Lagi Bermasalah Soal Foto

Break dulu dari cerita soal liburan ya, sekarang saya mau cerita dulu tentang masalah saya soal foto.

Jadi gini pemirsa, kan udah sejak tahun 2015 saya kalo mo majang foto di blog ini tuh pake image hosting service. Kenapa gak di-upload di WordPress aja? Jawabnya karena kuota untuk media yang disediakan secara gratis oleh WP untuk saya udah terpakai semua, alias udah full….hehehehe….. Inilah akibatnya kalo tiap nge-post cerita musti disertai dengan gambar yang banyak, cepet abis deh kuotanya ๐Ÿ˜…. Ya abis gimana dong, blog ini kan semacam dokumentasi keluarga kami ya, dan yang namanya dokumentasi kalo tanpa disertai foto tuh rasanya kuraaanggg ๐Ÿ˜…. Jadi ya gitu deh, berhubung yang di WP udah penuh, maka sejak 2015 saya pun pakai TinyPic untuk foto-foto yang mau saya taro di blog (soal ini udah pernah saya cerita di sini).

Sekian waktu saya ngerasa nyaman pakai TinyPic, sampai kemudian di sekitar bulan Februari tahun 2017, server TinyPic beberapa kali down yang akhirnya bikin saya mencari alternatif image hosting service yang lain. Ketemulah saya dengan Imgur. Kelebihan Imgur dibanding TinyPic adalah soal kemudahan upload-nya yang tinggal drag and drop, namun kekurangannya di Imgur, gambar yang kita upload tuh file size-nya gak di-compress, jadi kalo satu foto ukurannya sekian mega, yang bakal ke-upload di Imgur ya sekian mega itu juga. Ini merugikan buat saya karena file foto yang besar itu makan kuota Internet juga, kan kasian sama yang baca blog saya, nanti kuota Internet-nya cepet habis ๐Ÿ˜…. Makanya, sebelum upload foto ke Imgur, saya selalu resize dulu file-file fotonya (pakai aplikasi FastStone Photo Resizer atau TinyPic Resizer dan diusahakan semua foto ukurannya dalam hitungan KB saja) supaya ringan nanti saat terpajang di blog. Hal ini beda dengan TinyPic yang secara otomatis nge-compress file foto yang kita upload tanpa mengurangi kualitas gambarnya. Kalau untuk kuota media penyimpanan, dua-duanya sama yaitu unlimited selama kita terdaftar sebagai member-nya.

Nah, saat itu meski sebenarnya saya lebih nyaman dengan TinyPic, tapi karena server-nya lagi sering down, maka saya pun berusaha menyamankan diri dengan Imgur. FYI, saat itu untuk akses ke blog saya biasanya pakai jaringan XL, SmartFren, serta Icon+ dan gak pernah ada masalah untuk loading gambar tiap saya buka blog saya. Imgur pun saya pake selama hampir setahun, sampai kemudian beberapa pembaca ngeluh ke saya, bilang kalo gambar-gambar di blog saya gak bisa nampil di tempat mereka. Saya bingung dong ya, secara tampilan blog saya baik-baik aja tuh mau saya buka dari HP (nomor ponsel saya Telkomsel tapi waktu itu akses internetnya pake XL), komputer rumah, laptop, dan apalagi komputer kantor. Tapi meski begitu, tetap dong keluhan dari pembaca itu bikin saya kepikiran, jangan-jangan masalahnya ada di Imgur.ย  Ya udah deh, saya cek lagi ke TinyPic, ternyata server-nya udah baik-baik aja, saya pun kembali pake TinyPic. Puji Tuhan setelah balik ke TinyPic, keluhan soal gambar gak nampil di blog gak pernah lagi terdengar ๐Ÿ˜.

Sayangnya, ternyata masalah soal foto di blog ini gak berhenti sampai di situ.

Minggu lalu (waktu itu kami masih di Sibolga), begitu saya buka TinyPic, saya dapat notifikasi kalo its service will be closing down this year…..

Oh my God!!

Notifikasi itu bikin saya pusing mikirin dua hal.

Pertama, itu berarti saya harus segera nyari image hosting service lain yang mana terus terang, susah lho dapat image hosting sebaik TinyPic ini (udahlah gratis, unlimited, file-nya dibikin ringan banget lagi…huhuhuhuhu)

Kedua, itu berarti semua gambarย  dari TinyPic (totalnya ada 3.263 foto, pemirsa!! Mo pingsan kaaann?! Huhuhuhu) harus saya upload ulang ke image hosting service yang lain dan semua post di blog ini dari tahun 2015 sampai 2019 yang image address-nya mengarah ke TinyPic harus saya edit ulang supaya foto-fotonya bisa merujuk ke image address di image hosting service yang lain itu. Ngebayanginnya aja udah mau tepar rasanya ๐Ÿ˜ญ๐Ÿ˜ญ๐Ÿ˜ญ. I know…i know….all the posts in this blog are worth the hard work, but it’s just too much!!

Waktu dapat notifikasi itu, saya sebenarnya lagi buka TinyPic dalam rangka mau upload foto untuk post yang kami ke obesrvatorium di Medan ini. Gak mau berlama-lama sedih dan menambah jumlah post yang harus saya edit nanti, foto-foto untuk post itu pun saya upload ke Google Photos. Di laptop sih tampilannya baik-baik aja, tapi pas buka di HP, eh banyak gambar yang gak nampil. Begitu saya cek, ternyata meski file fotonya udah di-resize, tapi ukurannya masih cukup gede (ada yang masih sampe 3 mega-an….hahahaha), kebiasaan pake TinyPic yang otomatis nge-compress file size sampe hitungan KB sih, jadi gini lah ๐Ÿ˜…. File-file foto itu kemudian saya kecilkan lagi ukurannya, trus begitu mo upload lagi, gak tau kenapa saya kepikiran mo coba pake Imgur lagi, ya udah saya upload lah foto-foto itu ke Imgur. Saya cek tampilan di laptop, HP (waktu itu HP masuk ke wifi rumah dinas yang pake jaringan Icon+), juga sempet minta tolong temen-temen saya buat cek di tempat mereka dan semua baik-baik aja.

Ok deh, saya pun berpikir kalo gitu mungkin Imgur udah baik-baik aja sekarang, jadi sebagai pengganti TinyPic nanti saya bisa pake Imgur dan Google Photos.

Masalah kelar sampe di situ?

Tentu gak lah!

Dan itu bukan cuma soal saya masih punya PR nge-upload ulang foto-foto dari tahun 2015 dan ngedit hampir semua post dari tahun itu, tapi masalah yang kemudian saya alami lagi-lagi adalah soal Imgur ๐Ÿ™ˆ.

Jadi gini, beberapa hari yang lalu saya kan mau dokumentasiin soal Rahmat International Wild Life Museum & Gallery di blog ini, waktu itu awalnya saya lagi di mobil sambil nungguin anak-anak les. Karena lupa bawa modem jadilah laptop saya koneksiin ke jaringan HP yang mana sekarang untuk koneksi Internetnya pake Telkomsel. Pas buka Imgur, eh kok gak bisa? Cek jaringan, baik-baik aja tuh. Buka sites yang lain juga gak masalah. Okelah, saya mikirnya mungkin Imgur lagi bermasalah. Jadi saya ketik-ketik aja dulu ceritanya sebagai draft di blog, nanti dilengkapi dengan gambar kalo udah nyampe rumah dan Imgur udah up lagi. Malamnya, di rumah, saya buka laptop lagi buat ngelanjutin cerita si museum. Karena udah di rumah jadi koneksi Internet via modem dengan service dari XL. Begitu buka Imgur, saya ngerasa lega karena aksesnya baik-baik aja. Foto-foto pun saya upload ke situ, lalu dokumentasi soal si museum pun saya selesaikan malam itu juga. Kelar publish, karena udah malam, saya pun tutup laptop trus tidur.

Besok paginya, iseng-iseng saya buka blog dari HP, lah kok semua gambar di post saya soal musem itu pada gak nampil? Yang terpikir pertama kali adalah mungkin jaringan Telkomsel lagi lambat dan mungkin saya salah upload foto, bisa jadi yang saya upload adalah foto-foto yang belum di-resize makanya loading-nya jadi lambat banget. Ya udah deh, status post-nya saya turunin jadi draft lagi, lalu foto-fotonya saya hapus dan rencananya saya mau upload ulang foto-foto yang memang udah dipastikan telah di-resize plus di-compress (untuk urusan ini, jauh lebih nyaman pake aplikasi TinyPic Resizer dibanding FastStone Photo Resizer, karena dalam sekali compress dengan TinyPic Resizer, ukuran file bisa tinggal sekian KB dengan kualitasย  foto yang tetap baik). Selesai upload foto-fotonya ke Imgur, post itu pun saya edit dan publish lagi. Tampilan di laptop, semua foto di post itu muncul sempurna, loading-nya juga cepat.

Tapi begitu saya cek di HP……………………….

Tetep dong, semua gambarnya gak tampil……………..

๐Ÿ˜‘๐Ÿ˜‘๐Ÿ˜‘๐Ÿ˜‘

Asli, bikin penasaran banget penyebabnya apa.

Saya coba cek di HP si abang, ternyata sama, gak tampil juga.

Satu hal yang saya sadari adalah bahwa koneksi Internet antara modem dan HP kami berbeda. Modem pake XL, sementara HP saya dan si abang pake Telkomsel.

Di situ saya udah mulai curiga, jangan-jangan Imgur nih yang gak temenan sama Telkomsel.

Buat membuktikan, saya pun bilang ke si sus buat akses blog saya dari HP-nya yang koneksi Internetnya pake Tri. Bener aja, di HP si sus semua foto-foto di post yang terakhir itu tampil sempurna doonggg.

Gak berhenti sampe di situ, saya pun minta tolong Tyka buat bantu ngecek. Bener aja, kalo dia akses blog saya pake koneksi non Telkomsel, maka tampilannya baik-baik aja. Namun begitu akses pake Telkomsel….langsung deh, selamat malam.

Saya pun teringat, waktu saya minta tolong temen-temen kantor untuk buka blog saya saat saya masih di Sibolga itu, meskipun mereka bukanya pake HP tapi udah pasti koneksi Internet mereka nyambung ke wifi kantor yang service-nya dari Icon+, gak heranlah kalo waktu itu mereka bilang gambar-gambar di blog saya tampil dengan baik.

Akhirnya saya cek sana sini, bener aja memang pernah ada sejarah Imgur diblokir sama pemerintah Indonesia karena dianggap memuat konten p*ornografi. Tapi sekarang situs itu sudah gak diblokir lagi oleh pemerintah kok, karena memang udah terbukti gak mengandung konten seperti itu. Saya sendiri udah lama pake Imgur dan gak pernah nemu yang aneh-aneh. Lagian aturan soal itu di Imgur ketat lho, penggunanya bisa diblokir dari site itu kalo ketahuan meng-upload konten negatif. Sayang tau sebenarnya kalo Imgur diblok, karena situs itu udah dipake secara global di berbagai forum dan sebagai image hosting service, Imgur memang sudah terbukti memberikan banyak manfaat buat pengguna Internet.

Pantaslah dulu itu ada pembaca yang mengeluh gambar-gambar di blog saya gak terbuka. Mungkin mereka aksesnya juga pakai Telkomsel atau ketika Imgur sedang diblokir secara resmi oleh pemerintah.

Yang jadi pertanyaan adalah kenapa sampe sekarang Telkomsel masih memblokir Imgur ya?

Itu yang saya gak tau jawabannya.

Yang saya tau adalah akhirnya gara-gara itu saya pun memutuskan untuk meng-upload kembali foto-foto untuk post museum itu ke Google Photos dan lagi-lagi konten post-nya saya edit supaya hanya pakai foto-foto dari Google Photos………….zzzzz…………..

Bener-bener gak kerjaan ya bolak balik upload foto dan edit konten kayak gini… Tapi yah, seenggaknya denganย  begitu saya bisa lega mengingat bahwa mau diakses dari manapun, pake provider apapun, maka foto-foto yang udah susah payah saya edit, compress, dan upload itu akan bisa menghiasi dokumentasi saya di blog ini.

Yah, begitulah pemirsa, paling tidak satu masalah yang saya hadapi udah ketahuan penyebabnya apa dan solusinya pun udah ada. Selebihnya saya masih punya buaanyak sekali PR akibat TinyPic yang mau ditutup. Ini saya udah mulai ngerjain sih, nge-upload ulang foto-foto dan mengedit post-nya, tapi dari sejak kemarin baru 4 posts yang selesai saya kerjakan, itupun bener-bener exhausted lho! Secara, total jumlah foto di keempat postย  itu aja ada sebanyak 230 foto! Dan itu baru 4 posts di antara total hampir 300 posts yangย  harus saya kerjakan….

Pengsan!!

๐Ÿ˜ต๐Ÿ˜ต๐Ÿ˜ต๐Ÿ˜ต๐Ÿ˜ต๐Ÿ˜ต๐Ÿ˜ต

Itu masih belum ditambah lagi dengan masalah foto-foto yang hilang gara-gara salah satu external HDD saya rusak. Yang rusak ituuuhhh adalah external HDD saya yang utama dan memuat paling banyak foto….huhuhuhu….. File-filenya udah berusaha di-restore sih, tapi meski filenya balik, fotonya sendiri sudah terlanjur rusak hingga tak bisa diakses lagi. Memang ada backup-nya di external HDD lain, tapi saya masih tetap kehilangan banyak foto terutama yang diambil di tahun 2016. Itupun sampe sekarang saya masih belum selesai mengorganisir ulang foto-foto kami. Rencananya saya pengen menyatukan foto-foto dari HDD backup dengan foto-foto yang berhasil di-restore dari HDD yang rusak itu ditambah dengan foto-foto yang baru diambil. Sampe sekarang gak kelar-kelar, karena foto-foto lama ada buanyak sekali (ukuran totalnya ada hampir 3TB….hahahahaha….gila foto-foto siiiihhh ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ ) sementara foto-foto baru terus dan teruuuss bertambah. Ampun deh. Itu persoalan dengan HDD rusak udah dari tahun kemarin, sampe sekarang gak kelar-kelar kerjaannya ๐Ÿ˜…๐Ÿ˜….

O ya, buat teman-teman pembaca blog ini, sekiranya ada lagi yang pas buka blog saya dan gak bisa lihat foto-fotonya, minta tolong kabarin saya yaaaa…. Siapa tau, ternyata masalahnya gak cuma sekedar sampe di Imgur yang diblokir oleh Telkomsel. Trus trus karena sekarang untuk sementara saya pake Google Photos, jadi saya saranin teman-teman kalo mo buka blog ini pake browser keluaran Google aja, seperti Chrome karena pasti akan lebih cepat aksesnya dibanding browser yang lain. Google mah gitu….. ๐Ÿ˜๐Ÿ˜

Demikianlah pemirsa curhatan saya di Sabtu siang ini. Doain, semoga semua PR-PR saya soal foto-foto di blog dan foto-foto di HDD bisa segera saya selesaikan yaaa. Dan mengingat bahwa setiap foto yang tampil di sini membutuhkan perjuangan, maka saya mohon dengan sangat untuk gak seenaknya menggunakan foto-foto dari blog ini, apalagi kalo cuma untuk dipake memikat incaran dan berpura-pura hidup di ‘dunia keluarga saya’. Dunia Internet ini meski luas, tapi sebenarnya sempit. Buktinya tetep aja ketahuan kan setelah pihak yang mau ditipu akhirnya bisa nge-trace asal foto aslinya dari manaย  dan kemudian sadar sudah tertipu serta terpikat pada hal yang cuma khayalan si penipu semata ๐Ÿ˜Š. Live your own life, not someone else’s!

Happy Weekend!

PS:

TinyPic Resizer adalah aplikasi dan tidak terkait dengan TinyPic yang image hosting service itu, jadi jangan bingung bacanya yaaa…. ๐Ÿ˜

Btw, aplikasi TinyPic Resizer bisa di-download dengan gratis, jadi kalo ada yang butuh aplikasi image compressor yang gampang digunakan dan menghasilkan image dengan ukuran file yang benar-benar kecil, boleh tuh aplikasi ini dipertimbangkan.

Iklan

7 respons untuk โ€˜Lagi Bermasalah Soal Fotoโ€™

  1. aku juga pusing sama masalah third party ini. sampe gak tau mau pakai yg mana. kalo buat aku yg penting itu bisa diakses sama smartphone ๐Ÿ˜€ ini mau migrasi ke .com aja pusing mikir foto2 lama

    1. Kalo migrasi ke .com-nya tetep pake WP, bisa otomatis semua dibikin sama WP, jadi kita gak perlu ngubah apa2 lagi.

      Aku sekarang pake Google Photos, lumayanlah, bisa keakses dari mana aja…cuma ya itu, kuotanya 15GB doang ๐Ÿ˜…

  2. Terima kasih sharingnya Jeng Lies. Jadi agak ngeh saat foto2 apik di postingan ini kadang nggak kebuka di hp saya yg ditopang telkomsel. Selamat berakhir pekan.

  3. Wadejig! ๐Ÿ˜ฎ Jadi tuh Telkomsel masih “ngeblokir” Imgur juga?
    But ya, jangankan Imgur, Netflix aja dulu juga sempet kena blokir ama Telkomsel. ๐Ÿ˜ฆ Kalo sekarang kurang tahu ya…; sepertinya mereka sudah sedikit “baikan”. ๐Ÿ™‚
    Kira2 sampe komen ini ditulis, itu Imgur masih diblok ama Telkomsel enggak?

Thanks for letting me know your thoughts after reading my post...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s