Adek’s 3rd Birthday

Yuhuuuu……!

Jarang-jarang yaa pemirsa saya nulis blog di hari Sabtu gini. Malam-malam pula. Biasanya mah Sabtu malam gini kami lagi jalan-jalan sambil makan di luar, tapi malam ini kami mendekam di rumah aja soalnya di luar lagi hujan dan lagian tadi pagi sampe sore baru keluar ngurusin ini-itu kesana kemari, mulai dari imunisasi si adek trus nganterin si abang konser, trus lanjut hunting kasur buat kamar anak-anak yang ‘baru’. Makanya, malam ini rasanya tenaga udah terkuras habis, males kemana-mana, apalagi di luar hujan deras gini, udah deh paling mantap dan nyaman itu nyantai di rumah aja. Sekarang suami dan anak-anak lagi asik main (kalo lagi hari libur memang mereka suka maen sampe malam banget), saya pun memilih buka laptop dan nulis di sini, itung-itung ngurangin utang PR ngedokumentasiin kenangan keluarga kami di sini.

Dan sekarang, saya mau cerita tentang ulang tahun si adek beberapa hari yang lalu.

Jadi pemirsa, bayinya mama sekarang udah genap 3 tahun lhooo!!Β Gak kerasa yaaa…udah tiga tahun aja anak ini, cepet banget waktu berlalu.Β Si bayi bener-bener udah bukan bayi lagi sekarang πŸ˜€ . Puji Tuhan banget rasanya bisa liat si adek bertumbuh besar, apalagi kalo udah ingat masa-masa awal hamil dia di mana kehamilan saya sempat bermasalah dan udah disuruh siap-siap kalo harus dikuret, duh kalo udah inget itu dan liat gimana si adek sampai sekarang terus bertumbuh rasanya hati ini benar-benar bersyukur. Alangkah baiknya Tuhan, mengijinkan kami untuk terus merawat dan membesarkan si adek.

RJTS-2 yang usianya udah 3 tahun. Puji Tuhaaann!
RJTS-2 yang usianya udah 3 tahun. Puji Tuhaaann!

Untuk ulang tahun si adek kemarin, tadinya saya hanya berencana untuk bikinkan kue ultah saja. Tapi kemudian tanpa alasan yang jelas, tiba-tiba hari Minggu sore kemarin kepikiran untuk bikin festive private party.

Private dalam artian gak ada undangan sama sekali, yang akan ada di pesta itu hanya kami sekeluarga saja.

Festive karena meski gak ngundang siapa-siapa tapi tetep bakal bikin dekorasi yang rame.

Untuk tema party-nya kami pilih Thomas and Friends, tak lain dan tak bukan karena si adek seneng pake banget sama Thomas and Friends. Gak jauh beda yaaa dengan abangnya…hehehehe… Dulu waktu abang ulang tahun ketiga juga temanya Thomas πŸ˜€ . Untuk venue-nya kami tentukan di halaman belakang biar jadi garden party gitu deh…hehehehe…. Toh mumpung halaman belakang kami tuh party-able seenggaknya bagi penilaian mata kami πŸ˜€ .

Hari minggu sore itu jadilah saya mulai mikir-mikir bakal bikin seperti apa dekorasinya. Pengennya sih bisa bikin dekorasi termasuk dessert table sendiri, cuma kayaknya saya perlu bantuan untuk cetak backdrop dan label-label.

Puji Tuhan kemudian saya teringat sama Kenzo Art Print (silakan lho liat-liat Instagramnya di sini atau toko online-nya di sini). Langsunglah saya hubungi ke sana, tadinya harap-harap cemas mereka gak bisa memenuhi order saya karena baru menghubungi Minggu sementara saya butuh semua siap di hari Rabu. Puji Tuhan, ternyata mereka bisaaa! Keren deh πŸ˜€ .

Sedikit cerita, Kenzo Art PrintΒ  ini menyediakan layanan percetakan, salah satunya adalah berbagai properti untuk pesta seperti backdrop, bunting flags, label, dan sebagainya tergantung kebutuhan pelanggan pengen bikin dekorasi pestanya seperti apa. Cocok bangetlah untuk kebutuhan mama-mama muda dan ngerasa kreatif sehingga lebih memilih bikin dekorasi pesta dan dessert table untuk ulang tahun anaknya ketimbang pake jasaΒ vendor yang selain harganya tentu lebih mahal juga bisa jadi hasil dekorasinya gak sesuai dengan keinginan. Dengan bantuan Kenzo Art Print ini, kita jadi lebih bebas menentukan dekorasi dan properti yang kita mau dan yang pasti kita pun akan bisa lebih bebas berkreasi sehingga rasa hati tentu lebih puas.Β Kemarin saya di situ pesan backdrop, bunting flags, cupcake topper, cake topper, paper cup sticker, sama balloon sticker. Aslinya sih pesanan belum fix ya di hari Minggu sore itu karena saya masih mikir-mikir lagi apa aja yang pengen saya bikin. Hari Senin pagi barulah semua fix dan puji Tuhan malam harinya dari Kenzo Art Print udah ngasih hasil desain mereka yang mana kalo saya oke maka hari Selasa sudah akan dicetak. Layanan kilat yaaa…. Super deh πŸ˜€ .

O ya, hari Senin pagi, saya juga bikin perencanaan untuk pesta ulang tahun si adek. Bukan perencanaan yang gimana-gimana sih, saya cuma ngedaftarin aja hal-hal yang perlu disiapkan atau dibeli biar terarah gitu. Perencanaan yang saya bikin tuh kayak gini…

Sengaja ditampilin kecil-kecil gini biar gak terlalu terpampang jelas 'isi dapur' perencanaan saya :P
Sengaja ditampilin kecil-kecil gini biar gak terlalu terpampang jelas ‘isi dapur’ perencanaan saya πŸ˜›

Intinya seperti yang saya bilang di atas, temanya adalah Thomas and Friends dengan warna-warna yang akan dominan digunakan adalah merah dan biru.

Habis bikin perencanaan itu, saya kemudian ditemenin sama temen kantor beli perlengkapan-perlengkapan yang dibutuhkan. Karena udah ada daftarnya, jadi nyarinya lebih gampang dan tujuannya lebih terarah, serta terutama, gak ada yang ketinggalan! Hehehehe…. Bagian kalo ada yang ketinggalan itu yang malesin kaaann.. Itu aja sebenarnya label-label ada yang ketinggalan gak saya pesan dari Kenzo Art Print, jadilah terpaksa beberapa label dan topper saya desain serta cetak sendiri, hasilnya gimana? Apakah bisa sama bagusnya dengan hasil cetakan dari Kenzo Art Print? Kita lihat nanti di bawah yaaa πŸ˜‰ .

Hari Rabu saya cuti dari kantor karena seharian itu mo saya dedikasikan untuk bikin kue, mulai dari cupcake, strawberry cake, hingga birthday cake. Selain itu saya juga masih mo bikin tumpeng, tapi tumpengnya nanti dibikin di hari Kamis alias tepat di hari H.

Untuk cupcake, saya bikin Oreo Cupcake dengan frosting krim biru karena wrapper-nya udah warna merah.

Oreo Cupcake by Nona Manado Cake :D
Oreo Cupcake by Nona Manado Cake πŸ˜€

Untuk Strawberry Cake, jelas pake stroberi lah…hehehe… Cake ini saya bikin bukannya tanpa alasan. Tadinya malah sebelum ide bikin festive private party bertemakan Thomas and Friends, saya udah berencana menjadikan Strawberry Cake ini sebagai kue ulang tahun si adek. Kenapa? Karena si adek suka bangeeett liat cake model begini, yaitu seperti yang dia lihat di Masha and The Bear πŸ˜€ .

Strawberry Cake by Nona Manado Cake
Strawberry Cake by Nona Manado Cake

Terakhir, untuk birthday cake, saya bikin vanilla cake dua tingkat dengan filling coklat. Bikin cake-nya sih gampang yaaa…. menghiasnya itu yang ampun dah! Sebenarnya sih gak akan susah jika saja saya punya ilmu menghias kue atau minimal punya jiwa seni. Ini masalahnya dua-duanya saya gak punya, jadilah kesulitan banget bikin hiasan kuenya…hikkss…. Ya sudahlah mo gimana lagi, yang penting warnanya ada merah dan biru trus ada topper Thomas and Friends-nya, biar makin sesuai sama tema.

Birthday Cake for RJTS-2 by Nona Manado Cake
Birthday Cake for RJTS-2 by Nona Manado Cake
Walo cuma bisa bikin cake ulang tahun seadanya untuk dia, tapi puji Tuhan adek senang dengan cake ini, berulang kali dia bilang,
Walo cuma bisa bikin cake ulang tahun seadanya untuk dia, tapi puji Tuhan adek senang dengan cake ini, berulang kali dia bilang, “Oh my gosh! It’s good!” πŸ˜€

Puji Tuhan, hari Rabu malam semua cake udah kelar meski dengan segala kekurangannya. O ya, selain bikin cake di hari itu kami juga bikin beberapa properti, seperti gerbong-gerbong kereta yang nantinya akan berisi snack. Gerbong-gerbong itu terbuat dari aluminium cup yang dibungkus pake kertas metalik, nanti bagian dalamnya akan dilapis dengan kertas kue sebelum diisi dengan snack.

Thomas dan gerbong-gerbong bikinan mamanya anak-anak :D
Thomas dan gerbong-gerbong bikinan mamanya anak-anak :D. Itu muka-muka si troublesome trucks saya download dari Internet trus dicetak trus ditempel deh di gerbong-gerbong aluminium cup, jadi keliatan kayak troublesome trucks beneran kan? πŸ˜€

Hari Kamis, adalah hari ulang tahun si adek. Puji Tuhan ya, tiba juga hari yang dinanti. O ya, si adek udah ngerti sama yang namanya ulang tahun dan dia juga udah tau kalo beberapa hari terakhir di rumah lagi sibuk sama persiapan ulang tahunnya. Taunya dia tau dari mana? Karena kalo ditanya, “Itu punya siapa? Buat apa? Dia pasti akan jawab, “Itu punya adek, buat adek happy besdey.”. Itu jawabannya bukan yang ada diajarin lho, dia tau ya karena dia tau aja, anak ini memang cepat nangkap dan cepat belajar meski gak diajarin. Puji Tuhan…

Di hari Kamis saya juga masih cuti, sengaja cuti biar si adek lebih senang di hari ulang tahunnya ini. Harusnya saya hari itu gak kemana-mana, kecuali nanti pergi bareng suami untuk ngisi balon dengan helium. Tapi ternyata pagi-pagi sehabis bikin tumpeng saya harus keluar buat ngelayat ke rumah teman kantor yang suaminya meninggal secara mendadak di hari Rabu sore. Pulang dari rumah duka, saya singgah kantor buat jemput pak suami yang seharusnya ijin di hari itu tapi karena ada rapat penting sama pelanggan jadi masuk kantor juga walo cuma setengah hari. Dari kantor, kami ke tempat ngisi balon yaitu di tempat balonnya dibeli, yakni di Birthday Party 16. Dari situ langsung pulang, sementara pak suami masih pergi lagi untuk jemput abang dari sekolah. Mondar-mandir yah…hehe…

Di rumah, saya dibantu si sus bikin dekorasi dengan balon gas. Balon gas yang jumlahnya ada 20 itu masing-masing saya ikatkan pada kereta-kereta Sodor. Jadi nanti konsepnya bakalan setiap kereta bawa satu balon dan nanti akan dijejerin biar seakan-akan semua kereta ikut berpesta bareng kami.

Itu rencananya.

Tapi sayang, untuk yang satu itu ternyata tak berjalan sesuai rencana. Karena ternyata oh ternyata, balon gasnya hanya bertahan gak sampe 3 jam, pemirsa! Kami isi balonnya di jam 12 dan belum juga jam 3 itu balon-balon mulai ngeper, gak bisa tegak lagi, padahal saat itu pestanya belum juga dimulai…hikkss… Padahal dari Birthday Party 16 sebelumnya bilang kalo balon-balon ini bisa bertahan selama 6 jam. Isshh..sebel dan kecewa rasanya, karena konsep yang udah dirancang harus batal gara-gara persoalan balon itu 😦 .

Waktu sehabis diisi. Cantik kaaannn
Waktu sehabis diisi. Cantik kaaannn… wajah saya juga bahagia karena udah ngebayangin tar tiap kereta bawa satu balon trus pada berjejer di halaman belakang dan jadi pagar di sekeliling arena pesta, pasti keren banget!
Dari sejak jam 2 balon-balonnya mulai ngeper. Dan di jam 3, balonnya udah bener-bener loyo
Dari sejak jam 2 balon-balonnya mulai ngeper. Dan di jam 3, balonnya udah bener-bener loyo. Jadilah dari yang tadinya diiket di kereta, diganti jadi diikat di pot tanaman.. Trus dari yang harusnya tegak berdiri di atas kereta-kereta, jadi tergeletak begitu saja di atas rumput….Kecewa!

Permasalahan sore itu kemudian gak cuma soal balon.

Tapi juga soal cuaca.

Ini memang udah jadi concern kami waktu bikin rencana pesta di taman belakang, karena memang akhir-akhir ini kan cuaca sering hujan ya. Dan benar saja, sekitar jam 2 hujan mulai turun. Sempat berhenti, tapi hujan lagi. Beberapa kali kayak gitu. Sempat deg-degan juga sih, takut semua batal, tapi kami ya terus berdoa dan yakin aja kalo Tuhan pasti mau dengar, minimal bisa kasih kami waktu sejam saja untuk berpesta sederhana tapi meriah di halaman belakang rumah sendiri. Setiap hujan berhenti, suami nyicil untuk bikin dekorasinya. Mulai dari gantungin backdrop dan bunting flag, nempelin pompom, gantungin balon di pagar belakang, ngiketin balon (yang harusnya balon gas) di pot tanaman, serta angkat-angkat meja. Pokoknya meski cuaca terlihat belum memungkinkan, tapi yakin saja bahwa Tuhan akan kasih waktu itu untuk kami πŸ™‚ .

Dan puji Tuhan pemirsa, sekitar jam 4 sore, hujan berhenti, kali ini lebih lama dari sebelumnya.

Langsung lah kami buru-buru keluarin cake, snack, dan minuman, trus ditata di atas meja yang udah ditutup sama kain satin warna biru dan putih. Selain itu kami juga buru-buru ngatur properti lainnya.

Backdrop dan bunting flags dari Kenzo Art Print
Backdrop dan bunting flags dari Kenzo Art Print
Gerbong-gerbong yang sudah berisi permen dan snack. Itu label-label untuk gerbong saya bikin dan cetak sendiri. Bandingkan deh hasilnya dengan yang dibikin dan dicetak sama Kenzo Art Print, jauh lebih bagus yang dari Kenzo Art Print kaann....hehe...
Gerbong-gerbong yang sudah berisi permen dan snack. Itu label-label untuk gerbong saya bikin dan cetak sendiri. Bandingkan deh hasilnya dengan yang dibikin dan dicetak sama Kenzo Art Print, jauh lebih bagus yang dari Kenzo Art Print kaann….hehe…
Strawberry Cake yang udah lengkap sama topper bikinan Kenzo Art Print, siap ditaro di atas dessert table
Strawberry Cake yang udah lengkap sama topper bikinan Kenzo Art Print, siap ditaro di atas dessert table
Tumpeng by Dapur Nona Manado yang aslinya adalah nasi kuning goreng dengan sambal tempe kacang, ayam paniki, bihun goreng, dan telur rebus sebagai pelengkapnya
Tumpeng by Dapur Nona Manado yang aslinya adalah nasi goreng kuning dengan sambal tempe kacang, ayam paniki, bihun goreng, dan telur rebus sebagai pelengkapnya
The birthday cake and some cupcakes
The birthday cake and some cupcakes
Plank selamat datang, manfaatin gantungan baju anak-anak yang pas banget berbentuk traffic light. Itu plank-nya saya cetak sendiri dengan printer yang jarumnya mulai ngaco, andaikan ide ini gak telat terbitnya tentu saya udah minta untuk dicetakin dari Kenzo Art Print aja biar lebih bagus hasilnya :D
Plank selamat datang, manfaatin gantungan baju anak-anak yang pas banget berbentuk traffic light. Itu plank-nya saya cetak sendiri dengan printer yang jarumnya mulai ngaco, andaikan ide ini gak telat terbitnya tentu saya udah minta untuk dicetakin dari Kenzo Art Print aja biar lebih bagus hasilnya πŸ˜€
Kado-kado untuk adek saya taro dalam koper dan dikasih label Presents Claim, hehe.... Taro dalam koper (yang pas banget punya koper warna merah) gini biar makin sesuai dengan temanya :)
Kado-kado untuk adek saya taro dalam koper dan dikasih label Presents Claim, hehe…. Taro dalam koper (yang pas banget punya koper warna merah) gini biar makin sesuai dengan temanya πŸ™‚

Setelah semua oke, pesta pun dimulai! Yiiihaaaa!!!

Si adek senaaangg dengan semua yang udah disiapin untuk ulang tahunnya ini. Puji Tuhan :)
Si adek senaaangg dengan semua yang udah disiapin untuk ulang tahunnya ini. Puji Tuhan πŸ™‚
Wajahnya sumringah! Puji Tuhan!
Wajahnya sumringah! Puji Tuhan!
Welcome on board, everyone!
Welcome on board, everyone!
Si ganteng yang udah siap mo tiup lilin :D
Si ganteng yang udah siap mo tiup lilin πŸ˜€

Untunglah halaman belakang kami ini bukan tanah dan bukan rumput asli, jadi gak ada istilah becek-becekan meski baru diguyur hujan sekalipun :D
Untunglah halaman belakang kami ini bukan tanah dan bukan rumput asli, jadi gak ada istilah becek-becekan meski baru diguyur hujan sekalipun πŸ˜€

Semua bahagia, semua sukacita
Semua bahagia, semua sukacita

Sebenarnya gak banyak yang kami lakukan saat pesta itu.

Yang pasti pertama kami berdoa, mengucap syukur untuk ulang tahun adek serta hari yang indah yang Tuhan beri ini, juga berdoa agar Tuhan senantiasa menjaga, menyertai, serta melindungi adek di tahun-tahun kehidupannya yang akan datang.

Sehabis berdoa, si adek tiup lilin.

Trus udah deh kami tinggal makan-makan dan senang-senang di situ, yang mana puji Tuhan banget sampe menjelang malam pun hujan tidak turun lagi hingga kami punya waktu yang cukup panjang untuk ‘piknik’ sambil berpesta di halaman belakang rumah kami ini.

Memang cuma kami ya...tapi tetep rameee :D
Memang cuma kami ya…tapi tetep rameee πŸ˜€
Tawa bahagia yang ulang tahun
Tawa bahagia yang ulang tahun

Puji Tuhan…

Tuhan baik sekali ya….

Semua akhirnya berjalan dengan lancar dan terutama si adek hepiiii… Liat aja deh foto-fotonya di atas itu. Nampak benar kan dia bahagia. Sebenarnya memang menurut kami, buat anak-anak seperti adek, hampir tak ada gunanya bikin pesta dengan mengundang banyak orang, justru hanya akan bikin capek dan bikin perhatian orang tuanya gak penuh ke dia melainkan ke tamu. Bikin private party seperti ini justru lebih terasa maknanya, karena kehadiran orang-orang terdekat saja sudah jauuuhhh lebih dari cukup untuk anak kecil yang berulang tahun πŸ™‚ .

O ya, sehabis puas berpesta sore itu, anak-anak kemudian mandi dan setelah itu adalah waktunya untuk buka kado. Puji Tuhan, adek senang dengan kado-kado yang dia terima. Ini saya kasih salah satu video waktu mereka buka salah satu kado πŸ™‚ .

Di video itu, waktu si adek tau yang dia terima adalah Thomas Tale of The Brave Set, dia langsung nyanyi lagu soundtrack-nya…hihihihi… Aslinya itu video panjang karena sampe mereka buka semua kado, tapi saya potong aja daripada kepanjangan dan kelamaan di-upload…hehe… BTW, waktu mereka lagi buka-buka kado, di TV lagi diputar WWE, di rumah kami tayangan itu memang tak terlarang dan kami allow anak-anak untuk nonton selama mereka nonton dengan didampingi kami (terutama pak suami). Trus kalo ada yang tanya kenapa kami kasih anak-anak nonton itu, jawabannya adalah karena WWE sebenarnya berkonsep child friendly kok dan untuk jawaban lebih lengkapnya kurang lebih sama dengan yang ada di sini πŸ™‚ .

Sebelum bobo, mainin mainan baru dulu :D
Sebelum bobo, mainin mainan baru dulu πŸ˜€

Buat adek, sekali lagi selamat ulang tahun ya sayang.

Doa kami untukmu selalu agar Tuhan senantiasa menjagamu hingga adek juga bisa menjadi sosok pelindung bagi siapapun yang Tuhan percayakan untuk adek lindungi kelak. Kiranya Tuhan senantiasa menuntun adek agar adek juga bisa meninggalkan jejak untuk diteladani. Biarlah Firman Tuhan selalu jadi pelita di hidup adek agar terang adek juga senantiasa bercahaya untuk kemuliaan nama Tuhan. Kiranya hidup adek diberkati selama-lamanya agar adek juga menjadi berkat dimanapun dan kemanapun adek pergi… Amin.

Sekali lagi selamat ulang tahun ya nak, teruslah bertumbuh dalam kasih Tuhan. Allah Tritunggal memberkati adek senantiasa. Amin…

Terima kasih sudah baca cerita tentang ulang tahun ku ya, om tante... Tuhan memberkati kita semua. Amin!
Terima kasih sudah baca cerita tentang ulang tahun ku ya, om tante… Tuhan memberkati kita semua. Amin!

PS:

Thanks a lot untuk Kenzo Art Print yang bener-bener berjasa bikin our private party jadi lebih meriah, sesuai dengan harapan.

Dan untuk Birthday Party 16 Palembang, layanan kalian perlu ditingkatkan dan harus ngasih info yang bener ke pelanggan biar gak kejadian lagi seperti kami, katanya balon gas kalian tahan sampe 6 jam gak taunya gak nyampe 3 jam aja udah loyo…Parah!

Iklan

19 thoughts on “Adek’s 3rd Birthday

  1. Happy birthday Ralph! Tambah gede Ralph lebih mirip lu sementara raja mirip papanya ya lis?

    Pesta nya meriah… Gak heran Ralph seneng begitu…

    Aduh balon nya parah ya. Kok cepet banget udh loyo hehehe

  2. happy belated birthday adeeekk!!! pestanya seru banget ya adeeek
    jadi inget waktu baca2 postingan mama waktu kamu masih diperut, sekarang kamunya udah gedeee, sehat bahagia terus ya naaak!!

  3. Happy birthday Ralph sekalian buat Pak Suami disini ya πŸ˜€
    Pestanya asyik Lis, sayang ya balonnya ga tahan lama. Kalo kemarin waktu beli balon untuk ultah Vanessa, kita ditawarin yang pake gel biar tahan lama sekitar 3-4 hari, kita punya lumayan tahan sampe seminggu-an.

  4. aduuh telat lagi nih ngucapin selamat ulang tahunnya πŸ˜› happy birthday yaa dedek Ralph semoga selalu dalam karunia-Nya. Mama-mu ini memang orangnya terorganisir banget yaa dek πŸ˜€

Thanks for letting me know your thoughts after reading my post...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s