Adek’s 5th Birthday

Satu lagi yang belum lama ini berulang tahun di keluarga kami, si adek. Puji Tuhan udah 5 tahun usianya sekarang, udah bukan balita lagi 😀 . Dan ulang tahunnya ini udah hampir sebulan yang lalu lho. Seperti biasa, mamanya si adek telat pake banget ngedokumentasiinnya di sini…hehe…

Hari ulang tahun si adek jatuh di hari Sabtu dan sejak malam sebelumnya dia udah excited banget menyambut ulang tahunnya ini. Meski gak ada perayaan besar-besaran, tapi tau dia mau ulang tahun aja udah bikin dia bahagia bukan main. Apalagi ditambah dia tau kalo tepat di hari itu dia akan mulai belajar menggambar di Global Art, yang memang merupakan salah satu hadiah ulang tahun buat dia.

Continue Reading…

Iklan

Filipino Buko Pandan a la Nona Manado

Harusnya saya hari ini nulis tentang perkembangan si adek, tapi ternyata ada beberapa foto dia yang masih ada di kamera dan belum ditransfer ke external hard disk saya. Jadilah batal nulis tentang si adek. Eh pas liat ke Tinypic, ternyata ada beberapa foto cemilan Buko Pandan yang udah saya upload ke situ tapi sampe hari ini belum-belum juga saya tulis di sini.

Saya pertama kali tau tentang Buko Pandan ini dari temen kantor yang namanya Puput. Satu kali dia nanya, “Mbak, udah pernah bikin Buko Pandan belum? Kayaknya enak banget tuh mbak.”

Ditanya gitu, saya sendiri bingung karena sebelumnya belum pernah dengar soal Buko Pandan, malahan saat itu yang langsung terbayang adalah cemilan buko puaso 😀 .

Continue Reading…

Silky Chocolate and Durian Muffin

Weekend kemarin, lagi-lagi jadi hari-hari yang sibuk buat kami. Sibuk karena ada beberapa hal yang perlu dikerjain di rumah, selain itu kami juga sibuk belanja dalam rangka Natal…hehehe… Seneng banget rasanya kalo udah mo hari raya gini ya. Kegiatan belanja yang sebenarnya udah biasa dilakukan jadi terasa lebih spesial, karena judulnya mo belanja untuk hari raya 🙂

Selain itu, makin deket sama Natal, saya juga jadi makin rajin bikin cemilan di rumah. Ntah kenapa ya, rasanya asik aja kalo di rumah tuh tiap hari ada cemilan, ada wangi kue, dan ada kami yang duduk bareng di tengah suasana dingin menjelang Natal sembari nonton, bercanda, dan menikmati cemilan 🙂

Nah, pagi ini saya mau bagi resep cemilan yang aslinya saya dapat dari hasil share teman di Facebook. Dua resep yang mo saya bagi ini, bikinnya gampang banget dan dari apa yang saya lihat, kemungkinan gagal tuh hampir tak ada, makanya pas sekali liat resepnya langsung ada keinginan untuk eksekusi. Yuk, mari disimak ya, sapa tau temen-temen juga ada yang pengen nyoba bikin Silky Chocolate dan Durian Muffin ini.

Continue reading “Silky Chocolate and Durian Muffin”

Cemal-Cemil

Soal urusan dapur di rumah, bisa dibilang sekarang-sekarang ini saya nyantai banget. Sejak ada mbak Wiwik, saya gak pernah masak sendiri lagi. Ya abis gimana, begitu pagi bangun, makanan udah terhidang di atas meja. Mbak Wiwik memang kalo masak tuh subuh, paling-paling kalo perlu siang masak lagi untuk bikin sayuran ijo. Sekali masak biasanya dia bikin 3-4 jenis lauk dan 1-2 jenis sayuran plus 1-2 jenis makanan buat sarapan. Semuanya selesai sebelum jam 6 pagi saja sodara-sodara. Hebatnya lagi, jam 6 pagi itu dia gak cuma udah selesai masak aneka masakan, tapi juga udah selesai ngelap-nyapu-ngepel lantai bawah. Kerjanya memang cepat dan gesit. Puji Tuhan bisa punya ART seperti mbak Wiwik ini. Semoga nanti sehabis Lebaran, gak ada halangan buat mbak Wiwik (dan suster juga!) untuk kembali bekerja di rumah kami. Amin!

Tapi yaaa…meskipun urusan masak-memasak setiap harinya udah bisa diserahi semua ke mbak Wiwik, khusus untuk urusan bikin cemilan tetep menjadi kerjaan saya. Soalnya si mbak Wiwik gaptek kalo udah urusan per-baking-an. Ya udah, gak apa, kalo cuma untuk baking-baking-an mah gampang. Resep banyak, tinggal dieksekusi aja, apalagi saya selalu milih resep yang gampang. Justru yang bikin lama tuh adalah beberes dapur dan nyuci perkakas, kalo untuk yang ini mari kita serahkan kepada yang berwenang saja, yakni mbak Wiwik, hehe… Tapi itupun, meski ada yang bantuin buat beberes dapur sehabis saya obrak-abrik baking, kegiatan ini paling hanya saya lakukan pas weekend doang, hehe, pemalas ya. Ya abis kalo hari kerja, setelah pulang, waktu yang ada saya pake buat maen sama anak-anak dan juga buat nemenin si abang bikin PR Kumon, jadi gak kepikiran lagi buat turun ke dapur.  Gak apalah, yang penting masih ada kenangan di hati anak-anak tentang mamanya yang suka bikin cemilan, meski itu cuma saat weekend doang. Raja seneng banget kalo saya udah bilang mo bikin kue dan memang kegiatan ini salah satu yang bikin dia hepi banget menanti akhir pekan tiba. Gak cuma si Raja, suami juga seneng banget kalo saya bikin kue di rumah dan menurut dia, salah satu yang bikin dia suka adalah aroma kue yang lagi dipanggang dalam oven itu. Sama sih, saya juga suka banget nyium aroma kue yang lagi dipanggang. Gak cuma karena wangi, tapi karena ada rasa hangat setiap mencium wangi seperti itu dalam rumah 🙂

Continue Reading…

Puding Nutrijel

Sejak gak punya ART, saya rajin liat-liat bumbu masakan instan. Maklum ya, dengan kondisi kayak gini musti bijak-bijak ngatur waktu dan memilih kegiatan yang lebih penting untuk dilakukan. Daripada kelamaan di dapur buat ngeracik bumbu, mending ngabisin waktu lebih  banyak buat nemenin Raja maen dan belajar. Meski suka nyari-nyari bumbu masakan instan, tapi tetep sih yang dicari adalah yang termasuk kategori sehat menurut saya, yaitu yang gak pake MSG dan kalopun pake pengawet/pewarna masih yang tergolong aman.

Nah, salah satu bahan makanan instan yang termasuk aman yang saya temukan adalah puding Nutrijell. Bener lho, saya baru tau soal puding ini beberapa hari yang lalu. Tadinya saya kirain yang merknya Nutrijell ya cuma yang jeli kenyal-kenyal itu 😀

IMG-20130224-05316

Continue reading “Puding Nutrijel”