatan rendah.
  7. Tuang adonan ke dalam loyang, ratakan.
  8. Susun stroberi di permukaan adonan, kemudian beri taburan gula.
  9. Panggang dengan api bawah selama 30 – 45 menit (tergantung oven), bila sudah matang dilanjutkan api atas selama kurang lebih 5 menit sampai bagian atas terlihat memerah.
  10. Keluarkan dari oven dan sajikan.

Selesai deh kuenya. Gampang sekali kaann. Suami dan anak-anak suka banget sama kue ini. Biasanya saya sekali bikin 2 loyang, tapi semalam hanya sempat bikin 1 loyang saja dan pagi ini itu kue udah hampir tandas saja πŸ˜€ .

 

 

Iklan

6 thoughts on “Simple Summer Strawberry Cake

  1. Nah krn resep ini telorny dikit, aku mau nyoba. Dan krn blm ada mixer, ntar aku lelehin aja margarine nya (krn blm beli unsalted butter). Nantikan report dr ku. Akan aku bikin selekasny. Nunggu scones di rumah habis dulu, hahaha. Kmaren malam bikin scones & ga terlalu sakses, tp tetep kudu diabisin tho yaa

Thanks for letting me know your thoughts after reading my post...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s