Kumon Advanced Student Forum 2019

Setelah akhir tahun kemarin berhasil menyelesaikan Kumon EFL dengan predikat nilai Sangat Memuaskan, maka puji Tuhan tahun ini si abang diundang ke ajang Kumon Advanced Student Forum 2019 tidak lagi hanya untuk menerima piala, melainkan untuk menerima piagam Completer 😍.

Kumon ASF-nya sendiri udah dari sejak lama kami dengar akan dijadwalkan pada tanggal 3 November, bertepatan dengan ulang tahun pak suami 😍.Β  ASF ini memang kayaknya dari tahun ke tahun diselenggarakan antara akhir bulan Oktober sampai awal November, jadi ya kalo gak kena di ulang tahun saya, ya kenanya di ulang tahun pak suami 😁. Trus beberapa bulan yang lalu, tepatnya hari Selasa tanggal 17 September, pembimbing Kumon di tempat anak-anak belajar menghubungi saya untuk memberi info mengenai seleksi completer yang nantinya akan diundang untuk menyampaikan speech di atas podium Kumon ASF nanti. Untuk mengikuti seleksi tersebut, kami harus mengirimkan video yang berisi cerita tentang bagaimana perjalanan si abang dari awal sampai akhir mengikuti kursus EFL di Kumon. Begitu dapat informasi tersebut, saya langsung bilang ke pembimbingnya bahwa kami menyanggupi untuk mengikuti seleksi tersebut, walau sebenarnya jujur aja saat itu saya belum terpikir akan bikin video yang bagaimana dan apakah kemampuan video editing saya cukup untuk membuat video yang menarik πŸ˜…. Tapi yah sudahlah, apapun itu, yang namanya mencoba sesuatu yang positif kan tidak ada salahnya, jadi saya sanggupi saja dan langsung terusin infonya ke si abang yang langsung menyambut berita itu dengan antusias.

Saking antusiasnya, malam itu juga dia langsung ngerjain narasi yang akan dia sampaikan di dalam videonya nanti 😁. Saya sih senang banget lihatnya ya, karena tanpa dikasih tau pun dia sudah tau bahwa apa yang akan dia ceritakan serta bagikan nanti dalam video tersebut, serta kalau seandainya lolos, di atas panggung ASF nanti, semuanya harus berasal dari buah pemikiran dia sendiri bukan orang lain termasuk mamanya, karena toh pengalaman yang akan dia bagikan adalah pengalaman dia sendiri bukan pengalaman mamanya πŸ˜….

Malam itu juga narasinya selesai dia ketik dan cetak, tapi baru pada hari Jumat pagi tanggal 20 September pengambilan videonya kami kerjakan, dengan bermodal kamera HP, Microsoft Power Point, dan Windows Video Editor. Sederhana bangeeett…. Tapi yah, cuma bisa berdoa supaya hasilnya nanti cukup bagus untuk dapat dilirik dan dipilih 😁.

Syutingnya sendiri hanya sebentar saja, itu pun terburu-buru karena udah dekat dengan jadwal les anak-anak, sekolah sendiri waktu itu lagi libur karena kabut asap 😁. Bersyukur karena narasinya dikerjakan sendiri oleh si abang jadi dia sama sekali gak kesulitan untuk menyampaikan narasinya lewat-lewat kata-kata sehingga proses syutingnya yang cuma pake kamera HP dengan mamanya bertindak sebagai kameramen itu bisa berlangsung cepat serta lancar 😁.

Malamnya, setelah semua kegiatan les anak-anak selesai, barulah videonya mulai saya edit. Esok siangnya, tanggal 21 September, hasil akhir video itu sudah bisa saya kirimkan ke pembimbing Kumon anak-anak.

Tepat sebulan kemudian, yaitu tanggal 21 Oktober yang baru lalu, kami mendapat info bahwa video si abang terpilih dan dia resmi diminta untuk menyampaikan speech di sesi Completer Speech di ajang Kumon ASF 2019 Palembang. Puji Tuhan!

Mau lihat seperti apa si abang berpidato di atas panggung?

Yuk silakan dilihat dalam video di bawah ini.

PujiΒ  Tuhan, penampilan si abang itu bikin kami bangga banget, karena terlihat betul betapa dia tenang menyampaikan kata demi kata. Gayanya santai dan penyampaian setiap kata serta kalimatnya tidak terburu-buru bahkan sebaliknya sangat jelas sehingga bisa ditangkap dengan sangat baik di telinga pendengar. Puji Tuhan….puji Tuhan banget, karena siapapun tau bahwa tidak mudah untuk bisa berbicara dengan tenang di hadapan ratusan orang, apalagi bila ini adalah pengalaman pertama, namun ternyata si abang bisa dan bahkan mampu melakukannya dengan sangat baik. Ah Tuhan, terima kasih karena memberikan kami anak yang sangat membanggakan ini.

Si adek yang selalu support dan kagum dengan abangnya 😍. Ini dia lagi serius banget dengerin abangnya ngomog di depan 😘.

O ya, itu sayang di video speech-nya gak terus direkam oleh suami, padahal sebenarnya ada bagian di mana kedua pembawa acara menyampaikan salut untuk mamanya si abang yang menyimpan semua file Kumon si abang dari awal sampai akhir (mereka lihat ini di video yang kami kirimkan yang turut ditampilkan di layar di samping panggung namun dalam mode mute). Iya memang, saya menyimpan semua file Kumon anak-anak, baik math maupun EFL, baik abang maupun adek, secara teratur dan terorganisir. Aslinya  sebenarnya bukan karena ada tujuan apa-apa, saya hanya merasa sayang aja kalo harus membuang kertas kerja Kumon yang dikerjakan anak-anak, walau bagaimana pun, setiap lembar itu dihasilkan dari kerja keras, komitmen, serta kedisiplinan anak-anak lho. Saya gak bisa menganggap remeh usaha anak-anak yang belajar di atas tingkatan kelas mereka di sekolah, itu gak mudah dan harus diapresiasi terutama oleh saya sebagai orangtua mereka. Jika saya buang, maka itu menjadi sampah. Namun jika saya simpan, maka itu akan menjadi kenangan serta apresiasi bagi usaha yang sudah mereka lakukan 😘.

Kembali ke ajang Kumon ASF 2019 Palembang, puji Tuhan acara hari itu berjalan dengan lancar dan tak lama setelah si abang berbicara di atas panggung, tibalah saatnya untuk sesi apresiasi terhadap para completer dengan dipanggil namanya satu per satu ke atas panggung.

Kalo gak salah ingat, bapak ini adalah Direktur Kumon bagian Sumatera
Kalo kata si abang, selama dia menyampaikan speech, bapak ini ada beberapa kali mengacungi jempol untuk dia…hehehe….puji Tuhan ya bang 😘
Foto bersama pembimbing Kumon mereka.

Sekali lagi selamat ya bang, satu lagi prestasi yang abang raih di tahun ini. Tidak saja hanya menjadi Kumon EFL Completer, namun abang juga sekaligus mendapat kesempatan belajar berbicara di depan umum dan abang berhasil melakukannya dengan amat sangat baik.Β Semoga semua harapan dan cita-citamu tercapai ya nak, Tuhan memberkati anak-anak mama selalu. Amin….

Anak ganteng berprestasi. Puji Tuhan 😍
Thank you, God for this beautiful family 😘

O ya, video yang saya kirimkan untuk diseleksi tersebut bisa dilihat di bawah ini. Isinya sih kurang lebih sama dengan yang disampaikan oleh si abang di atas panggung, cuma ya visualisasinya beda dan di atas panggung juga ada beberapa hal yang ditambahkan lagi oleh si abang. Apa yang disampaikannya memang berasal dari pemikiran serta hatinya sendiri, jadi suka-suka dialah mau nambahin ato ngurangin ide dia sendiri 😊.

5 respons untuk β€˜Kumon Advanced Student Forum 2019’

  1. Selamat ya Bang Raja dan Kak Lisa. Luar biasa perjuangannya. Videonya sederhana tapi padat dan jelas banget, sangat persuasif.

Thanks for letting me know your thoughts after reading my post...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s