Filipino Buko Pandan a la Nona Manado

Harusnya saya hari ini nulis tentang perkembangan si adek, tapi ternyata ada beberapa foto dia yang masih ada di kamera dan belum ditransfer ke external hard disk saya. Jadilah batal nulis tentang si adek.Β Eh pas liat ke Tinypic, ternyata ada beberapa foto cemilan Buko Pandan yang udah saya upload ke situ tapi sampe hari ini belum-belum juga saya tulis di sini.

Saya pertama kali tau tentang Buko Pandan ini dari temen kantor yang namanya Puput. Satu kali dia nanya, “Mbak, udah pernah bikin Buko Pandan belum? Kayaknya enak banget tuh mbak.”

Ditanya gitu, saya sendiri bingung karena sebelumnya belum pernah dengar soal Buko Pandan, malahan saat itu yang langsung terbayang adalah cemilan buko puaso πŸ˜€ .

Karena penasaran, jadilah saya browsing soal Buko Pandan. Ternyata, ini tuh cemilan khas dari Filipina yang berarti pandan kelapa muda (buko: kelapa muda; pandan: pandan). Dari penampakannya sih keliatannya menarik banget, apalagi karena warnanya ijo, langsung kebayang pak suami pasti bakal suka banget karena dia kan matanya jadi ijo kalo liat makanan yang warnanya ijo :mrgreen: .

Jadilah setelah itu saya pun cari tau tentang gimana cara bikin Buko Pandan ini. Dan ternyata sesuai perkiraan saya, cara bikinnya gampang banget. Hanya yang jadi masalah, dalam resep aslinya tuh pake all purpose cream, sementara saya gak punya stok all purpose cream di rumah dan rada malas juga untuk nyari ke toko bahan kue. Jadilah dalam percobaan pertama (dan kedua serta ketiga juga selanjutnya πŸ˜› ) saya hanya pake bahan yang memang selaluΒ ada di rumah aja: susu cair + susu kental manis πŸ˜€ .

Dan akhirnya, beginilah jadinya Buko Pandan a la saya πŸ˜€

Bahan-Bahan:

  • 5 lembar daun pandan (atau sesuai selera dan stok yang ada di rumah yaa…hehehe)
  • 1 bungkus agar-agar warna hijau (supaya ijonya makin mentereng πŸ˜€ )
  • 1000 cc air
  • 500 ml susu cair
  • 200 ml susu kental manis
  • Daging kelapa muda, diiris memanjang (keuntungan tinggal di Palembang, kelapa muda nih guampang banget nemunya. Di deket rumah pun banyak yang jual, jadi kalo butuh tinggal nyuruh si mbakΒ jalan aja untuk beli).

Cara Pembuatan:

  1. Rebus air bersama pandan (panci ditutup) hingga air mendidih dan mengeluarkan wangi pandan.
  2. Setelah air mendidih, matikan api, keluarkan pandan.
  3. Masukkan agar-agar hijau, aduk cepat, lalu didihkan kembali.
  4. Tuang larutan agar-agar ke dalam cetakan, biarkan hingga agar-agar mengeras.
  5. Setelah agar-agar set, potong kotak-kotak, sisihkan.
  6. Campur susu cair, susu kental manis, daging kelapa, serta agar-agar yang sudah dipotong-potong.
  7. Masukkan ke dalam kulkas, sajikan dan nikmati dingin-dingin.

Buko Pandan bikinan saya ini rasanya enak dan segar sekali, apalagi karena dinikmatinya dingin-dingin kan ya, jadi cocok banget dinikmati selagi cuaca panas.

O ya, untuk agar-agarnya memang dari resep saya itu rasanya jadi tawar karena tidak ditambahkan gula waktu bikinnya. Pertimbangannya, nanti kan bakal pake kuah yang rasanya cukup manis (karena pake susu kental manis), jadi rasanya lebih pas di lidah kami kalo agar-agarnya tidak berasa manis juga. Kalo buat yang suka sama manis-manis, mungkin bisa dicoba ditambahkan gula saat membuat agar-agarnya. Untuk ukuran susu kental manisnya juga bisa disesuaikan dengan selera. Trus kalo kami supaya rasa kelapanya semakin kuat, maka biasanya kami tambahkan air kelapa muda dingin sebelum disajikan.

Karena bikinnya mudah serta rasanya segar, maka dalam sekali coba, Buko Pandan ini udah jadi dessert favorit kami di rumah. Apalagi pak suami kan, sekali makan bisa bergelas-gelas dia habiskan. Makanya sekarang saya kalo bikin resepnya harus didobelinΒ biar orang-orang di rumah pada puas makannya πŸ˜€ .

Sampe sekarang saya sebenarnya gak tau apakah Buko Pandan yang asli punya rasa yang sama seperti yang saya buat. Tapi yah sudahlah, mau sama atau gak, yang penting mah orang rumah suka sama Buko Pandan a la saya ini πŸ˜‰ .

Iklan

38 thoughts on “Filipino Buko Pandan a la Nona Manado

  1. Ngiler lis, panas nih disini hari ini hahaha. Aku di jkt suka bingung mo nyari daun pandan dmn, padahal pengen bikin cemilan yg pake campuran daon pandan. Wangi nya itu loh *glek*

    Truss itu sendok sama tatakan meja nya, unguuuu cakepp hahaha *salah fokus*

    Ohya lis, menyambung komen soal imunisasi hahaha di jkt pun kosong. Thyfoid, mmr sama cacar, tiga2 nya kosong x_x marco belum tiga2nya pula

    1. Haiyah, di sini daun pandan tinggal petik doang, Pi…hahahaha… Kalo susah cari, tanam di pot aja Pi..hihihihi…

      Aduh, memang lah imunisasi nih bikin galau banget. Seindonesia raya tercinta lho pada kosong. Di sini sih kabarnya akhir April ini udah masuk Pi, mudah2an di sana juga segera masuk yaaa biar anak2 kita segera diimunisasi. Amiinnn

  2. Tampak lezaat,, apalg saya suka banget minum susu. Bahan2nya jg gampang dapetnya, bisa di testdrive kekx cocok jg buat buka puasa pas ramadhan 😊

  3. Menarik bgt membaca semua artikel di blognya kakak,,.,. aq cowok batak dan bermimpi banget punya istri yg Nona Manado yg cantiknya udah gak diragukan lagi hehehe…

Thanks for letting me know your thoughts after reading my post...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s