What’s New About The Kiddos?

Sudah lama ya gak cerita soal perkembangan anak-anak. Ada yang kangen gak ya sama anak-anak saya? Kalo saya sih selalu kangen sama mereka *ya eyalah, namanya juga anak sendiri…wkwkwkwk* . Terutama kalo mereka lagi ada di sekolah, rasanya pengen mereka cepet-cepet pulang supaya rumah kembali rame 😀

Jadi apa kabar anak-anak? Puji Tuhan mereka baik-baik saja. Tiap hari tambah besar, tambah pinter. Yang satu tambah lucu, cerewet, dan ngegemesin. Yang satunya lagi tambah cool bawaannya. Doh, mulai kerasa nih bedanya usaha pendekatan ke anak dimana yang satu masih baru keluar dari zona balita sementara satunya lagi baru mo masuk ke zona remaja. Parenting style mama pun musti berkali-kali di-switch mode-nya, menyesuaikan dengan usia anak yang sedang dihadapi, yang mana kadang perubahan modenya suka ketuker-tuker…wkwkwkwk…ya maklum lah ya, namanya juga mamanya masih manusia.  Untung ya anaknya cuma dua. Coba kalo masih punya anak bayi lagi. Haduh, gak kebayang itu gimana rasanya kalo mode-nya sampe ada tiga. Dua aja masih suka ketuker, apalagi tiga, bisa langsung error….hihihihi. Makanya saya selalu salut sama orangtua yang anaknya lebih dari dua dan sanggup ngasih perhatian yang fokus ke masing-masing anak sesuai dengan tahap perkembangannya. Buat saya itu luar biasa, karena saya aja yang anaknya cuma dua masih suka kesulitan 😀 .

Yah begitulah pemirsa, dan sekarang saya mau cerita soal hal-hal baru yang lagi dilakuin anak-anak akhir-akhir ini.

Continue Reading…

Puding Nutrijel

Sejak gak punya ART, saya rajin liat-liat bumbu masakan instan. Maklum ya, dengan kondisi kayak gini musti bijak-bijak ngatur waktu dan memilih kegiatan yang lebih penting untuk dilakukan. Daripada kelamaan di dapur buat ngeracik bumbu, mending ngabisin waktu lebih  banyak buat nemenin Raja maen dan belajar. Meski suka nyari-nyari bumbu masakan instan, tapi tetep sih yang dicari adalah yang termasuk kategori sehat menurut saya, yaitu yang gak pake MSG dan kalopun pake pengawet/pewarna masih yang tergolong aman.

Nah, salah satu bahan makanan instan yang termasuk aman yang saya temukan adalah puding Nutrijell. Bener lho, saya baru tau soal puding ini beberapa hari yang lalu. Tadinya saya kirain yang merknya Nutrijell ya cuma yang jeli kenyal-kenyal itu 😀

IMG-20130224-05316

Lanjutkan membaca “Puding Nutrijel”

Berenang, Periksa Jantung, dan Puding Mangga Hijau

Ini adalah cerita soal akhir pekan kami kemarin, dan seperti biasanya ini tuh cerita rapelan gitu, jadi buat yang malas baca cerita yang panjang-panjang, mending gak usah lanjut baca deh ya, tapi rugi lho kalo gak baca, soalnya ceritanya menarik juga *ya buat saya sih jelas menarik…hihihi*

Berenang

Sejak minggu kemarin, kami bikin agenda baru untuk mengisi Sabtu pagi kami. Biasanya kan Sabtu pagi dipake buat belanja, nah kali ini ditambah sama berenang. Baru sekarang kepikiran pengen rutin berenang tiap minggu, soalnya pertama, baru nemu tempat renang yang deket sama rumah (sebenarnya sih pihak developer komplek rumah kami udah ngejanjiin bakal ngebangun waterboom di dalam komplek…tapi janji tinggal janji, jangankan waterboom, kolam renang seukuran kolam ikan aja gak keliatan tuh tanda-tandanya 😛 ). Alasan kedua, karena suami saya sudah bertekad ingin belajar renang!

Yak, tolong jangan diketawain yaaa… Suami saya ini memang belum bisa berenang. Aneh memang, padahal dia kan anak danau, marganya aja Samosir, asalnya ya dari pulau Samosir yang letaknya di tengah-tengah danau Toba, tapi kok ya gak tau berenang. Alasan dia sih karena emang sejak kecil gak pernah diajarin sama bapaknya…hihihi…kacian deh….

Lanjutkan membaca “Berenang, Periksa Jantung, dan Puding Mangga Hijau”

Monday Chit Chat

Alohaaaa….

Ketemu lagi dengan hari Senin. Emang bener yah, waktu itu berlalu begitu cepat saat kita bener-bener menikmatinya, rasanya baru aja nunggu-nungguin hari Jumat, eh sekarang udah Senin lagi, hehe…ya udahlah nikmatin aja hari-hari ini, palingan juga gak kerasa udah mo Jumat lagi…

Weekend kemarin kami bisa dibilang gak kemana-mana, kecuali untuk ke pasar hari Sabtu pagi, ke Gereja hari Minggu pagi, dan belanja bulanan di hari Minggu sore. Suami emang suka bilang kalo rumah kami itu rumah malas, iyah, soalnya kalo udah di rumah itu rasanya malas banget kemana-mana kalo emang gak ada yang bener-bener perlu untuk keluar. Ya iyalah, seandainya keluar rumah cuma untuk nongkrong, jelas lebih enak nongkrong di rumah aja, segalanya yang diperluin juga ada di sini, nyaman lah.

Oya, hari Sabtu sore, saya buat bolu pisang choco chips. Ide awalnya muncul waktu liat tulisan Bebe yang ini. Pas liat itu langsung kepikiran pengen bikin bolu kukus pake choco chips dan pisang. Waktu saya bilang itu ke Bebe, Bebe nanya balik bakal ngembang gak tuh? Berhubung saya kan aslinya gak pinter masak apalagi bikin kue, kalo bikin tuh musti liat-liat resep dulu, hehe, makanya jadinya kemarin googling resep bolu pisang choco chips, eh nemu dong di Bunda Carrefour…jadi saya tinggal ngikutin aja…yipppieee….!

Continue Reading…

Not 1… Not 2… Not 3… Not Even 4…. It’s 5 Stories on This Friday!

Minggu ini sebenarnya banyak banget yang pengen saya ceritain dan dokumentasiin di sini. Pengen deh kayak Pepipepo, tiap hari bisa publish beberapa tulisan sekaligus. Tapi duh, untuk bikin 1 tulisan aja musti disiapin dan direncanain waktunya, apalagi kalo 2..3..4??

Cerita yang banyak itu akhirnya saya rangkum dalam satu tulisan ini. Gak apalah, sekaligus dibikin jadi panjang gini, daripada dipisah-pisah nanti malah gak ketulis-tulis.

Ok deh, gak usah berlama-lama lagi, mari, kita mulai saja. Ayo, yang mo ngambil kopi sama snack dulu di dapur, saya persilakan. Kalo udah, duduk yang manis yah trus ambil napas dalam-dalam…

Kita mulai!

Video Raja Lagi Baca

Kapan hari pernah ada yang minta video Raja lagi membaca. Nah, ini saya kasih. Not just 1, but 2 videos!

Lanjutkan membaca “Not 1… Not 2… Not 3… Not Even 4…. It’s 5 Stories on This Friday!”

Woku Belanga dan Bayam Kuah Asam

Lagi pengen nulis resep, siapa tau bisa membantu para ibu yang masak sendiri di rumah yang saya yakin pertanyaan tetap di benaknya setiap harinya adalah : masak apa hari ini?? 😀

Kali ini saya pengen berbagi resep dua masakan khas Manado yang sebelumnya pernah saya singgung di sini : woku belanga dan bayam kuah asam.

Continue Reading…

PATIN

Ikan patin merupakan jenis ikan konsumsi air tawar, berbadan panjang berwarna putih perak dengan punggung berwarna kebiru-biruan. Ikan patin dikenal sebagai komoditi yang berprospek cerah, karena memiliki harga jual yang tinggi. Hal inilah yang menyebabkan ikan patin mendapat perhatian dan diminati oleh para pengusaha untuk membudidayakannya. Ikan ini cukup responsif terhadap pemberian makanan tambahan. Pada pembudidayaan, dalam usia enam bulan ikan patin bisa mencapai panjang 35-40 cm. Sebagai keluarga Pangasidae, ikan ini tidak membutuhkan perairan yang mengalir untuk “membongsorkan“ tubuhnya. Pada perairan yang tidak mengalir dengan kandungan oksigen rendahpun sudah memenuhi syarat untuk membesarkan ikan ini.

Ikan patin berbadan panjang untuk ukuran ikan tawar lokal, warna putih seperti perak, punggung berwarna kebiru-biruan. Kepala ikan patin relatif kecil, mulut terletak di ujung kepala agak di sebelah bawah (merupakan ciri khas golongan catfish). Pada sudut mulutnya terdapat dua pasang kumis pendek yang berfungsi sebagai peraba.

Ikan patin bermanfaat sebagai sumber penyediaan protein hewani.

Picture is taken from http://bayuputra.com/2010/04/20/budidaya-ikan-patin/

Setelah membaca komentar beberapa teman di tulisan sebelumnya, saya jadi ngerasa perlu nih untuk membahas tentang ikan namun yang lebih spesifik lagi yaitu tentang ikan patin!

Continue Reading…

Today’s Special

Saya, memang tidak begitu sering menulis tentang resep masakan di sini. Saya juga agak jarang menampilkan foto-foto makanan lezat di sini.

Tapii…seperti yang saya tulis di sini, sesungguhnya saya sangat suka dan sangat pede memasak.

Dan sekarang, di mana saya hanya punya seorang asisten di rumah yaitu si suster, kondisi ini serasa benar-benar menjadi berkat untuk saya. Yupe, karena sekarang saya tak punya asisten untuk masak memasak, jadi saya bisa melakukan semuanya sendiri!

Hari ini, hari kesekian di mana saya bangun di saat matahari masih sangat mengantuk. Tanda-tanda terbukanya tabir fajar bahkan belum ada. Namun di rumah kami, aktivitas yang penuh semangat telah dimulai oleh saya.

Diawali dengan doa tentu, lalu beberes dan bersihin rumah, dan kemudian dilanjutkan dengan: memasak!!

Oh…masaknya pasti yang gampang-gampang. Sekedar bikin ikan goreng dan kangkung tumis kan??

Huh…merendahkan banget! :mrgreen:

Ini dia hasil masakan saya hari ini:

Continue Reading…

Nagasari Roti Tawar Pandan

Di tulisan sebelumnya tentang Puding Biskuit, saya udah sempat singgung pengen bikin Nagasari roti tawar pandan buat cemilan di Sabtu sore dan rencana itu memang beneran terealisasi lhoooo….

Nah, di sini saya bagi resepnya yah…

Bahan:

150 ml susu cair

4 lembar roti tawar pandan

2 buah pisang kepok,masing-masing dibelah dua

4 lembar daun pisang

Keju parut secukupnya sesuai selera

Meises coklat secukupnya juga sesuai selera juga, hehe

Cara membuat:

  1. Lumuri roti dengan susu sedikit demi sedikit
  2. Letakkan masing-masing potongan pisang di bagian tengah dari masing-masing roti tawar
  3. Taburi keju parut dan meises
  4. Gulung roti bersama potongan pisang di dalamnya
  5. Bungkus roti gulung pisang dengan daun pisang
  6. Kukus kurang lebih 15 menit
  7. Setelah matang, buka bungkusan daun pisang, potong-potong nagasari, lalu sajikan. Selesai deh!!

Tuh, gampang banget kan bikinnya…

Dan ini dia penampakannya dan seperti yang biasanya terjadi pada koki tak berpengalaman dan tentu tak professional seperti saya, penampakan akhirnya selaluuuu agak-agak ancuran gini, hehe, tapi enaknya gak usah ditanya kok! Dan ssstttt…..yang doyan justru bukan Raja lho, tapi papanya!!! hehe

Nagasari roti tawar pandan yang resepnya didapat dari Buku Pintar Menu Bayi Oleh Ibu Ayu Bulan Febry yang diterbitkan oleh Wahyu Media Tahun 2007 dengan sedikit modifikasi oleh Mama Raja :mrgreen:

Puding Biskuit

Semalam, kami iseng-iseng bikin puding biskuit. Cara bikinnya ya standar banget, super gampang, dan tentu saja sangat cepat. Resep lengkapnya sih kira-kira seperti ini.

Bahan :

20 gram biskuit

250 ml air matang

1 bungkus agar-agar warna merah

50 gram gula pasir

2 sendok makan susu bubuk

Cara membuat:

1. Haluskan biskuit dengan air hangat sampe haluuuussss banget

2. Campurkan biskuit yang sudah dihaluskan bersama air, agar-agar, susu bubuk, dan gula pasir ke dalam panci. Aduk rata.

3. Masak hingga mendidih sambil diaduk-aduk.

4. Angkat, tuangkan dalam cetakan dan biarkan dingin.

5. Setelah puding jadi, keluarkan dari cetakan, sajikan.

Udah, gitu aja.

Resep puding ini gak pandang usia anak asal anak udah pada usia siap makan ( commonly > 6 m.o), tinggal sesuaikan aja jenis biskuit dan susunya (asal jangan pake ASI aja, karena ASI kalo dimasak kan pada rontok semua gizinya). O ya, jika ingin diberikan pada bayi di bawah setahun, kalo bisa sih gak usah pake gula aja. Manisnya diambil dari susu saja atau ditambahin sari buah yang sesuai, dalam hal ini karena mo bikin puding warna merah ya bisa pake stroberi tapi pilih yang manis yaa… Kalo mo bikin warna lain, kuning misalnya, pake aja sari buah mangga atau melon jingga, asal jangan jeruk karena jeruk gak cocok kalo dicampur sama susu.

Rasa puding biskuit ini, hmmm…gak perlu ditanya. Yang pasti enak, dan tentu saja bergizi, kan pada dasarnya agar-agar kaya akan serat, kalsium, dan fosfor yang sangat baik untuk pencernaan dan untuk pertumbuhan anak.

Semalam, Raja juga ikutan heboh bikinnya. Maunya duduk di atas meja dapur *awas…ini tindakan berbahaya, jangan biarkan anak Anda melakukan ini tanpa pengawasan ketat dari orang dewasa*, trus dengan sotoynya ni anak ngambil tempat garam dan asam jawa dan malah pengen masukin bumbu-bumbu itu ke dalam adonan pudingnya…yeee…gak kebayang deh puding pake asam jawa rasanya kaya’ apa, hehe…

Dan, inilah dia foto puding biskuit kami yang sangat sederhana itu…

Aslinya resep ini ada di Buku Pintar Menu Bayi Oleh Ibu Ayu Bulan Febry yang diterbitkan oleh Wahyu Media Tahun 2007

Juga beberapa foto Raja waktu sotoy pengen ikut masak…

He loves cooking 😀

Eh, besok weekend, sore pengen bikin cemilan apa yaaa?????

Aha…gimana kalo bikin nagasari roti pandan???

Hmmm….pasti yummy nih…. Jadi gak sabar, hehe…