My Tommy-Tommy Bread (8m+)

Kemarin pagi, pas mo bikinin sarapan untuk Raja..saya sempat bingung… roti gandumnya mo ditemenin sama apa yah?? Dimasak pake kaldu, sudah pasti…pake keju? ya pasti juga… tapi..buahnya apa yah? Dikasih pisang, ah, sudah biasa buat Raja..takutnya ni anak malah bosen. Dikasih pear, tar jadinya keenceran..

Iseng-iseng buka kulkas, eh..ngeliat si tomato. Tiba-tiba inget, makan roti pake tomat kayak hamburger gitu kan enak juga… maka, jadilah saya bikin┬ábreakfast buat Raja seperti ini nih…

  1. 2 lembar roti gandum, buang pinggirannya, cabik-cabik.
  2. Keju cheddar, jumlahnya terserah selera dan tergantung kandungan garam di dalam keju. Karena saya pake Kraft yang notabene kandungan garamnya lumayan tinggi, jadi kejunya dikit aja..kira-kira dua parutan pendek aja.
  3. Setengah buah tomat ukuran sedang (kalo yang ukurannya gede, seperempat aja). Direndam bentar di air panas, lalu kuliti dan buang bijinya, kemudian cincang halus.
  4. Rebus roti bersama air kaldu (banyaknya air kaldu, ya dikira-kira juga…hi hi) dan keju di atas api kecil.
  5. Ketika roti sudah lembut dan mulai tampak seperti bubur, masukkan tomat yang sudah dicincang.
  6. Kalo tomatnya udah mateng, silakan deh diangkat dan ditaro dalam mangkuk bayi.

Raja(1044)

Hadooohh…parah yah penulisan resepnya?? He he…katanya sih menulis resep yang baik itu gak boleh pake ilmu kira-kira…musti ada itungan yang pas alias bahan-bahannya musti pada ditimbang dan diukur. Tapi ya..namanya juga dalam rangka nyiapin sarapan on the crowded morning, manalah ada waktu lagi untuk menimbang semua bahan dan menghitung waktu berapa lama memasak, he he…

Yang penting, hasilnya uenak deh… haruuuummm… dan Raja suka, he he. Kandungan gizinya juga baik banget, tau dong…tomat itu kaya akan vitamin A, C, K, zat besi, kalsium, bahkan asam folat. Sebenarnya sebelum ini, Raja belum pernah makan tomat, biasanya tomat hanya saya pakai sebagai bumbu untuk bikin kaldu aja. Makanya, agak ragu juga Raja mau apa gak makan tomat kayak gini…tapi ternyata…he he…lahap tuh makannya… puji Tuhan…

O iya, kalo menurut wholesomebabyfood, tomat lebih baik dikenalkan pada anak di atas usia 10 bulan. Tapi katanya banyak parents yang mengenalkan buah ini untuk bayi berusia 8 bulan dan tidak terjadi masalah apa-apa… semoga, Raja juga gak, he he..

Raja(1046)

Raja lagi mamam tommy-tommy bread disuapin sama si suster