Smog…………..

Tahun ini, lagi-lagi Palembang diselimuti kabut asap…kayaknya yang seperti ini memang udah jadi agenda tahunan dan selalu terjadi antara bulan Agustus-September. Tahun 2012 lalu saya juga pernah nulis tentang kabut asap di sini.

Sebabnya apa lagi kalau bukan karena kebakaran lahan…..yang emang sengaja dibakar…..

Memang membuka lahan baru dengan cara slash and burn seperti yang banyak dilakukan di sini adalah metode yang paling murah dan mudah. Tapi ya itu, efeknya panjaaanggg…dan seisi kota ngerasainnya, padahal lokasi lahan-lahan yang dibakar sudah jauh banget sih dari kota tapi karena masive jadi efeknya kerasa banget di sini. Sejauh mata memandang, yang terlihat cuma kabut asap di langit. No sunshine, no blue sky, no clouds….dan udaranya itu, duh…terasa kotooorr banget. Kalo udah gini jadi malas banget berada di luar rumah, karena udaranya bikin sesak. Rumah pun terpaksa selalu ditutup semua pintu dan jendelanya, kalo sampe dibuka, beuuh…masuklah itu segala asap dan debu-debu hitam bekas bakaran.

Kondisi kayak gini selain mengganggu aktivitas, juga tentu amat sangat mengganggu kesehatan. Makanya gak heran kalo di musim gini batuk pilek merajalela. Beberapa hari lalu suami dan anak-anak juga kena batuk pilek, syukurlah sekarang semua udah baik-baik aja, termasuk si Ralph. Si bayi yang beberapa hari lalu sampe demam gara-gara batuk pilek itu, sekarang udah gak pernah terdengar lagi batuknya…yang terdengar dari mulutnya cuma ocehannya, tawanya, dan nangis pura-puranya…hihihihi…

My King of Drama :D :D :D
My King of Drama 😀 😀 😀

Duh, semoga aja hujan lekas turun, supaya kondisi seperti ini segera berlalu dan udara bisa menjadi bersih kembali. Kondisi kayak gini bikin Raja jadi prihatin juga. Sekarang tiap malam tuh dia berdoa supaya Tuhan ngasih hujan biar gak ada lagi pohon-pohon yang terbakar….dia bilang ke Tuhan Yesus, katanya kasian kalo makin banyak pohon yang terbakar :D.

Doa kayak gitu udah ada sekitar 3 hari ini dia panjatkan dan akhirnya tadi pagi dia nanya ke saya kenapa kok Tuhan gak kasih-kasih hujan juga sampe sekarang padahal dia udah berhari-hari minta hujan? Saya bilang, kalo Tuhan selalu punya rencana yang jauhhh lebih baik dari apa yang kita pikirkan. Kalo kondisi kayak gini masih diijinkan Tuhan, itu artinya ada sesuatu yang mau Tuhan buat. Mungkin buat kita sekarang ngeliatnya kok ini gak baik banget, tapi percaya aja bahwa Tuhan tidak pernah terlambat bertindak dan apapun yang Tuhan buat atau ijinkan terjadi itu ada maksud yang baik 🙂

Ini ada beberapa foto yang saya ambil yang nunjukkin betapa tebalnya kabut asap di sini yang akhirnya membuat wajah kota jadi terlihat suram dan muram.

Foto ini saya ambil kemarin sore, kaget begitu keluar kantor liat langit udah gelap banget, padahal ini baru jam 4 lho...itu gelapnya bukan karena mau badai, dan mendungnya bukan karena mau hujan, tapi karena memang tertutup kabut :(
Foto ini saya ambil kemarin sore, kaget begitu keluar kantor liat langit udah gelap banget, padahal ini baru jam 4 lho…itu gelapnya bukan karena mau badai, dan mendungnya bukan karena mau hujan, tapi karena memang tertutup kabut
Ini di jalan, kemarin sore. Matahari sebenarnya lagi bersinar terang, tapi cahayanya gak nyampe ke bawah, karena terhalang kabut ...
Ini di jalan, kemarin sore. Matahari sebenarnya lagi bersinar terang, tapi cahayanya gak nyampe ke bawah, karena terhalang kabut …
Dan ini foto tadi pagi....muram banget yah
Dan ini foto tadi pagi….muram banget yah

Sekali lagi, semoga aja kondisi ini segera berlalu dan kami bisa menghirup udara segar lagi. Kangen jalan-jalan di taman pas pagi atau sore hari. Sejak kabut asap melanda, kami gak pernah lagi ke taman…ya gimana, jalan ke taman kan dalam rangka nyehatin badan dengan ngirup udara segar, sementara dalam kondisi kayak gini, udara segar mana lagi yang bisa dihirup? T__T

Demikianlah pemirsa, cerita saya sore hari ini yang ditulis di tengah suasana muram berkalang kabut kota Palembang, hehe…dan mungkin karena tema hari-hari terakhir ini sedang ‘gelap’, saya juga jadi ikut-ikutan pake baju gelap ke kantor. Baru nyadar pas tadi nyampe di kantor, lah kok hari ini saya temanya jadi item-item gini.

IMG_00000409

Tapi walo tema luarnya gelap, hati saya tetep ceria dooonggg…!

Iyaaa…ceria banget soalnya lagi menanti kekasih hati pulang ke pelukan, nih…hahahaha…

Udah ah nulisnya, sampe di sini aja…ini kok mo nulis soal kabut asap malah jadi kemana-mana ceritanya, takutnya kalo dipanjangin malah makin absurd…hihihihi…

Met sore, manteman!

Iklan

28 thoughts on “Smog…………..

  1. Langsung terdistract ama potonya Raplh Lis. Lucu banget siiih. Gemes. Hahahaha
    Semoga cepet reda ya kabut asapnya. Ini emang ga bertanggung jawab pelakunya. Demi keuntungan gak seberapa mereka rela korbanin ribuan jiwa.

  2. Iya lis aku jugadengar di radio katanya palembang juga ber-asap….duuuh…modah2an segera turun hujan ya…

    Aduuuuh Ralph lucu bgt….serius lis itu nangis pura-pura? 🙂

  3. absurd karena kangen ini pastinya..hehehe…
    iya ngerasain nggak enak banget kena kabut asap, ini disini juga udah mulai was was jeng..semoga aja nggak ada kiriman kabut dan ataupun lokal dari sini kayak kemarin itu….
    semoga cepat turun hujan dan kabut segera berlalu

  4. udah puluhan tahun kayaknya ya kejadian ini sejak kk masih di sana, nggak bisa tuntas juga ya masalah bakar hutan ini

    so sweet Raja, bikin doa ya g bagus banget

  5. Aduuuuhhh… Si bayik ganteng lucuuuu….*uyel-uyel*

    Lisa, kalo keluar rumah sampe pada pake masker ngga? Kebayang deh ngga nyamannya… 😦
    Mudah2an cepet turun hujan ya… Atau bikin hujan buatan gitu ya…

  6. ya ampun pagi ama sore ga ada bedanya boo.. itu klo diluar kerasa sesak napas donk ka, bau bakaran gt? kesian anak2.. sehat-sehat ya kalian…

  7. Aduh, semoga segera hilang yah kak kabut asapnya.. Moga pelaku pembakaran yg ga bertanggung jwb ini bs lebih bijak next time jika butuh lahan 🙂
    Kasian pohonnya hikss
    Jgn lupa pakai masker kak kalau keluar2 biar paru2nya ga terkontaminasi racun 🙂

Thanks for letting me know your thoughts after reading my post...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s