Stay Organized With Wunderlist

Aloha April!!

Gak kerasa udah April aja ya dan selama bulan Maret saya cuma sekali aja dong nulis di sini…huehehehe…. Sebulan terakhir ini memang saya lagi disibukkan terutama oleh kerjaan kantor yang bikin waktu luang di rumah pun harus saya pake untuk kerja, jadi yah gitu deh saya jadi sama sekali gak bisa ngeblog, padahal kangen banget. Buat ngobatin kangen nulis, IG jadi sasarannya, tapi itu pun ternyata gak bisa nulis sepanjang dan sebanyak yang saya mau. Lagi-lagi karena waktu…waktu…dan waktu. Ya habis waktu selama 24 jam musti dibagi untuk urusan rumah, anak-anak, kerjaan, diri sendiri (baca: tidur-mandi-dandan), dan tentu saja drama Korea…hihihihi…tetep yah kalo soal ini mah, sesibuk apapun disempet-sempetin deh bisa nonton drama ๐Ÿ˜€ .

Puji Tuhan sekarang ini kerjaan yang dikejar target itu bisa dibilang udah selesai, jadi udah bisa lega dikit, makanya sekarang bisa cerita deh di sini. Dan kali ini saya mau cerita tentang satu aplikasi to-do list manager yang sudah hampir setahun terakhir ini menemani saya.

Aplikasi yang saya maksud itu bernama Wunderlist.

Gak berlebihan memang kalo saya bilang bahwa keseharian saya cukup sibuk. Dari sejak buka mata sampe waktunya tidur, selalu ada saja yang harus dikerjakan dan selalu ada setumpuk jadwal yang harus saya ingat, baik itu jadwal menyangkut kerjaan maupun yang menyangkut urusan rumah terutama anak-anak karena urusan anak-anak gak hanya sekedar di saya harus bangun jam 3 pagi untuk nyediain makanan buat mereka. Tapi juga saya harus ingat segala macam seperti misalnya kapan jadwal perlombaan, kapan batas akhir pendaftaran ini -itu, kapan ada pertemuan di sekolah, kapan si abang harus bawa barang-barang tertentu untuk project di sekolahnya dan apa aja barang-barang itu (yang mana di sekolah si abang tuh seriiingg disuruh bawa ini itu buat project), kapan jadwal janjian dengan dokter untuk imunisasi atau untuk cek gigi atau untuk hal yang lain, kapan si adek harus ngukur baju untuk seragam sekolah, dan sebagainya dan sebagainya. Itu masih untuk urusan anak-anak. Belum lagi ditambah dengan urusan saya dan suami. Ah, puyenglah kalo hanya mengandalkan otak ini saja untuk mengingat semuanya, alamat bakalan banyak yang terbengkalai. Apalagi karena saya ini makin ke sini makin gampang lupa, jadi memang perlu banget ada asisten yang bisa membantu mengingatkan satu per satu jadwal saya, karena itulah saya kemudian berusaha mencari informasi mengenai aplikasi to-do list manager yang bisa memenuhi semua kebutuhan saya.

Kebutuhan saya akan aplikasi to-do list manager sebenarnya gak muluk-muluk sih, saya cuma butuh yang punya fitur-fitur seperti ini.

  • Yang jelas aplikasinya memang ditujukan untuk menampung to-do list dan punya fitur reminder.
  • Cross-platform, artinya aplikasinya bisa jalan dan tersinkronasi di berbagai macam perangkat dan operating system.
  • Punya fitur untuk saling berbagi to-dos. Ini penting banget supaya saya bisa berbagi tugas dan saling mengingatkan dengan orang-orang yang sehari-hari berinteraksi dengan saya, dalam hal ini terutama suami dan staf-staf saya di kantor.
  • Kalo bisa free tapi bebas iklan….hahahaha….

Setelah mencari informasi dan membaca berbagai rekomendasi orang, akhirnya saya menjatuhkan pilihan pada Wunderlist.

My Wunderlist

Pada awalnya, aplikasi ini saya install hanya di Galaxy Note 5 saya dan selama 2 hari hanya saya pake dan explore sendiri. Dalam waktu 2 hari itu saya udah langsung merasa nyaman dengan aplikasi ini, hingga saya pun ‘mengharuskan’ pak suami serta semua staf saya untuk menginstal aplikasi ini.

Saya nyaman dengan aplikasi ini karena berbagai macam alasan, berikut saya jabarin satu per satu ya.

  1. Sesuai dengan yang diharapkan, aplikasi ini cross-platform. Bisa diinstal di perangkat mobile (tersedia untuk platform Android dan iOS), bisa diinstal di PC (untuk Windows (Windows 10), OS X, dan Linux), dan bahkan aplikasi ini juga tersedia dalam versi web (www.wunderlist.com). Jadi di mana saja, kapan saja, lagi pake perangkat apa saja, kita bisa terkoneksi dengan jadwal serta daftar pekerjaan yang udah kita atur di Wunderlist. Hal ini juga penting karena perangkat mobile yang dipake oleh staf-staf saya gak seragam, ada yang platform-nya iOS, ada yang Android, jadi memang jika aplikasi ini akan dipakai untuk keperluan bersama maka kami perlu yang bisa jalan di berbagai platform.
  2. Aplikasi ini mengorganisir jadwal dan daftar pekerjaan dengan baik. Hirarkinya mulai dari folder lalu list lalu to-dos lalu subtask. Untuk jadwalnya sendiri dibedakan antara due-date serta reminder, sehingga sebelum due-nya kita udah bisa diingetin terlebih dahulu sama aplikasi ini. Selain itu kita bisa juga ngeset to-do yang berulang, ini biasanya saya pake untuk jadwal-jadwal pembayaran seperti air, uang sekolah dan les, TV kabel, juga untuk pembelian kuota internet SmartFren saya (kalo gak diingetin suka lupa, akhirnya kuota internet saya sering hangus…hahahaha…pernah lho kejadian kuota yang masih ada lebih dari 20GB hangus begitu aja karena saya lupa beli lagi…wkwkwkwk)
  3. Dengan aplikasi ini kita bisa invite pengguna Wunderlist lain untuk masuk ke dalam List kita untuk saling berbagi to-dos di dalam List tersebut. Kita juga bisa assign sebuah to-do ke pengguna lain yang udah masuk dalam List. Inilah salah satu fitur penting yang bikin saya nyaman pakai aplikasi ini, karena bikin saya dan suami bisa saling berbagi List dan bisa sama-sama inget dengan daftar kerjaan terkait urusan keluarga yang harus kami lakukan. Begitu juga dengan antara saya dan staf-staf saya sehingga kerjaan kami jadi lebih terorganisir.
  4. Aplikasi ini memungkinkan pengiriman file bahkan membuka kesempatan komen-komenan pada setiap to-do, jadi bisa saling diskusi juga lewat aplikasi ini.
  5. Hal lain yang bikin nyaman, aplikasi ini gampang sekali digunakan serta background-nya bisa diganti-ganti dan tersedia pula yang berwarna ungu…hehehehe…

Dengan semua kelebihan di atas itu, rasanya memang pantas kalo aplikasi ini banyak sekali direkomendasikan orang. Saya sendiri udah merasakan banget manfaatnya yang benar-benar membantu saya dalam keseharian yang harus berbagi di antara urusan keluarga dan pekerjaan.

Thank you Wunderlist for making this working mom’s life becomes easier

Kalo teman-teman, biasanya pake aplikasi to-do list manager apa?

Iklan

8 thoughts on “Stay Organized With Wunderlist

  1. Wow thanks infonya Lisa… aku selama ini pake Calendar di HP aja buat nyatet to-do list sama reminder dan event…. jadi penasaran pengen nyoba aplikasi wunderlist ini…

  2. Wah pingin nyobain deh aplikasi ini. Soalnya kalau udah musim panas suka nggak teratur jadwal hidup saya. Kadang saking banyaknya to do list sampai terbengkalai. Makasih mbak allisa :).

  3. Hi Mba Allisa, aku juga pake Wunderlist. Tapi belum benar2 dimanfaatkan secara maksimal karena masih suka bingung.
    Kalo kayak pembayaran air, listrik dll yang harus berulang, kan kita bisa set Due Date nya, setiap hari, minggu, bulan atau tahun. Tapi apakah remindernya juga otomatis akan berulang? Thank u….

Thanks for letting me know your thoughts after reading my post...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s