Rahasia Wajan dan Panci Bersih Mengkilap

Wajan dan panci di tempat gantungannya di dapur saya

Hari ini saya sedang bahagia banget.

Alasannya?

Karena akhirnya setelah berminggu-minggu ditunda, jadi juga saya nyuci keset kotor yang udah numpuk di belakang. Total ada 9 keset kotor yang selama ini tiap kali saya ke belakang buat nyiram bunga atau ngambil kain pel selalu berusaha gak saya lihat supaya gak terlalu ngerasa bersalah karena membiarkan mereka teronggok begitu aja dalam ember. Waktu dan tenaga (juga kemauan sih…wkwkwkwkwk) jadi kendala untuk mengeksekusi mereka sampai bersih. Puji Tuhan hari ini libur, saya gak perlu jadi supir ke mana-mana, jadi bisa ada waktu buat nyikat dan nyuci 9 keset itu satu per satu sampai bersih….yeayyy!!!!

Kalo ini keset-keset yang bergelantungan di jemuran keset di belakang rumah 😀

Oke, cerita soal keset itu sekedar intermeso aja, pembukaan yang tak perlu sebenarnya…wkwkwkwk…. Anyway, sebenarnya saya sudah sangat gatal pengen cerita soal dapur, udah lama banget kan ya dari sejak renovasi dapur selesai dan saya nulis tentang ini. Tapi kayaknya kalo untuk cerita secara detail soal dapur maka akan butuh waktu yang cukup banyak buat saya, makanya untuk sore ini saya memutuskan mau cerita tentang wajan dan panci aja, seenggaknya masih deket-deket lah soal dapur…hehehe…

Kenapa wajan dan panci?

Karena sepertinya wajan-wajan dan beberapa panci saya yang bergantungan di dapur (hanya dua panci sebenarnya yang digantung, panci-panci lainnya ada dalam kabinet) adalah salah satu item yang cukup menarik perhatian orang karena kekinclongan mereka hingga lumayan sering saya ditanyain apa rahasianya sih bikin wajan (terutama pantatnya yaaa…hehehe) tetap bersih dan mengkilap gitu?

Ditanyain gitu, terus terang ada rasa bangga.

Bangga karena berarti usaha saya membersihkan wajan dan panci ada hasilnya hingga bisa terlihat juga oleh orang.

Butuh usaha ya?

Iya dong! Karena sebenarnya dulu pun saya bermasalah dengan pantat wajan dan panci yang meski selalu berusaha dicuci bersih tiap abis dipake tapi kok masih aja suka kuning-kuning bahkan berjelaga. Apalagi waktu dulu saya masih pake kompor gas dan yang nyuci perkakas ART pula, beuuh….cocoklah itu! Bahkan salah satu wajan saya berjelaga hitam tebal karena kompor gas yang dulu pernah bermasalah hingga api yang keluar bukan biru melainkan merah. Aslilah jelaga itu betul-betul gak enak dilihat. Berasa pake wajan kotor walo sebenarnya bagian permukaan untuk memasak bersih. Saya udah coba berbagai macam cara untuk membersihkan jelaga di wajan itu. Mulai dari pake abu gosok, nyobain tutorial di YouTube (beberapa aja sih, gak semuanya), sampe nyoba berbagai macam produk yang katanya bisa membantu membersihkan (salah satunya C*F) dan ternyata tetep gak berhasil. Jelaganya tetap aja menempel dengan sempurna. Sedih deh!

Sampe kemudian kitchen set yang baru akan dibikin dan saya berencana membuat gantungan wajan dan panci di salah satu dinding yang kosong. Satu-satunya masalah yang timbul adalah sebagian dari wajan dan panci yang mau saya gantung di situ berada dalam kondisi tidak layak tampil karena pantatnya kurang kinclong bahkan yang paling sering dipake berjelaga…huhuhuhu… Gak rela kan ya rasanya kitchen set udah bagus-bagus tapi ternoda oleh pemandangan jelaga di pantat wajan. Kalo panci dan wajan yang mau digantung dipilih-pilih yang pantatnya kinclong kok ya sayang juga karena yang agak kinclong justru yang jarang dipake sementara tujuan saya bikin gantungan panci dan wajan supaya bisa cepat ngambil perkakas yang saya butuh ketika memasak. Lagian meletakkan perkakas yang jarang dipake di tempat terbuka justru kurang baik karena berarti bakal kudu sering-sering mencuci perkakas padahal tidak dipake cuma gara-gara perkakasnya debuan 😀 .

Masalah saya dengan panci dan wajan (terutama bagian pantatnya itu 😀 ) kemudian saya ceritain sama vendor kitchen set yang langsung ngasih rekomendasi produk Astonish Cleaning Paste yang katanya gampang ditemukan di Ace Hardware.

Ya udah, saya carilah produk itu dan langsung nemu. Harganya per kemasan 80ribuan rupiah. Begitu nyampe rumah langsung dicoba diaplikasikan di beberapa wajan. Waktu itu karena masih ada ART jadi yang mencoba adalah dia. Selain pake Astonish, ART juga pake sabut kawat stainless steel.

Apakah berhasil?

Oh, tentu saja tidak!

Sebagian wajan dan panci yang tidak berjelaga dan hanya kuning-kuning saja memang bisa jadi bersih kembali. Tapi yang berjelaga tetap dengan setianya menempel. Laporan dari ART dia udah berusaha menggosok dengan sekencang-kencangnya dan sekuat-kuatnya, tapi jelaganya tetep gak mau keluar. Oke deh… Saya kecewa, tapi ya mau gimana lagi. Saya berasumsi si ART lebih kuat tenaganya dari saya. Jadi kalo dia udah sekuat-kuatnya gosok tapi si jelaga gak bisa keluar padahal sudah pake Astonish itu, berarti saya juga percuma mencoba.

Selang beberapa waktu, saya gak punya ART lagi dan dalam satu kesempatan merasa penasaran pengen mencoba membersihkan sendiri jelaga yang ada di wajan itu. Sama seperti ART, saya juga memanfaatkan sabut kawat stainless steel untuk menggosokkan Astonish Cleaning Paste itu.

To my very surprise, I did it on the first try!

Wajan yang tampak di background itu tadinya pantatnya hitam semua oleh jelaga lho

Beneran lho, jelaganya langsung terangkat dan wajan saya yang tadinya udah gak keliatan lagi permukaan pantatnya karena sudah tertutup sempurna oleh jelaga pun akhirnya bersih sempurna! Memang sih menggosoknya gak bisa dengan lembut ya, kudu pake tenaga yang banyak karena jelaganya tebal (untung hampir semuanya stainless steel dan besi bukan teflon ya jadi bisa puas-puasin gosok kuat-kuat tanpa takut tergores permukaannya). Tapi sekali coba, bagian yang digosok bisa langsung terlihat kok perubahannya. Jadi ternyata selain butuh Astonish Cleaning Paste dan sabut kawat stainless steel, juga perlu niat yang sungguh untuk membersihkan jelaga dari pantat wajan saya 😀 . Itu artinya ART saya dulu itu memang kurang di niat 😛 .

Sejak itu saya selalu mempercayakan kebersihan wajan dan panci saya pada Astonish Cleaning Paste. Walaupun sudah pakai kompor listrik, tapi tetap saja proses memasak bisa menjadikan permukaan serta pantat panci atau wajan jadi kekuningan bahkan gosong. Puji Tuhan dengan selalu sedia Astonish Cleaning Paste plus sabut kawat stainless steel maka saya gak perlu kuatir lagi wajan dan panci yang tergantung di dapur bisa mengganggu pemandangan dan mengurangi keindahan dapur saya 😀 .

O ya, Astonish Cleaning Paste ini bisa diaplikasikan di berbagai macam permukaan. Saya pernah coba membersihkan blender bumbu yang udah serba kuning gara-gara sering dipake buat menghaluskan kunyit dan ternyata bisa lho blender saya jadi bening lagi. Saya juga sering pake ini buat bersihin panci keramik saya dan selalu sukses bikin pantat panci keramik saya bersih. Sebenarnya malah pembersih ini tidak dianjurkan untuk stainless steel dan anjuran pengaplikasiannya pun hanya dengan kain lap lembab, jadi cara pemakaian saya tuh jauh dari anjuran. Tapi sudah setahun lebih pakai produk ini di wajan dan panci saya yang hampir semuanya berbahan stainless steel serta besi dan saya gak pernah menemukan masalah tuh dan malah selalu membantu bikin panci dan wajan saya kinclong, berarti cara penggunaan yang saya aplikasikan selama ini ya aman-aman aja…hehehe….

Selain cleaning paste itu, saya juga di rumah ada produk Astonish yang lain yaitu Stainless Steel Shine & Sparkle. Kalo yang satu ini memang khusus untuk bahan stainless steel ya, tapi malah jarang-jarang saya pake, asal yang penting tersedia aja di rumah supaya kalo pas lagi ada waktu bisa dipoleskan ke panci sama wajan supaya tambah kinclong.

Astonish Stainless Steel Shine & Sparkle
Karena sudah cocok dengan salah satu produk mereka, maka saya pun mencoba produk-produk mereka yang lain, lumayan membantu sih membersihkan kotoran membandel di berbagai macam permukaan perabot dan barang-barang di rumah. Foto di atas adalah laci di bawah tempat cuci piring tempat saya menyimpan aneka pembersih yang mana di antaranya adalah produk-produk dari Astonish

Kalo teman-teman, adakah yang juga pernah bermasalah dengan pantat wajan atau panci? Kalo iya, apa rahasianya buat ngebersihin?

Iklan

10 respons untuk ‘Rahasia Wajan dan Panci Bersih Mengkilap

  1. Kalau saya sempat nyoba merk MAMA Lemon powerful stain remover mba, bisa juga noda kunyit di gelas blender hilang,😂 sama sama pake tenaga sih, 38 ribu sebotol

Thanks for letting me know your thoughts after reading my post...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s