Masak Apa Hari Ini: Menu Masakan 19 – 24 Februari 2017

Selamat hari Senin!

Siang ini di sela-sela istirahat saya mau cerita tentang menu masakan lagi sekaligus bagi-bagi resep. Ngeblog akhir-akhir ini bukan kegiatan yang mudah untuk saya lakukan, karena kesibukan saya yang tiada tara setiap harinya. Tapi untuk yang satu ini dibela-belain deh, daripada ketinggalan lagi…hehehe…

Daftar Menu 19 - 24 Februari 2017
Daftar Menu 19 – 24 Februari 2017

Ā  Continue Reading…

Iklan

Masak Apa Hari Ini: Menu Masakan 12 – 17 Februari 2017

Setelah sekian bulan ditinggalkan karena gak sempat, akhirnya bisa juga kita berjumpa kembali di edisi Masak Apa Hari Ini. Aslinya saya pengen bisa nulis semua menu masakan di rumah sejak bulan November 2016 hingga sekarang, karena toh memang dokumentasinya ada. Tapi dipikir-pikir, kayaknya terlalu berambisi jika harus menulis semua menu dari bulan November itu dengan waktu yang begitu sedikit seperti sekarang. Akhirnya ya sudah, saya memutuskan untuk fokus pada momen saat ini dan menatap ke depan saja…hehe… Edisi Masak Apa Hari Ini akan dimulai kembali dengan menu masakan untuk minggu ini dan semoga bisa untuk minggu-minggu selanjutnya juga.

Dokumentasi menu masakan mingguan dari sejak bulan Agustus tahun lalu

Continue Reading…

Masak Apa Hari Ini: Daftar Menu Masakan Bulan Oktober 2016

Akhirnya, sempat juga nih nulis tentang menu masakan, tapi karena udah kelewat jauh, maka sekarang saya rekap aja sekalian untuk satu bulan. Itu pun karena waktu saya gak banyak, jadi gak bisa panjang-panjang ceritanya. Yang pasti, saya akan menuliskan beberapa resep masakan yang sebelumnya belum pernah saya bagi di blog ini šŸ™‚ .

Continue Reading…

Masak Apa Hari Ini: Menu Masakan 25 – 30 September 2016

Alohaaa…. Selamat hari Senin!

Puji Tuhan udah minggu yang baru lagi ya (juga udah bulan yang baru! Hello October!!) dan saya seneng banget kalo udah Senin karena artinya tar malam saya udah bisa nonton lanjutan Scarlet Heart: Goryeo….hahahaha…. Bener-bener deh, setelah Beautiful Mind, drama itu bikin Monday serasa a new Friday for me šŸ˜€ šŸ˜€ .

Anyway, hari ini saya mau nulis lagi tentang menu masakanĀ mingguan di rumah kami yang mana tujuan saya share di sini selain sebagai dokumentasi juga siapa tau bisa bantu ibu-ibu lain kayak saya yang menjadikan pertanyaan “Masak apa hari ini?” sebagai sebuah pertanyaan rutin yang sederhana tapi anehnya sering memusingkan.

Minggu ini saya masak seperti biasa yaitu dari hari Minggu sampai hari Jumat. Untuk Sabtu, itu adalah hari spesial karena di hari itu saya diharuskan oleh suami untuk libur memasak supayaĀ di hari itu saya bisa punya waktu yang lebih banyak untuk istirahat dan karena saya gak masak maka kami jadi punya alasan untuk makan di luar…hehe…

Continue Reading…

Masak Apa Hari Ini: Menu Masakan 14 – 23 September 2016

Nulis soal menu masakan lagi nih. Kali ini menunya untuk dua minggu sekaligus.

Minggu pertama, saya hanya masak dari hari Rabu sampai Jumat aja. Itu karena kami baru pulang dari liburan ke Bangka di hari Senin dan suami bilang ke saya untuk istirahat saja di hari Selasa toh si abang juga belum sekolah di hari itu jadi saya gak perlu ngurusin bekalnya. Si abang baru akan sekolah di hari Kamis dan suami sebenarnya bilang ke saya untuk istirahat masak juga di hari Rabu. Tapi setelah saya pikir-pikir, lebih nyaman rasanya kalo bisa masak sendiri di rumah daripada harus beli dari luar. Bukan apa-apa, beli dari luar tuh malah repot, repot mikirin mo beli apa…hehehe…

Continue Reading…

Tentang Si Manja Tukang Nempel dan Tentang Menu Masakan 4 – 8 September 2016

Aloha, selamat hariĀ Selasa!!

šŸ˜€ šŸ˜€

Puji Tuhan, hari ini rasanya semangat banget memulai hari. Mungkin karena baru saja habis long weekend jadi bisa rileks lebih lama bareng keluarga. Mungkin karena pagi ini cerah setelah hujan mengguyur Palembang semalam dan menyebabkan banyak area terkena banjir. Dan mungkin juga karena rasa syukur mengingat sekarang udah bulan September di mana musim penghujan sudah di depan mata, tapi hingga kini tak ada setitik kabut asap pun yang terlihat membayangi kota ini. Puji Tuhan…

O ya, saya juga mau menyampaikan selamat hari raya untuk teman-teman yang kemarin merayakan Idul Adha, semoga semua dipenuhi dengan sukacita. Kami yang gak ngerayain aja bersukacita karena hari rayanya jatuh di hari Senin, apalagi yang ngerayain, ya kan? Hehe…

HariĀ ini, ada dua ceritaĀ yang pengen saya tulisĀ di sini. Tentang si adek yang manja banget dan tentang menu masakan minggu lalu. Kesannya gak berhubungan ya, tapi sebenarnya berkaitan banget.

Untuk menu masakannya, seperti biasa, saya juga akan sekalian bagi resep di sini. Semoga bisa berguna untuk siapapun yang baca šŸ™‚ .

Continue Reading…

Masak Apa Hari Ini: Mengatur Menu Masakan Untuk Seminggu

Salah satu kegiatan seru yang saya bikin setiap minggunya adalah ngatur menu masakan buat seminggu ke depan. Biasanya kan saya belanja mingguan untuk bahan-bahan masakan di hari Jumat malam (di supermarket) dan Sabtu pagi (di pasar tradisional), jadi kalo udah Jumat siang gini biasanya saya udah mulai tuh bikin daftar menu masakan buat hari Minggu sampe Jumat depan (buat Sabtu gak perlu, karena biasanya Sabtu kami makan di luar…hehehe).

Nah, udah mo 3 minggu ini saya gak punya mbak lagi di rumah, jadi ya otomatis kudu masak sendiri. Karena saya ngantor pagi dan harus berangkat pagi banget buat nganterin si abang sekolah dulu, maka saya milih bangun pagi jam 3 supaya punya waktu yang cukup tanpa terburu-buru di dapur selama 2 jam. Jam 5 saya udah harus kelar dengan urusan dapur trus harusĀ segera mandi biarĀ masih punya waktu yang cukup juga buat milih-milih baju dan dandan cantik…hehehehe…

O ya, karena lagi gak ada mbak, maka untuk urusan bersih-bersih rumah dikerjain sama pak suami dan si sus. Biasanya pak suami di lantai atas, sementara si sus di lantai bawah atau gantian terserah mereka lah ngaturnya, saya mah taunya sibuk di dapur aja dan taunya jam 5 udah pada kelar semua. Rumah udah bersih luar-dalam-depan-belakang sementara makanan udah tersaji di atas meja makan.

Jam 5 pagi makanan udah kelar dimasak. Memang pagi banget ya. Untunglah di rumah ada si sus jadi makanan bisa dipanasin dulu sebelum diantar sebagai bekal ke sekolah abang dan kantor kami. Si abang memang untuk bekal makan siangnya gak bawa dari pagi, tapi dianterin ke sekolah deket-deket sama jam makan siangnya supaya makanannya bisa dinikmati dalam kondisi masih hangat. Buat ngambil bekal dari rumah danĀ nganterin bekalnya ke sekolah abang, kami minta tolong sama OB kantor (dia kami kasih gaji bulanan untuk itu). Selain buat bekal abang, si sus juga biasanya siapin bekal makan siang untuk saya dan suami juga, jadi kami bisa makan siang di kantor dulu dan cuma keluar untuk jemput abang dari sekolah.Ā Sekali lagi, syukurlah di rumah masih ada sus, jadi ada orang yang bisa manasin dan masuk-masukin makanan ke kotak bekal šŸ˜€ .

Karena sekarang lagi masak-masak sendiri, maka saya mau share di sini menu masakan saya selama seminggu ini. Jenis masakannya sendiri biasa-biasa aja sih, cuma sapa tau gitu bisa ngasih ide ato pencerahan buat ibu-ibu lain yang juga kudu mikir hari ini mo masak apa? Hehehe…. Sebagian masakan minggu ini resepnya udah ada di blog ini, tar saya kasih link-nya.Ā Sementara yang resepnya belum pernah saya tuliskan di blog ini, sekalian bakal saya bagikan juga resepnya di sini šŸ˜‰ .

Last week menu
This week menu

Lanjutkan membaca “Masak Apa Hari Ini: Mengatur Menu Masakan Untuk Seminggu” ā†’

Antara Galau Beautiful Mind dan Gulai Daging Sapi

SelamatĀ hari Selasaaaaaa!!!!

Aaahh… 6 minggu terakhir ini memang rasanya bahagia banget kalo udah hari Selasa (dan Rabu juga sih sebenarnya). Bahagianya sampe yang bikin perasaan gak sabar menanti-nantikan gitu. Rasanya jadi pengen waktu diputer lebih kenceng supaya hari Selasa lebih lekas tiba. Dan begitu hari yang dinanti-nantikan itu tiba, bahkan sebelum matahari bersinar, saya pun akan dengan tidak sabaran stand by di depan laptop…

Continue Reading…

Soto Ayam Bening

Jumat pagi ngomongin makanan boleh ya…hehe… Hari ini kayaknya udah banyak yang memulai perjalanan mudik ya, di kantor udah mulai sepi orang. Hari ini aja staf saya yang masuk tinggal dua orang. Seneng rasanya liat orang-orang mulai mudik. Kami sendiri gak kemana-mana meski saya harus ambil cuti tambahan 1 minggu di luar cuti bersama yang udah diberikan sama kantor. Sebabnya apalagi kalo bukan karena si mbak dan si sus akan cuti pulang ke kampung, jadilah saya mulai besok akan tambah sibuk di rumah. Tapi gak apalah, itung-itung buat ngurusin badan…hehe… Toh pekerjaan sebagai ibu di rumah juga sebenarnya menyenangkan dan menyehatkan kok šŸ™‚ .

Nah, salah satu hal yang memperinganĀ tugas saya sebagai seorang ibu adalah karena si abang tumbuh besar menjadi anak yang tidak pemilih makanan. Dulu memang ada masa dia suka pilih-pilih makanan. Ini gak mau. Itu gak mau. Dan dulu dia tipe anak yang gak mau coba makan makanan yang belum pernah dia makan sebelumnya, jadi ya makannya bolak balik di itu-itu saja.

Continue Reading…

Resep Dabu-Dabu

Istirahat dulu dari cerita soal liburan akhir tahun kemarin. HariĀ ini pengen nulis yang pendek-pendek aja dan entah kenapa, tiap mikir tentang post yang isinya pendek, maka saya akan langsung teringat pada resep masakan. Hal ini kadang bikin saya tak percaya sendiri. Gak nyangka aja saya yang dulunya bedain jahe dan kunyit aja bingung, sekarang kok bisa jadi suka banget masak dan pe-de aja ngebagiin resep masakan di sini. Yah enak gak enaknya resep yang saya bagiin di sini, setidaknya semua sudah lulus uji di dapur, lidah, dan perut kami…hehe…

Nah sekarang ini berhubung saya baru dari Manado kan ya, jadi terpikirlah untuk ngebagiin resep yang super gampang: dabu-dabu.

Dabu-dabu ini adalah nama sambal mentah yang merupakan khas Sulawesi Utara, biasanya menjadi menu pelengkap untuk menemani ikan goreng atau ikan bakar. Selain Sulawesi Utara, daerah lain yang juga punya dabu-dabu adalah Maluku, hanya saja sedikit berbeda dengan yang dimiliki Sulawesi Utara, dabu-dabu Maluku biasanya masih ditambahkan air sehingga terlihat cair.

Sebenarnya kalo mo googling, banyak banget tuh resep dabu-dabu yang beredar di internet, cuma sampe sekarang saya masih belum nemu resep yang memang bener-bener sesuai dengan khas Sulawesi Utara. Pasti ada aja yang melenceng. Entahkah bahannya atau cara pembuatannya. Padahal ini resep gampang banget, cuma memang yang tergampang pun tetep aja bisa keluar banyak macam versi. Kali ini yang mo dibagiin di sini adalah resep yang diturunkan dari koki terbaik sepanjang masa hidup saya:Ā si mama…hehe…

Continue Reading…