Favorite Fruits At Home

Kalo minggu lalu ngomongin soal kopi dan setelah kemarin ngomongin soal kerjaan, hari ini pengen ngomongin soal buah-buahan aahh….

Gak ada hubungannya yah?

Gak juga sih, ketiga hal itu berhubungan kok.

Hubungannya tuh gini: I’m a coffee person, jadi kalo mo kerja musti diawali dengan minum kopi dulu di pagi hari. Hubungannya dengan buah adalah karena di rumah, tak hanya selalu ada kopi, tapi juga selalu ada buah.

Garing emang hubungannya ya? Hahahaha…gak apa lah, namanya juga dipaksain berhubungan πŸ˜›

Udah ah, sekarang pengen cerita langsung soal buah.

Kami sekeluarga adalah keluarga penyuka buah yang mana ditandai dengan:

  1. Tidak pernah terjadi, di rumah kami tidak ada buah sama sekali
  2. Tiap hari kami harus makan buah
  3. Seminggu, kami minimal dua kali belanja buah

Sebenarnya kebiasaan makan buah ini gak semata-mata karena keinginan untuk sehat, tapi karena udah terbiasa aja. Aslinya saya dulu kurang begitu rajin makan buah (kecuali kalo pas musim duren…hihihihi…). Tapi setelah menikah dan suami pernah ngalamin masalah dengan sistem pencernaan (fistula ani), saya mau gak mau setiap hari harus menyiapkan buah di rumah karena itu membantu banget melancarkan sistem pencernaan pak suami. Nah, dari yang setiap hari nyiapin buah buat dia itu, akhirnya saya pun jadi terbiasa. Tiap motongin dia buah, saya juga motongin buat saya, trus akhirnya anak-anak juga jadi ikut-ikutan suka makanΒ buah meski mereka punya selera yang berbeda dengan kami. Selera yang berbeda-beda itulah yang membuat di rumah kami, paling gak setiap harinya ada 5 jenis buah yang tersedia πŸ˜€

Nah, berikut adalah daftar buah yang jadi favorit kami di rumah.

Apel

Kami sih gak juga menganut paham one apple a day keeps the doctor away ya, tapi di rumah selalu saja ada apel dalam kulkas dan apel pasti masuk dalam daftar tiap kami belanja buah. Saya biasanya beli apel fuji karena cenderung lebih manis dan gak berkapas. Seharusnya sih katanya lebih baik makan dengan kulit yah, tapi berhubung ada segala macam isu soal apel ini, kami memilih makan tanpa kulitnya saja. Inilah yang bikin repot dan suka bikin saya malas menyiapkan apel, karena musti dikupas dan dipotong-potong, gak bisa langsung hap-hap..hehe…

Kemarin sempat rame ya soal apel Granny Smith yang mengandung bakteri yang membahayakan kesehatan. Kaget juga dengernya, meski selama ini saya baru sekali beli apel Granny Smith yaitu waktu bikin apple pie, tapi berita itu bikin was-was juga….duh, jaman sekarang mencari sesuatu yang bener-bener sehat tuh susah banget yah? 😦

Pear

Kesukaan kami adalah pir Xiang Lie, manis dan seger soalnya. Pir madu juga sebenarnya enak, tapi kadang suka kemanisan dan stoknya kadang ada kadang gak, jadi tetap saja favorit kami si Xiang Lie ini. Sama kayak si apel, pir ini juga kalo mo dimakan musti dikupas dan dipotong-potong dulu. Malesin…tapi tetep juga sih dikerjain…hihihihi…

Buah Naga Merah

Sukaa banget kalo udah Februari gini karena buah naga merah bertaburan di mana-mana dengan harga yang murah.Β Senangnya sama buah naga merah ini karena proses penyajiannya yang cepat.Β Kulitnya bisa dilepaskan dari daging buah dengan menggunakan tangan saja. Menyenangkan! πŸ˜€

Berhubung sekarang lagi musim, jadi tiap belanja buah, kami selalu beli buah naga untuk dimakan setiap hari.

Pisang

Kadang Pisang Cavendish, kadang Pisang Ambon. Pokoknya setiap hari ini pisang harus ada. Gak boleh gak. Anak-anak tuh yang paling suka makan pisang. Mamanya juga seneng kalo anak-anak suka dengan pisang, karena gampang banget kan, tinggal dikupas trus bisa langsung hap-hap. Hemat waktu. Irit tenaga…hehehe…

Alpukat

Si adek, dua kali dalam sehari makan buah alpukat, dan sampe sekarang masih belum bosen. Baguslah, alpukat kan sehat banget. Kami juga suka sih makan alpukat, biasanya dengan cara dialusin trus dicampur sama gula batu aren yang diserut. Enak sekali! πŸ˜€

Jeruk

Biasanya yang jadi favorit adalah Jeruk Medan alias Jeruk Brastagi. Dimakan langsung atau dijadikan jus, sama-sama enak, menyegarkan, dan disukai anak-anak *macam iklan* .

Berhubung Februari biasanya lagi musim Jeruk Shantang dan ternyata anak-anak suka, jadilah kalo belanja buah, Jeruk Medan diabaikan dulu, sementara beralih dulu ke Jeruk Shantang. Nanti kalo si Shantang udah gak musim lagi, baru kita balik kampung lagi ke Medan πŸ˜›

Melon

Mau yang ijo, putih, ato oranye, melon tetap jadi favorit di rumah. Suka dengan tekstur buah ini. Kokoh tapi lembut digigit dan gak berkapas (saya paling gak suka sama buah yang teksturnya berkapas). Suka juga dengan wanginya dan rasanya yang manis πŸ™‚

Mangga Gedong

Ini pas lagi gak ada di gambar, soalnya memang pas lagi gak nyetok juga di rumah. Mangga Gedong ini adalah kesukaan kami banget, tapi berhubung akhir-akhir ini lagi musim buah naga merah, jadi mangga agak terabaikan..hehehe…paling-paling kalo tar buah naga udah gak musim lagi, mangga akan kembali menduduki posisinya yang semula di hati kami πŸ˜€

Ini ada satu ding, foto yang menunjukkan keberadaan si mangga gedong di rumah kami. Memang sih yang jadi fokus di sini adalah dagangan si Nona Manado Cakes, tapi tetep keliatan kan itu si mangga gedong yang lagi nyempil di antara alpukat, pisang ambon, dan roti tawar? πŸ˜€

Kelapa

Gara-gara naro foto dagangan di atas, saya jadi teringat satu buah lagi yang jadi favorit kami, yaitu buah kelapa. Sebenarnya udah hampir dua bulan ini saya gak dagang kue karena masih berasa capek (capek kok sampe dua bulan? ), tapi rencananya per Maret nanti udah mo mulai aktif lagi buka lapak kue. Nah, berhubung dagangan saya salah satunya adalah Klappertaart, jadi kalo lagi aktif dengan dagangan, maka setiap minggu saya harus beli buah kelapa minimal 10 buah. Positifnya, karena dengan begitu, setiap minggu keluarga kami bisa mengkonsumsi air kelapa segar (seluruh dagingnya masuk ke dalam adonan, tapi gak semua airnya diperlukan). Suer lho, kami sukaaa banget sama air kelapa. Rasanya segar dan bisa ngobatin rasa lelah. Saya sering tuh, selagi bikin kue, bolak-balik minum air kelapa dan memang terasa stok energi sepertinyaΒ bertambah setiap abis minum air kelapa πŸ™‚

Itulah pemirsa daftar buah yang jadi favorit di keluarga kami.

Kalo di rumah kalian, suka nyetok buah apa?

Iklan

66 thoughts on “Favorite Fruits At Home

      1. Ayo LIKE komen-komen aku ya! Makin byk yg ngeLIKE nanti aku dapet byk poin trs bs dituker diskon tiket pesawat! #apalahhhh πŸ˜†

  1. Wiiii lengkap banget buah2annya da.
    Aku ada 1 tempat bwli buah favorit. Dekat tmpt kerjaku. Jadi kalo jam 5 sore, si bang udin (nama penjualnya) baru datang belanja buah dan mau beberes utk stock buah yg dia mau jual besok pagi. Jadi bisa dipastikan buah2an dia segar semua. Fresh! Ga ada yg kisut2. Di rumah biasanya ada apel, pear, pepaya dan pisang. Pear kesukaan Si kakak, apel kesukaan si dedek, piaang kesukaan suami, dan emaknya suka apel dan pear… I don’t eat banana da.. hehe

  2. Bnr bgt lis klu musti ngupas dulu, aku jd males makan tp klu utk ank2 ya diusahain. Biasanya sih di kulkas, ada apel, pear, jeruk baby, anggur merah, alpukat, pisang. Klu mangga gk trlalu suka sih aplg buah naga gk ada yg doyan.

    1. Kalo di sana buahnya keren2 ya Man? Hihihihi….

      Aku seumur2 belum pernah lho makan blackberry πŸ˜€ . Soalnya belom pernah nemu di sini, kalo blueberry kan banyak dijual. Nectarine juga ada dijual. Btw, nectarine dan peach itu beda ya Man? Selama ini ku kira sama..hihihihi

      1. Gatel pengen ngomen yang ini… padahal belom kenalan… hehehe..
        Blackberry banyak yang jual loh, mba.. coba aja mampir di ITC, cari counter handphone.. tapi kebanyakan udah second hand loyaaa… hahaha…

  3. Kayaknya kita sama nih sukanya buah yg rasanya cenderung ga asam. Aku juga di rumah selalu ada buah. Musim rambutan gini pastiii tiap ke supermarket beli rambutan rapiah. Selain buah2 yg ada di postingan di atas, aku suka salak pondoh terutama yg dr kebunnya eyang, trus setiap hr selalu makan pepaya hihi yg murmer. Klo pisang sukanya pisang lampung.

  4. Pisaang…

    Dirumah semua suka pisang. Segala macam pisang dr pisang cavendish, pisang kepok, pisang raja, pisang ambon, pisang yg super kecil, pisang batu, pisang nangka dkk.

    Pokoknya kl ada pisang semua happy.. πŸ˜€

  5. Dirumah slalu nyetok pepaya dan pisang epridei.. Anak2 sm suami suka pisang sangat, gw jg suka tp gw mengalah lah, gw pilih jeruk aja hehehe

  6. Kak kalo di rumah cika nyetoknya buah naga (paporitnya anak bayi n cika juga doyan), pisang cavendish (paporit semua), alpuket (paporit cika n suami) sama apel.
    Oiya kak kalo cika lagi males ngupas apel biasanya makannya kek makan semangka aja,jadi digigit dari sisi yang ga ada kulit trus sisain yang pas kulitnya. Tapi ya ada bagian daging apel yang kebuang sih yaa 😁

  7. Kita di rumah gak ada yg penggemar buah. Semua lebih demen makan sayuran drpd buah. Tapi buah buat Abby pasti ada. Dan dia spesifik. Cuma mau pisang Cavendish, Apple Washington, sama Pear Packham. Apel lain ngga doyan, pear lain gak doyan huahahaha. Jadi ya isinya itu doang.

  8. Wah bikin ngiler postingannya 😍😍😍

    Berhubung kami sekeluarga penganut pola makan food combining JD buah buahan udah pasti menu WAJIB yg harus ada buat sarapan pagi ☺, buah favorit sih maunya mangga, pepaya, manggis, rambutan, jambu dkknya tp apa daya di sini tak ada πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚*mendadak curcol 😜*
    Jd pasrah makan buah sesuai musim yg ada aja πŸ˜… (orange, delima, apel, pear, kiwi, jeruk mandarin, kiwi dan pisang stock yg lg ada di rmh ☺)

      1. Iya jeng emang kudu niat bgt mulainya, awalnya cuma pengen ngurusin badan abis lahiran, berhasil turun 18kg dlm wkt 6bln….eh makin kesini niatnya berubah pengen tetep sehat, ketagihan deh jdnya ☺️

      2. Iya diriku waktu hamil anak kedua BBnya naik 20kg an, jd sampe anak ku 4bln BB ga turun turun lg tuh, akhirnya kujalanin pola makan FC ini targetku cm cukup turun 13kg aja kembali sesuai BB sblm hamil.

        Nah ternyata dlm FC itu prinsipnya tubuh yg sehat akan mencari sendiri BB idealnya, setelah jalanin 6bln BBku sampe skrg (udh mau 1thn jalanin FCnya) stabil di angka tsb ☺ (awal mulai jalanin 75kg sekarang 57-58 padahal targetku cm 62kg ☺). Hal ini ga hanya berlaku buat yg BBnya gemuk untuk yg kurus pun bs naik contohnya anak pertamaku sejak jalanin FC jg BBnya meningkat terus.

        Serunya dlm FC diriku bebas makan ga pake ditakar takar selama waktu dan padanannya tepat secara lg menyusui jg seperti dirimu udah pasti porsinya selalu dobel πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†.

        Eyalah maap ya mak JD ‘nyampah’ ttg FC gini di blogmu β˜Ίβ˜Ίβ˜ΊπŸ˜‚

  9. Klappertaart…..pesen Jeng langsung dari Nona Menado hua sayang jauh kirimnya…
    Stok paling gampang jeruk dan apel Jeng. Kalau nemu sawo di toko buah pasti diembat duluan.
    Salam

  10. Kalo aku lagi suka beli jeruk shantang soalnya lagi diskon di supermarket. Huahahahaha..
    Biasanya ada apel, pir, sama semangka kesukaan si ayah. Kemaren2 tiap hari beli pisang tapi sejak Rasydan sembelit jadi absen dulu belinya..

  11. eh saya juga suka banget loh minum air kelapa,segeerr lah pokoknya :-), kalau di rumah yg suka makan buah hanya suami,jadi kalo ada ya makan kalo gak ada juga ak nyari πŸ˜€

  12. Maen ke rumah lisa aaah….*bawa keranjang….
    Lengkap bener lis, kayak di superindo. Hihihihi…
    kalo kami suka semua buah. Biasanya digilir aja.

  13. Aku sih suka semua buah Liiiiis…
    Kecuali pepaya lho…suka gak tahan ama baunya hehehe…
    Makanya di rumah jarang banget ada pepaya, dan kalo Abah beli pun, aku gak pernah mau ngupas…bhuahahha…

    Dan buah2an di rumahmu lengkap banget sih Liiiiis…kapan2 pengen mampir aaaah …hehehe..

  14. yaks gara2 berita tentang apel import sekarang apel2 di kulkas pada nganggur. Mau dibuang kok sayang takut kualat buang2 makanan huahhaha, mau dimakan kok ya takut.
    Pakai pemotong apel saja mbak tapi tetep sih harus ngupas dulu……tp lumayanlah ngurangin effort potong2

  15. cara asik makan buah naga cm dibelah dua trus disendokin,,nyuuumm,,segarrr,, di rumah yg suka buah cm aq, suamiq krg suka, kalo anakq krn waktu umur staunan sering batuk dan ga boleh mkn buah,akhirnya g suka buah, hiks TT

  16. ngomongin buah, Samara jagoan banget kalo makan buah. Kalau di rumah ada jeruk, semangka, melon, smuanya dimakan πŸ™‚
    Nah, kalau musim mangga, eyangnya sampai kirim dari Tegal untuk cucu tercintanya hehehe…

Thanks for letting me know your thoughts after reading my post...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s