Kotak Bekal Makan Siang Abang dan Adek

Sejak si abang jd murid SD, setiap ke sekolah dia butuh bawa 3 bekal. 2 bekal snack dan 1 bekal makan siang. Untuk bekal snack-nya gak perlu kotak khusus karena snack yang dia bawa memang biasanya cuma biskuit atau roti. Nah untuk bekal makan siangnya ini yang perlu dapat perhatian karena si abang sukanya sayur dalam bentuk sup gitu kan, jadi kotak bekalnya harus yang ada tempat khusus untuk sup supaya supnya gak tumpah. Sebelum-sebelumnya, kotak bekal yang jadi pilihan untuk si abang tuh adalah yang kayak gini…

Continue Reading…

Iklan

5 Benda Penyelamat MPASI Ketika Bepergian

Saya sama sekali gak menyangka kalo sekarang akan kembali menulis tentang MPASI lagi. Aslinya saya punya beberapa hal lain yang pengen diceritain di blog ini. Tentang film, tentang lip palette, dan tentang S.L.C. Udah lumayan lama, ada kali sekitar tiga minggu, ketiga ide itu menggantung di kepala saya. Pengennya segera ditulis. Tapi kok entah kenapa, begitu dapat pertanyaan seputar MPASI di post yang ini, pagi ini saya malah ngedapatin diri sendiri merasa lebih bersemangat untuk nulis soal MPASI buat bayi ketika sedang bepergian.

Buat yang anak-anaknya udah gede dan sudah melewati masa-masa MPASI, mungkin udah bosan kali ya dengan topik ini :D. Dan saya sendiri pun sebenarnya sudah beberapa kali menyinggung soal ini ketika cerita tentang perjalanan-perjalanan saya bersama si abang dulu. Tapi karena dulu itu nulisnya gak spesifik, jadi gak apa lah ya ditulis lagi sekarang. Mudah-mudahan berguna buat yang sedang nyari informasi.

Mungkin sama seperti orang tua lainnya yang punya anak yang masih dalam usia belum bisa makan makanan ‘luar’, kami pun berusaha memastikan supaya anak tetap bisa makan makanan rumah seperti yang biasa dia makan meskipun sedang berada di luar. Di kasus kami, hal ini bukan saja menjadi pilihan agar lebih sehat, tapi menjadi keharusan, mengingat kedua bocah ganteng luar biasa itu, sepertinya janjian untuk lebih menyukai bubur ketimbang nasi di usia segini.

Nah, dalam usaha kami itu, sesuai judulnya, kami mengandalkan lima benda di bawah ini.

Continue Reading…

MPASI Bayi 6 – 7 Bulan

Buat yang udah lewat masanya ngurusin bayi, mungkin udah males kali yaaa…baca-baca yang berhubungan sama ASI dan MPASI. Sama sih, saya juga setelah Raja udah ngelewatin masa-masa itu, terus terang udah gak terlalu bergairah lagi membaca sesuatu yang berhubungan sama MPASI. Dan sebenarnya kalo mau jujur, setelah punya anak yang kedua pun saya tak sebergairah dulu menulis tentang MPASI di blog ini, soalnya rasanya seperti mengulangi tulisan lama, hehe…. Tapi pada akhirnya saya tetap memutuskan buat nulis tentang makanan bayi ini. Bukannya apa-apa, gak mau aja saya someday Ralph nanya kenapa kok dulu abangnya saya ceritain sampe detil begitu sementara dia cuma ditulis sekedarnya, hehe….

Gak sebergairah dulu untuk nulis tentang MPASI di sini, bukan berarti dalam keseharian juga saya kurang bergairah ngurusin MPASI Ralph. Namanya buat anak ya, tetep aja semangat untuk ngasih yang terbaik itu tak akan lekang hanya karena ini adalah pengalaman kedua. Apalagi, meski sudah pengalaman dengan yang pertama, pada kenyataannya yang namanya setiap anak tuh berbeda-beda adalah benar adanya. Apa yang diterapkan ke Raja dulu gak bisa diterapin ke Ralph bulat-bulat. Tetep aja ada yang berbeda karena Ralph punya selera yang berbeda dengan abangnya.

Continue Reading…

Puding Nutrijel

Sejak gak punya ART, saya rajin liat-liat bumbu masakan instan. Maklum ya, dengan kondisi kayak gini musti bijak-bijak ngatur waktu dan memilih kegiatan yang lebih penting untuk dilakukan. Daripada kelamaan di dapur buat ngeracik bumbu, mending ngabisin waktu lebih  banyak buat nemenin Raja maen dan belajar. Meski suka nyari-nyari bumbu masakan instan, tapi tetep sih yang dicari adalah yang termasuk kategori sehat menurut saya, yaitu yang gak pake MSG dan kalopun pake pengawet/pewarna masih yang tergolong aman.

Nah, salah satu bahan makanan instan yang termasuk aman yang saya temukan adalah puding Nutrijell. Bener lho, saya baru tau soal puding ini beberapa hari yang lalu. Tadinya saya kirain yang merknya Nutrijell ya cuma yang jeli kenyal-kenyal itu 😀

IMG-20130224-05316

Continue reading “Puding Nutrijel”

Berenang, Periksa Jantung, dan Puding Mangga Hijau

Ini adalah cerita soal akhir pekan kami kemarin, dan seperti biasanya ini tuh cerita rapelan gitu, jadi buat yang malas baca cerita yang panjang-panjang, mending gak usah lanjut baca deh ya, tapi rugi lho kalo gak baca, soalnya ceritanya menarik juga *ya buat saya sih jelas menarik…hihihi*

Berenang

Sejak minggu kemarin, kami bikin agenda baru untuk mengisi Sabtu pagi kami. Biasanya kan Sabtu pagi dipake buat belanja, nah kali ini ditambah sama berenang. Baru sekarang kepikiran pengen rutin berenang tiap minggu, soalnya pertama, baru nemu tempat renang yang deket sama rumah (sebenarnya sih pihak developer komplek rumah kami udah ngejanjiin bakal ngebangun waterboom di dalam komplek…tapi janji tinggal janji, jangankan waterboom, kolam renang seukuran kolam ikan aja gak keliatan tuh tanda-tandanya 😛 ). Alasan kedua, karena suami saya sudah bertekad ingin belajar renang!

Yak, tolong jangan diketawain yaaa… Suami saya ini memang belum bisa berenang. Aneh memang, padahal dia kan anak danau, marganya aja Samosir, asalnya ya dari pulau Samosir yang letaknya di tengah-tengah danau Toba, tapi kok ya gak tau berenang. Alasan dia sih karena emang sejak kecil gak pernah diajarin sama bapaknya…hihihi…kacian deh….

Continue reading “Berenang, Periksa Jantung, dan Puding Mangga Hijau”

Monday Chit Chat

Alohaaaa….

Ketemu lagi dengan hari Senin. Emang bener yah, waktu itu berlalu begitu cepat saat kita bener-bener menikmatinya, rasanya baru aja nunggu-nungguin hari Jumat, eh sekarang udah Senin lagi, hehe…ya udahlah nikmatin aja hari-hari ini, palingan juga gak kerasa udah mo Jumat lagi…

Weekend kemarin kami bisa dibilang gak kemana-mana, kecuali untuk ke pasar hari Sabtu pagi, ke Gereja hari Minggu pagi, dan belanja bulanan di hari Minggu sore. Suami emang suka bilang kalo rumah kami itu rumah malas, iyah, soalnya kalo udah di rumah itu rasanya malas banget kemana-mana kalo emang gak ada yang bener-bener perlu untuk keluar. Ya iyalah, seandainya keluar rumah cuma untuk nongkrong, jelas lebih enak nongkrong di rumah aja, segalanya yang diperluin juga ada di sini, nyaman lah.

Oya, hari Sabtu sore, saya buat bolu pisang choco chips. Ide awalnya muncul waktu liat tulisan Bebe yang ini. Pas liat itu langsung kepikiran pengen bikin bolu kukus pake choco chips dan pisang. Waktu saya bilang itu ke Bebe, Bebe nanya balik bakal ngembang gak tuh? Berhubung saya kan aslinya gak pinter masak apalagi bikin kue, kalo bikin tuh musti liat-liat resep dulu, hehe, makanya jadinya kemarin googling resep bolu pisang choco chips, eh nemu dong di Bunda Carrefour…jadi saya tinggal ngikutin aja…yipppieee….!

Continue Reading…

Not 1… Not 2… Not 3… Not Even 4…. It’s 5 Stories on This Friday!

Minggu ini sebenarnya banyak banget yang pengen saya ceritain dan dokumentasiin di sini. Pengen deh kayak Pepipepo, tiap hari bisa publish beberapa tulisan sekaligus. Tapi duh, untuk bikin 1 tulisan aja musti disiapin dan direncanain waktunya, apalagi kalo 2..3..4??

Cerita yang banyak itu akhirnya saya rangkum dalam satu tulisan ini. Gak apalah, sekaligus dibikin jadi panjang gini, daripada dipisah-pisah nanti malah gak ketulis-tulis.

Ok deh, gak usah berlama-lama lagi, mari, kita mulai saja. Ayo, yang mo ngambil kopi sama snack dulu di dapur, saya persilakan. Kalo udah, duduk yang manis yah trus ambil napas dalam-dalam…

Kita mulai!

Video Raja Lagi Baca

Kapan hari pernah ada yang minta video Raja lagi membaca. Nah, ini saya kasih. Not just 1, but 2 videos!

Continue reading “Not 1… Not 2… Not 3… Not Even 4…. It’s 5 Stories on This Friday!”

Woku Belanga dan Bayam Kuah Asam

Lagi pengen nulis resep, siapa tau bisa membantu para ibu yang masak sendiri di rumah yang saya yakin pertanyaan tetap di benaknya setiap harinya adalah : masak apa hari ini?? 😀

Kali ini saya pengen berbagi resep dua masakan khas Manado yang sebelumnya pernah saya singgung di sini : woku belanga dan bayam kuah asam.

Continue Reading…