What’s New About The Kiddos?

Sudah lama ya gak cerita soal perkembangan anak-anak. Ada yang kangen gak ya sama anak-anak saya? Kalo saya sih selalu kangen sama mereka *ya eyalah, namanya juga anak sendiri…wkwkwkwk* . Terutama kalo mereka lagi ada di sekolah, rasanya pengen mereka cepet-cepet pulang supaya rumah kembali rame ๐Ÿ˜€

Jadi apa kabar anak-anak? Puji Tuhan mereka baik-baik saja. Tiap hari tambah besar, tambah pinter. Yang satu tambah lucu, cerewet, dan ngegemesin. Yang satunya lagi tambah cool bawaannya. Doh, mulai kerasa nih bedanya usaha pendekatan ke anak dimana yang satu masih baru keluar dari zona balita sementara satunya lagi baru mo masuk ke zona remaja. Parenting style mama pun musti berkali-kali di-switch mode-nya, menyesuaikan dengan usia anak yang sedang dihadapi, yang mana kadang perubahan modenya suka ketuker-tuker…wkwkwkwk…ya maklum lah ya, namanya juga mamanya masih manusia.ย  Untung ya anaknya cuma dua. Coba kalo masih punya anak bayi lagi. Haduh, gak kebayang itu gimana rasanya kalo mode-nya sampe ada tiga. Dua aja masih suka ketuker, apalagi tiga, bisa langsung error….hihihihi. Makanya saya selalu salut sama orangtua yang anaknya lebih dari dua dan sanggup ngasih perhatian yang fokus ke masing-masing anak sesuai dengan tahap perkembangannya. Buat saya itu luar biasa, karena saya aja yang anaknya cuma dua masih suka kesulitan ๐Ÿ˜€ .

Yah begitulah pemirsa, dan sekarang saya mau cerita soal hal-hal baru yang lagi dilakuin anak-anak akhir-akhir ini.

Making Presentation

Ini si adek nih, entah kenapa tiba-tiba pengen belajar bikin presentasi. Lucky him punya abang yang dengan senang hati bersedia ngajarin dia dari awal sampe akhirnya dia bisa sendiri, ya walopun masih dikit-dikit sih, namanya juga dia masih baru belajar. Tapi seenggaknya dia udah bisa bikin text box, ngetik-ngetik, naro gambar, nambahin animasi, dan sebagainya. Yang paling utama dia udah ngerti klo tujuan bikin presentasi itu adalah untuk menyampaikan sesuatuย  yang mana topik besarnya kudu sama dari awal sampe akhir dan setiap halaman itu hanya berisi poin-poin utama yang pengen dia sampein aja. Seru sih ngeliat anak ini belajar. Asiknya tuh karena ngeliat anak ini punya ide dan dia berusaha bikin sesuai dengan idenya dia, kalo dia gak tau baru dia nanya dan minta diajarin, jadi ya bisa dibilang dia belajar memang tanpa di-drive.ย Memang sih cuma bikin presentasi sederhana ya, tapi namanya anak sendiri, jelas saya bangga lah ya dengan keinginan belajar anak ini ๐Ÿ˜Š .

Liat deh mukanya. Serius pake banget kaannn ๐Ÿ˜€
Kalo gak tau, harus nanya supaya bisa diajarin ya dek
Seriusnya level berapa nih dek? ๐Ÿ˜€

Practice for ABRSM Exam

Si adek kan sejak bulan Januari lalu ikut les piano dengan sistem privat di rumah, puji Tuhan perkembangan dia termasuk bagus dan kalo kata gurunya sih termasuk cepat dibanding rata-rata anak seusianya. Puji Tuhan banget ya pemirsa, saya sebagai orangtua sangat bahagia. Mungkin memang anak-anak saya bukan termasuk prodigy tapi yang paling penting bagi saya adalah mereka selalu punya semangat tinggi untuk belajar dan itulah yang selalu saya doakan serta syukuri. Balik ke soal piano, karena perkembangan si adek dinilai sudah cukup baik, maka gurunya pun menyarankan supaya tahun ini dia ikut ujian ABRSM. O ya, kalo si abang ikutnya ujian Trinity bukan ABRSM. Jadi cocok ya, masing-masing anak walau minatnya sama tapi pengalamannya bakal beda-beda. Bagus kan, biar mereka nanti akan saling melengkapi ๐Ÿ˜€ .

Karena si adek ikutnya ABRSM Exam, maka ada beberapa hal yang perlu dia pelajari. Yang pertama jelas memainkan lagu kemudian yang kedua yang gak kalah pentingnya adalah melatih aural skill-nya, karena kalo di ABRS aural test ini adalah wajib. Beda dengan Trinity yang mana aural test termasuk sebagai pilihan.

Puji Tuhan, so far si adek is doing very well and he will keep on practicing until the moment of the exam arrives. Semoga terus semangat dan nanti bisa percaya diri menjalani tes. God bless you adek!

O ya, ini ada video si adek yang lagi latihan salah satu lagu yang akan dia bawakan nanti di ujian. Melihat si adek yang baru 5 bulan belajar musik dan sudah bisa seperti ini, waduh saya rasanya bangga pake banget! ๐Ÿ˜€

Selain main solo, si adek juga suka main duet bareng abangnya. Tiap malam biasanya mereka latihan piano tuh gantian. Habis adek, baru abang. Kelar dua-duanya latihan, baru deh mereka main suka-suka tapi yang menyenangkan hati mereka. Biasanya pas ini si abang bakal mainin lagu apa aja yang nyangkut di benak dia (seperti kalo akhir-akhir ini dia lagi suka mainin theme song-nya Avengers End Game) atau kalau gak ya mereka berdua main piano dengan cara duet. Saya seneng sih liatnya. Berasa adem gitu kalo malam-malam udah siap mo bobo trus dua anak ini sempetin waktu bentar buat main piano lagi. Berasa gak sia-sia udah investasi piano buat mereka berdua, karena memang udah terbukti, dengan main musik bikin mereka rileks dan kami yang lihat serta dengar juga jadi ikutan adem rasanya. Puji Tuhan banget kan…

Ini ada beberapa video mereka main duet, semoga semua yang dengar bisa ikut menikmati yaa walaupun semuanya adalah lagu anak-anak…hehehe…

Instagram Account: @rjts.music

Masih nyambung sama bagian yang di atas yaitu soal musik, anak-anak sekarang punya akun Instagram sendiri yang khusus sebagai music diary mereka. The account is mostly managed by abang but under a super strict supervision by me :D.ย  Akun ini baru banget sih dibikin, baru juga hari Minggu kemarin. Isinya juga masih dikit banget karena anak-anak bukannya yang bisa tiap hari pegang HP, di rumah lumayan ketat aturannya soal ini ๐Ÿ˜€ . Tapi kalo berkenan, tolong di-follow ya supaya bisa nambahin support ke anak-anak agar tambah semangat belajar musiknya. Terima kasih sebelumnya yang mau follow yaaa ๐Ÿ˜˜ .

Bagi yang mau mendukung perjalanan musik abang dan adek, yookkkโ€ฆrame2 follow IG-nya yaaa

Experiment Nights

Beberapa minggu terakhir, saya dan anak-anak seminggu sekali bikin science experiment di rumah. Awalnya sih ditetapkan tiap Senin malam, tapi seiring waktu kami sadar kalo kadang waktunya terlalu mepet di Senin malam, akhirnya waktunya yah pindah-pindah tapi selalu antara hari Senin – Rabu.

Asik sih bikin science experiment sama anak kayak gini dan saya rasa seminggu sekali udah cukup lah ya. Anak-anak selalu hepi dan penasaran dengan reaksi seperti apa yang akan terjadi. Beberapa hal memang masih agak sulit dimengerti, terutama oleh si adek. Tapi gak apa, karena yang penting adalahย  pengalamannya dan prosesnya itu menyenangkan buat dia.

Setiap eksperimen yang kami buat selalu saya dokumentasikan di Instagram dan Facebook dengan hashtag #RJTSnightsofexperiment, kapan-kapan pengen juga saya dokumentasiin di blog ini. Dokumentasi sana-sini kayaknya perlu ya, supaya kalo media yang satu tiba-tiba harus off, masih ada back up di media yang lain ๐Ÿ˜… .

Our latest experiment

Programming

Kalo yang satu ini sih kerjaan si abang nih. Gak tau tuh tiba-tiba kepengenan belajar programming lagi. Kayaknya sih gara-gara belum lama ini dia ngajarin si adek maen Lightbot Hour, gak taunya dia sendiri jadi ikut kepengen belajar programming lagi. Jadilah dia nyari-nyari tutorial trus nanya-nanya sama saya juga. Hasilnya lumayan sih, dia udah bisa bikin tampilan grafis pake JavaScript.

Si abang juga kalo lagi belajar, gak kalah seriusnya ๐Ÿ˜€

=========================

Begitulah pemirsa, cerita soal si abang dan si adek. Saya bersyukur sekali sejauh ini mereka tumbuh menjadi anak-anak dengan keingintahuan yang cukup besar dan mereka selalu berusaha memenuhi rasa ingin tahu itu. Sebagai orangtua, kami akan terus berusaha mendukung dan memfasilitasi. Mereka bisa belajar apa saja selama itu berguna sampai nanti suatu saat mereka akan menemukan apa yang benar-benar menarik minat serta sesuai dengan hasrat mereka.

Teruslah belajar anak-anak mama yaaa…. Sekali lagi mama akan terus mendukung, walau banyak keterbatasannya tapi mama yakin selama Tuhan berkenan, mama dan papa akan terus bisa memberikan dukungan yang kalian perlukan. Love you so much, abang. Love you so much, adek.

Abang…
Adek…
Iklan

5 respons untuk โ€˜What’s New About The Kiddos?โ€™

  1. Weeeiis kereeen …
    Pada pinter main piano juga pada melek tekhnologi nih anak-anaknya kak Vea ..

    Mamanya jago main piano juga ngga nih ?.
    Jangan-jangan malah kalah pinter sama anak-anaknya wwwkkk..
    *becanda, kak*

Thanks for letting me know your thoughts after reading my post...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s