Danau Linow

Selamat pagiii! ๐Ÿ˜€ ๐Ÿ˜€

Gak kerasa udah hari Kamis aja ya. Besok udah Jumat dan kemudian minggu pertama kerja di 2016 ini pun akan segera lewat. Minggu pertama di kantor saya sibuk dengan nambahin fitur buat satu aplikasi yang business owner-nya pak suami sendiri dan dia ngasih target minggu ketiga Januari ini perubahan dan penambahan fitur itu udah bisa diimplementasiin. Aih pak suami, segitu amat sama istri sendiri…hihihihi…

Nah, pagi ini sebelum berurusan lagi sama aplikasi, saya pengen cerita duluย tentang salah satu lokasi wisata yang kami kunjungi saat libur Natal kemarin. Nama lokasi wisata itu adalah Danau Linow.

Jujur, saya sebenarnya tau soal Danau Linow belum lama ini.ย Dulu tempat ini belum sepopuler sekarang, mungkin karenaย sekarang pengelolaannya sudah lebih baik sehingga semakin menarik minat banyak wisatawan untuk berkunjung ke sini.

Danau Linow terletak di Kota Tomohon yang dijuluki sebagai Kota Bunga. Jarak Tomohon dari Manado sekitar 27km atau sekitar 1 jam perjalanan dengan mobil. Jalan menuju ke sana berliku karena menuju ke pegunungan. Makin dekat ke Tomohon kita akan merasakan hawa yang semakin sejuk dan udara yang terasa semakin bersih. Danau Linow sendiri terletak tepatnya di Kabupaten Lahendong, Kecamatan Tomohon Selatan.

Danau Linow merupakan danau vulkanik yang berhubungan dengan Gunung Lokon yang masih aktif. Danau ini mengandung belerang dan di sekitarnya terdapat beberapa tempat pemandian air panas. Kata orang-orang, kalau dilihat dari atas bukit, warna air danau ini bisa berubah menjadi tiga warna mulai dari biru, hijau, hingga coklat kekuningan. Penyebab perubahan warnanya adalah kandungan belerang di dalamnya serta karena pembiasan cahaya dan pantulan dari vegetasi di sekitar danau.

Saya sendiri waktu berada di sana tidak menyaksikan langsung perubahan warna air danau itu, mungkin karena kami datangnya di siang hari. Katanya sih waktu paling tepat untuk menyaksikan keindahan danau ini adalah di pagi dan sore hari.

Tapi meski demikian, bukan berarti kami kecewa telah datang ke situ. Sebaliknya, bisa dibilang kami sangat bahagia bisa sempat mengunjungi objek wisata ini.

Untuk masuk ke area wisata Danau Linow, waktu itu kami harus membayar sebesar Rp 25.000 per orang (anak di bawah 5 tahun tidak dihitung). Masuk langsung ke area parkir di mana pemandangan danau yang indah udah terpampang nyata di depan mata. Tapi gak hanya sampai di situ, kita juga bisa turun hingga ke bibir danau di mana akses dengan tangga beton yang sangat memadai sudah disiapkan.

Trus di bibir danau ngapain aja?

Ya kita bisa duduk-duduk, foto-foto, dan makan-makan juga…hehehe…

Jadi pemirsa, di bibir danau terdapat kafe yang menjual aneka makanan. Mulai dari pisang goreng, kentang goreng, mi rebus, mi goreng, nasi goreng, hingga tuna dan mujair bakar/goreng komplit dengan sambal bakar rica serta dabu-dabu yang semuanya dijual dengan harga yang wajar sekali. Rasa makanannya pun lumayan enak, apalagi karena menikmatinyaย di tengah suasana yang nyaman dan sejuk. O ya, setiap tiket masuk juga bisa ditukar dengan secangkir teh atau kopi berkrimer.

Area makannya sendiri terbagi atas dua bagian. Atas dan bawah. Bagian bawah ini tepat berada di pinggir danau dan bentuknya seperti dermaga tanpa pembatas, jadi hati-hati kalo bawa anak-anak jangan sampe lari-larian di sini yaaa…

Ini pemandangan ke arah area makan di bagian bawah
Kami sendiri memilih duduk di bagian atas. Lebih aman. Dan lebih dekat dengan tempat order makanan ๐Ÿ˜€
Nasi goreng, salah satu menu di kafe Danau Linow yang sempat kefoto oleh saya. Saya sendiri pesan Tuna Bakar, tapi malah kelupaan difoto…keburu lapar…hahaha
Mie Rebus Cakalang, pesananan mama saya

Lokasi wisata ini memang asik banget dijadikan tempat nongkrong yang nyaman dan menyejukkan hati. Menikmati pemandangan danau yang indah, udara yang sejuk, semilir angin yang segar, sambil menikmati secangkir kopi ditemani pisang goreng dan makanan enak lainnya. Asik banget pokoknya. Gak heran kalo kami betah berlama-lama duduk di situ ๐Ÿ™‚

Kopinya jadi terasa lebih nikmat dinikmati di sini
versi pacaran…
versi udah punya anak dua…hahahaha
Suka sama foto ini, karena lesung pipit saya keliatan cukup jelas…hahahaha…gara-gara Oh My Venus ini, jadi merhatiin lesung pipit sendiri…wkwkwkwkwk.. Btw, si adek kalo difoto mukanya entah kenapa suka bete, mungkin dia kesel liat mamanya yang dikit-dikit foto ๐Ÿ˜€
My beautiful mom and sist
Mom, Dad, with their princesses

Sayangnya, waktu kami ke sana, keluarga adek saya gak bisa ikutan karena pas tanggal 26 Desember itu, si Nathan dan Gina lagi jadi orangtua baptis dari anak salah satu kerabat mereka. Semoga di kepulangan kami berikutnya ke Manado, kami bisa kembali ke Danau Linow ini dan bisa berfoto di sini dalam versi yang lebih lengkap ๐Ÿ™‚

Gitu deh cerita tentang perjalanan kami ke Danau Linow ini. Buat teman-teman yang mau jalan-jalan ke Manado, jangan lupa sertakan Danau Linow ini sebagai salah satu tujuan wisata selama di sana yaaa ๐Ÿ™‚

Iklan

34 thoughts on “Danau Linow

    1. Dabu-dabu itu sambal, mbak, isinya bahan2 mentah: cabe yang diulek kasar, bawang merah diiris tipis, tomat diiris tipis juga. Dicampur ketiganya, dibiarin bentar sampe air tomatnya keluar, trus abis itu kasih perasan jeruk kunci, sesendok minyak, sama garam ๐Ÿ™‚

  1. cantik ya Danau Linow, kesannya tenang damai..
    dan nggak jauh pula dari Manado ya, jadi gampang datang ke sana
    lesung pipitmu emang jelas banget keliatan di foto itu, cantiiik banget

  2. wwihhh cakep banget danaunya yaaaโ€ฆ segeer liatnya ๐Ÿ˜‰

    btw, iya Lis..keliatan jelas banget dimplenya kayak si Kang di oh my venus..hihihihi

  3. seneng ya liat yang sejuk-sejuk kayak gini palagi sambil makan disuguhi pemandangan bagus, makin nikmaatt
    Si adek kayak Azka aja suka bete klo mamanya bentar2 foto-foto hihihi

Thanks for letting me know your thoughts after reading my post...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s