(Experiment) Lubang Tak Selalu Sama Dengan Bocor

Punya anak yang selalu ingin tau, ingin belajar, dan sering sekali bertanya mengapa, mengapa, dan mengapa, memang meski kadang terasa merepotkan namun harus saya akui bahwa itu amat sangat menyenangkan.

Menyenangkan, karena saya juga jadi ikut banyak belajar dan jadi tau tentang realita dari hal-hal yang sudah saya telan bulat-bulan sejak kecil. Dulu memang sepertinya waktu kecil saya tidak sekritis anak saya sekarang. Jarang tanya kenapa dan kenapa. Entah kenapa juga, hehe… Bersyukur, punya anak yang selalu pengen tau misteri alam ini dan karenanya hobi banget baca buku-buku science, akhirnya sayaΒ juga jadi ikut tau banyak hal…jadi suka manggut-manggut sendiri pas lagi baca buku bareng dia sambil dalam hati ngomong, “oalah gitu toh ternyata?” hihihihi… *oya, semalam dia baru bertanya mengapa suara tokek seperti itu dan sepertinya hari ini saya harus googling untuk cari tau mekanisme pengeluaran suara si tokek hingga menghasilkan suara yang berbunyi…to..kek…to..kek seperti itu πŸ˜€ πŸ˜€ *

Dan menyenangkan juga, karena anak saya selalu pengen tau jadi selalu semangat ketika diajak melakukan eksperimen. Aslinya saya gak terlalu suka sama pelajaran Fisika dan Kimia, tapi kalo soal percobaannya sendiri saya selalu senang, karena bisa liat langsung apa yang sebelumnya hanya di teori doang. Belajar dengan eksperimen lebih asik karena bikin pengetahuan lebih nempel di otak.

Nah, beberapa hari lalu, saya dan si abang bikin eksperimen yang berkaitan dengan gravitasi, sifat air, tekanan udara, sertaΒ soal lubang dan bocor.

Kalo soal gravitasi kita semua tau kan ya? Segala benda yang ada di atas bumi ini jatuhnya pasti ke bawah karena ditarik oleh gaya gravitasi bumi. Hal ini juga yang bikin secara alami salah satu sifat air adalah mengalir ke tempat yang lebih rendah.

Dan kita semua juga tau kan ya, kalo yang namanya lubang itu, terutama di bagian bawah bisa menyebabkan kebocoran? Ya jangankan yang ada lubangnya. Yang gak ada lubangnya aja bisa bocor kok. Contoh aja dompet, meski bagian bawahnya mulus tanpa lubang, tapi tetep aja semua duit yang dimasukkan ke dalam bisa bocor entah kemana kan? #eh?

Tapi ternyata ya pemirsa, gak semua lubang kok bisa menyebabkan kebocoran.

Bener deh.

Kalo ada botol yang bagian bawahnya berlubang, lalu botol itu diisi air, menurut pemirsa apakah air dalam botol itu akan mengalir keluar lewat lubang di bagian bawah itu?

Belum tentu lho.

Gak percaya?

Yuk mari simak eksperimen saya dan si abang berikut ini.

Alat dan bahan:

  • Botol plastik
  • Air
  • Wadah untuk menampung air
  • Paku/bor/obeng
  • Kalo sama seperti saya, gak suka meja jadi basah, boleh juga siapin kain lap buat alas πŸ˜€

Cara:

1. Lubangi bagian bawah botol dengan menggunakan paku/bor/obeng

Lubangnya gak keliatan yak? Hihihihi

2. Letakkan jari menutupi lubang pada bagian bawah botol, lalu tuangkan air ke dalam botol 3. Angkat jari yang menutupi lubang pada bagian bawah botol. Apa yang terjadi? Ya jelas lah airnya ngalir keluar. Namanya juga ada lubang, ya bocor lah! πŸ˜› 4. Tapi janganberhenti sampe situ dulu. Sewaktu air mengalir keluar itu (dan pastikan bahwa air dalam botol belum habis yaaa…), pasangkan tutup botol plastik tersebut pada tempatnya. Lalu lihat apa yang terjadi. Air berhenti mengalir keluar lho!

Penyebabnya adalah karena ketika botol ditutup, maka tekanan udara di luar dan di dalam botol menjadi sama sehingga air pun tidak tertekan keluar. Logikanya sih ketika tutup botol dibuka, udara luar mengalir masuk dan menekan air sehingga air terpaksa keluar, sementara ketika botol ditutup, udara dari luar berhenti mengalir dan air pun bisa tenang di dalam botol.

Gitu deh eksperimen sederhananya. Mungkin sebagian teman-teman udah tau ya soal ini? Karena ini termasuk dalam eksperimen yang dilakukan jaman sekolah dulu.

Atau ada yang belum tau dan belum percaya? Kalau demikian, just try this at home with your children and makeΒ them (or even yourself) surprise πŸ™‚

Selamat hari senin, semua!

Iklan

30 respons untuk β€˜(Experiment) Lubang Tak Selalu Sama Dengan Bocor’

  1. jaman sekolah dulu belum pernah eksperimen kayak gini mbak.
    ntar dirumah dicobain ah, sama anak-anak
    Makasih sharingnya mbak…

  2. iya betul, tergantung tekanan.
    disini kita pake galon air yang bagian atasnya bisa dibuka buat refill. kalo tekanannya lagi besar karena udara di dalam galonnya juga banyak, walaupun kita pencet faucet nya, airnya gak bisa keluar. tutupnya mesti dibuka dulu baru keluar. πŸ˜€

  3. Dulu mah jarang ada percobaan2 sederhana begini. Semua teori cuma dihapal. Yg mana, begitu selesai ujian, semuanya terlupakan.. Hehehe.. 😊

    1. Tapi biasanya di buku-buku pelajaran suka ada instruksi buat bikin percobaan, cm mmg mgkn krn waktunya kurang (ato gurunya mgkn lagi malas), jadi biasanya instruksi kayak gitu dilewatin aja. Nah, aku suka tuh ngikutin instruksi percobaannya di rumah πŸ˜€

      1. Waahh.. Hebat Mba.. Masih semangat buat eksperimen2 gitu.. Kok seingetku di buku aku dulu ga ada ya? Atau saking udah “dilupakan” smua yaaa? Hehehe..

  4. Tahunya dari air galon yang tidak keluar jika belum diberi lubang. Hihi…
    Tapi bagus nih untuk ekspreimen bersama anak.
    Btw, lama banget gak main di sini. Setelah lama hiatus, BW-nya kebanyakan dari grup di FB.

  5. Nahhh…azka ama alisha lg keranjingan eksperimen. Gegara beli alat eksperimennya di sini nih http://planet-sains.info/category/demo-sains/ aslikk deh bikin ketagihan dan seru2.

    Coba abang raja langganan majalah sains kuark deh…di sini http://www.komikuark.net mulai dari level 1, level 1 itu isinya kayak pelajaran kelas 1 dan 2 sd. Tp isi komiknya fun banget. Tiap th ada olimpiadenya. Ntar 21 feb babak penyisihannya. Klo udah sampe final, tesnya selain tulis juga ada eksperimen

  6. Dengan eksperimen begini ilmu masuk secara main-main dan tidak gampang hilang dari ingatan. Trima kasih Raja, ikutan belajar keseimbangan tekanan udara.
    Salam untuk duo R

  7. Mba Allisa.. Thanks for sharing.. Keren yak. Saya tau teorinya tapi dulu ga ada eksperimen kaya gini kayanya. Beberapa waktu lalu di tv ada acara r*nking1 yang ada eksperimen kaya gini kan, nah itu saya suka nontonnya.. 😁

Thanks for letting me know your thoughts after reading my post...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s