Renovasi Taman Depan

Sepulang dari mudik ke Medan dilanjut ke Sibolga dan terakhir ke Manado, begitu tiba di rumah di Palembang kami langsung menghubungi tukang buat ngerjain renovasi taman depan. Rencana ini sebenarnya bukan dadakan karena udah dari akhir bulan November kami memutuskan untuk ngerenovasi taman depan rumah yang kondisinya udah sama sekali gak nyaman buat kami. Ya gimana bisa nyaman kalo hampir seluruh tanah di taman itu udah jadi sarang semut merah yang sekali gigit bisa bikin bisul 😦 .

Awalnya sarang semut itu hanya berada di salah satu sudut, kemudian mungkin karena anggota pasukannya makin berkembang, mereka pun nambah sarang baru di sudut yang lain. Begitu terus mereka berkembang hingga di mana pun kita berpijak di taman itu bisa dipastikan kaki kita bakal digigit oleh mereka. Udah gitu karena taman depan itu penuh dengan rumput gajah, jadi otomatis dalam periode tertentu, paling lama dua minggu sekali, rumputnya perlu dibersihin dari rumput liar. Nah kebayang dong yaaa gimana kerjaan bersihin rumput itu jadi kerjaan yang horor banget buat saya dengan adanya semut-semut merah di seluruh taman. Udah pake pelindung tangan dan kaki pun, tetep aja saya selalu berakhir dengan bisul di tangan atau kaki gara-gara gigitan semut 😦 . Sebel banget, udahlah menyita waktu, mesti pula hasil akhir kerjaannya bikin saya gak nyaman. Belum lagi, selalu ada rasa khawatir tiap anak-anak main di depan rumah. Jangankan di taman, sekedar memakai sepatu di teras depan pun bisa beresiko mereka digigit semut karena salah satu sarang terbaru mereka berada tepat di tanah di pinggir lantai teras.

Berbagai cara udah kami coba buat membasmi semut-semut itu, tapi gak pernah berhasil malahan mereka jadi semakin ganas. Saking geramnya dengan semut-semut itu, suami pun akhirnya pake cara ekstrim: menyiram seluruh tanah di taman depan dengan minyak tanah!

Semua semut pun mati. Sarangnya tak ada satu pun yang terlihat aktif lagi. Dan sesuai prediksi, begitu juga hamparan rumput di depan ikut tak bernyawa lagi πŸ˜€

Trauma dengan ganasnya semut serta sakit mata melihat hamparan rumput yang sudah berubah dari hijau menjadi kuning kecoklatan, kami pun memutuskan untuk merombak habis taman depan itu. Tadinya mo dikerjain langsung di awal Desember, tapi tukang langganan lagi ada kerjaan di luar kota dan kami pun udah mo mudik sampai awal Januari, ya sudahlah perombakan ditunda sampai kami kembali dari mudik. Sehari setelah kami tiba, pekerjaan pun dimulai.

Tanah depan itu seluruhnya digali (puji Tuhan saat digali, tak ada lagi jejak sarang semut yang berarti minyak tanah yang disiramkan pak suami cukup mujarab πŸ˜€ ), beberapa tanaman dicabut (sedih sebenarnya pas bagian ini, tapi gimana lagi, tanamannya memang udah rusak seiring usaha kami membasmi semut), kemudian sebagian besar tanah disemen untuk kemudian ditutup dengan hamparan batu-batu kecil, dan untuk mempercantik kami tambahkan kolam yang dinding bagian depannya menggunakan kaca supaya lebih unik dan supaya anak-anak bisa lebih leluasa menikmati pemandangan ikan berenang di dalam kolam.

Dan beginilah hasil akhir perombakan taman depan kami itu…

Sebelum dan sesudah. The after totally looks much better than before πŸ™‚
Dilihat dari balkon di lantai atas. Rapi jadinya kaaannn…

Di atas kolamnya kami beri kanopi supaya ikan-ikannya gak kepanasan…hehehe…

Kamboja-kamboja ini pun sedang dalam usaha diselamatkan karena untuk ke sekian kalinya ikut diserang semut. Meski mereka gak ikut disiram minyak tanah dan sekarang tanahnya udah bersih dari semut, namun efek semut pernah bersarang di dalam tanah mereka, masih saja meninggalkan bekas dan bikin mereka kurang subur 😦
Kolamnya dibikin pake dinding kaca gitu jadi lebih unik kan πŸ˜€

Aktivitas ikan-ikan di dalam kolam jadi transparan gini, asiikk liatnya πŸ˜€

 

Puji Tuhan, hasil akhirnya benar-benar memuaskan, walo belum sepenuhnya selesai karena saya masih pengen nambah lampu untuk dalam kolam, tanaman untuk di dinding kolam supaya terlihat lebih segar, dan juga masih menunggu tanaman-tanaman yang baru ditanam untuk tumbuh subur. PR untuk mempercantik taman ini masih ada, tapi seenggaknya sekarang ini kami udah cukup puas karena perubahan yang dibikin membuat taman jadi terlihat lebih luas, lebih rapi, lebih bersih, lebih bisa diakses dengan aman, dan lebih mudah dipelihara karena sekarang saya gak perlu cabut-cabutin rumput liar lagi…hehehe… Puji Tuhan πŸ™‚

 

Iklan

16 respons untuk β€˜Renovasi Taman Depan’

Thanks for letting me know your thoughts after reading my post...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s