Review HomyPool Depok, Tempat Sewa Kolam Renang Privat untuk Keluarga

Salah satu dari sekian banyak kegiatan di luar rumah yang terpaksa harus kami hentikan karena situasi pandemi adalah berenang. Terakhir kali kami berenang itu adalah seminggu sebelum himbauan stay at home diberlakukan. Sedih banget sih sebenarnya, karena kami sekeluarga memang hobi berenang dan suami pun sebenarnya perlu banget rutin berenang karena bagus sebagai terapi low back pain-nya. Tapi yah, kondisi mengharuskan untuk menahan diri gak keluar dan puji Tuhan kami baik-baik saja meski tiap minggu gak berenang lagi 😀.

Sampai kemudian kondisi pandemi terlihat membaik belakangan ini. Kami pun terpikir untuk mulai berenang lagi. Ingin berenang di hotel, bahkan sudah pernah staycation, tapi perasaan hati belum nyaman kalau berada dalam satu kolam bersama orang lain yang gak serumah. Karena itu, suami pun coba-coba cari villa yang punya kolam renang yang bisa disewa.  Pikir-pikir, gak apa lah ya, bayar mahal untuk villa, yang penting bisa mengobati kangen berenang.

Eh gak taunya, dari usaha suami mencari-cari itu, pada akhirnya yang dia temukan bukan villa berkolam renang untuk disewa, tapi kolam renangnya sendiri yang tersedia untuk disewa! Wah, pas banget dong yaaa….karena sebenarnya yang paling kita butuhkan itu adalah kolamnya, bukan villanya.

Usaha penyewaan kolam renang memang masih jarang terdengar, makanya agak-agak surprise juga waktu suami info ke saya tentang HomyPool di Depok yang bisa menyewakan kolam renang secara privat untuk keluarga.

Ini nih yang dicari-cari. Kenapa baru nemu sekarang yak? 😅.

Setelah sudah dapat kontaknya, suami pun langsung menghubungi admin HomyPool via WhatsApp buat tanya-tanya sekaligus untuk book tanggal dan jamnya.

Kolam, Tarif, Peraturan, dan Proses Pemesanan

HomyPool menyediakan dua kolam renang untuk disewakan dengan jangka waktu sewa adalah 3 jam. Harga dan slot dari masing-masing kolam itu adalah sebagai berikut.

Kolam 1 (Rp 400rb. Min 3 org. Max 15 org)
Slot 1: jam 06.00 – 09.00
Slot 2: jam 09.30 – 12.30
Slot 3: jam 13.00 – 16.00
Slot 4: jam 16.30 – 19.30

Kolam 2 (Rp 500rb. Min 3 org. Max 20 org)
Slot 1: jam 07.00 – 10.00
Slot 2: jam 10.30 – 13.30
Slot 3: jam 14.00 – 17.00
Slot 4: jam 17.30 – 20.30

Fasilitas lain yang disediakan selain kolam, adalah kamar mandi/toilet dan ruang istirahat/ruang ganti.

Dari gambar-gambar yang kami lihat, kami memutuskan untuk menyewa yang Kolam 1 saja, karena kanopinya terlihat lebih menutup dibanding yang di Kolam 2.

Ok deh, kolamnya sudah oke, sekarang bagaimana dengan tanggal dan jamnya?

Inilah yang ternyata susah, karena peminat HomyPool itu banyak, jadi pada penuh. Apalagi kami pengennya di hari Sabtu dan Slot 1. Syukurnya akhirnya bisa dapat, walau harus menunggu dua minggu kemudian….hahahaha…. Lamaaa yaaa…. Duh ampun. Gak apalah, demi bisa berenang dengan nyaman. Sudah bisa terbayang lah ya, sekian jam di kolam itu hanya ada kami, jadi berenang pasti lebih nyaman dan lebih puas! Makanya kalau berminat menyewa kolam renang di sini, dari jauh-jauh hari sudah hubungi adminnya saja, biar lebih mudah dapat tanggal dan slot yang sesuai dengan keinginan.

Setelah sudah ketemu hari dan jam yang memang masih available, selanjutnya dari admin mengirimkan beberapa peraturan yang harus disetujui untuk dipatuhi sebelum pelanggan mengisi form pendaftaran dan membayar.

Peraturan di HomyPool ini ada banyak, yang mana kalau saya baca, semua aturan yang mereka terapkan adalah memang untuk kenyamanan bersama jadi seharusnya tidak ada masalah untuk mematuhi aturan-aturan ini.

Di antara peraturan yang banyak itu, ada beberapa yang saya ingat, antara lain mereka tidak memperkenankan pengunjung yang datang kurang dari jumlah minimum yang diterapkan atau sebaliknya melebihi jumlah maksimum. Jadi misalnya, penyewa sudah book untuk 4 orang, trus yang datang hanya 2 orang. Nah itu gak boleh masuk sama sekali, karena minimal pengunjung adalah 3 orang. No less than that. Period 😁. Paham sih ya, maksudnya ini adalah untuk menghindari hal-hal yang tidak-tidak. Kalau ternyata terjadi yang datang kurang dari 3 orang, maka booking fee akan hangus dan pengunjung jadi semacam di-blacklist untuk bisa menyewa kolam renang di HomyPool ini. Nah kalau sebaliknya, yang datang melebihi kapasitas maksimal, maka kelebihan pengunjung tidak akan diperkenankan untuk masuk.

Selain peraturan soal jumlah pengunjung yang datang, peraturan lainnya adalah soal tidak makan atau menyuapi anak sambil berenang, tidak membawa hewan peliharaan, tidak minum minuman keras dan memakai narkoba, juga tidak menjadikan area kolam renang sebagai lokasi syuting/pemotretan atau sebagai tempat kegiatan keagamaan dan ritual lainnya.

Peraturan terakhir yang paling saya ingat adalah bahwa penyewa harus sudah siap meninggalkan tempat saat jam sewa berakhir, karena jam berikutnya sudah menjadi hak penyewa berikutnya untuk dibersihkan. Kalau dilihat dari daftar slot di atas kan ada jeda 30 menit ya antar slot, nah itu dipakai untuk petugas membersihkan seluruh area kolam sebelum penyewa berikutnya datang.

Setelah sudah setuju dengan peraturan yang mereka tetapkan, maka tinggal mengisi form untuk booking. Dalam form itu sudah harus didaftarkan jumlah dan nama-nama pengunjung yang akan datang. Kelar isi form, kemudian tinggal transfer, dan setelah proses transfer berhasil, dari admin akan mengirimkan tiket masuk, dan yah setelah itu proses pendaftaran selesai deh, tinggal menunggu hari untuk datang ke HomyPool buat berenang bebas dan puas! Hehehehehe…

Pengalaman Berenang di HomyPool

Setelah menunggu dua minggu, akhirnya tiba juga hari yang dinanti-nantikan itu. Ini beneran lho memang harinya ditunggu-tunggu, secara kami sekeluarga sudah kangen banget sama berenang.

Yang mana ternyata walau kangennya sudah amat sangat, tapi tetep dong, di hari Sabtu tanggal 21 Mei kemarin kami bangunnya telat….ahahahahaha…. Kami kan pesan yang Slot 1 jam 06.00, yang mana karena jaraknya jauh dari rumah (Tangerang – Depok mah ujung ke ujung yak….wkwkwkwkwk) maka seharusnya kami berangkat dari rumah tuh sekitar jam 05.00. Eh jam segitu kami baru bangun, dong! Ahahahaha….memang lah, bawaan weekend niihh! Syukurnya Spaghetti Brulee, bekal sarapan sehabis berenang nanti, sudah siap dari malam jadi tinggal dihangatkan saja trus dimasukkan ke kotak-kotak bekal. Syukurnya juga baju renang, baju ganti, dan semua perlengkapan lainnya sudah disiapkan dari malam juga, jadi tinggal angkut. Berarti seharusnya bisa cepat dong persiapan berangkatnya? Iya sih memang, tapi tetap dong, kami baru berangkat jam 6 kurang, alhasil baru tiba di HomyPool sekitar jam 7 kurang 🤣. O ya, kalau kejadiannya telat seperti kami ini, bukan berarti jam berakhir sewa jadi ikut mundur ya, jam berakhirnya tetap mengikuti ketentuan.

Jam 06.30, posisi masih di sini 😅

Waktu kami tiba di lokasi, sejujurnya ada perasaan yang kayak, “Ini benar gak sih tempatnya?” Dari luar kayaknya kurang meyakinkan, seperti yang bukan tempat usaha. Mana ada tulisan “Dijual” lagi di depannya, bener-bener bikin pikiran jangan-jangan kami salah alamat. Syukurnya di depan ada plang HomyPool, jadi kami bisa teryakinkan kalau kami tidak sedang salah alamat.

Begitu masuk ke dalam ke pelataran parkirnya, perasaan kami walaupun sudah yakin alamatnya tidak salah, tapi mulai ragu apakah tempat ini memang bagus atau tidak, karena bangunan-bangunan yang ada di situ, sungguhlah tidak terlalu meyakinkan.

Bangunan ini tampak seperti bangunan kantor yang entah tidak terpakai lagi atau masih dalam proses renovasi

Saking tidak yakinnya, begitu parkir, suami menyuruh kami menunggu dulu di mobil, biar dia saja yang duluan turun dan melihat kondisi di dalam.

Yang saya beri panah itulah lokasi masuk ke area kolam renang

Tak berapa lama menunggu di mobil, suami datang kembali dan dengan wajah cerah langsung bilang kalau tempatnya oke!

Maka jadilah setelah suami memindahkan parkir mobil ke area yang lebih dekat dengan akses masuk ke area kolam, kami pun turun membawa perbekalan.

Suami bilang tempatnya bagus, maka saya pun yakin kalau tempatnya memang bagus, meskipun sewaktu jalan ke area kolamnya, pemandangan di kiri kanan tidak terlalu mendukung keyakinan itu…hehehe…

Jalan dari area parkir ke area kolam tuh seperti ini. Saya hanya ngikut suami saja dari belakang, dan waktu lihat suami jalan ke arah pintu cokelat itu, saya pun tahu kalau area kolam adalah berada di balik pintu itu.

Seperti yang terlihat di atas, agak kurang meyakinkan kaaan…jalan masuknya?

Tapiii… begitu pintu kayu cokelat itu dibuka oleh suami dan kami masuk ke dalamnya, suasana yang kami dapat adalah sangat berbeda daripada ketika berada di luar tadi. Isinya bagus dan bersih!

😍😍😍😍

Pantas tadi suami balik ke mobil dengan wajah cerah ya, ternyata memang beneran bagus tempatnya. Puji Tuhan…

Dan yang bikin saya tambah suka, adalah karena di sini tempatnya benar-benar privat. Mereka menyediakan dua kolam, tetapi masing-masing kolam berada di area tertutup sendiri-sendiri. Dan di sini kita dikasih kunci juga lho, jadi pintu depannya itu begitu kita masuk bisa dikunci. Benar-benar privat jadinya kan, berenang di sini sama sekali gak dilihatin orang lain, baik oleh pengunjung lain maupun oleh para staf dan petugas.

Akses dari dan ke luar benar-benar bisa ditutup, jadi berenang bisa sangat nyaman. Memang sangat cocok ya untuk wanita berhijab berenang di sini karena bisa lebih bebas dan nyaman.

Selain kolam, seperti yang sudah saya bilang di atas, di sini juga disediakan ruang istirahat/ruang ganti yang ternyata ber-AC dan isinya lumayan komplit.

Ada  kulkas, teko listrik, serta sofa dan kursi dipan yang bisa dipakai buat istirahat yang mana gak ada yang kami pakai lah yaaa karena kami ke sini untuk berenang bukan untuk duduk-duduk apalagi tidur-tiduran 😁.
Ada snack serta minuman juga yang disediakan untuk dibeli. Masing-masing sudah ada label harganya. Kami kurang tahu bagaimana sistem pembayarannya, karena kami sendiri sudah bawa minum dan bekal dari rumah yang mana akhirnya bekalnya dimakan di mobil sehabis keluar dari sini sih saking semua waktu yang ada di sini benar-benar kami pakai untuk berenang 😁.
Ada TV, Interkom, dan ada standing mirror juga yang gak kefoto
Di dinding ruangan ini ada tergantung juga panduan untuk pria dan wanita Muslim dalam hal berenang.

Walau tidak modern, tapi ruangan ini bersih yaa… Saya bisa yakin kalau ruangan ini bersih dari mana? Dari anak-anak saya lah. Selama mereka masuk ruangan tanpa masker dan tidak bersin-bersin, itu artinya ruangannya bersih, secara hidung anak-anak saya amat sangat sensitif sama debu dan kotoran 😅.

Selain ruang istirahat ini, tersedia juga gazebo di pinggir kolam.

Dan tentu saja ada kamar mandi serta toilet.

Seperti yang terlihat di gambar di atas, kamar mandinya memang tidak terlihat modern, tapi bersih, kok.

Setelah melihat-lihat fasilitas, sekarang waktunya untuk menikmati apa yang menjadi tujuan kami ke sini, yaitu berenang!

Sengaja ya, ada sesi foto dengan muka mamak doang yang jelas, sementara lainnya blur. Biar bisa ada foto buat ditampilin di blog publik ini, kalau mukanya jelas semua, nanti diambil orang lagi 😜

Rasanya bagaimana berenang di sini?

Puji Tuhan menyenangkan sekali yaaa… Padahal kami kan sudah terlambat ya datangnya, yang mana itu berarti waktu berenang kami berkurang banyak. Dari yang bisa 2,5 jam (30 menit sisanya dipakai untuk mandi dan beres-beres) jadi tinggal 1,5 jam saja karena telat datangnya sejam, tapi itupun rasanya puas sekali. Mungkin karena dalam kolam ini hanya ada kami, jadi bebas berenang ke sana sini tanpa kuatir ketemu orang lain dalam kolam…hehehehe… Jadi waktu yang kurang lebih 1,5 jam itu benar-benar dipakai untuk berenang. Puji Tuhan, tuntas sudah rindu berenang yang tertunda selama dua tahun ini…hehehe…

O ya, ukuran kolam ini bukannya yang besar ya. Yah, sebagaimana ukuran kolam untuk rumah lah, jadi walau tidak besar tapi cukup, apalagi kalau isinya hanya empat orang seperti kami kemarin itu.

Kurang lebih 30 menit sebelum jam 09.00, kami mulai bersiap untuk mandi dan beres-beres. Air di kamar mandinya hanya ada air dingin, tapi gak masalah sih karena dinginnya bukannya yang dingin banget. Yang agak kurang enak adalah karena airnya itu mengalir minim sekali…hehehehe… Jadi mandi rasanya agak kurang plong dan justru jadi lebih lama 😅.

Puji Tuhan, jam 9 tepat kami sudah beres dan sudah bersiap angkut barang, bertepatan dengan pintu diketuk dari luar oleh petugas. Jadi memang di sini harus on time selesainya. Maklum sih, karena setelah itu mereka hanya punya waktu 30 menit untuk bersih-bersih sebelum penyewa berikut datang.

Keluar dari area kolam, kami pun jalan kembali melewati jalur yang tak meyakinkan tadi itu menuju ke mobil…hehehe… di mobil kami sarapan Spaghetti Brulee yang rasanya tambah nikmat karena baru habis berenang. Beres semua, kami pun melaju pergi meninggalkan HomyPool dengan hati bahagia 💗.

Puji Tuhan, walau harus jauh-jauh dari Tangerang ke Depok, tapi pengalaman berenang tadi di HomyPool adalah sangat menyenangkan.

Kalau ditanya, apakah mau balik lagi ke sini?

Jawabnya adalah, tentu mau!

HomyPool

Jl. Ir. H. Juanda No. 43, Bakti Jaya, Sukmajaya, Kota Depok

WA. 082184869499

IG. @homypool

Konsep 5/5

Kenyamanan 5/5

Kebersihan 5/5

Pelayanan 4/5 (saran saja, sebaiknya pelanggan diberikan notifikasi satu hari sebelum hari H, mengingat bookingnya dari jauh-jauh hari, supaya pelanggan tidak lupa)

Fasilitas 4/5 (kamar mandi perlu di-upgrade dan airnya kalau bisa agak deras lagi dong…hehehehe)

 

Thanks for letting me know your thoughts after reading my post...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s