Diproteksi: The 31st Month

Konten ini diproteksi dengan password. Untuk melihatnya cukup masukkan password Anda di bawah ini:

MPASI Untuk Bayi 1 Tahun

Sudah lama rasanya gak nulis tentang solid food buat Raja. Tulisan terakhir adalah tentang solid food for 9m old baby. Memang sengaja, sih. Kenapa? Karena setelah usianya lewat 9 bulan, pada dasarnya tak banyak yang berubah tentang menu makanan padat untuk Raja. Paling yah tekstur makanannya yang semakin ke sini semakin kasar dan padat di samping semakin banyak jenis sayuran dan lauk yang diberikan seiring semakin berkurangnya ‘pantangan’ buat Raja.

Setelah lewat satu tahun ini, jadwal makannya pun masih tetap sama, kurang lebih seperti berikut.

07.30 Sarapan
11.00 Makan siang
14.00 Cemilan buah
16.00 Makan sore

Untuk menu sarapannya, Raja lebih sering menikmati oatmeal yang dimasak bersama kaldu ayam. Oatmealnya gak pernah hanya polos saja. Pasti didampingi juga sama sayuran semacam tomat dan lauk yang berganti-gantian antara daging ayam dan telur rebus. Gak ketinggalan juga taburan keju parutnya. Nyam nyam deh. Puji Tuhan, biarpun menu sarapannya bisa dikatakan itu-itu saja, tapi Raja sejauh ini gak pernah bosan, soalnya Raja memang doyan banget sama oatmeal. Kalo lagi gak enak badan trus makannya jadi agak susah, biasanya oatmeal yang paling gampang diterimanya.

Saat memasakkan oatmeal untuk Raja, biasanya kami beri tambahan 1 sendok teh tepung kacang hijau atau kacang kedelai. Ini awalnya bisa-bisanya si suster aja yang maksudnya supaya oatmealnya jadi kental alias gak cair. Eh, ternyata, memang terbukti enak, lho! Dan gak hanya enaknya saja, tumbuhan kacang-kacangan seperti kacang hijau memiliki seribu manfaat untuk kesehatan salah satunya adalah meningkatkan nafsu makan anak!! *Pengen tau lengkapnya?? klik aja di sini*

O ya, kalo soal telur, karena sudah berusia 1 tahun lebih, Raja sudah mulai diperkenalkan dengan putih telur dan puji Tuhan, sampe sekarang he had no any allergic to the egg white.

Kalo untuk makan siang dan makan sore, ya menu utamanya apalagi kalau bukan nasi. Untuk nasi ini saya pilih beras putih organik. Untuk sayurannya jelas sudah beraneka ragam: brokoli, bayam, caisim, wortel, labu siam, kembang kol, kangkung, oyong, buncis, etc. Begitu juga dengan lauknya, tinggal pilih dari aneka macam ikan (biasanya salmon atau tuna atau belut, kadang juga dikasih kakap atau gindara) atau daging sapi atau udang. Lauknya juga sering ditambah sama tempe atau tofu.

Untuk pengolahannya, sampe sekarang kami masih memanfaatkan slow cooker terutama untuk membuat nasinya. Untuk sayur dan lauk, kadang dicampur langsung dalam slow cooker, kadang diolah tersendiri. Yah, tergantung lah pengen ngasih menu apa untuk Raja.

Sebenarnya Raja sudah bisa makan nasi biasa seperti yang kita makan. Tapi kalo dikasih nasi kayak gitu nanti makannya jadi lama. Makanya, supaya aman, damai, dan sejahtera, mending Raja kami kasih nasi lembek saja. Kadang kalo kami lagi makan, kami juga nyuapin Raja, selain karena ni anak yang minta juga supaya terus melatih kemampuan mengunyahnya. Karena nyuap-nyuapin inilah kami kemudian tau kalo ternyata Raja doyan sama nasi goreng!!

Nah, karena Raja sudah setahun lewat, maka Raja sudah mulai dikenalin sama bumbu penyedap seperti garam, gula, dan merica, juga paprika aneka warna. Biasanya sih kalo bikin cah sayuran selalu saja ditemenin sama paprika aneka warna supaya warna sayurnya jadi tambah cuantik 😀

Setiap hari, Raja juga kami wajibkan untuk makan buah. Puji Tuhan, dengan kebiasaannya makan buah ini, Raja belum pernah mengalami yang namanya konstipasi. Mudah-mudahan gak pernah ngalamin masalah dengan pencernaan ya nak….

O ya, di usia segini, Raja udah mulai makan berbagai bentuk cemilan. Mulai dari yang ditujukan untuk batita semisal biskuit sampe ke cemilan orang dewasa kayak es krim, cokelat batangan, roti, pisang goreng, ubi goreng, dan bahkan kemplang panggang yang keras itu, he he. Tapi gigi dan gusi Raja are quite strong to chew those kemplang 😀

Sengaja sih memang memperkenalkan Raja dengan makanan dewasa, karena bagaimanapun juga Raja perlu untuk itu. Pencernaannya perlu dilatih untuk makan makanan yang rada aneh, supaya terlatih dan gak kaget nantinya *ni gara-gara duluuu banget nonton Up Town Girl, saya jadi ngerasa memang perlu untuk anak makan makanan yang proses pembuatannya tidak sehati-hati seperti biasanya 😀 * O ya, karena Raja bahkan sudah bisa makan kemplang panggang, kami jadi tidak perlu khawatir dengan kemampuan mengunyahnya 🙂

Tapi ya tetep, sekalipun udah bisa makan yang begitu-begituan, tetap saja kami tidak mengijinkan Raja jajan sembarangan, apalagi makan snack yang isinya cuma MSG doang, wah kalo itu absolutely positively haram judulnya. Raja boleh jajan asalkan yang lumayan bergizi. Cokelat dan es krim, jelas oke, selama gak kebanyakan karena gulanya bisa merusak gigi dan kelebihan gula juga gak baik untuk tubuh. Roti juga baik. Begitu juga dengan kemplang, karena terbuat dari ikan tenggiri, so, we can say that it’s pretty nutritive dong, he he..

Mmm..apalagi ya?

O ya, tentang susunya.

Sekarang, selain minum ASIP, Raja juga minum susu UHT. Sehari biasanya 1 kotak. Lumayanlah, dengan susu UHT ini, saya jadi lumayan santai dalam menyediakan ASIP. Gak perlu terlalu kejar-kejaran lagi kayak dulu, he he.. Kenapa pilih UHT? Ya, karena manfaat dan kelebihannya. Intinya ya, susu UHT lebih baik dalam mempertahankan kandungan gizi susu sapi dibanding jenis *alias bentuk* susu lainnya.

Selain makanan, buah, dan susu, tambahan lainnya yang kami beri untuk Raja adalah olive oil. Biasanya di menu makan sorenya kami beri 1 sendok teh extra virgin olive oil. Maksudnya sih untuk kesehatan saja. Ada juga yang bilang, olive oil ini bisa membantu dalam peningkatan berat badan, but well, that’s not the point. Yang penting, sehatnya saja.

Gak hanya buat anak, lho, buat emaknya juga olive oil ini bagus banget. Saya sendiri rutin minum 1 sendok teh sehari *ni bisa mencegah kanker payudara lhooo* dan sebelum bobo malam saya mengoleskan olive oil ke wajah *didiamkan selama 10 menit, setelah itu bilas sampe bersih*, hasilnya kulit wajah terasa lebih segar, kencang, cerah, dan berseri… Lho…lho…. ini kok malah ngomongin kecantikan????? 😀 😀

Ok, back to the topic.

Selain olive oil, Raja juga mengkonsumsi vitamin sehari 1 sendok teh. Ni maksudnya bukan apa-apa, bukan supaya pinter, sekalipun vitaminnya mengandung cod liver oil. Tapi lebih kepada suplemen saja terutama untuk daya tahan tubuhnya. Secara nih, sebaik apapun kita mengolah makanan, tetep aja ada kemungkinan loss of nutrition kan? Lagian, kelebihan vitamin dalam tubuh tetap akan keluar melalui urine dan keringat kan? So, it’s safe dong, he he…

Yah, itu sih tinggal tergantung pilihan dan keyakinan saja. Saya yakin, ada banyak ibu yang tidak setuju dengan pemberian tambahan suplemen vitamin ini. Tapi kalo saya sih, setuju-setuju saja, dan puji Tuhan, manfaatnya memang terasa..

Yah, begitulah kira-kira menu makanan padat Raja setelah lewat setahun ini. Satu hal yang amat sangat kami syukuri adalah karena Raja hampir tidak pernah mengalami masalah dengan makan. Kalo cuma karena mo tumbuh gigi sih, itu gak akan mengganggu selera makannya. Raja bukan hanya tidak susah makan, tapi tergolong anak yang jago makan. Puji Tuhan banget rasanya, karena sekalipun waktu kecil dulu saya paling susah kalo disuruh makan, ternyata setelah punya anak, Tuhan malah kasih anak yang doyan makan kayak Raja 😀

Yang pinter terus makannya ya sayang… Dalam nama Tuhan Yesus, supaya Raja selalu sehat, tambah pinter, berat dan tinggi badan juga nambah dengan baik..

Ssst…beberapa waktu lalu sewaktu jalan-jalan bareng Raja keliling komplek, ada percakapan dengan seorang ibu yang bikin saya melambung:

N (Neighbour) : Berapa tahun anaknya, mbak?

M (Me) : 14 bulan, mbak.. *waktu itu usia Raja mmg belom genap 15 bulan*

N : Wah, gede ya anaknya..padahal mamanya mungil!

M : *tersenyum muaniiessszzzz*

Wkwkwkwkwk…

Ayo, coba tebak, bagian mananya yang bikin hati saya melambung??????

Some wholesome baby food variations

Ini ada beberapa contoh variasi makanan bayi yang sehat yang pernah saya buatkan untuk Raja… Sapa tau berguna buat yang bingung bikin variasi makanan untuk baby.

Roti Gandum Brokoli Kabocha (8m+)

Raja(1061)Bahan :

2 lembar roti gandum, buang pinggirannya, cabik-cabik

200 ml kaldu ayam

30 gr daging ayam, rebus, cincang halus

30 gr brokoli, kukus, cincang halus

30 gr Kabocha, parut

5 gr Keju cheddar parut

Cara membuat:

Campur roti gandum, kabocha, dan air kaldu, masak dengan api kecil sambil diaduk hingga matang. Masukkan daging ayam cincang dan brokoli, aduk rata. Untuk sentuhan akhir, berikan taburan keju parut.

*roti gandumnya diganti dengan oatmeal, enak juga tuhh….

Mixed Veggie and Oatmeal (7m+)

Raja(1063)Bahan :

3 sdm oatmeal

2 sdm tepung kacang hijau

200 ml kaldu ayam

30 gr Kabocha, parut

Setengah buah tomat, rendam di air panas, buang kulit dan bijinya

5 gr Keju cheddar parut

Cara membuat:

Campur oatmeal, tepung kacang hijau, kabocha, dan air kaldu, masak dengan api kecil sambil diaduk hingga setengah matang. Masukkan tomat, masak hingga semua bahan matang. Untuk sentuhan akhir, berikan taburan keju parut.

Splendid Sauteed Veggie and Tuna (9m+)

Raja(1062)Bahan:

30 gr broccoli, cincang halus

30 gr baby carrot, parut

30 gr tomat, buang kulit dan bijinya, cincang halus

30 gr ikan tuna tanpa tulang dan kulit, rebus dengan irisan jahe, cincang halus

3 sdm air

1 sdt bawang bombay cincang

1 sdm extra light olive oil

Cara Membuat:

Panaskan olive oil, tumis bawang bombay hingga harum dan layu. Masukkan broccoli dan baby carrot, tambahkan air, masak hingga setengah matang, masukkan tomat. Aduk rata, masak hingga semua bahan matang. Terakhir, tambahkan tuna rebus cincang ke dalam tumisan, aduk rata. Sajikan bersama nasi tim polos.

Yummy Sauteed Cauliflower (8m+)

Raja(1059)Bahan:

30 gr Cauliflower, kukus hingga matang, cincang halus

30 gr Baby Carrot, parut

30 gr tofu, cincang halus

30 gr Daging ayam, rebus, cincang

3 sdm air

1 sdt bawang bombay cincang

1 sdm extra light olive oil

Cara membuat:

Panaskan olive oil, tumis bawang bombay hingga harum dan layu. Masukkan baby carrot, tambahkan air, masak hingga setengah matang. Masukkan tofu, masak hingga baby carrot dan tofu matang. Terakhir, masukkan cauliflower yang telah dikukus dan daging ayam rebus cincang ke dalam tumisan, aduk rata.

*Daging ayamnya bisa diganti dengan daging sapi atau ikan tuna/salmon (9m+)

MPASI Untuk Bayi 8 Bulan

Besok, Raja udah mo genap 9 bulan, so, go along with the tradition – created and built by me 😀 – I want to share makanan apa aja sih yang dikonsumsi Raja selama usianya yang 8 bulan ini…

Jenis makanannya tentu aja semakin bervariasi dong dibanding dengan menu makanan di usia 6 bulan dan  7 bulan kemarin. Beberapa bahan makanan baru yang saya kenalkan ke Raja di usia 8 bulan ini adalah sbb.

Makanan pokok :  macaroni, beras putih organic

Sayuran

Bayam merah. Cara paling oke untuk memasak bayam merah menurut www.wholesomebabyfood.com adalah dengan merebus atau mengukus atau menumis dengan menggunakan olive oil.

Vitamin: Vitamin A, C, Asam Pantothenic, Niasin, Riboflavin, Tiamin, Folat

Mineral: Potassium, Fosfor, Magnesium, Kalsium, Sodium, Zat besi, Selenium

Kembang kol. Cara paling oke untuk memasak kembang kol menurut www.wholesomebabyfood.com adalah dengan mengukus.

Vitamin: Vitamin A, C, Asam Pantothenic, Niasin, Tiamin, Folat, Vitamin B6

Mineral: Potassium, Fosfor, Magnesium, Kalsium, Sodium, Zat besi

Brokoli. Cara paling oke untuk memasak brokoli menurut www.wholesomebabyfood.com adalah dengan mengukus atau menumis dengan menggunakan olive oil.

Vitamin: Vitamin A, Vitamin C, Niasin, Folat, Vitamin B1, Vitamin B6, Vitamin E, Vitamin K

Mineral: Potasium, Fosfor, Magnesium, Kalsium, Sodium, Selenium, Zat Besi,

Tomat. Cara paling oke untuk memasak tomat menurut www.wholesomebabyfood.com adalah dengan mengukus atau menumis dengan menggunakan olive oil. Tapi tentu dong, dengan cara merebus juga tidak diharamkan 🙂

Vitamin: Vitamin A, Vitamin C, Vitamin K, Folat, Niasin

Mineral: Potasium, Fosfor, Magnesium, Kalsium, Sodium, Zat Besi, Seng, Mangan, Tembaga

Terong ungu. Cara paling oke untuk memasak tomat menurut www.wholesomebabyfood.com adalah dengan mengukus atau menumis/menggoreng dengan menggunakan olive oil.

Vitamin: Vitamin A, Vitamin C, Niasin, Folat, Tiamin, Asam Pantotenic, Vitamin K

Mineral: Potasium, Sodium, Kalsium, Fosfor, Magnesium, Zat besi

Protein hewani : ikan salmon, kuning telur omega

Buah

Anggur hijau (yang manis dan tanpa biji). Cara bikinnya tinggal cuci bersih di air mengalir, kuliti, lalu cincang/haluskan. Selesai. Tinggal disajikan deh.

Anggur mengandung flavonoid yang berguna untuk kesehatan jantung dan memerangi kolesterol jahat.

Vitamin: Vitamin A, Vitamin C, Vitamin B1, Vitamin B2, Niasin, Folat

Mineral: Potasium, Fosfor, Magnesium, Kalsium, Sodium, Zat Besi

Jambu biji merah. Kaya akan likopen dan Vitamin C. Sayang, Raja gak begitu suka sama jambu ini…jadinya hanya sekali saya berikan… hikksss…

Lain-lain : olive oil, daun salam, bawang bombay

Jadwal pemberian makannya juga berubah. Kalo sampe 7 bulan kemarin kan Raja makan besarnya hanya 2 kali sehari plus 1 kali makan puree buah segar. Nah, setelah 8 bulan, jadwal makan Raja adalah seperti berikut ini.

07.30 Sarapan

11.30 Makan siang

14.00 Selingan buah segar

16.30 Makan sore

Jadi ceritanya di usia 8 bulan, Raja mulai makan besar sebanyak 3 kali. Yang saya maksud dengan makan besar di sini adalah menu makanan dengan bahan dasar berupa makanan pokok (beras, roti, macaroni, oatmeal, kentang, jagung, dsb).

Untuk sarapan, biasanya saya tambahkan kelompok buah/sayur serta protein baik dari kacang-kacangan (cth. Kacang hijau) maupun dari produk olahan susu (cth. Keju).

Sementara, untuk makan siang dan malamnya, saya tambahkan kelompok sayur – biasanya 2 atau 3 jenis sekaligus – serta protein dari daging (cth. Daging ayam) atau telur atau ikan (saya memberi Raja ikan salmon di usianya yang ke 3dto9m) atau dari makanan olahan seperti tofu dan tempe.

Di usia ini, saya juga mulai mengenalkan bumbu penambah rasa pada makanan, seperti bawang bombay untuk menumis sayuran dengan menggunakan extra light olive oil dan daun salam untuk membuat nasi tim. Soalnya, Raja kan makin hari makin pinter tuh soal rasa merasa makanan, jadi menu makanannya musti tambah enak supaya Raja juga tambah semangat makannya.

Nah, berikut ini adalah beberapa variasi makanan yang saya berikan untuk Raja.

Sarapan

Bahan pokok yang biasanya saya berikan sebagai menu sarapan Raja adalah Roti Gandum, Oatmeal, dan Macaroni.

Baca di sini tentang cara membuat bubur roti gandum.

Kalo untuk oatmeal, saya pakai Quaker Oat Quick Cook. Cara bikin buburnya, tinggal masak 3sdm oat bersama air kaldu ayam (supaya gurih rasanya) kurleb 200ml. Masak sampe oatnya matang dan berupa bubur.

Untuk macaroninya, segenggam macaroni saya rebus bersama 200ml air kaldu sampai benar-benar lunak dan bisa dihaluskan.

Nah, sebagai variasinya, bisa dicoba nih beberapa resep yang saya buat di bawah ini.

Tommy-tommy bread

‘Bahan Pokok’ + kacang hijau + Keju Parut

Bahan pokok dimasak bersama 2 sdm tepung kacang hijau (protein nih….) dengan kurleb 200ml air kaldu ayam. Masak hingga menjadi bubur. Kalo udah, diangkat lalu beri taburan keju parut.

Raja(1056)

Orange Oat Cheesy

Bubur oatmeal diberi saus melon jingga kukus dengan sentuhan akhir berupa taburan keju parut

Raja(1024)

‘Bahan Pokok’ + Kacang Hijau + Tomat + Keju Parut (optional)

Bahan pokok dimasak bersama kacang hijau (caranya kayak di atas itu tuh…) setelah hampir matang, masukkan tomat yang sudah dikuliti, dibuang bijinya, dan dicincang. Masak hingga semua bahan matang benar. Kalo sudah, angkat, taruh di dalam mangkuk bayi dan jika mau dapat diberikan taburan keju parut

‘Bahan Pokok’ + Sayuran/Buah + Kuning Telur + Keju Parut (optional)

Rebus telur (saya pakai telur Omega, silakan pilih mau Omega 3, 6, atau 9). Ambil hanya kuningnya saja.

Bahan pokok dimasak bersama sayuran/buah misal: tomat (supaya ada vitamin dari sayur/buahnya) dengan air kaldu ayam. Setelah matang, campur dengan kuning telur rebus yang sudah dihaluskan. Setelah itu bisa ditambah keju parut.

Raja(1058)

Makan Siang / Malam

Yang pasti, kalo untuk makan siang dan malamnya, Raja selalu makan nasi tim. Kalo pake beras merah pecah kulit, berarti musti disaring lagi, soalnya kulitnya keras bo’! Tapi kalo pake beras merah biasa ato beras putih organic, gak pake disaring lagi lho…yang penting ditimnya sampe jadi bubur tapi gak juga lembek-lembek banget, alias masih tetep bertekstur supaya ngelatih Raja mengunyah.

Untuk bikin nasi tim, saya dibantu dengan slow cooker, he he… Ceritanya slow cooker ini dibeli papa dari Singapore kemaren. Merknya Toyomi. Katanya sih kalo di s’pore sana, merk ini lebih ngetop daripada Takahi. Keunggulannya, karena tembikarnya itu bisa dipake untuk dimasak di atas kompor juga. Katanya sih, memasak dengan menggunakan tembikar lebih baik daripada dengan panci stainless steel.

Cara saya memasak dengan Toyomi SC ini???? Gampang buanget….

Kalo untuk bikin nasi tim dari beras merah organic pecah kulit, 2 genggam beras dimasak bersama air kaldu ayam sebanyak kurleb 2 ruas jari tengah (diukur dari permukaan beras ya…) plus selembar daun salam. Biasanya saya mulai masak mulai pukul 9 malam dan biasanya baru matang dan menjadi bubur di pukul 6 atau 7 pagi (luamaaa….bo’!).

Sementara untuk nasi tim dari beras putih, komposisi beras dan air sama saja dengan di atas, tapi masaknya bisa jam 4.30 pagi. 3 jam kemudian sudah jadi tuh…

Raja(1048)
Toyomi High Heat Slow Cooker

Untuk sayur dan lauknya, ada 2 cara yang sering saya lakukan.

Pertama, dengan cara mencampur langsung sayur dan lauk ke dalam nasi tim. Jadi, ketika nasi sudah matang, saya campurkan sayur dan lauk yang sudah dicincang. Sejam kemudian slow cookernya saya matikan.

Kedua, dengan cara menumis. Contohnya nih, saya bikin bayam tumis.

Bahan:

10 lembar daun bayam

50 gram daging ayam rebus, cincang halus

1 sdt bawang bombay cincang

3 sdm air

1 sdm extra light olive oil

Cara memasak:

  1. Tumis bawang bombay hingga harum
  2. Masukkan bayam cincang, aduk rata
  3. Tambahkan 3 sdm air
  4. Masukkan daging ayam cincang
  5. Masak hingga tercampur rata dan matang

Kalo udah jadi, tinggal dihidangkan deh bersama nasi tim polosnya. Resep di atas bisa juga ditambah dengan tofu atau tempe cincang. Sayurannya juga bisa diganti dengan jenis sayuran lain seperti wortel + buncis, brokoli + kembang kol + wortel, wortel + labu siam, dsb… Daging ayamnya juga bisa diganti dengan ikan (jangan lupa no bones, no skin) yang sudah direbus terlebih dahulu dan dicincang.

Jika ingin menambahkan kuning telur pada menu nasi timnya, biasanya saya merebus tersendiri telur, diambil kuningnya, dihaluskan, baru disajikan bersama nasi tim.

Raja(1050)
Nasi tim + bayam tumis

Olive Oil

products-xtlightBeberapa hari yang lalu, saya sempat share tentang tumisan di milis MPASIRumahan. Di situ saya tulis kalo saya numisnya pake olive oil. Trus ternyata ada yang nanggepin kalo olive oil itu gak bagus untuk tumisan krn justru akan menjadi lemak jahat.

Memang benar sih…

Tapi… olive oil yang mana dulu nih???

Jenis olive oil itu banyak dan masing-masing memiliki kegunaan dan keunggulan tersendiri *memang salah saya juga sih karena gak menerangkan olive oil apa yang saya maksud*

Saya kemudian memposting jenis-jenis olive oil ke milis…dan tentu saja, saya pengen juga dong share di sini, supaya semakin banyak yang tau. Info ini saya dapat dari http://irmaone.wordpress.com/2008/09/23/minyak-zaitun-khasiatnya/. Sudah saya cek kebenarannya di http://www.bertolli.com/canadese-e/bertolli-products_cae.asp?country=cae&lang=en dan memang… betuuulll!!!

Extra Virgin Olive Oil minyak paling murni merupakan hasil ekstrasi pertama, warnanya kehijauan. Bagus digunakan untuk campuran makanan matang, antara lain salad, topping pizza, campuran sayur rebus, atau sebagai celupan roti. Jenis ini tidak bagus untuk menggoreng atau menumis karena kadar acidity regulation alias kandungan minyaknya sangat rendah, selain itu rasa dan aromanya lebih tajam. Untuk diminum sebaiknya yang jenis ini.

Virgin Olive Oil warna hijau kekuningan, minyak zaitun murni ditambahkan minyak zaitun sulingan dg tujuan untuk meningkatkan potensi antioksidanya yg hilang selama proses pengolahan minyak zaitun sulingan.

Pure Olive Oil warna kekuningan. Cocok digunakan untuk menumis atau menggoreng, namun bisa juga digunakan sebagai tambahan pada makanan matang.

Extra Light Olive Oil warna lebih jernih dari Pure Olive Oil. Sempurna untuk menggoreng atau menumis, dapat juga digunakan sebagai campuran kue atau es krim.

Light Olive Oil kadar asamnya lebih banyak dari Extra Virgin Olive Oil n Virgin Olive Oil, diatas 4%. Ada pengalaman di pabrik penyulingan minyak zaitun di Tripoli. Sementara Extra Virgin Olive Oil kadar asamnya 0,5-1% warna yg dihasilkan kehijauan, Virgin Olive Oil hijau kekuningan kadar asamnya sekitar 4%, nah yg Light Olive Oil warnanya kekuningan..

Hasil riset Dep. Epideminology Univ. Harvard menunjukan, wanita yg banyak menkonsumsi Olive Oil menurun 50% dari resiko terkena kanker payudara.

Nah, kalo kita pake yang merknya Bertolli, wah…lebih banyak lagi tuh jenisnya… mulai dari olive oil yang biasa, sampe yang organic, bahkan sampe yang bentuknya spray atau yang sudah ditambahin bumbu…

So…silakan gunakan berbagai jenis olive oil tersebut di atas sesuai dengan kegunaannya…