Kumpulan Cerita Sains Untuk Anak

Udah lama ya sejak terakhir ngomongin tentang buku anak di sini. Padahal dulu itu niatnya pengen kalo bisa tiap minggu bicara tentang buku anak di sini…hehe….

Buku yang kali ini pengen saya bahas adalah buku yang bertitel Kumpulan Cerita Sains untuk Anak.

Dari judulnya aja udah keren banget untuk anak kan? Apalagi kalo punya anak yang rasa pengen tahunya luar biasa sampe kita capek jawabnya. Buku ini cukup bisa menjawab beberapa pertanyaan anak sekaligus merangsang anak untuk ingin lebih tau lagi (kemudian mamanya yang mabok…hihihihihi).

Pertama kali melihat buku ini adalah di Gramedia Medan. Sekali liat saya langsung jatuh cinta. Pengen rasanya waktu itu langsung beli karena saya lihat isinya sangat menarik dan bermanfaat untuk anak. Apalagi harganya juga gak nyampe 150ribu rupiah. Untuk buku dengan tebal lebih dari 200 halaman yang mana setiap halaman berisi gambar berwarna, tentu harga segitu termasuk murah kan? Sayangnya waktu itu kami batal beli buku ini karena mengingat banyaknya bawaan kami dari Medan ke Palembang. Lagian pikirannya toh ada di Gramedia juga kan? Bisa lah nanti beli begitu udah pulang ke Palembang.

Tapi sungguh disayangkan, karena ternyata stok buku ini di seluruh Gramedia Palembang saat itu (awal 2015) kosong. Sedih. Sedih banget saya.

Tapi tak patah semangat, saya cari toko online yang menjual buku ini.

Puji Tuhan, ada juga yang jual untuk jilid pertama. Untuk jilid kedua sendiri waktu itu di mana-mana, termasuk toko online juga, masih kosong.

Jadilah akhirnya si buku kuning menghiasi salah satu rak buku anak di rumah kami. Puji Tuhan baik abang maupun adek senang banget dibacain cerita-cerita dari buku ini.

Karena jilid pertama disukai anak-anak, maka saya pun terus mencari jilid keduanya. Puji Tuhan, beberapa waktu lalu ketemu lagi sama salah satu toko online yang membuka PO buku Kumpulan Cerita Sains untuk Anak jilid kedua. Saya saat itu juga langsung pesan, gak apa masih PO dan masih harus nunggu agak lama, yang penting buku itu bisa saya dapatkan. Puji Tuhan, hari Jumat minggu yang lalu, si buku jilid kedua udah tiba dengan selamat dan mengikuti jejak kakak jilid pertamanya jadi penghuni salah satu rak buku anak di rumah kami.

Buku Kumpulan Cerita Sains untuk Anak iniย baik jilid pertama maupun kedua sama-sama terdiri dari 10 buah cerita.

Kumpulan Cerita Sains untuk anak Jilid 1 (kuning) dan Jilid 2 (biru)
Daftar cerita di buku jilid 1
Daftar cerita di buku jilid 2

Daya tarik utama dari buku ini adalah pada isi dan ilustrasinya.

Isinya keren banget lho karena bener-bener membuka dan memberikan pengetahuan kepada anak dengan bahasa yang sangat sederhana dan dikemas dalam bentuk cerita menarik. Udah gitu, ilustrasinya itu lho, bagus bangeeett…yang mana dengan ngeliat gambar ilustrasinya aja udah bikin daya imajinasi anak bekerja.

Setiap satu sesi cerita selesai, selalu ada penjelasan tambahan seperti ini yang mana di bagian ini anak dirangsang untuk melakukan pengamatan atau percobaan

O ya, penulis dan ilustrator buku ini adalah orang-orang Korea. Gak heran kalo jadinya keren gini ya…hahahaha…

Kelemahannya adalah coverย buku ini menggunakan lem panas hingga mudah sekali lepas. Saya sudah coba mengelem kembali dengan menggunakan berbagai macam lem, tapi tetap saja, cover-nya bolak-balik terlepas. Akhirnya, untuk mengakalinya,ย ketika menyampul buku ini dengan sampul plastik, sampulnya tidak hanya direkatkan di halaman cover saja tapi juga sampai ke halaman pertama buku ini. Memang sayang sih karena halaman pertamanya jadi tertutup, tapi kan ya itu lebih baik daripada cover-nya yang ilang atau bukunya yang rusak.

Buku jilid pertama ini di semester yang lalu dibawa oleh si abang ke sekolah sebagai bahan bacaan untuk sesi SSR (silent sustained reading) dan waktu parents meeting, buku yang dibawa si abang itu oleh gurunya dijadikan contoh buku yang tepat untuk anak..hehehe… Selain buku ini si abang juga bawa buku yang isinya pake bahasa Inggris yaitu Candle Bible for Toddlers (SSR-nya memang berlaku untuk dua sesi, bahasa Indonesia dan bahasa Inggris), dan buku itu juga dijadikan contoh oleh gurunya si abang…asiiikk…. Mamanya si abang yang bangga karena untuk buku-buku anak di rumah biasanya adalah pilihan mamanya, itu artinya pilihan mamanya lumayan tepat lah yaaa untuk anak-anak ๐Ÿ˜€

Iklan

24 thoughts on “Kumpulan Cerita Sains Untuk Anak

  1. Seandainya saja penulis2 indonesia bisa bikin buku sedeerhana kayak sepeerti ini kita nggak bakalan ngimport buku deh. Jadi sedih ngeliat perkemvangan indonesia.

  2. Salam kenal kak Allisa
    Aku juga punya buku ini dan permasalahannya sama juga. Baru beli covernya udh copot. Oiya aku beli pas gramedia fair cuma 25rb saja. Kalo pas fair hari pertama gitu biasanya masih lengkap.
    Btw ak udh tamat nih baca blognya. Menginspirasi banget soal keluarga dan anak2.

  3. Stelah baca postingan ini kemarin, aku pas nemu buku ini yg jilid 2 nya aja. Beneran gsg ingat sama postingan ini dan beli hehe.. dan ternyata sama jg, baru buka segel, lem bag cover udah lepas hiiiihii… Bbrp kali aku beli buku terbitan lokal yg format paperback (soft cover) spt ini permasalahannya mirip, lem/binding nya mudah lepas meski baru, beda bgt sama terbitan impor yg meski udah bolak-balik dipake tapi tetp bagus.. sedih bgt ya heee..

Thanks for letting me know your thoughts after reading my post...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s