Google Photos, Entah Apa Yang Merasukimu….

Bener-bener ya, persoalan foto dan blog ini tuh seperti gak ada habis-habisnya. Belum juga kelar saya mengedit semua post yang fotonya tadinya mengarah ke Tinypic buat dipindah mengarah ke Google Photos (yang selesai baru 170 posts out of 220 post πŸ™ˆ), eh Google Photos malah sekarang tiba-tiba mengulah πŸ˜ͺ.Β  Gak tau kenapa, entah apa yang merasukinya, tiba-tiba aja semua foto yang saya host di Google Photos gak bisa tampil di blog ini! Padahal sebelum-sebelumnya gak ada masalah lho dan hal itu udah saya pastikan sebelum saya mulaiΒ  meng-upload ke Google Photos foto-foto yang udah saya download dari TinyPic sebelumnya (jumlahnya lebih dari 3000 foto aja dong!) dan lalu mengedit setiap foto dalam post di blog ini satu per satu. Sengaja saya garisbawahi karena sungguhlah effort and duration yang udah saya keluarin buat mengedit 170 posts itu bukannya sedikit apalagi dalam satu post bisa ada lebih dari 50 foto! πŸ˜…

Waktu udah kepake banyak.

Jari rasanya mau keriting ngeklik sana ngeklik sini, bolak balik copy-paste link dan caption.

Mata sampe lelah (untung pake kacamata anti radiasi).

Trus semua buat apa???

Buat jadi percuma kayak gini!

Iyaaalaahh…. Percuma, karena toh ujung-ujungnya dengan segala usaha yang udah saya kerahkan, semua yang udah saya edit ternyata sekarang gak bisa tampil juga di blog ini 😭.

Yang menyedihkan, saya gak tau penyebabnya apa, karena tiba-tiba aja gitu dari yang tadinya bisa tampil trus jadi gak bisa. Kalo ada yang salah di setting-nya, tentu dari awal harusnya udah gak bisa dong ya.

Setelah cari-cari tau, saya akhirnya berhasil sih menampilkan foto dari Google Photos di blog ini, tapi dengan cara yang berbeda dengan yang sebelumnya.

Kalo yang sebelumnya tuh, saya nampilin foto dari Google Photos di blog ini cuma dengan cara copy paste URL (atau image address) foto itu dari Google Photos ke kolom URL di menu Add Media yang tersedia di setiap post.

Kayak gini nih maksudnya…

cp_1

Dan cara di atas itu bisa dilakukan di WordPress Editor model lama.

Nah, kalo yang sekarang ini, untuk supaya gambar dari Google Photos bisa bener-bener tampil di blog maka harus pake WordPress Editor model baru dan harus dengan cara mengkoneksikan antara Google Photos dengan WordPress. Kalo udah terkoneksi, maka begitu kita klik menu Add > Google Photos Library, semua foto yang dari Google Photos langsung tampil dan kita tinggal pilih mau insert foto yang mana (saya pake cara ini untuk 3 posts terakhir).

cp_2

Praktis dong?

Siapa bilang!

Malah menurut saya cara yang ini sama sekali bukan solusi.

Kenapa?

Berikut alasannya.

  1. Gambar yang ditampilkan di Google Photos Library di WordPress diurutkan berdasarkan tanggal di properti foto dan tidak dikelompokkan sesuai albumnya. Kebayang kan ya gimana capeknya nge-scroll kalo saya mo edit post yang lama dan mo ngambil foto yang propertinya bertanggal setahun, dua tahun, atau bahkan tiga tahun yang lalu? Ngebayanginnya aja udah capek ya πŸ˜…. Ngedit foto satu per satu di setiap post aja udah capek lho, masih lagi mo ditambah dengan nge-scrollΒ buat nemuin foto yang pengen ditampilin. Dooohh….no way deh!
  2. Sistem koneksi antara Google Photos dan WordPress ini ternyata bukan berarti WordPress bisa otomatis membaca URL dari foto di Google Photos, melainkan sistemnya adalah meng-copy foto di Google Photos Library ke WordPress Media Library. Pantaslah fotonya bisa tampil, orang memang di-copy dari server Google ke server WP. Ini mah sama aja ya, bukan solusi buat saya yang punya masalah dengan media library di WP yang udah hampir habis πŸ˜….

Dari dua alasan itu bisa diambil kesimpulan ya kalo untuk kedepannya saya gak mungkin akan tetep pake cara ini.

Aslilah memang, persoalan foto ini bener-bener bikin saya puyeng dan lagi-lagi saya harus mencari image hosting service yang lain yang URL-nya bisa diterima oleh WordPress dan yang site-nya gak kena blok dari provider-provider di negara tercinta ini. Ih, rempong deh cuma urusan foto doang. Mana kalo udah nemu image hosting service yang ok bukan berarti masalahnya udah kelar lagi, karena saya masih harus kembali meng-upload ulang setiap foto dan mengedit post dan semua fotonya satu per satu.

Huhuhuhuhu……

Pengen nyerah rasanya.

Tapi kalo udah inget betapa isi blog ini sangat berharga buat saya dan keluarga serta betapa akan lebih nyaman kalo membaca isi blog lengkap dengan foto-fotonya, maka yah, sebagaimanapun saya rasanya ingin give up aja, pada akhirnya saya tau kalo saya akan tetep berupaya supaya semua isi blog ini bisa dibaca dengan nyaman.

Begitulah pemirsa, inilah jawabannya kenapa foto-foto di blog ini pada gak nampil . O ya, makasih buat yang udah nanya baik lewat blog ini maupun lewat WA dan IG yaaa…. Dari kalianlah saya tau kalo ternyata ada masalah dengan foto-foto di blog ini. Kalo kalian gak kasih tau, saya juga gak akan tau karena kalo dari HP/laptop/komputer saya sendiri mah semua foto tampil-tampil aja karena oleh Google saya dikenali sebagai pemilik foto. Sampe sekarang saya masih cari solusi, nih, doain bisa segera nemu yaaa. Sekali lagi, thank you! 😘

3 respons untuk β€˜Google Photos, Entah Apa Yang Merasukimu….’

    1. Makasiiihh infonya. Ini udah pake cloudinary, it works very well! Once again, thank you! If only I’d known about cloudinary before I started to edit the posts, then I wouldn’t be kecele sama Google Photos πŸ™ˆ

Thanks for letting me know your thoughts after reading my post...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s