Melawan Batuk Pilek

Sudah beberapa bulan terakhir si abang dan si adek ngalamin batuk pilek, yang bukan cuma susah sembuhnya, tapi juga bolak-balik datang. Maklum memang, cuaca hampir setahun belakangan agak berbeda dari biasanya, lihat aja ini udah bulan April tapi hujan lebat masih terjadi hampir setiap hari yang mana itu diselingi dengan cuaca panas dengan matahari yang bersinar terik. Perubahan yang lumayan ekstrim dari panas ke hujan dan sebaliknya sepertinya memang lumayan berkontribusi bikin anak-anak kalo udah kena batuk pilek jadi susah sembuhnya.

Udah beberapa kali kami ke dokter dari sejak pertama mereka kena batuk pilek. Tapi yah, gitulah, obat habis, vitamin tandas, tapi tetep aja batuk pileknya datang dan pergi. Padahal mereka berdua selalu makan teratur dan banyak. Buah dan sayur juga mereka makan tiap hari. Tapi tetap aja ternyata belum cukup buat menangkis serangan batuk pilek yang saling nular antara mereka dan teman-teman di sekolah juga di antara mereka berdua sendiri šŸ˜ .

Memang sih batuk pileknya gak parah ya, jarang lah sampe bikin mereka demam. Tiap kena juga bukannya bikin main dan belajar mereka jadi terganggu. Tapi tetep aja ya, sebagai ibu perasaan saya terganggu mendengar mereka batuk-batuk, bersin-bersin, dan narik-narik ingus…hehehe…. Belum lagi muncul rasa kuatir akan munculnya penyakit lain yang lebih parah sebagai efek dari batuk pilek yang lama sembuh, kayak sinusitis, pembengkakan kelenjar getah bening, atau bahkan henoch-schonlein purpura. Yang dua terakhir udah pernah dialami si abang ya, jadi wajar memang kan kalo saya kuatir.

Nah, kurang lebih tiga minggu yang lalu, lagi-lagi saya dengar si adek mulai bersin-bersin sementara si abang juga udah mulai terbatuk-batuk, padahal ya belum ada seminggu mereka sembuh dari periode batuk pilek sebelumnya dan mereka juga masih minum vitamin I*boost Force.

Melihat mereka mulai nunjukin gejala batuk pilek lagi, saya pun langsung sedih šŸ˜¦ . Langsunglah chat sama pak suami buat mencurahkan kegalauan hati saya yang rasanya udah bingung, harus usaha apa lagi supaya anak-anak gak kena batuk pilek lagi. Gak cukup curhat sama suami, malamnya sebelum tidur saya curhat sampe nangis lewat doa sama Tuhan. Kesannya lebay ya, tapi saya udah dua kali liat si abang ngalamin sakit yang lebih parah gara-gara batuk pilek dan tentu aja saya gak pengen ngalamin itu lagi. Dan juga terus terang saya gak mau kalo anak-anak harus sering-sering minum obat batuk pilek dan vitamin. O ya, selain curhat sama Tuhan, saya juga minta hikmat supaya tau apa yang musti saya buat untuk anak-anak.

Selesai berdoa, saya telponan sama pak suami lagi trus akhirnya kami berdua daftarinlah usaha apa aja yang mau kami buat supaya batuk pilek anak-anak berhenti tanpa bantuan obat dan vitamin. Semua usaha dalam daftar itu kemudian setelah didoain, langsung saya eksekusi.

Dan puji Tuhan banget, anak-anak akhirnya bisa sembuh dari batuk pilek tanpa bantuan obat dan vitamin. Legaaaa deh! Beneran lho, lega banget rasanya di rumah gak lagi denger suara mereka bersin dan batuk-batuk atau liat mereka bolak balik nyari tissue buat ngelap ingus šŸ˜€ .

Trus, usaha apa aja sih yang kami buat untuk anak-anak?

Sebenarnya sih gak ada yang istimewa banget ya, biasa-biasa aja, dan sebenarnya pun sebelum-sebelum ini sebagian usaha di bawah ini udah kami buat, cuma gak rutin aja dan gak kontinyu.

  1. Minum jus jeruk asli dari jeruk medan, sehari dua kali, sekali minum dari 5 buah jeruk (jadi total dalam sehari kami bikin jus dari 20 buah jeruk medan). Sebelum-sebelum ini anak-anak memang udah sering juga minum jus jeruk, cuma ya gak yang rutin setiap hari seperti yang kami lakukan tiga minggu terakhir ini.
  2. Selalu minum air hangat. Sebelumnya kami memang gak mengharuskan anak-anak untk selalu minum air hangat, tapi tiga minggu terakhir kami wajibkan mereka pokoknya kapan aja minum, harus yang hangat. Termasuk kalo lagi ke sekolah isi termos minum mereka juga adalah air hangat.
  3. Sebelum tidur kudu diolesin Vicks Vaporub di leher, dada, punggung, dan belakang telinga. Tadinya sih memang udah kayak gini juga ya, tapi meski gak memberikan hasil kesembuhan buat anak-anak, oles mengoles ini tetap saya lakukan karena memang anak-anak suka tidur dengan kehangatan Vicks Vaporub. O ya, jangan ada yang nyaranin minyak-minyakan yang katanya bisa menyembuhkan segala penyakit itu ya, karena saya udah coba, dan gak ngaruh tuh šŸ˜› .
  4. AC di kamar mereka harus sudah off tiap jam 1 pagi. Sebelumnya saya selalu matiin AC mereka di jam 3, tapi sepertinya masih kasih efek dingin yang memicu batuk pilek terutama untuk si adek (dia kalo di udara dingin akan lebih gampang kena batuk pilek). Kalo matiin jam 12, mereka bakal kepanasan dan keringetan. Tapi kalo udah jam 1, sepertinya suhu udara sekitar memang udah turun, jadi tanpa AC pun mereka gak kepanasan lagi tapi juga gak ada udara yang terlalu dingin yang bisa masuk ke tubuh mereka yang kemudian bisa memicu batuk pilek untuk muncul.Ā  Puji Tuhan, sejak AC selalu dimatikan di jam 1, si adek gak pernah lagi bersin-bersin waktu bangun tidur.
  5. Selalu pake jaket atau sweater ke sekolah, terutama buat si adek. Di sekolah anak-anak, semua kelasnya pake AC, padahal si adek sepertinya sensitif sama udara dingin (tapi kalo udara panas dikit dia keringetan abis šŸ™„ ) sementara kan kita gak mungkin ya minta ke sekolah buat AC-nya dimatiin atau dinaikin suhunya karena ada anak lain juga yang memang gak tahan kalo gak pake AC. Jadi ya supaya mencegah udara dingin masuk ke badan si adek, dia pun tiap hari ke sekolah pake jaket atau sweater. Gara-gara ini, koleksi jaket dan sweater dia jadi banyak…hihihihi….

Udah, 5 usaha itu aja yang kami lakukan rutin tiap hari. Sederhana banget kaaann….tapi puji Tuhan berdampak banget buat dua jagoan saya ini.

Sehat-sehat lah kalian berdua yaaaa abang dan adek. Jangan sakit-sakit lagi, karena meski kalian tetap aktif walo lagi sakit, tapi tetep aja, hati mama periiihhhh tiap liat kalian sakit šŸ˜€ .

Iklan

4 respons untuk ā€˜Melawan Batuk Pilekā€™

  1. Sama di sini juga, dua bulan lalu anak-anak kena batpil lumayan lama sampai hampir sebulan. Ke dokter anak pun, dokternya bilang kalau batuk pilek nggak seharusnya diobatin banyak-banyak. Yaudah, akhirnya pas mau tidur aku cobain saran dari mamaku, gosokin balsem ke leher, dada, perut, punggung, terus lehernya ditutup pakai syal gitu. Puji Tuhan 3 hari aja langsung kelihatan progressnya.

  2. Hai moms, mau tanya porsi minum jus jeruknya brp ML sekali minum? trus kl selain jeruk medan bs diganti jeruk apa ya? krn di banjarmasin susah nyari jeruk medan.
    Makasih tipsnya, mau dicoba semoga berhasil krn skrg anak saya jg lagi batuk pilek sedih banget hikss

    1. Setiap kali minum 1 cangkir berarti kurang lebih 180-250ml. Selain jeruk medan bisa pake jeruk apa aja, yg penting bisa diperas dan gak masam karena kalau kandungan vit C-nya semua jeruk rasanya sama.

      Thanks kembali jg ya..

Thanks for letting me know your thoughts after reading my post...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s