Smog…………..

Tahun ini, lagi-lagi Palembang diselimuti kabut asap…kayaknya yang seperti ini memang udah jadi agenda tahunan dan selalu terjadi antara bulan Agustus-September. Tahun 2012 lalu saya juga pernah nulis tentang kabut asap di sini.

Sebabnya apa lagi kalau bukan karena kebakaran lahan…..yang emang sengaja dibakar…..

Memang membuka lahan baru dengan cara slash and burn seperti yang banyak dilakukan di sini adalah metode yang paling murah dan mudah. Tapi ya itu, efeknya panjaaanggg…dan seisi kota ngerasainnya, padahal lokasi lahan-lahan yang dibakar sudah jauh banget sih dari kota tapi karena masive jadi efeknya kerasa banget di sini. Sejauh mata memandang, yang terlihat cuma kabut asap di langit. No sunshine, no blue sky, no clouds….dan udaranya itu, duh…terasa kotooorr banget. Kalo udah gini jadi malas banget berada di luar rumah, karena udaranya bikin sesak. Rumah pun terpaksa selalu ditutup semua pintu dan jendelanya, kalo sampe dibuka, beuuh…masuklah itu segala asap dan debu-debu hitam bekas bakaran.

Kondisi kayak gini selain mengganggu aktivitas, juga tentu amat sangat mengganggu kesehatan. Makanya gak heran kalo di musim gini batuk pilek merajalela. Beberapa hari lalu suami dan anak-anak juga kena batuk pilek, syukurlah sekarang semua udah baik-baik aja, termasuk si Ralph. Si bayi yang beberapa hari lalu sampe demam gara-gara batuk pilek itu, sekarang udah gak pernah terdengar lagi batuknya…yang terdengar dari mulutnya cuma ocehannya, tawanya, dan nangis pura-puranya…hihihihi…

My King of Drama :D :D :D
My King of Drama 😀 😀 😀

Duh, semoga aja hujan lekas turun, supaya kondisi seperti ini segera berlalu dan udara bisa menjadi bersih kembali. Kondisi kayak gini bikin Raja jadi prihatin juga. Sekarang tiap malam tuh dia berdoa supaya Tuhan ngasih hujan biar gak ada lagi pohon-pohon yang terbakar….dia bilang ke Tuhan Yesus, katanya kasian kalo makin banyak pohon yang terbakar :D.

Doa kayak gitu udah ada sekitar 3 hari ini dia panjatkan dan akhirnya tadi pagi dia nanya ke saya kenapa kok Tuhan gak kasih-kasih hujan juga sampe sekarang padahal dia udah berhari-hari minta hujan? Saya bilang, kalo Tuhan selalu punya rencana yang jauhhh lebih baik dari apa yang kita pikirkan. Kalo kondisi kayak gini masih diijinkan Tuhan, itu artinya ada sesuatu yang mau Tuhan buat. Mungkin buat kita sekarang ngeliatnya kok ini gak baik banget, tapi percaya aja bahwa Tuhan tidak pernah terlambat bertindak dan apapun yang Tuhan buat atau ijinkan terjadi itu ada maksud yang baik 🙂

Ini ada beberapa foto yang saya ambil yang nunjukkin betapa tebalnya kabut asap di sini yang akhirnya membuat wajah kota jadi terlihat suram dan muram.

Foto ini saya ambil kemarin sore, kaget begitu keluar kantor liat langit udah gelap banget, padahal ini baru jam 4 lho...itu gelapnya bukan karena mau badai, dan mendungnya bukan karena mau hujan, tapi karena memang tertutup kabut :(
Foto ini saya ambil kemarin sore, kaget begitu keluar kantor liat langit udah gelap banget, padahal ini baru jam 4 lho…itu gelapnya bukan karena mau badai, dan mendungnya bukan karena mau hujan, tapi karena memang tertutup kabut
Ini di jalan, kemarin sore. Matahari sebenarnya lagi bersinar terang, tapi cahayanya gak nyampe ke bawah, karena terhalang kabut ...
Ini di jalan, kemarin sore. Matahari sebenarnya lagi bersinar terang, tapi cahayanya gak nyampe ke bawah, karena terhalang kabut …
Dan ini foto tadi pagi....muram banget yah
Dan ini foto tadi pagi….muram banget yah

Sekali lagi, semoga aja kondisi ini segera berlalu dan kami bisa menghirup udara segar lagi. Kangen jalan-jalan di taman pas pagi atau sore hari. Sejak kabut asap melanda, kami gak pernah lagi ke taman…ya gimana, jalan ke taman kan dalam rangka nyehatin badan dengan ngirup udara segar, sementara dalam kondisi kayak gini, udara segar mana lagi yang bisa dihirup? T__T

Demikianlah pemirsa, cerita saya sore hari ini yang ditulis di tengah suasana muram berkalang kabut kota Palembang, hehe…dan mungkin karena tema hari-hari terakhir ini sedang ‘gelap’, saya juga jadi ikut-ikutan pake baju gelap ke kantor. Baru nyadar pas tadi nyampe di kantor, lah kok hari ini saya temanya jadi item-item gini.

IMG_00000409

Tapi walo tema luarnya gelap, hati saya tetep ceria dooonggg…!

Iyaaa…ceria banget soalnya lagi menanti kekasih hati pulang ke pelukan, nih…hahahaha…

Udah ah nulisnya, sampe di sini aja…ini kok mo nulis soal kabut asap malah jadi kemana-mana ceritanya, takutnya kalo dipanjangin malah makin absurd…hihihihi…

Met sore, manteman!

Iklan

Another Random Chit Chat

Hari kemarin adalah hari yang lumayan banyak cerita untuk saya.

Diawali dengan insiden di pagi hari di persimpangan Charitas yang padat. Ada mobil Panther biru di jalur kiri yang ‘maksa banget’. Awalnya dia maksa memburu lampu ijo. Karena gak berhasil, dia kemudian tiba-tiba berubah haluan dan maksa masuk ke jalur di sebelah kanannya alias di jalur saya karena jalurnya seharusnya dipakai oleh kendaraan yang mo belok langsung ke arah kiri. Akibat ke-maksa-annya itu, dia pun menyerempet mobil saya, yang udah dalam posisi berhenti karena lampu lalin di depan udah menyala merah.

Saya kaget, lalu klaksonin dia dengan kencang, keras, dan lama.

Sadar kalo dia baru aja nyerempet mobil orang, dia pun langsung belok ke kiri, kabur secepat-cepatnya dan ninggalin tanda mata berupa goresan biru di mobil saya 😦

Continue Reading…