Si Manja yang Mandiri, Gemar Berhitung, dan Rajin Membaca

My baby…

Si adek, seperti yang sejak dulu saya ceritain di blog ini, anaknya manja dan demen lengket kayak perangko sama mamanya. Biarpun usianya udah mo hampir 5 tahun, tapi dia masih sering minta digendong, dipeluk, cuddling, bahkan tidur dengan kepala bersembunyi di bawah ketiak mama 😀 . Buat saya gak masalah sih, karena saya juga menikmati momen-momen kami berdua sayang-sayangan 😛

Continue Reading…

Iklan

All About Reading (Part 2)

Ngelanjutin tulisan sebelumnya yang pembukaannya lebih panjang daripada intinya itu, sekarang saya mo share buku-buku yang pernah saya pake untuk membantu Raja belajar membaca. Seperti yang saya bilang kemarin, saya gak punya latar belakang keguruan yang bisa membantu anak saya untuk cepat mengerti, karena itu saya butuh bantuan dari buku-buku ini. Sayang aja kan kalo anaknya udah pengen bisa tapi mamanya gak bisa ngikutin dan ngajarin.

Sebenarnya ada beberapa buku yang saya beli untuk membantu Raja belajar membaca. Tapi sayang, sebagian besar gak terlalu membantu banyak. Maaf, saya gak bisa share di sini buku apa aja yang gak terlalu membantu itu, cuma paling gak saya bisa kasih gambaran buku-buku seperti apa yang menurut saya dan dari pengalaman saya dan Raja kurang membantu anak untuk bisa cepat membaca.

Continue Reading…

All About READING!

Sebelum berbagi tentang gimana Raja belajar membaca, saya pengen menegaskan terlebih dahulu bahwa pada dasarnya saya setuju bahwa anak seharusnya (catet yah… SEHARUSNYA bukan hanya SEBAIKNYA) diajarkan membaca, menulis, dan berhitung saat ia sudah siap.

Kapan siapnya?

Ya masing-masing anak punya tingkat dan masa kesiapan yang berbeda-beda. Saya gak setuju kalo semua harus dipukul rata pada usia sekian dan sekian, meskipun dengan teori tahapan perkembangan otak. Kenapa? Karena saya yakin dan percaya, Tuhan menjadikan setiap manusia itu unik, punya keistimewaannya sendiri-sendiri. Dan karena otak adalah bagian dari manusia itu sendiri, maka tentu  otak juga mengalami tahapan perkembangan yang unik yang mana perkembangannya itu akan bisa terlihat dari perilaku anak sehari-hari.

Continue Reading…

The Way He Learns To Read Words…

Beberapa waktu lalu ada temen yang nanya soal gimana saya ngajarin Raja membaca. Secara teman saya yang hobinya melucu ini pusiang ngajarin anak kritisnya membaca.

Pusiang karena gini:

“B tambah A…”,

“BA”

“B tambah I…”,

“BI”

“Disambung??”,

“BABI”

“Good…. Sekarang B tambah O…”,

“BO”

“L tambah A…”,

“LA”

“Disambung???”,

“BABI!!”

Hahahaha…

Cerita di atas itu ditulis berdasarkan kisah nyata lho, berdasarkan pengalaman seorang teman *lirik yang di Miri* dan….saya sendiri!!

Continue Reading…