Adek’s 8th Birthday

Beberapa hari lalu, kami merayakan ulang tahun si adek yang ke-8. Gak kerasa ya, udah 8 tahun aja bayi ini. Puji Tuhan. Bersyukur sekali rasanya bisa menyaksikan anak-anak bertumbuh semakin besar dan mengalami tahap demi tahap perubahan dalam hidup mereka.

Puji Tuhan juga si adek bertumbuh sehat…

Walau dua hari sebelum ulang tahun asmanya kambuh dan sehari sebelum ulang tahun dia bangun pagi dalam kondisi mimisan.

Oalah kesayangan mama πŸ˜….

Kesehatan si adek ini memang masih menjadi pergumulan untuk kami. Memang sih dia bukannya yang sakit gimana-gimana, cuma yah tetaplah yang namanya orang tua, hal-hal yang bisa membuat anak menjadi tidak nyaman pastilah menjadi pergumulan tersendiri. Sebenarnya sudah cukup lama asma si adek gak pernah kambuh lagi, makanya sempat sedih juga sih kenapa kok kambuh lagi justru saat menjelang ulang tahunnya gini…walau sebenarnya bila dipikir-pikir, mau kapanpun itu kambuhnya, tetep aja sih bikin sedih dan khawatir kalau sudah dengar nafasnya mulai mengeluarkan bunyi yang mengganggu dan dia mulai mengeluh merasa berat bernafas sampai semalaman susah tidur. Puji Tuhan Yesus, si adek tidak berlama-lama dalam kondisi seperti itu. Sejak menjelang malam hari sebelum hari ulang tahunnya, dia sudah berada dalam kondisi yang jauh lebih baik dan tepat di hari ulang tahunnya, dia bangun dalam kondisi yang benar-benar sehat. Puji Tuhan..puji Tuhan banget dikasih hadiah kesehatan yang sempurna dari Tuhan Yesus untuk ulang tahunnya kali ini sehingga kami pun bisa merayakan ulang tahunnya dengan perasaan hati yang benar-benar gembira πŸ’–.

Untuk perayaannya sendiri, berbeda dengan tahun lalu yang sederhananya bener-bener sederhana karena keterbatasan saat itu di apartemen, maka di tahun ini dari jauh-jauh hari kami sudah merencanakan untuk merayakan ulang tahunnya dengan lebih meriah, walaupun meriah yang kami maksud adalah tetap dengan hanya di rumah dan hanya kami berempat saja….hehehehe….

Karena dari awal sudah dibilang ke si adek kalau tahun ini ulang tahun dia bakal dilengkapi dengan dekorasi dan kue bikinan mama, maka dia pun langsung minta dekorasi dan cake bertema Sonic tapi khusus cake dia minta Red Velvet Cake karena meski dia penggemar Sonic tapi aslinya warna favorit dia sejak dulu adalah merah. Ok deh dek, soal dekorasi sih gampang karena tema Sonic bukannya yang susah-susah amat dicari. Buat cake juga bisa lah mama usahain, toh sudah di rumah ini jadi urusan perdapuran gak ribet lagi seperti waktu masih di apartemen dulu.

Itu soal dekorasi dan cake. Untuk kadonya bagaimana?

Nah ini nih, dari sejak awal kami gak ada kasih tahu ke si adek kalau bakal nyiapin kado buat dia. Kami bahkan ngasih hint ke dia kalau tahun ini kadonya cukuplah dekorasi, cake, dan kaos Sonic seragaman sekeluarga. Jadi yah yang si adek tahu adalah bahwa di tahun ini dia gak bakal dapat kado spesial, gak kayak tahun lalu di mana dia dapat kado sekotak penuh πŸ˜….

Yang dia gak tahu adalah bahwa kami sebenarnya sudah menyiapkan beberapa kado buat dia, bahkan termasuk item yang memang sudah lama dia idam-idamkan. Dia juga gak tahu kalau sehari sebelum ulang tahunnya, abang kami ajak bekerja sama untuk membuatkan stiker-stiker buat ditempel di kotak kado ulang tahun dia. Oh ya, si abang memang sengaja baru kami beritahu sehari sebelumnya supaya rahasia papa dan mama gak keburu bocor πŸ˜…. Maklumlah mereka berdua deket banget kan ya, apa-apa diomongin, kuatirnya si abang keceplosan pula cerita soal kado yang udah disiapin buat ulang tahun adeknya πŸ˜….

Untuk cake dan dekorasinya kami kerjakan sehari sebelumnya. Cakenya saya bikin sejak siang, sementara dekorasi baru dikerjain malam harinya karena sebenarnya dekorasinya juga gak macam-macam sih cuma terdiri dari tirai, bunting flag, dan balon-balon 😁.

Red Velvet Cake sesuai permintaan bocah yang berulang tahun. Puji Tuhan, this was my first try and it was a success!
Bagian atas cake yang dikeluarin biar rata, jadi tester buat yang ulang tahun (plus papanya, plus abangnya, plus mamanya juga yang bikin dong πŸ˜›) dan puji Tuhan, approved!
Buttercream-nya saya kasih pewarna biru, karena walau cake-nya berwarna merah, tapi luarnya tetep harus ikut tema ulang tahun kali ini: Sonic the blue hedgehog! πŸ˜…
Pas lihat susunan ini, saya sempat khawatir cakenya nanti ketebelan dan ujung-ujungnya bikin eneg, but turned out, I should not worry at all. Cakenya tebel, tapi sama sekali gak bikin eneg 😘

Hasil akhirnya cake-nya gimana?

Ini dia….

Lumayan cakep lah yaaa untuk ukuran saya gak pinter menghias kue πŸ˜….

O ya, itu figurine Sonic and the gank buat cake topper, adalah kejutan juga buat si adek, karena sebelumnya dia cuma ngirain blue buttercream adalah satu-satunya perwakilan temaΒ  Sonic di cake ulang tahunnya πŸ˜„. Makanya bahagia banget tuh si adek pas lihat ada figurine Sonic di atas cake buat dia. Bahagia tentu bukan cuma karena sekarang cake-nya jadi betul-betul bertema Sonic, tapi karena sehabis tiup lilin nanti, maka itu figurines bakal berubah fungsi jadi mainan 😁.Β  Memang kalau untuk anak-anak, udah paling pas lah cake topper itu berbentuk figurine supaya selain jadi cake topper juga setelahnya bisa jadi mainan untuk anak πŸ˜ƒ.

Ok deh, urusan cake selesai, mari lanjut ke dekorasi.

Seperti yang saya bilang di atas, dekorasinya bukan yang macam-macam juga sih. Standar. Tapi tetep, yang ulang tahun amazed lihatnya. Puji Tuhan…

Santai menanti papa selesai tiup satu demi satu balon dan tempel sana-sini 😁
Dekorasinya selesai…yeayyy!!! Sofanya pas pula dengan tema ulang tahunnya yang serba biru yak 😍

Seperti yang terlihat di foto, dekorasinya sederhana kaaann…..tapi di mata kami sih cukup meriah, apalagi buat yang ulang tahun. Serasa masuk ke dunia Sonic dia mah πŸ˜….

Selesai dengan urusan dekorasi dilanjut urusan domestik lainnya, kami pun berdoa bersama lalu anak-anak bersiap tidur sementara kami masih mengikuti ibadah doa malam dari gereja via Youtube. Sudah telat sih sebenarnya karena ibadahnya mulai jam 7 malam, sementara saat anak-anak masuk kamar sudah jam 10 lebih. Syukurlah ibadahnya via Youtube ya, jadi meski telat tapi masih tetap bisa mengikuti ibadahnya.

Esok paginya, hari H ulang tahun si adek, dia bangun dengan sangat ceria dan langsung disambut dengan ucapan selamat ulang tahun dari kami juga dari keluarga di Manado dan Medan.

Kelar sarapan, anak-anak bersiap sekolah, suami bersiap ngantor dari rumah (setelah sebelumnya cuci piring dulu dong yaaa….wkwkwkwkwk), sementara mama ngelanjutin urusan domestik. Hari ini si adek sekolah siang karena pagi adalah slot untuk siswa yang memilih sekolah in person. Sambil nunggu waktu sekolah, seperti biasa dia kelarin dulu PR Kumonnya, trus baca-baca buku, trus setelah saya selesai mandi, saya ajak dia buat foto-foto sebelum kelasnya dimulai.

Makin besar, makin ganteng yak adek ini 😍. Waktu kecil dulu muka dia lebih ke arah imut dan lucu, tapi makin ke sini, wajah dia mulai bertransformasi ke arah cowok ganteng…asiiikk….hehehehe…. Gak boleh protes kan ya kalau saya bilang begini, namanya juga anak sendiri yaaa kaannn πŸ˜†.

Sekitar jam 09.45, sekolahnya dimulai dan salah satu momen yang paling dia tunggu akhirnya tiba, yaitu merayakan ulang tahun bersama teman-temannya meski hanya via online.

Yang udah bersiap mau tiup lilin pertama bareng teman-teman sekolahnya. Laptopnya sengaja saya letakkan agak jauh biar dekorasi yang jadi latar tiup lilin dia bisa kelihatan jelas di layar MS Teams kelasnya.

Sayang banget ini rekamannya gak komplit, karena proses record-nya berhenti dengan sendirinya yang mana saat itu saya juga lagi ikut berdoa jadi gak sadar kalau kameranya udah gak ngerekam lagi…huhuhuhu…

Ya sutralah, yang penting yang ulang tahun tetap bahagia dan sentosa sepanjang hari itu.

Nah, kalau tiup lilin sama teman-teman sekolah sudah, trus kapan dong yang bareng keluarga?

Oh, kalau yang terakhir ini sih menunggu sampai papanya selesai sama urusan kantor dan kami semua sudah selesai makan malam dan segala urusan domestik lainnya juga sudah kelar, dengan target paling lama jam delapan malam acara tiup lilinnya sudah dimulai. Puji Tuhan, kami malah bisa siap lebih cepat dari target….yeayyy!!!

Pasukan Sonic, siap tiup lilin….yeayyy!!!

Sebelum tiup lilin, foto-foto dulu dong yaaa 😍.

Ada beberapa teman yang komen soal rambut saya yang udah panjang banget. Iya iniihhh sejak pandemi dimulai gak pernah lagi digunting, alhasil sekarang panjangnya udah menyentuh pinggang πŸ˜…

Gara-gara suami seneng nontonin si KhabyOO, gaya tangan kayak gini jadi sering kami pake buat foto di rumah πŸ˜…
Eight!
Gaya telunjuk gini tuh gaya khasnya Sonic πŸ˜…

Puas foto-foto, kami pun bersiap tiup lilin yang run down acaranya sesuai dengan SOP di rumah kami: tiup lilin, berdoa, potong kue, suap-suapan, dilanjut dengan buka kado.

Tiup lilin
Peluk mama
Peluk papa
Peluk abang
Potong kue diwakili mama…. Liat deh itu muka-muka yang udah gak sabar pengen makan kue ulang tahun πŸ˜…
Suap mama
Suap papa
Suap abang
Yang ulang tahun juga gak mau ketinggalan nyicip kue ultah dia sendiri 😁
Satu slice besar langsung habis….kuenya memang enak… Puji Tuhan 😍

Selesai dengan kue, sekarang lanjut ke buka kado.

O ya, kan di atas saya bilang kalau si adek gak tau sama sekali kalau dia bakal dapat kado di ulang tahun kali ini. Dan yap, sampai kami akan tiup lilin dia tetep had no idea about that. Makanya, sebelum tiup lilin mulai, kami kode-kodean dengan si abang untuk bawa turun kotak kado buat si adek, bikin yang ulang tahun super surprised karena bener-bener gak nyangka.

Lagi baca stiker-stiker yang dibikin oleh si abang di kotak kadonya. Btw, walau abang terlibat di ngasih surprise buat adek ini, tapi dia juga gak tau isi kotak kado itu apa aja, makanya dia juga ikut penasaran sebenarnya 😁
Sebelum sesi buka kado, berfoto dulu sama kotak kadonya…
Lagi mikirin, kira-kira apa aja isi kotak kado ini yaaa???

Untuk sesi kado ini, ada videonya mulai dari sebelum tiup lilin dan abang bawa turun kotak kado yang bikin si adek kaget, trus dilanjut dengan saat sesi buka kado yang mana isi dalam kotak ini ada yang bikin si adek sampe teriak-teriak saking senangnya 😁.

Kado yang satu ini bener-bener bikin dua anak ini bahagiaaa!! 😁

Puji Tuhan Yesus, bahagia sekali rasanya melihat si adek sangat bahagia, ceria, dan sehat di hari ulang tahunnya ini. Betapa bersyukurnya kami pada Tuhan untuk semua berkat dan anugerah yang Tuhan beri dalam kehidupan si adek yang juga jadi berkat tak terhingga untuk kami semua.

Buat Ralph Jehonathan Tohap Samosir, siapudan kesayangan semua, sekali lagi selamat ulang tahun yang ke-8 yaaa dek. Sehat selalu, panjang umur, semakin bertambah hikmat yang dari Tuhan yaa dek. Allah Bapa, Putera, Roh Kudus kiranya selalu memberkati, menyertai, dan melindungi adek di sepanjang hidupmu. Amin!

Hai anakku,janganlah engkau menolak didikan TUHAN, dan janganlah engkau bosan akan peringatan-Nya.Β Karena TUHAN memberi ajaran kepada yang dikasihi-Nya,seperti seorang ayah kepada anak yang disayangi.Berbahagialah orang yang mendapat hikmat, orang yang memperoleh kepandaian,Β karena keuntungannya melebihi keuntungan perak, dan hasilnya melebihi emas.Ia lebih berharga dari pada permata;apapun yang kauinginkan, tidak dapat menyamainya.Umur panjang ada di tangan kanannya,di tangan kirinya kekayaan dan kehormatan. Jalannya adalah jalan penuh bahagia, segala jalannya sejahterasemata-mata. Ia menjadi pohon kehidupanbagi orang yang memegangnya, siapa yang berpegang padanya akan disebut berbahagia.

~ Amsal 3:11-18Β 

Sore-sore sehabis mandi, sempat ngemil donat kiriman guru pianonya 😘

A slice of his birthday cake. Ini cakenya padat tapi lembut…bersyukur sekali saya bisa membuat kue seenak ini untuk ulang tahun si adek πŸ€—
Si bayi yang semakin besar tapi tetap imut dan selalu ceria. Puji Tuhan…sehat selalu yaaa kesayangan mama πŸ€—

 

 

Satu respons untuk β€œAdek’s 8th Birthday”

Thanks for letting me know your thoughts after reading my post...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s