Masak Apa Hari Ini: Menu Masakan 19 – 24 Februari 2017

Selamat hari Senin!

Siang ini di sela-sela istirahat saya mau cerita tentang menu masakan lagi sekaligus bagi-bagi resep. Ngeblog akhir-akhir ini bukan kegiatan yang mudah untuk saya lakukan, karena kesibukan saya yang tiada tara setiap harinya. Tapi untuk yang satu ini dibela-belain deh, daripada ketinggalan lagi…hehehe…

Daftar Menu 19 - 24 Februari 2017
Daftar Menu 19 – 24 Februari 2017

 

 

Minggu

Di hari Minggu ini saya bikin Chicken Tikka (langsung inget Memy…hihihihi), Sambal Terong, Sup Bayam + Wortel + Tomat + Bakso Sapi, serta Nasi Goreng Hijau untuk sarapannya. Trus karena kuatir dengan rasa Chicken Tikka yang gak cocok sama si adek, jadi untuk dia dibikinkan Salmon Goreng.

Chicken Tikka

Chicken Tika
Chicken Tika

Chicken Tikka ini adalah salah satu masakan khas negara Kuch Kuch Hota Hai…hehe… Saya sendiri taunya karena lihat di salah satu buku resep. Udah dari lama tertarik bikinnya, tapi baru bisa tereksekusi sejak Januari lalu. Sebabnya adalah karena baru setelah mudik ke Medan, saya bisa nemu salah satu komponen penting dalam resepnya, yaitu Garam Masala.

Garam Masala, yang kalo diterjemahkan dari bahasa aslinya menjadi Hot Spices ini, adalah salah satu bumbu khas India yang merupakan percampuran dari berbagai macam bumbu, seperti merica hitam dan putih, pala, cengkih, kayu manis, daun salam, jinten, dan kapulaga. Sebelum-sebelumnya, saya udah muter-muter tuh ke berbagai supermarket yang ada di Palembang dan gak nemu juga Garam Masala ini. Jadilah keinginan untuk bikin Chicken Tikka tertunda-tunda. Sebenarnya tanpa perlu dicari pun, Garam Masala ini bisa dibikin sendiri di rumah asal tau caranya, asal mau, asal  rajin, dan asal ada waktunya….hehe… Kalo saya sih daripada harus bikin sendiri, mending keinginan eksekusinya ditunda aja sampe bisa nemu bumbu ini.

Nah, pas lagi mudik ke Medan dalam rangka tahun baru kemarin dan pas lagi belanja di Brastagi Supermarket, saya sengaja tuh main-main ke tempat bumbu buat nyari Garam Masala (saking pengennya nih bikin Chicken Tikka, lagi mudik pun dijadikan kesempatan buat nyari bumbu…hehehe). Puji Tuhan, di sini gak perlu susah-susah nyari karena Garam Masala banyak sekali dijual. Ya maklum memang karena di Medan kan banyak juga komunitas Indianya ya, jadi bumbu-bumbu khas India pasti banyak tersedia di sini.

Pulang ke Palembang, saya pun bisa langsung mengeksekusi si Chicken Tikka.

Chicken Tikka
Chicken Tikka

Bahan:

  • 1,5 ekor ayam, potong-potong
  • 1 jari jahe, parut
  • 4 siung bawang putih, haluskan
  • 1 sdm air jeruk lemon
  • 2 sdt ketumbar bubuk
  • 1 sdt jintan bubuk
  • 1 sdm garam masala
  • 1,5 sdt cabai bubuk
  • 80 ml yogurt
  • 1 sdm saus tomat
  • 1,5 sdt garam
  • 1 sdt pewarna tandoori (saya pakai pewarna makanan warna oranye)

Cara pembuatan:

Campuran Bumbu
Campuran Bumbu
Ayam yang sudah bercampur dengan bumbu
Ayam yang sudah bercampur dengan bumbu
  1. Cuci bersih ayam, lalu beri guratan pada setiap potongan
  2. Campur semua bahan dalam mangkuk, aduk rata lalu masukkan ayam dan aduk kembali hingga bumbu merata pada ayam.
  3. Tutup mangkuk dengan plastik wrap, lalu simpan di lemari es paling tidak selama 3,5 jam agar bumbu meresap.
  4. Panggang ayam (bisa menggunakan oven, wajan anti lengket, atau panggangan bara) sambil sesekali diolesi bumbu dan dibalik-balik hingga matang.

Untuk memanggang Chicken Tikka ini, saya menggunakan oven pada mode broil (memanggang dengan infra red pada api atas). Ayamnya saya atur di atas pan lalu saya letakkan pada rak paling atas agar dekat dengan api. Selama proses pemanggangan, saya perlu mengeluarkan pan selama kurang lebih 4 kali untuk membolak-balik daging agar matang merata.

Fresh from the oven
Fresh from the oven

——–

Selain bikin Chicken Tikka yang rasanya enak itu, saya juga bikin sup bayam dan terong sambal.

Sup Bayam + Wortel + Bakso Sapi
Sup Bayam + Wortel + Bakso Sapi
Terong Sambal
Terong Sambal
Nasi Goreng Hijau menggunakan Daun Katuk untuk sarapan
Nasi Goreng Hijau menggunakan Daun Katuk untuk sarapan

Senin

Hari itu cuaca sedang syahdu. Mendung menggelayut di mana-mana. Tapi tak kelabu kok, karena di rumah tetap semangat…hehe… Pas banget hari itu menunya adalah Sup Gurami, cocok dimakan hangat-hangat di tengah cuaca yang agak dingin.

Sup Gurami Lobak

Sup Gurami Lobak
Sup Gurami Lobak

Bahan:

  • 3 ekor gurami fillet, potong-potong
  • 1 buah lobak, potong bulat
  • 1 buah tomat, potong 8
  • 1 batang daun bawang
  • 1 batang seledri
  • 4 sdm saus tiram
  • 4 sdm kecap ikan
  • 1 sdt garam
  • 2 sdt gula
  • 1,5 liter air

Bumbu Halus:

  • 6 siung bawang putih
  • 2 buah bawang merah
  • 2 ruas jari jahe

Cara Pembuatan:

  1. Tumis bumbu halus hingga wangi
  2. Masukkan air, masak hingga mendidih
  3. Masukkan saus tiram dan kecap ikan.
  4. Masukkan lobak, masak hingga lobak matang.
  5. Masukkan ikan, masak sebentar saja karena ikan cepat matang.
  6. Beri garam dan gula, cicipi rasanya, jika sudah oke, masukkan tomat, daun bawang dan seledri lalu matikan api.

——–

Untuk nemenin Sup Gurami Lobak di atas, saya juga bikin Sambal Tempe Kemangi yang cara bikinnya cuma dengan menggoreng tempe (yang sebelumnya udah direndam terlebih dahulu di air garam) hingga garing, kemudian goreng bumbu (bawang merah, bawang putih, cabe) lalu diulek bersama tempe yang tadi sudah digoreng, terakhir tinggal diberi kemangi dan garam. Selesai deh.

Bahan untuk Sambal Tempe Kemangi
Bahan untuk Sambal Tempe Kemangi
Tempe dan bumbu siap diulek
Tempe dan bumbu siap diulek
Sambal Tempe Kemangi
Sambal Tempe Kemangi

——–

Untuk sayurnya saya bikin Tumis Sayuran yang isinya ada brokoli, wortel, dan jagung muda.

Bekal yang dimakan di kantor. Nikmaatt
Bekal yang dimakan di kantor. Nikmaatt
Mie Goreng Sosis untuk sarapan hari itu
Mie Goreng Sosis untuk sarapan hari itu

Selasa

Di hari itu saya bikin Soto Kediri. Dan yes, saya paling suka kalo masak soto karena jauh lebih praktis, lebih cepat, dan lebih santai proses memasaknya karena bisa ditinggal masakannya tanpa harus bolak-balik diaduk atau diliatin 😀 .

Soto Kediri

Bahan:

  • 1 ekor ayam kampung
  • 1 liter air
  • Santan kental 200ml
  • 1 batang serai, memarkan
  • 3 lembar daun jeruk
  • 1 sdm minyak goreng

Bumbu Halus:

  • 8 butir bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 2 ruas jari kunyit
  • 1 balok kecil terasi, bakar
  • 1 ruas jari jahe
  • 3 butir kemiri
  • 1/2 sdt merica
  • 1 sdt garam

Pelengkap:

  • Soun, seduh dengan air hangat
  • Telur rebus
  • Daun seledri iris
  • Bawang goreng
  • Jeruk nipis

Cara pembuatan:

  1. Rebus ayam hingga hampir empuk.
  2. Panaskan minyak, tumis bumbu halus bersama daun salam dan daun serai. Teruskan memasak hingga bumbu meresap di ayam dan ayam benar-benar empuk.
  3. Cicipi rasa, jika sudah pas, angkat ayam, goreng sebentar lalu suwir-suwir.
  4. Beri santan kental ke dalam air rebusan, masak hingga mendidih, sambil dicicipi dan diselesaikan rasanya.
  5. Angkat lalu sajikan soto bersama pelengkap.
Soto Kediri
Soto Kediri

O ya, untuk nemenin si soto juga dibikinkan Bakwan Sayur yang guriiihh 😀 .

Rabu

Untuk hari Rabu ini saya masak Daging Bumbu Bali. Nemu doang sih resepnya, entah dari mana…hahahaha…. Saya juga gak tau apa ini beneran Bumbu Bali ato bukan. Bikin ini cuma gara-gara pengen cari alternatif olahan daging sapi yang beda aja dari yang biasanya saya bikin.

Daging Bumbu Bali
Daging Bumbu Bali

Daging Bumbu Bali

Bahan:

  • 1 1/4 kg daging sapi has dalam
  • 1 liter air
  • 2 lembar daun salam
  • 2 batang serai
  • 1 sdm minyak goreng

Bumbu Halus:

  • 6 buah cabai merah
  • 8 butri bawang merah
  • 5 siung bawang putih
  • 1 sdt ketumbar
  • 1 sdt merica
  • 1 jari merica
  • 2 ruas jari jahe
  • 1 jari lengkuas
  • 5 butir kemiri, sangrai
  • 1 sdt garam

Cara pembuatan:

  1. Tumis bumbu halus hingga wangi.
  2. Masukkan potongan daging, masak hingga berubah warna
  3. Tambahkan air, beri daun salam dan serai.
  4. Masak sampai kuah menyusut dan daging matang. Sesekali cicipi rasa untuk memastikan rasa garamnya sudah pas.

——–

Untuk lauk tambahannya saya bikin Tempe Bacem. Ini pertama kalinya saya bikin Tempe Bacem gini, hasilnya ternyata kurang hitam tapi rasanya enak kok. Sayang si abang kurang suka, dia lebih suka tempe garing seperti Sambal Tempe Kemangi kemarin 😦 .

Tempe Bacem ala saya
Tempe Bacem ala saya

Untuk sayurnya sendiri saya cuma bikin Sup Sayur (Wortel + Brokoli + Labu Siam) ditambah Daging Sapi.

Kamis

Untuk hari kamis ini, saya bikin Ayam Goreng Mentega dilengkapi Sambal Ikan Asin Kipas, serta Sayur Kare.

Ayam Goreng Mentega
Ayam Goreng Mentega
Sambal Ikan Asin Kipas
Sambal Ikan Asin Kipas

Jumat

Hari terakhir masak di minggu ini dan menunya adalah Pindang Patin, Telur Bumbu Bali, dan Tumis Sawi Putih.

Pindang Patin
Pindang Patin
Telur Bumbu Bali
Telur Bumbu Bali
Tumis Sawi Putih Jagung Pipil
Tumis Sawi Putih Jagung Pipil

==============

Demikianlah menu masakan di rumah untuk seminggu yang lalu. Sayang sekali saya tidak bisa cerita banyak karena harus kembali berkutat dengan kesibukan yang lain.

Sekali lagi selamat hari Senin yaaa semua, semoga minggu ini penuh berkat untuk kita semua. Amin!

PS:

Kalo mau dapat lebih banyak inspirasi tentang menu harian keluarga, bisa follow atau liat-liat Instagram saya @menu.harian.plovea, di situ saya sering update menu masakan di rumah hari per hari. Semoga bisa membantu memberi inspirasi yaaa 🙂 .

 

Iklan

5 thoughts on “Masak Apa Hari Ini: Menu Masakan 19 – 24 Februari 2017

  1. mbak klo sayur bayam gt ga tahan lama ya,gmn solusinya?aq sampe mls masak bayam krn itu,krn slalu bikin kuah dibagi 2,trus simpan utk malam,br masukin bayamnya lg pas mau dimakan,rempong 😀

Thanks for letting me know your thoughts after reading my post...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s