(Experiment) Lubang Tak Selalu Sama Dengan Bocor

Punya anak yang selalu ingin tau, ingin belajar, dan sering sekali bertanya mengapa, mengapa, dan mengapa, memang meski kadang terasa merepotkan namun harus saya akui bahwa itu amat sangat menyenangkan.

Menyenangkan, karena saya juga jadi ikut banyak belajar dan jadi tau tentang realita dari hal-hal yang sudah saya telan bulat-bulan sejak kecil. Dulu memang sepertinya waktu kecil saya tidak sekritis anak saya sekarang. Jarang tanya kenapa dan kenapa. Entah kenapa juga, hehe… Bersyukur, punya anak yang selalu pengen tau misteri alam ini dan karenanya hobi banget baca buku-buku science, akhirnya saya juga jadi ikut tau banyak hal…jadi suka manggut-manggut sendiri pas lagi baca buku bareng dia sambil dalam hati ngomong, “oalah gitu toh ternyata?” hihihihi… *oya, semalam dia baru bertanya mengapa suara tokek seperti itu dan sepertinya hari ini saya harus googling untuk cari tau mekanisme pengeluaran suara si tokek hingga menghasilkan suara yang berbunyi…to..kek…to..kek seperti itu 😀 😀 *

Dan menyenangkan juga, karena anak saya selalu pengen tau jadi selalu semangat ketika diajak melakukan eksperimen. Aslinya saya gak terlalu suka sama pelajaran Fisika dan Kimia, tapi kalo soal percobaannya sendiri saya selalu senang, karena bisa liat langsung apa yang sebelumnya hanya di teori doang. Belajar dengan eksperimen lebih asik karena bikin pengetahuan lebih nempel di otak.

Nah, beberapa hari lalu, saya dan si abang bikin eksperimen yang berkaitan dengan gravitasi, sifat air, tekanan udara, serta soal lubang dan bocor.

Kalo soal gravitasi kita semua tau kan ya? Segala benda yang ada di atas bumi ini jatuhnya pasti ke bawah karena ditarik oleh gaya gravitasi bumi. Hal ini juga yang bikin secara alami salah satu sifat air adalah mengalir ke tempat yang lebih rendah.

Dan kita semua juga tau kan ya, kalo yang namanya lubang itu, terutama di bagian bawah bisa menyebabkan kebocoran? Ya jangankan yang ada lubangnya. Yang gak ada lubangnya aja bisa bocor kok. Contoh aja dompet, meski bagian bawahnya mulus tanpa lubang, tapi tetep aja semua duit yang dimasukkan ke dalam bisa bocor entah kemana kan? #eh?

Tapi ternyata ya pemirsa, gak semua lubang kok bisa menyebabkan kebocoran.

Bener deh.

Kalo ada botol yang bagian bawahnya berlubang, lalu botol itu diisi air, menurut pemirsa apakah air dalam botol itu akan mengalir keluar lewat lubang di bagian bawah itu?

Belum tentu lho.

Gak percaya?

Yuk mari simak eksperimen saya dan si abang berikut ini.

Continue Reading…