Vanilla Chiffon Cake Baked With (FINALLY) Chiffon Tube Pan

Akhirnya ya pemirsa, setelah sejak dari tahun 2011 ‘kenalan’ dengan chiffon cake, jadi juga saya punya chiffon tube pan alias loyang chiffon beneran. Gak tanggung-tanggung, saya langsung punya tiga buah loyang chiffon. Satu bentuk lingkaran ukuran diameter 26cm, satu bentuk persegi ukuran 22cm, dan satunya lagi bentuk hati ukuran 22cm. Keistimewaan loyang chiffon adalah bagian tengahnya berlubang, bagian dasarnya bisa dilepas (untuk memudahkan mengeluarkan kue dari loyang apalagi karena dengan chiffon, loyang sama sekali tidak boleh dialasi atau dilapisi apapun (ungreased)), dan punya kaki penyangga (karena didinginkan dengan cara dibalik sementara chiffon pada umumnya mengembang melebihi tinggi loyang).

Setelah akhirnya punya juga loyang chiffon, saya langsung gak sabaran untuk segera nyoba bikin chiffon pake loyangnya yang ‘asli’ itu, penasaran, bakal tetep berhasil seperti kalo manggang pake loyang tulban gak yaaaa?

Continue Reading…

Palm Sugar Chiffon Cake

Kabut asap masih terus membayangi kota tercinta ini. Debu dan asap berbaur dalam udara sementara kesuraman terlihat di sepanjang mata memandang. Sedih. Tapi tetap percaya bahwa hujan berkat yang ditunggu-tunggu akan diturunkan Tuhan. Atau mungkin bukan hujan, mungkin berkat dalam bentuk yang lain, hanya Tuhan yang tau, yang pasti semua akan baik-baik saja dan kabut asap ini akan segera berlalu. Dan semoga ini adalah tahun terburuk sekaligusĀ tahun terakhir bencana kabut asap seperti ini terjadi. Semoga tahun depan tak ada lagi bencana seperti ini. Kalau masih terjadi lagi, yak mari kita pikirkan untuk segera angkat kaki dari kota ini.

Di tengah kondisi cuaca seperti ini, kami semakin jarang dan semakin malas keluar. Kecuali pak suami yang tiap hari tentu harus ngantor. Sementara saya terpaksa tinggal di rumah. Begitu juga si abang yang sekarang ini sekolahnya diliburkan sampai batas waktu yang belum bisa ditentukan. Saya gak mungkin nekad tetep ngantor menembus kabut asap sambil membawa kedua anak ini. Kondisi mereka sekarang sedang batuk pilek, sebuah reaksi tubuh yang alami untuk mengeluarkan kotoran dari dalam tubuh mereka, kotoran yang berasal dari udara yang mereka hirup. Maka biarlah mereka istirahat di rumah saja. Biarlah juga saya turut tak kemana-mana dan tak hadir di kantor. Entah bagaimana konsekuensinya nanti, cuma bisa hadapi saja. Tuhan pasti ngasih yang terbaik kok. Kondisi seperti ini siapa sih yang pengen?

Continue Reading…

Orange Chiffon Cake, Recipe and Some Tips

Chiffon cake selalu istimewa di hati saya karena pertama kalinya saya belajar bikin kue dengan menggunakan oven adalah dengan chiffon cake. Waktu itu saya baru beli oven dan langsung semangat banget kepengen bikin kue, pas di buku resep ada tentang pandan chiffon cake yang mana menurut saya waktu itu bikinnya gampang, saya pun langsung mengeksekusi resepnya.

Hasilnya enak, tapi teksturnya masih salah.

Kuenya gak bantet sih, malah mengembang dengan bagus. Bolehlah saya bangga karena meski saat itu saya masih gak paham apa itu stiff peak dan buku resepnya pun hanya bilang kalo putih telur harus dikocok sampai kaku, tapi saya langsung berhasil bikin putih telurnya sampai pada tahap stiff peak itu. Saya gak pernah belajar, tapi dulu suka liatin mama bikin kue jadi tau bagaimana bentuk putih telur yang dikocok sampai kaku itu.

Cuma karena waktu itu saya terlalu takut kuenya kematangan jadi udah langsung saya keluarin dari oven meskipun pinggirannya belum benar-benar coklat dan kering. Tapi pengalaman pertama baking itu sebenarnya sangat lumayan, karena sebelumnya saya belum pernah bikin kue, jadi modalnya hanya nekad aja. Puji Tuhan hasilnya langsung enak, suami dan si abang suka pake banget, sehingga pengalaman pertama itu menjadi sangat menyenangkan dan sejak itu chiffon cake menempati posisi yang istimewa di hati saya. Istimewa dalam artian, kalo pengen baking yang gampang-gampang ya pikirannya langsung ke chiffon cake ini šŸ˜€

Sebenarnya bukan hanya karena persoalan gampangnya yang membuat saya suka banget bikin chiffon cake ini, tapi sensasi yang saya rasakan ketika nge-bake chiffon cake itu yang tak terkira. Mulai dari aromanya yang semerbak memenuhi isi rumah ketika si chiffon sedang berada dalam oven hingga rasa bahagia melihat suami dan anak yang bolak-balik ke meja makan buat nyomotin si chiffon hingga dalam sekejap saja satu loyang itu bisa segera ludes. Emmm…gak cuma mereka sih yang bolak balik, tapi saya juga, hehe… Ya habisnya udahlah rasanya enak, teksturnya empuk dan lembut, kalorinya pun lebih sedikit ketimbang jenis kue lain karena gak pake margarine ataupun butter.

Nah, sekarang saya pengen bagi resep chiffon cake di sini. Tapi bukan chiffon pandan yang biasanya saya bikin, melainkan chiffon orange yang rasanya nyam…nyam…luar biasa enak. Bener lho, sekali bikin ini pasti bikin nagih untuk buatĀ lagi dan lagi šŸ˜€

Orange Chiffon Cake

Continue Reading…