Yamaha Piano Competition 2016 (Part 1)

 

Yamaha Piano Competition adalah event tahunan yang diselenggarakan oleh Yamaha yang terbuka untuk semua siswa dan siswi yang menempuh pendidikan musik di sekolah-sekolah musik di bawah lisensi Yamaha. Selain piano, dalam event tahunan itu juga ada Electone Festival dan Popular Music Course Festival.

Tahun lalu, si abang ikutan Electone Festival kategori Electone Idol dan puji Tuhan waktu itu dia berhasil nyabet juara 3 sehingga kemudian jadi salah satu utusan Palembang di ajang Electone Festival Tingkat Wilayah Sumatera di Batam.

Nah, tahun ini si abang gak ikutan Electone Idol lagi, cukuplah ya pengalaman sekali itu…hehehehe… Tahun ini abang ikut yang Piano Competition aja.

Berdasarkan usianya, si abang masuk di kategori Junior A. Peserta yang lain ada dua lagi yang seumuran abang, selebihnya udah lebih besar. O ya, salah satu peserta Piano Junior A ini adalah anaknya miss Mira, guru musiknya si abang 😀

Kami sadar, peserta yang lain juga bagus-bagus sekali mainnya, karena itu kalo mo jujur kami sendiri bukannya yang ada harapan atau keyakinan tinggi bahwa si abang akan bisa dapat juara. Apalagi ditambah lagu yang dibawain si abang bukan lagu klasik, sementara biasanya yang jadi unggulan di kompetisi piano gini adalah lagu-lagu klasik. Buat kami tujuannya bukan untuk jadi juara atau gak. Yang paling penting si abang belajar untuk tampil di depan orang dan belajar mengendalikan rasa gugupnya.

Persiapannya sendiri seperti biasa, tiap minggu ke sekolah musik buat latihan dan setiap hari latihan juga di rumah. Puji Tuhan si abang semangat-semangat aja menjalani kegiatannya, meski dia juga sibuk sekolah, les matematika, les bahasa inggris, renang, basket, dan sebagainya. Puji Tuhan si abang dikasih kesehatan sama Tuhan sehingga semua aktivitas dia yang padat bisa dijalaninya dengan baik dan bersemangat.

Sama seperti tahun sebelumnya, kompetisi ini diadakan di gedung Grand Attyasa yang notabene deket sama rumah. Event ini diselenggarakan hanya sehari, mulai dari pagi sampai sore. Pagi untuk Popular Music Course Festival (vokal, drum, violin, gitar), siang untuk Piano Competition, dan sore untuk Electone Festival.

Pengambilan nomor tampil dilakukan sehari sebelumnya, si abang dapat urutan nomor 5.

Di hari H, pagi jam 7 kami ke gereja dulu. Pulang ke rumah sekitar jam setengah 9, masih ada waktu untuk nyantai-nyatai dan si abang sempat latihan lagi. Jam 11 kurang, si abang makan siang lalu siap-siap ke tempat kompetisi. Sebelum berangkat, kami berdoa dulu bersama di rumah. Jadwal kompetisi pianonya memang siang jam 1. Gak berapa lama setelah kami tiba, kompetisi pun dimulai.

Para Peserta Yamaha Piano Competition Tingkat Sekolah Musik Swara Indah Kategori Junior A

Setelah dimulai, satu demi satu peserta pun dipanggil.

Makin dekat waktu si abang tampil, saya semakin gugup…hahahaha…

Ya abis, saya sendiri takut kalo dia salah pencet tuts pianonya. Kan kasian ya, dia pasti pengen menampilkan yang terbaik dan gak ingin ada satu pun kesalahan dalam penampilannya.

Lagi nunggu yang nomor 4 selesai tampil. Liat dia duduk nunggu kayak gitu rasanya pengen saya peluk…hahahaha…

Sampai akhirnya, tibalah giliran si abang untuk tampil.

Mamanya tambah gugup.

Tapi puji Tuhan anaknya sendiri terlihat sangat tenang dan lebih puji Tuhan lagi karena dia bisa memainkan lagunya dengan baik sekali. Puji Tuhan Yesus….

Setelah si abang selesai tampil, rasanya ada beban yang terlepas dari hati saya. Ah Tuhan, terima kasih sudah sertai si abang hingga dia bisa tampil dengan sangat baik. Legaa banget rasanya. Perkara menang atau kalah udah deh gak saya dan suami pikirin sama sekali, karena memang dari awal juga niat ikut ini bukan untuk cari menang, tapi untuk cari pengalaman. Peserta yang lain juga tampilnya bagus-bagus sekali. Seneng deh liat anak-anak yang sejak kecil udah belajar musik kayak gini.

Selesai Junior A, lanjut ke Junior B, lalu ke Junior C.

Setelah semua selesai, tiba lah waktunya untuk pengumuman para pemenang.

Anak-anak Junior A sedang menunggu pengumuman

Pemenang untuk kategori Junior A dimulai dari Juara Harapan 3, tapi semua peserta menang gak menang tetep dapat piala dan piagam kok. Bagus sih kayak gitu, karena anak udah berani ikut lomba kemudian berhasil tampil kan sesungguhnya udah jadi pemenang juga 🙂

Piagam dibagikan sebelum pengumuman pemenang.

Satu per satu pemenang kemudian dibacakan. Dari Harapan 3, Harapan 2, Harapan 1, Juara 3…

Dan setiap nomor undian dan nama pemenang dibacakan kami turut bertepuk tangan gembira untuk anak yang dipanggil.

Ketika Juara 3 diumumkan dan yang nyabet adalah salah satu unggulan saya (tentu saja selain anaknya miss Mira dong yaa…hehe), maka harapan untuk si abang bisa dapat juara udah bener-bener apa yah….pokoknya udah yang, yah udah…berasanya gak mungkin lah si abang bisa dapat juara yang lebih dari itu lagi.

Sampai akhirnya juara 2 diumumkan dan betapa kagetnya kami ketika yang dipanggil adalah nomor 05.

Haahhh??

Seriusan???

Si abang menang juara kedua????

Langsunglah perasaan kami gak karuan. Saya yang udah masukin HP langsung buru-buru keluarin lagi buat fotoin si abang yang mo nerima piala sebagai pemenang kedua 😀

Si abang juga waktu nomornya dipanggil tampak bahagiaa sekali. Ya iyalah, bisa kebayang itu bahagianya gimana 😀

Ah, puji Tuhan…puji Tuhan banget pokoknya…

Kalo Juara 1-nya sendiri gak usah ditanya lagi. Jelaslah anaknya miss Mira. Bukan karena mamanya adalah guru musik di situ. Tapi karena memang anaknya berbakat sekali dan mainnya pun ruarrrr biasa 😀

Semua peserta dapat piala kaann….cuma beda ukuran aja antara yang menang dan yang belum menang 🙂
Congratulation, my baby! Love you much!

Dengan menang di urutan kedua ini, maka si abang bersama juara 1 dan juara 3 akan kembali bertarung dalam Yamaha Piano Competition tingkat wilayah Sumatera yang tahun ini akan diselenggarakan di Medan…yipppiiieeee….pulang kampung dong kita! Hahahaha… Kebayang kan itu ompungnya bahagianya kayak gimana waktu kami ngabarin kalo kami akan ke Medan bulan April nanti? 😀

Foto bareng miss Mira dan pemenang Juara 3. Foto bareng papa-mamanya malah kelupaan..hahaha

Selesai sama foto-foto, kami masih nunggu kurang lebih sejam lagi. Ini gara-gara si abang masih pengen nontonin salah satu temen sekolahnya yang mo ikut Electone Idol. Habis ngasih support ke temennya itu, kami pun pulang.

Si abang sebenarnya memang udah gak sabar untuk pulang. Tapi dia juga pengen ngasih support ke temennya.

Sejak pagi sebelum ke tempat kompetisi, dia udah berkali-kali bilang, pengen semua ini segera selesai.

Bukan karena apa-apa.

Dia cuma udah gak sabar untuk segera mempelajari buku JXC 2-nya 😀

Jadi ceritanya si abang per Sabtu kemarin udah naik ke tingkat JXC 2, tapi berhubung dia mo kompetisi jadi kami bilang ke dia fokus aja dulu latihan untuk kompetisi, jangan dulu berlatih lagu-lagu di buku JXC 2 itu. Si abang itu kan modelnya gitu ya, kalo naik tingkat dan dapat buku baru, pengennya sesegera mungkin dia kuasai semua lagu dalam buku itu. Makanya dia udah gak sabar pengen selesain kompetisinya biar bisa diijinkan belajar lagu-lagu di buku JXC 2 😀

Dan bener aja dong. Begitu nyampe rumah, ganti baju, langsung dia duduk manis di depan piano.

Ah, bocah…bocah!

Buat abang, sekali lagi selamat ya sayang, setelah ini mari berlatih keras lagi untuk kompetisi di Medan yaaa… Tuhan Yesus memberkatimu, nak, dan biarlah semua yang abang jalani sekarang diberkati Tuhan agar berbuah manis untuk masa depanmu ya sayang… Love you so much, abang!

Iklan

33 respons untuk ‘Yamaha Piano Competition 2016 (Part 1)

  1. Abang keerrreeeeennnnnnnn…… kalah telak yaa tantee… itu tante bedain mana do mana re aja nggak ngertiiii.. tuts nya sama semua rupa nya…. xixixixixixi… Semoga sukses untuk kompetisi di Medan nanti ya bang…..

  2. mantaffff mba !!! semua karena anugerahNya memang ya 🙂 . aku jg gitu mba, pdhl bukan anak kandung, anak rohani. tiap bilang dia mau ujian, yg deg-deg-an gak karuan akunya dong. padahal nyaksiin aja gak. dia ujian di kampus, aku di kantor. hahaha … tp kl udh lewat, atau tau nilainya, apalagi kl nilainya di luar ekspektasi, yg kegirangan emaknya ini. hihihi … congratz buat abang !! semakin dikaruniai kemampuan lebih utk terus berkarya buat Tuhan !!

  3. Abang Raja keren ihhh… aku nonton videonya… Crescendo decrescendonya berasa banget =))
    Ga kaya aku jaman dulu les piano, dataaarrr aja hahahaha

  4. Kerennyaa.. ganteng dan berbakat.. mau tanya mba, raja waktu ikut YPC ini sdh brp bulan ikut piano coursenya? Dan sudah buku brp?

Thanks for letting me know your thoughts after reading my post...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s