Mari Ngomongin Isi Kulkas Seri Ke-3

Yuhuuu….pengen cerita soal kulkas dan isinya lagi nih 😁.

Unjuk jari yang kulkasnya masih sering berantakan hingga susah nyari bahan yang diperlukan atau yang kulkasnya suka berbau gak sedap akibat keseringan menyimpan makanan atau bahan makanan yang udah busuk?

Semoga di antara yang baca ini gak banyak yang unjuk jari yaaa….hehehe…

Namun jika ada, saran saya, lekas-lekaslah bebersih isi kulkas. Keluarkan semua isinya, pilah-pilah mana yang bisa dipertahankan dan buang semua yang udah rusak/busuk, lap bagian dalam kulkas dan cuci semua rak serta laci, lalu atur kembali semua bahan di dalam kulkas dengan baik, usahakan tidak ada bahan atau makanan yang disimpan dalam kondisi terbuka agar tidak ada noda serta bau yang menyebar di dalam kulkas. Menjaga kulkas tetap bersih itu penting, karena itu menyangkut kebersihan makanan yang kita konsumsi sehari-hari di rumah.

Selain kebersihannya, menurut saya yang perlu dijaga juga adalah kerapiannya, karena kulkas yang rapi dan terorganisir itu bukan aja hanya enak dipandang mata, tapi terutama memudahkan kita ngambil bahan dari dalam kulkas tanpa perlu ngubek-ngubek serta bikin kita bisa lebih cepat tau bahan yang perlu ditambah atau sebaliknya bahan yang udah pantas dipindah ke tong sampah 🙂.

Sekarang, yuk mari kita lihat seperti apa isi kulkas kami minggu ini.

Continue Reading…

Iklan

What’s New About The Kiddos?

Sudah lama ya gak cerita soal perkembangan anak-anak. Ada yang kangen gak ya sama anak-anak saya? Kalo saya sih selalu kangen sama mereka *ya eyalah, namanya juga anak sendiri…wkwkwkwk* . Terutama kalo mereka lagi ada di sekolah, rasanya pengen mereka cepet-cepet pulang supaya rumah kembali rame 😀

Jadi apa kabar anak-anak? Puji Tuhan mereka baik-baik saja. Tiap hari tambah besar, tambah pinter. Yang satu tambah lucu, cerewet, dan ngegemesin. Yang satunya lagi tambah cool bawaannya. Doh, mulai kerasa nih bedanya usaha pendekatan ke anak dimana yang satu masih baru keluar dari zona balita sementara satunya lagi baru mo masuk ke zona remaja. Parenting style mama pun musti berkali-kali di-switch mode-nya, menyesuaikan dengan usia anak yang sedang dihadapi, yang mana kadang perubahan modenya suka ketuker-tuker…wkwkwkwk…ya maklum lah ya, namanya juga mamanya masih manusia.  Untung ya anaknya cuma dua. Coba kalo masih punya anak bayi lagi. Haduh, gak kebayang itu gimana rasanya kalo mode-nya sampe ada tiga. Dua aja masih suka ketuker, apalagi tiga, bisa langsung error….hihihihi. Makanya saya selalu salut sama orangtua yang anaknya lebih dari dua dan sanggup ngasih perhatian yang fokus ke masing-masing anak sesuai dengan tahap perkembangannya. Buat saya itu luar biasa, karena saya aja yang anaknya cuma dua masih suka kesulitan 😀 .

Yah begitulah pemirsa, dan sekarang saya mau cerita soal hal-hal baru yang lagi dilakuin anak-anak akhir-akhir ini.

Continue Reading…

MPASI Hari Gini…

MPASI….

Rasanya sudah lama sekali saya berhubungan dengan kata ini. Dulu sih sangat akrab ya, apalagi waktu anak pertama masih bayi, wah itu bener-bener deh, MPASI jadi perhatian banget buat saya. Segala macam informasi saya cari, bahkan kandungan gizi dari setiap bahan makanan yang saya berikan juga saya buatkan rangkumannya. Perencanaan pemberiannya pun saya jadwalkan secara matang dan saya doakan bener-bener agar Tuhan memberkati semua yang saya beri dan upayakan memang jadi berkat untuk anak saya. Segalanya saya lakukan karena ingin memberikan yang terbaik untuk anak saya.

Setelah anak kedua lahir dan masuk ke usia MPASI, tetep sih hal ini jadi perhatian, cuma sudah tidak seperti waktu anak pertama. Untuk anak kedua saya sudah lebih santai, karena eheemm… ngerasa udah berpengalaman. Saya gak lagi mencari informasi sebanyak dulu karena kebanyakan informasi memang sudah ada di tangan, panduan pemberiannya pun saya ikut seperti waktu abangnya dulu, walau tentu saja saya masih terus mendoakan agar apa yang saya yakini adalah yang terbaik yang saya berikan akan memang jadi yang terbaik untuk anak saya.

Puji Tuhan, sekarang anak-anak saya dua-duanya sudah lewat dari usia balita.  Walau sampai sekarang pun saya masih memperhatikan dengan detail asupan gizi untuk anak-anak, tapi tentulah saya tidak akrab lagi dengan segala hal mencakup MPASI.

Trus kenapa sekarang tiba-tiba nulis tentang MPASI?

Continue Reading…

Adek’s 5th Birthday

Satu lagi yang belum lama ini berulang tahun di keluarga kami, si adek. Puji Tuhan udah 5 tahun usianya sekarang, udah bukan balita lagi 😀 . Dan ulang tahunnya ini udah hampir sebulan yang lalu lho. Seperti biasa, mamanya si adek telat pake banget ngedokumentasiinnya di sini…hehe…

Hari ulang tahun si adek jatuh di hari Sabtu dan sejak malam sebelumnya dia udah excited banget menyambut ulang tahunnya ini. Meski gak ada perayaan besar-besaran, tapi tau dia mau ulang tahun aja udah bikin dia bahagia bukan main. Apalagi ditambah dia tau kalo tepat di hari itu dia akan mulai belajar menggambar di Global Art, yang memang merupakan salah satu hadiah ulang tahun buat dia.

Continue Reading…

Cerita Cerah Ceria (Part 1) : Dari Palembang ke Medan

Hari Senin, seperti biasa saya bangun ketika hari masih sangat gelap. Selesai berdoa and did my other morning routines, saya segera turun buat ngambil sapu, kemoceng, dan pengki. Hari ini anak-anak akan ke sekolah lebih lambat dari biasanya karena rencananya di sekolah cuma ada agenda Parents Student Teacher Conference (PSTC) yang memang selalu diadakan di tengah semester. Dalam PSTC ini, orangtua akan mendapatkan laporan dari homeroom teacher mengenai segala sesuatu tentang anak dari awal hingga tengah semester. Maksudnya diadakan di tengah semester, supaya jika ada yang perlu jadi perhatian, orangtua bisa membantu guru berupaya untuk mengatasi hal-hal yang perlu diperhatikan tersebut sebelum akhir semester.

Karena anak-anak hanya akan ke sekolah dalam rangka PSTC dan kami bakal berangkat ke Medan siangnya, maka subuh hari itu saya gak masak, cukup bersih-bersih dan beres-beres rumah aja. Sekitar jam 5 saya selesai bersih-bersih, saya pun bikin sarapan yang gampang-gampang : sup sayur, ham goreng, dan telur dadar.

Continue Reading…

Kotak Bekal Makan Siang Abang dan Adek

Sejak si abang jd murid SD, setiap ke sekolah dia butuh bawa 3 bekal. 2 bekal snack dan 1 bekal makan siang. Untuk bekal snack-nya gak perlu kotak khusus karena snack yang dia bawa memang biasanya cuma biskuit atau roti. Nah untuk bekal makan siangnya ini yang perlu dapat perhatian karena si abang sukanya sayur dalam bentuk sup gitu kan, jadi kotak bekalnya harus yang ada tempat khusus untuk sup supaya supnya gak tumpah. Sebelum-sebelumnya, kotak bekal yang jadi pilihan untuk si abang tuh adalah yang kayak gini…

Continue Reading…

Review Kompor Listrik

Yes, malam ini bisa santai!

Mulai besok saya cuti sampai dua minggu ke depan sementara anak-anak juga lagi libur sekolah, makanya bisa santai kayak gini dan untuk kali ini saya mendedikasikan momen yang jarang banget bisa saya dapatkan ini untuk menulis tentang kompor listrik. Dari sekian banyak cerita yang udah tertunda-tunda untuk ditulis di sini, kenapa justru saya memilih kompor listrik, mungkin karena dipengaruhi oleh dua kejadian dengan kompor gas yang lumayan mengerikan yang terjadi pada dua orang yang saya kenal dalam waktu yang hampir berdekatan di bulan ini.

Continue Reading…

How’s Life?

Halooooo bloooggg!!!

Astagaaa….udah Februari lho ini! Ya ampun, kemana aja dari akhir tahun sampe awal tahun ini??? Kasian amat ini blog ya, makin lama makin gak keurus. Satu demi satu cerita ditunda buat ditulis di sini, sampe akhirnya numpuk-numpuk deh semua. Yang soal dapur lah, Natal lah, Tahun Baru lah, ultah abang lah…aaarrggghhh….banyaaaakkk!!! Huhuhuhu….

Jadi selama gak hadir di sini, apa kabarnya hidup kami??

Continue Reading…

Masak Apa Hari Ini: Menu Masakan 19 – 24 Februari 2017

Selamat hari Senin!

Siang ini di sela-sela istirahat saya mau cerita tentang menu masakan lagi sekaligus bagi-bagi resep. Ngeblog akhir-akhir ini bukan kegiatan yang mudah untuk saya lakukan, karena kesibukan saya yang tiada tara setiap harinya. Tapi untuk yang satu ini dibela-belain deh, daripada ketinggalan lagi…hehehe…

Daftar Menu 19 - 24 Februari 2017
Daftar Menu 19 – 24 Februari 2017

  Continue Reading…

Masak Apa Hari Ini: Menu Masakan 12 – 17 Februari 2017

Setelah sekian bulan ditinggalkan karena gak sempat, akhirnya bisa juga kita berjumpa kembali di edisi Masak Apa Hari Ini. Aslinya saya pengen bisa nulis semua menu masakan di rumah sejak bulan November 2016 hingga sekarang, karena toh memang dokumentasinya ada. Tapi dipikir-pikir, kayaknya terlalu berambisi jika harus menulis semua menu dari bulan November itu dengan waktu yang begitu sedikit seperti sekarang. Akhirnya ya sudah, saya memutuskan untuk fokus pada momen saat ini dan menatap ke depan saja…hehe… Edisi Masak Apa Hari Ini akan dimulai kembali dengan menu masakan untuk minggu ini dan semoga bisa untuk minggu-minggu selanjutnya juga.

Dokumentasi menu masakan mingguan dari sejak bulan Agustus tahun lalu

Continue Reading…