5 Benda Penyelamat MPASI Ketika Bepergian

Saya sama sekali gak menyangka kalo sekarang akan kembali menulis tentang MPASI lagi. Aslinya saya punya beberapa hal lain yang pengen diceritain di blog ini. Tentang film, tentang lip palette, dan tentang S.L.C. Udah lumayan lama, ada kali sekitar tiga minggu, ketiga ide itu menggantung di kepala saya. Pengennya segera ditulis. Tapi kok entah kenapa, begitu dapat pertanyaan seputar MPASI di post yang ini, pagi ini saya malah ngedapatin diri sendiri merasa lebih bersemangat untuk nulis soal MPASI buat bayi ketika sedang bepergian.

Buat yang anak-anaknya udah gede dan sudah melewati masa-masa MPASI, mungkin udah bosan kali ya dengan topik ini :D. Dan saya sendiri pun sebenarnya sudah beberapa kali menyinggung soal ini ketika cerita tentang perjalanan-perjalanan saya bersama si abang dulu. Tapi karena dulu itu nulisnya gak spesifik, jadi gak apa lah ya ditulis lagi sekarang. Mudah-mudahan berguna buat yang sedang nyari informasi.

Mungkin sama seperti orang tua lainnya yang punya anak yang masih dalam usia belum bisa makan makanan ‘luar’, kami pun berusaha memastikan supaya anak tetap bisa makan makanan rumah seperti yang biasa dia makan meskipun sedang berada di luar. Di kasus kami, hal ini bukan saja menjadi pilihan agar lebih sehat, tapi menjadi keharusan, mengingat kedua bocah ganteng luar biasa itu, sepertinya janjian untuk lebih menyukai bubur ketimbang nasi di usia segini.

Nah, dalam usaha kami itu, sesuai judulnya, kami mengandalkan lima benda di bawah ini.

Continue Reading…

Iklan

MPASI stuff…

Ini dia nih…perangkat MPASI buat Raja… Niatnya sih pengen fotoin satu per satu perangkatnya, tapi apa daya, sebagian besar sudah terpakai..alias gak lagi berada dalam dus setnya, jadi rada susah difotoinnya, he he

Raja(935)

Pigeon Home Baby Food Maker

Isinya berupa perangkat seperti berikut.

  • Penghalus makanan dari kayu
  • Pemeras jeruk
  • Saringan kawat
  • Parutan
  • Sendok kecil
  • Mangkuk perasan
  • Mangkuk kecil
  • Tutup mangkuk

Ternyata gak mudah mencari perangkat ini di Palembang. Saya harus keluar masuk beberapa baby shop dulu baru akhirnya nemu. Itupun secara gak sengaja, karena tiba-tiba aja ditawarin sama pramuniaganya, padahal saya belum nanya lho, he he…. memang sudah jodoh kali ya…

Peralatan ini berguna banget, lho… sejauh ini saya membuat puree sayuran dan buah yang sudah dikukus dengan menggunakan alat penghalus kayu nya itu…

Pigeon Feeding Set

Raja baru punya 1 feeding set. Soalnya baru mulai makan, jadi belum perlu banyak-banyak perangkat makan.

Panci kecil, talenan, pisau

Semuanya harus baru, dan khusus digunakan hanya untuk Raja saja. Pancinya saya pilih dari bahan stainles steel, sejauh ini sudah digunakan untuk memasak bubur dan mengukur sayuran. Talenan baru saya siapkan 1, nanti kalo Raja sudah bisa makan daging atau ikan baru saya tambah 1 talenan lagi.

Botol Polyprephilene Bersendok dari Pigeon

Raja pertama kali belajar makan dengan menggunakan botol bersendok ini. Dan memang, terbukti hasilnya sangat rapi. Sekalipun Raja belum bisa makan dengan benar waktu itu, tapi tak ada bubur yang berceceran. Sekarang botol yang sudah saya siapkan sebanyak 2 ini tidak lagi digunakan, karena Raja tidak suka makan makanan cair. Tapi nanti kalo  saya akan memberikan jus buah untuk Raja, rencananya saya kembali akan menggunakan botol  ini.

Blender khusus buat Raja

Blender ini berguna banget untuk menghaluskan makanan terutama untuk membuat tepung beras. Saya sengaja mengkhususkan blender buat Raja, karena pengennya segala sesuatu menyangkut Raja adalah bersih dan tidak terkontaminasi dengan makanan orang dewasa, he he

Kotak Penyimpanan Makanan Bertutup

Saya memilih yang terbuat dari plastik berlabel food grade. Gunanya untuk menyimpan makanan Raja di dalam kulkas.

Refrigerator Kecil

Refrigerator kecil milik Raja yang tadinya dipakai hanya untuk menyimpan ASIP, ternyata sekarang bertambah fungsinya sebagai tempat penyimpan bahan makanan seperti sayur dan buah, juga sebagai tempat menyimpan makanan Raja yang sudah jadi.

Lunch Jar

Benda ini gak tau bakal terpakai ato gak. Tapi yah, yang penting disiapin saja. Saya berpikir jika nanti kami bepergian yang jauh-jauh, seperti misalnya ke Rote saat Lebaran nanti, tentu saja kami harus menyediakanbekal buat Raja. Dengan adanya lunch jar ini, tentu saja akan lebih baik karena bekal buat Raja akan tetap hangat.

Raja(939)

Timbangan

Supaya porsi makannya gak kurang juga gak lebih, tetapi tepat.

Tempat Penyimpanan Perangkat Makan Bertutup

Saya pilih yang agak besar karena perangkat makan Raja bakal terus bertambah . Selain itu, saya juga pilih yang pake penutup supaya isinya aman dari segala macam debu dan kotoran. Biarpun rumah tiap hari disapu dan dipel, yang namanya debu kan ya ada aja….

High Chair

Ini termasuk salah satu yang penting nih. Untuk beli high chair Raja ini, kami sudah berkeliling ke hampir seluruh pelosok kota Palembang, he he…dan tetep gak nemu juga yang oke dalam artian fungsinya benar-benar untuk makan, dudukannya nyaman, pengamannya benar-benar mengamankan, dan tentu saja harganya yang wajar, he he…. Gak taunya malah nemu di Medan. Syukur banget dapat yang gak perlu dirakit-rakit lagi. Kursinya malah bisa dilipat dengan mudah, jadi gampang buat dibawa-bawa, tapi bukan berarti gak aman lho… Kaki kursinya kokoh. Dudukannya nyaman. Dan tali pengamannya dipasang untuk pundak dan pinggang, jadi bener-bener aman gitu lho… Merknya BabyDoes. Harganya??? Setengah dari harga yang ditawarkan di Palembang sini…asik kan…. he he…

Raja(921)