Pasca SC Ke-2….

Hari ini tampak produktif, bisa nge-post 2 tulisan. Padahal sih aslinya tulisan yang sebelumnya itu bukan untuk tulisan di blog ini, itu surat pribadi saya untuk anak-anak, tapi namanya juga ini blog kenangan, jadi ya saya dokumentasiin di sini saja. Nah, sore menjelang pulang ini, mumpung lagi lowong saya pengen cerita tentang gimana saya pasca melahirkan yang kedua ini. Sebenarnya udah dari lama sih pengen diceritain, tapi belom sempat-sempat aja.

Kehamilan yang kedua kemarin itu memang rasanya lumayan jauh berbeda dari kehamilan pertama. Kalo yang pertama lancar-lancar aja dan baru bermasalah di proses melahirkan, sementara yang kedua ini sempat ada masalah di awal-awal, tapi pas proses melahirkannya lancar banget…ya soalnya udah langsung ditetapin pake SC sih…hihihihi…

Oh ya, dengan kelahiran si adek, itu artinya sudah 2 kali saya menjalani persalinan secara sectio cesare.

Jujur aja ya, dulu saya selalu serem kalo ngebayangin melahirkan dengan cara buka jendela gini. Ya abis, banyak banget cerita-cerita miringnya, dan yang paling banyak dibilang orang adalah bahwa melahirkan dengan cara SC itu merugikan sekali karena proses pemulihannya lama, anak cenderung gampang sakit, dan yang terutama rugi sekali karena gak bisa merasakan nikmat yang sesungguhnya dengan menjadi ibu.

Puji Tuhan, dua kali menjalani SC, apa yang saya alami jauh bertolak belakang dengan apa yang saya dengar itu.

Continue Reading…