Olahraga Asik Bareng Papa

Salah satu hal yang sangat saya syukuri dari pribadi pak suami adalah dia termasuk tipikal bapak yang selalu berusaha punya waktu untuk keluarga, tentu saja termasuk punya waktu bermain bersama anak-anak. Salah satu kegiatan yang cukup sering bahkan rutin dilakukan suami bersama anak-anak adalah olahraga bersama.

Sekarang ini memang suami saya badannya udah gak seatletis dulu, liat aja perutnya sekarang yang tambah sexy karena bentuknya yang semakin ke arah one pack…hihihihi… Tapi dia masih seneng olahraga kok, cuma beda dengan dulu waktu sebelum menikah, sekarang dia lebih memilih olahraga sambil menghabiskan waktu bersama kami.

Continue Reading…

Adek’s Masterpiece

Kangeennn rasanya nulis tentang si adek lagi. Oyampun, rasanya udah berabad-abad sejak terakhir nulis khusus tentang dia. Padahal perkembangannya udah banyak banget dan sering banget bikin kami terkagum-kagum. Gak nyangka aja, anak yang usianya baru 2 tahun 7 bulan udah bisa seperti ini.

Nah, tadi pagi ada hal yang dibuat si adek yang lagi-lagi bikin kami kagum.

Jadi ceritanya, pagi tadi waktu anak-anak bangun, mereka langsung pada ambil buku gambar trus gambar-gambar gitu.

Continue Reading…

Adek’s 29th Month

Akhirnyaaaa….!

Ada juga waktu buat update perkembangan si adek yang sekarang udah masuk ke usia 29 bulan. Dari kemarin-kemarin pengen nulis, tapi ampun deh sibuknya buat urusan kantor dan rumah bukan main rasanya. Pagi ini, mumpung tiba di kantornya masih pagi banget, mending saya nulis tentang si adek aja sebelum rapat ini itu dimulai dan sebelum saya kembali harus kayak setrikaan yang bolak-balik kantor-rumah ๐Ÿ˜€

Adik…adik…adik…

Adek nih suka nyebut dirinya sendiri dengan nama ADIK, bukan ADEK atau DEDEK.

“Adik minum susyu”,

“Adik makan”,

“Adik bobo sama mamma”,

“Adik nonton,”

Pokoknya semua adik..adik…dan adik.ย Dan cara nyebutnya itu lho, menekan banget di D dan K. Gemeess dengernya ๐Ÿ˜€

Suka Ngintip

Ini gak tau kenapa ya, adek tuh demen ngintip-ngintip gitu padahal sebenarnya gak perlu juga dia ngintip. Entahlah, memang kadang anak ini suka aneh, lebih suka menempuh jalan yang sulit ketimbang yang gampang ๐Ÿ˜€

Dalam rangka apa coba dia harus nonton dengan cara kayak gitu dan ngintipin abang kayak gitu juga padahal aslinya dia udah disuruh masuk sama guru musiknya abang? ๐Ÿ˜€

Sukaย Mikir

Si adek lagi suka berpikir keras dengan mengerutkan dahi dan sambil menopang wajahnyaย kayak gini….

Anak kecil, mikirin apa tooohhh sampe harus seserius itu gayanya??? ๐Ÿ˜€ ๐Ÿ˜€

Adik Vas, abang yaja

Adek nih udah tau namanya Ralph, walopun dia nyebutnya masih dengan “Vas”, soalnya memang nama Ralph tuh susah ya disebut sama anak-anak ๐Ÿ˜€

Si adek juga udah tau nama panjangnya apa, walopun nyebutnya masih belum sempurna: Vas Atan Toap Amocil (Ralph Jehonathan Tohap Samosir) ๐Ÿ˜€ ๐Ÿ˜€ .

Selain namanya, si adek juga udah tau nama abang, meski yang dia tau nama abangnya baru Raja aja ๐Ÿ™‚

Heiiiii…..Hapaiiinn??

Si adek kalo misalnya dia lagi ngerasa perlu sama si sus dan si mbak, dia kan suka manggil-manggilin mereka. Nah, kadang pas dia lagi manggil, si sus dan si mbak posisinya lagi di kamar mereka di lantai 2 di sayap kanan rumah, jadi waktu si adek manggil-manggil ya mereka gak kedengeran. Nah, kalo udah berkali-kali dipanggil dan masih gak ada jawaban dari mereka, si adek bakal pergi ke garasi trus dari bawah tangga yang menuju ke kamar si sus dan si mbak, dia bakal teriak, “Syussss/Wiwiiikk!!!! Heiii…Hapaiinnnn???”

Hahahahaha…

Dan itu lho, gaya dia nanya kayak yang kesel banget pengen bilang, “Kalian lagi ngapain sih??? Aku panggil-panggil kok gak jawab???”

๐Ÿ˜€ ๐Ÿ˜€

Pernah juga kejadian, ceritanya kami mo keluar sore-sore. Kami semua udah siap, tinggal nunggu si sus aja yang memang baru siap-siap setelah kelar urusan sama si adek. Nah, si adek nih udah semangat banget mo jalan, pengennya cepet-cepet masuk mobil, tapi saya bilang tunggu si sus dulu yang lagi siap-siap.

Si adek, saking pengen cepet-cepetnya pergi, kemudian teriak ke arah kamar sus, “Syuuusss…cepat, cepat, mau pergi kita! Syuuss!!”

Trus karena si sus gak juga turun-turun dan gak jawabin dia, si adek pun dengan kesel teriak, “Syuuuss….heiii…hapaiiinnn?? Cepat, mau pergi kita!”

Hahahaha….adeekkkk!!

Padahal itu gak ada yang ngajarin lho, entah dia tau dari mana ๐Ÿ˜€ .

Wot that??

Ini lagi, kalimat yang lagi sering diucapin si adek kalo dia denger ada suara keras atau ada benda atau apa aja yang masih asing buat dia. “Wot that?” tuh maksudnya “what’s that?”. Ini juga sebenarnya gak ada yang ngajarin, cuma mungkin dia taunya dari tayangan di TV dan adek kan tipe anak yang lebih cepat belajar dalam Bahasa Inggris ketimbang Bahasa Indonesia, makanya kalo denger kalimat dalam Bahasa Inggris tuh dia cepet banget nangkap dan hapalnya.

Masih, Lebih Cepat Belajar dalam Bahasa Inggris

Seperti yang saya bilang di atas, si adek lebih cepat belajar dalam Bahasa Inggris ketimbang Bahasa Indonesia. Ini mungkin karena sehari-hari dia denger abangnya ngomong dalam Bahasa Inggris, makanya untuk nama-nama benda misalnya, dia jauh lebih cepat tau dan hapal Bahasa Inggrisnya ketimbang Bahasa Indonesia. Jadilah sekarang ini si adek kalo ngomong sering campur-campur misalnya kayak gini, “Mamma makan banana,” ๐Ÿ˜€ ๐Ÿ˜€

Meski begitu, si adek udah tau kalo dalam Bahasa Inggris, adjective itu disebutnya di depan noun, misalnya “blue car“, “white paper“, dan sebagainya.

Si balita yang hobi sekali belajar ๐Ÿ™‚

Udah tau kalo salah

Adek nih udah mulai ngerti soal salah dan benar. Meski dia usil dan suka keras kepala, tapi kalo dia sadar dia beneran salah, maka ketika dimarahi dia akan diam aja menahan tangis dan akan berusaha nurut yang kita bilang. Bahkan gak sampai di situ aja, dia juga udah bisa minta maaf dengan ngomong “soyi….” (sorry….) .

Dan bukan cuma kalo kena marah lho, asal dia tau aja dia salah, misalnya gak sengaja nginjek kaki saya, dia bakal ngomong, “Eh, soyi mamma…”

Manis banget kaann anaknya?

๐Ÿ˜€ ๐Ÿ˜€

Usil sih anaknya, tapi masih sadar juga kok kalo salah ๐Ÿ˜€

Thank you

Selain bisa ngomong minta maaf, si adek juga udah terbiasa ngomong terima kasih kalo dapat bantuan atau dikasih apa-apa sama orang. Bahkan ketika dia yang bantuin orang pun dia yang bakal ngomong terima kasih…hihihihi..

Makin enak diajak ngobrol dan dimintai tolong

Seiring dia semakin ngerti dan semakin lancar ngomong, si adek pun makin asik diajak ngobrol apalagi dimintai tolong. Suruh apapun ke dia, bakal dia lakukan dan hasilnya pun tepat. Misalnya disuruh ambil tissue basah yang bungkusnya warna biru atau ambil dompet di dalam lemari mama dan sebagainya, dia bisa dan tepat melakukan seperti yang disuruh. Smart boy banget kaaannn ๐Ÿ˜€

Diajak ngobrol juga asik, ditanya apa-apa dia jawab, makanya si abang makin ngerasa kalo si adek tuh bener-bener adalah temennya. Puji Tuhan banget ๐Ÿ™‚

Sudah bisa menggambar garis lurus dengan bantuan penggaris

Si adek kan udah tau jenis-jenis garis seperti straight line, wavy line, dan zig zag. Nah, dia udah tau untuk bisa bikin straight line dia kudu dibantu sama penggaris (ini padahal gak ada yang kasih tau lhoo…entahlah, mungkin dia pernah liat abangnya menggambar garis pake penggaris hingga tau caranya), makanya sering tuh dia ambil kertas, pensil, sama penggaris trus gambar-gambar sendiri sambil ngomong, “Straight line!” ๐Ÿ˜€

===================================

Begitulah, beberapa hal tentang si adek di usia masuk 29 bulan ini.

Puji Tuhan banget untuk perkembangannya dan bersyukur banget juga untuk penyertaan Tuhan selama ini untuk si adek.

Kiranya Allah Bapa, Putra, Roh Kudus menyertaimu selalu dan senantiasa ya dek, tumbuhlah besar, jadi pribadi yang terus diberkati menjadi berkat bagi sesama serta jadi laki-laki yang memuliakan nama Tuhan ya sayang. Sehat-sehat terus, tambah cerdas, tambah pintar, tambah banyak kemampuannya ya deeekkk…. Kami semua sayang banget sama adek!

Lagi berdoa…

Sukaa deh liat bentuk kepala anak-anak ini. Lonjong ๐Ÿ˜€
Selamat belajar ya bang, aku ngemil dulu yaa? ๐Ÿ˜€

Liat dia kayak gini, rasanya pengen ikutan molor kaann? ๐Ÿ˜€
Kalo udah ngantuk banget, ni anak bisa tidur di mana aja kayak gini ๐Ÿ˜€
Muter-muter pun gak jatoh lho ๐Ÿ˜€

Si cowok ganteng berusia 29 bulan ๐Ÿ˜€

Adek’s 26th and 27th Month

Yippieeee….puji Tuhan dapat kesempatan lagi untuk update perkembangan si adek.

Bulan lalu saya ketinggalan, karena memang bulan lalu itu saya kejar-kejaran sendiri dengan cerita tentang mudik Natal 2015 ke Manado. Bulan ini saya gak mau ketinggalan lagi, sayang soalnya, karena salah satu kategori tulisan yang paling seneng saya baca sendiri di blog ini ya adalah tentang itu, perkembangan anak tiap bulan ๐Ÿ™‚

Si adek udah genap berusia 27 bulan alias 2 tahun lebih 3 bulan. Udah gede yaaa? Ya memang sih, baik dari segi postur maupun dari segi perilaku, dia semakin terlihat seperti anak besar.

Kalo dari segi postur, sekarang lemak-lemak bayi si adek semakin menghilang…dan sungguh, bikin saya kangeeenn dengan lipatan-lipatan lemak di paha dan tangannya…huhuhuhu….

Kalo dari segi perilaku dan kemampuannya… Puji Tuhan, bikin orangtuanya bangga dan bersyukur sekali!

Lanjutkan membaca “Adek’s 26th and 27th Month” โ†’

Adek’s 25th Month: Bye..bye ASI…

Anak-anak….kenapa harus cepat sekali besar?

Lihatlah si abang, rasanya baru kemarin saya hamil dia, sekarang tingginya sudah hampir mencapai bahu saya dan sudah jadi anak SD.

Lihatlah juga si adek, rasanya baru saja saya kabarin kehamilan kedua di blog ini, belum lama saya melahirkan dia, baru kemarin saya bercerita tentang perjuangan memberikan ASI untuknya, eh sekarang anaknya sudah berpisah dari ASI.

Cepat…cepat banget.

Dua tahun menyusuinya terasa hanya berlalu begitu saja. Seperti semilir angin yang sesaat terasa kemudian lenyap. Sebentar sekali…

Yang tersisa kemudian tinggal kenangan. Bahwa si anak lelaki yang nantinya akan beranjak jadi pria dewasa itu dulunya adalah seorang bayi yang mendapatkan semua nutrisi terbaik lewat ASI dari ibu kandungnya.

Pada akhirnya nanti yang tersisa memang hanya itu.

Kenangan.

Karena itu sebisa mungkin kenangan tentang masa kecil mereka diabadikan di sini. Karena semua akan begitu cepat berlalu, terlalu lekas lewat…

Si adek, usianya sudah lewat 1 bulan dari 2 tahun. Pada dasarnya dia masih sama. Bayi yang lucu, menggemaskan, berakal banyak, dan sangat cerdas. Bedanya sejak seminggu yang lalu dia tidak lagi menikmati ASI, baik perahan maupun langsung dari mamanya.

Di satu sisi saya lega, karena memang ini sudah waktunya buat si adek. Buat saya juga, karena si adek yang semakin besar semakin sering menggigit nenennya. Dan itu sakit banget, sodara-sodaraaaa…. Terakhir dia menggigit, nenennya sampe luka dan berhari-hari saya kesakitan…haissshhh… Makanya setelah itu akhirnya kami mulai lebih intens ngajarin si adek untuk berhenti nenen. Dan sekarang dia benar-benar berhenti.

Saya lega.

Sekaligus sedih juga, karena itu berarti dia semakin besar, semakin tidak tergantung lagi dengan mamanya… Tapi yah, mau bagaimana lagi. Memang harus seperti itu. Anak-anak harus menjadi dewasa. Harus jadi mandiri. Kelak mereka tidak hanya akan tidak tergantung lagi, tapi akan pergi membangun hidupnya sendiri. Lepas ASI hanya satu tahapan awal yang kecil, jadi mending tak usah sedih-sedih lah…walau tetep saya merasa sedih juga…hehehe….

Buat adek, selamat ulang bulan ke 25 ya naakk…. PR kita ke depan masih banyak, tapi mama percaya, Tuhan yang akan selalu memberkati semua usaha papa dan mama dalam memberikan yang terbaik untuk adek. Satu hari kelak, jika adek baca ini dan jika saat itu adek sudah mandiri dan sudah punya hidup sendiri dan bahkan mungkin sudah lama tidak ingin dipanggil adek lagi, mama berharap apapun yang sedang adek alami, ingatlah, selalu ada papa dan mama serta terutama Tuhan Yesus yang mencintaimu dan mendukungmu. Jangan pernah lupakan itu. Dan jangan pernah lupakan segenap kasih sayang serta kenangan yang kami berikan untukmu bahkan sejak sebelum adek lahir ke dalam dunia ini.

Love you so much, adek Ralph! Jesus Christ bless you and be with you forever, for always! Amen!

Pake topi sukanya ke samping kayak gini
Atau ke belakang kayak giniโ€ฆ
Kalo bisa normal kayak gini, itu berarti topinya dipakein..hihihihi

Ini kacamata renang dipakenya sendiri ๐Ÿ˜€

 

About Adek: What He Can Do Now….

Hal yang paling jadi kepikiran buat saya dengan lama tidak ngeblog adalah gak terdokumentasinya perkembangan si adek di blog ini, padahal justru sekarang ini perkembangannya lagi pesat banget dan hampir tiap hari ada saja hal baru yang bisa dia capai.

Soal perkembangannya, puji Tuhan banget, si dedek bisa dibilang sangat cerdas dan cepet banget nangkapnya, bikin kami semua termasuk abangnya suka kaget ngeliatnya dan akhirnya ngomong sendiri, “lho kok udah tau?”, “kapan diajarinnya dek?” ๐Ÿ˜€

Nah, di bulan ini si adek udah berulangย bulan yang ke-22, daripada ketinggalan lagi cerita tentang dia, maka di malam Sabtu ini mumpung saya lagi bisa nyantai sambil nemenin anak-anak nonton Zoo Moo, mending sekarang saya cerita tentang perkembangan si adek.

Halo semuaaaโ€ฆusiaku sekarang sudah 22 bulan dan kabarku sekarang sedang agak sakitโ€ฆmaklum ya om, tante, kabut asap di kota tempat tinggalku, Palembang, lagi lumayan tebal, jadilah aku batuk-batukโ€ฆheheโ€ฆtapi puji Tuhan sekarang aku udah baikan kok ๐Ÿ™‚
Selain masih balita, aku juga pegawai kantoran lhoooo ๐Ÿ˜›
Mamma selalu bilang kalo aku ganteng. Dan aku percaya kalo kata-kata mamma itu benar ๐Ÿ˜›

Continue Reading

Adek’s 18th Month

Horeeee…ulang bulannya kapan, ditulisnya kapan…hehehehe…. Biarinlah, sengaja emang supaya gak ketahuan banget juga kapan dia ulang tahunnya.

Ini dari ulang bulannya sendiri udah lewat 11 hari, jadi usianya di hari ini udah hampir 18 setengah bulan. Dua minggu lagi udah ulang bulan lagi deh ni bocah ๐Ÿ˜€

Di usia ini, si adek udah makin pinter ngomong, yah memang sih kebanyakan omongannya masih ntah apa-apa, masih suka ngoceh gak jelas gitu, tapi beberapa kata dia udah jelas ngomongnya dan makin pintar juga niru omongan orang.

Ini ada videonya si adek niru saya yang ngomong great jobs ๐Ÿ˜€

Di samping great jobs, kata dalam bahasa inggris lain yang udah bisa dia ucapin adalah fish, dog, dan takyu (bahasanya buat thank you…hehehe), serta tentu saja no dan yes yang udah dari berbulan-bulan lalu bisa diomonginnya.

Selain itu, kalo bulan lalu untuk kata minum dia bisanya bilang “nyum”, di bulan ini udah jelas, “minum”.

Begitu juga dengan kata abang. Bulan-bulan kemarin kan bisanya ngomong, “Aba” gitu, di bulan ini udah keren tuh, udah “Abang” jelas banget gitu ngomongnya. Seneeengg banget dengernya ๐Ÿ˜€

Pelan-pelan juga dia udah bisa manggil si mbak dengan sebutan “Baaa…Wi!”. Itu si mbak Wik pas denger si adek manggil dia kayak gitu, langsung loncat-loncat kesenengan lho trus langsung teriak-teriak manggil si sus, “Sus..suuusss…dedek manggil namaku lhooo!!!” hahahaha…si mbak ih, segitunya bahagianya ๐Ÿ˜€

Oh ya, si adek juga sekarang udah bisa lhoooo nyebut “dedek” untuk dirinya sendiri. Biasanya kalo dia minta apa-apa trus gak dikasih, mulai deh ngerengek sambil bolak-balik bilang, “dedek…dedek….dedek…” hehehehe…. Trus juga kalo lagi nangis sambil marah, suka ngomong, “Gaaaakk!!! Gaakkk!!!” hihihihi…ntah apa maksudnya, mungkin pengen bilang, “Gak gitu dong ke aku!” ๐Ÿ˜€ ๐Ÿ˜€

Selain lagi asik belajar ngomong, si adek juga lagi suka belajar abjadย dan angka. Kalo abjadย yang paling fasih dia sebut tuh B,C, dan D (dalam bahasa inggris). Kalo angkaย yang paling fasih one, two, dan eight. Khusus untuk angka, dia paling suka belajar sambil naik turun tangga. Jadi setiap anak tangga diitungin satu-satu. Yah, masih kita sih yang ngomong nama angka-angkanya, dia mah cuma ngikutin ujung-ujungnya doang, tapi gak apa-apa lama-lama pasti dia bisa nyebutin angka secara berurut. Karena si adek lagi seneng belajar gini, maka di rumah pun tiap hari si sus muterin DVD Brainy Baby yang ABC sama 123. Anak mama pintar, semoga tambah pintar yaaaa ๐Ÿ˜€

Gaya pake laptop

Ralph nih anaknya memang susah diam dan suka banget ngusilin orang.

Liat deh di foto di bawah ini. Itu ceritanya dia lagi mo digantiin baju dan popok sama si sus, tapi belom apa-apa udah kabur ke tangga. Kalo dikejar dia cepet-cepet lanjut naek, kalo kita berhenti, dia juga berhenti sambil pose kayak gini…

Tapi seusil-usilnya dia, dia tetep anak yang suka belajar dan doyaaann sekali membaca buku! Yang kayak gini, mirip banget tuh dengan abangnya. Gak bisa diam sih, tapi begitu nemu buku, betah duduk sendiri sambil bolak-balik bukunya meski belum bisa baca pun ๐Ÿ˜€

Waktu saya nulis soal buku anak-anak, ada yang nanya anak-anak di rumah suka sobek-sobek buku juga gak?

Sebenarnya sih abang dan adek tuh sama ya, waktu usia di bawah setahun dan sampe setahun lebih sedikit masih suka sobek-sobek buku, tapi lama kelamaan mereka ngerti kalo buku itu untuk dibaca bukan untuk disobek-sobek. Jadi kalo ada yang tanya apa rahasianya bikin anak gak sobek-sobek buku, saya mungkin hanya bisa jawab, disering-seringkan bacain buku untuk anak aja supaya anak tau apa gunanya buku ๐Ÿ™‚

Usia boleh baru setahun setengah, tapi intelek banget kaann..udah bisa ketiduran sambil pegang buku gini ๐Ÿ˜€

Perkembangan si adek lainnya di bulan ini adalah udah bisa mandi diguyur. Karena udah bisa mandi diguyur gini, dia udah ogah berendam di baknya lagi, seringnya sih habis mandi dia main-main air aja tanpa masuk ke dalam bak lagi.

Senengnya, si adek ini pas diguyur gitu dia gak ada gelagapan sama sekali, biasa aja gitu, tiap airnya turun ya dia tutup mata sama nahan napas aja. Ini tanpa diajarin sih, tiba-tiba aja dia udah bisa. Sebenarnya dia udah lama sekali bisa diguyur sejak masih mandi di dalam bak, tapi baru beberapa minggu belakangan ini dia mandi dengan berdiri terus kayak gini.

Liat muka dia yang lagi merem kuat-kuat gini, rasanya gemeeesss banget! ๐Ÿ˜€

Selebihnya, si adek masih suka musik dan pura-pura bisa main musik seperti abangnya…. Liat deh gaya dia main piano. Kayak yang bener aja, trus setelah itu dia pake tepuk tangan lagi, seolah puas banget sama hasil karyanya ๐Ÿ˜€

Adek juga masih sukaaa sekali main magic car keliling-keliling rumah…

Dan dia sekarang ini sedang jadi penggemar Hi-5, In The Night Garden, dan Teletubbies. Kalo udah nonton tiga acara itu…beuuhh..seriusnyaaaa ๐Ÿ˜€

Di atas semuanya, dia masih si ASIHOLIC! ๐Ÿ˜€ ๐Ÿ˜€

Soal imunisasi, si adek seminggu yang lalu udah imunisasi DPT IV, Hib IV, dan Polio V. Untuk MMR masih ditunda, tar lah kalo udah 2 tahun, hehe….

Selamat ulang bulan ya nak! Bayi kesayangan orang serumah yang tiap hari ngasih hiburan gratis buat kami. Seneng banget lho dek dengan kehadiran dedek, rumah gak pernah sepi, ada aja kelakuan dedek yang bisa jadi bahan ketawaan ๐Ÿ˜€

Sehat-sehat terus ya nak, tambah pintar, tambah cerdas, tambah ganteng, pokoknya tambah diberkati dan penuh kasih karunia dari Allah Tritunggal ya nak.

We love you so much, Ralph Jehonathan Tohap Samosir!

 

Adek’s 17th Month

Jumpa lagi dalam edisi cerita tentang ulang bulan si adek yang per tanggal 10 bulan ini genap berusia 17 bulan. Gak kerasa yaa…7 bulan lagi genap 2 tahun lho bocah ini ๐Ÿ˜.

O ya, seperti biasanya tulisan tentang ulang bulan anak saya gembok dan emang sengajaย gak di-publish tepat di hari ulang bulannya. Saya gak tau apakah dengan begini jadinya bisa lebih aman atau tidak, yang pasti ada rasa sedikit tenang mengetahui jumlah orang yang tidak saya kenal tapi tau banyak tentang anak-anak (termasuk tanggal lahirnya) tidak bertambah.ย Saya memang gak bisa bikin apa-apa untuk apa yang sudah terjadi di belakang, tapi seenggaknya saya ingin mencegah sesuatu tak mengenakkan terjadi di depan ๐Ÿ™‚

Nah, sekarang lanjut ke cerita tentang si adek di usia 17 bulan.

Memasuki usia ini, puji Tuhan, sebagaimana mestinya (karena tambah usia harusnya tambah pinter dong), kepintaran dan kemampuan si adek bertambah sangat banyak dan ini beberapa di antaranya.

Continue Reading…