Aek Martolu

Kalo sudah jalan-jalan ke Sibolga dan Tapanuli Tengah, memang ada banyak alternatif wisata yang bisa jadi pilihan kita dan salah satunya adalah air terjun. Di sini yang namanya air terjun itu banyak karena lokasinya dikelilingi oleh perbukitan dengan mata air di mana-mana, bahkan pintu masuk ke Sibolga juga identik dengan dua hal: terowongan Batu Lubang dan air terjun yang mengalir tepat di atas terowongan itu. Btw, nulis ini bikin saya teringat, saking seringnya lewat di Batu Lubang ini, sampe-sampe hingga kini kami gak punya foto terowongan yang unik dan katanya misterius ini πŸ˜…. Nah, di antara sekian banyak wisata air terjun di daerah ini, ada satu nih yang bener-bener saya rekomendasikan buat dikunjungi, namanya adalah Air Terjun Aek Martolu.

Sesuai dengan namanya (tolu = tiga), air terjun ini memiliki tiga tingkat. Keistimewaan tempat ini adalah kondisi alamnya yang masih sangat asri dengan pepohononan di sekeliling air terjun serta tentu air yang masih amat sangat jernih 😍.

Untuk nyampe ke sini, dari Sibolga menempuh perjalanan kurang lebih 30 menit dengan mobil, trus setelah tiba di gerbangnya kita masih harus menelusuri jalan setapak yang udah dibeton untuk sampe ke lokasi air terjunnya.

Di sini bisa wisata alam sekalian olahraga…..hehehe
Pagi-pagi udah jalan ke air terjun, asik banget!

O ya, untuk masuk ke sini kalo gak salah ada retribusinya, tapi berapa rupiahnya, saya lupa…hehehe…

Kami ke sini tuh sehari sebelum kami kembali ke Palembang. Tauk nih, libur begitu panjang, tapi pas udah mo kelar baru inget kalo kami belom pernah jalan-jalan ke Aek Martolu πŸ˜…. Waktu itu kami ke sini pagi-pagi sekitar jam 9 sementara malam sebelumnya Sibolga baru aja diguyur hujan deras, jadi udah bisa kebayanglah gimana dinginnya udara (dan airnya juga!) saat itu, untung aja suami dan anak-anak tahan dingin 😁.

Kolam di tingkatan paling bawah
Selain jalan setapak, ada tangga-tangga juga. Awas licin yaaa….
Udah sampe!!
Aek Martolu

Airnya lagi meluap karena habis hujan, makanya sampe ke batu itu, katanya sih biasanya airnya lebih dangkal lagi dari ini.
Sebelum nyebur, kudu foto dulu 😁

Liat deh air terjun dan kolamnya itu, jernih banget kaaan!!! 😍😍😍. Begitu liat rasanya pengen langsung nyebur aja. Sayang, saya dilarang sama suami karena kuatir nanti menggigil kedinginan…..hikkss… Ya sudahlah, saya duduk di atas batu aja sambil nengok mereka bertiga maen di dalam kolam itu πŸ˜….

Awas tergelincir, lho pak!!
Abang yang gak pernah mau kalah dari papanya πŸ˜…
Dingin memang, tapi asik ya bang 😍
It’s cold, it’s fresh!

It’s their first time ever to be swimming in a natural waterfall pond like this 😍

Setelah mereka puas berenang dan main-main air yang brrrrr….dingin banget itu, akhirnya mereka pun naik, ganti baju (kali ini gak lupa bawa baju ganti…hihihihi), dan kami pun beranjak pulang kembali ke Sibolga, saya udah kudu packing nih jadi gak boleh lama-lama di luar πŸ˜„.

Sebelum pulang, foto-foto lagi πŸ˜„
What a beautiful morning!

Puji Tuhan, hari itu bisa juga kami sempatkan ke Aek Martolu ini. Bahagia rasanya bisa menikmati keindahan alam ciptaan Tuhan sekaligus memberikan pengalaman baru buat anak-anak. Ini pertama kalinya lho buat mereka berenang kolam air terjun kayak gini. Di sungai dan di danau aja mereka belum pernah sampe sekarang, jadi bisa dibilang inilah pertama kalinya mereka ngerasain yang namanya berenang di air tawar alami. Sekali lagi puji Tuhan, semoga kenangan ini bisa mereka ingat sampe mereka besar nanti 😘.

Kalo ini namanya bukan air terjun ya dek, tapi pancuran! πŸ˜†

PS:

Untuk baca seri cerita liburan kenaikan kelas tahun ini,Β silakan klik di sini yaaaΒ πŸ’–

Iklan

3 respons untuk β€˜Aek Martolu’

Thanks for letting me know your thoughts after reading my post...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s