Mari Ngomongin Isi Kulkas

Siang ini, pengen nulis yang ringan-ringan aaahhh…tapi walopun ringan, buat saya yang kayak gini-gini tuh bikin hepi, karena memang kalo udah ngomongin tentang rumah, tentang isi rumah, bahkan printilannya, pasti bikin saya semangat ๐Ÿ˜€

Nah, kali ini saya pengen ngomongin tentang isi kulkas.

Ceritanya beberapa waktu lalu, ada temen yang datang ke rumah. Karena udah akrab, jadi si teman ini gak ragu untuk buka kulkas buat ngambil minuman dingin di situ. Eh, pas dia buka pintu kulkas, gak berapa detik kemudian dia langsung nutup pintunya kembali tanpa ngambil minuman, sambil bilang, “Kulkas mu mengintimidasi! Terlalu rapiii!”.

Pas denger itu, saya cuma ketawa geli sendiri.

Ya abis gimana dong, saya ini kan orangnya memang senang sama yang namanya rapi-rapi, termasuk untuk persoalan isi kulkas. Gak banget lah kalo liat isi kulkas yang berantakan sampe bikin susah kalo mo nyari bahan makanan, dan paling gak banget kalo pas buka kulkas trus langsung tercium segala macam bau.

Nah, supaya isinya bisa rapi dan gak bau, sejak dulu saya selalu netapin 4ย aturan ini di rumah.

  1. Gak boleh ada bahan makanan yang disimpan secara terbuka di dalam kulkas. Semua musti diwadahin atau dibungkus dalam plastik lalu ditutup rapat.
  2. Bawang dan bumbu dapur yang berbau menyengat gak boleh disimpan dalam kulkas. Sebenarnya memang ada beberapa bahan dapur yang tidak perlu disimpan di kulkas, termasuk jahe, kunyit, lengkuas, dan sebagainya, karena bahan-bahan itu justru kalo disimpan di kulkas malah jadi lebih cepat mengering. O ya, kentang juga sebaiknya tidak disimpan dalam kulkas, karena justru lebih tahan ketika disimpan di suhu ruang.
  3. Paling minim seminggu sekali, isi dalam kulkas musti dicek sekalian dibersihkan, jangan sampe ada bahan makanan yang udah busuk tersimpan di dalamnya terutama di dalam laci-lacinya itu.
  4. Telur yang mo disimpan dalam kulkas musti dibersihkan dulu. Bukan dicuci karena pencucian telur justru akan bikin bakteri masuk ke dalam telur, tapi dilap sampai bersih baru dimasukkan dalam kulkas.

Empatย aturan itu selalu saya jalankan di rumah, entahkah pas lagi ada ART atau gak. Pada umumnya sih ART bisa ngerti dan bisa ngikut aturan saya itu, walo adaaa aja satu dua yang bandel yang ujung-ujungnya bikin kulkas jadi bau, berantakan, dan di bagian freezernya suka ada tumpahan darah ikan….ih,ย sebel deh. Syukurnya sekarang si mbak Wiwik termasuk ART yang mau ngikutin aturan saya di rumah, lagian memang kalo dipikir-pikir aturan saya itu justru membantu mereka kok. Nyari dan ngambil apa-apa jadi gampang, lekas ketahuan kalo ada bahan makanan yang udah habis dan perlu dibeli lagi, juga proses membersihkan kulkas jadi lebih mudah karena pada dasarnya kulkasnya memang gak kotor-kotor amat.

Itu dia ceritanya, sekarang kita liat yuk, gimana pengaturan barang-barang dalam kulkas saya.

???????????????????????????????

Yang di atas itu adalah bagian freezer-nya. Iyaaa…saya gak pake kulkas sendiri buat nyimpen ASIP si adek. Rak-rak di bagian pintu freezer jadi tempat buat nyimpen ASIP, sementara rak dan laci di bagian dalam jadi tempat buat nyimpan ikan, daging, es batu, dan es krim ๐Ÿ˜€ . Saya pede naro ASIP di pintu freezer, karena freezer ini suhunya lumayan tinggi…eh salah ding, kebalik, rendah maksudnya. Suhunya sampe -21 derajat Celcius, jadi gak apalah ditaro di pintu freezer gitu. Trus liat kan ada kotak-kotak biru, nah itu adalah tempat untuk ikan dan daging. Satu kotak berisi bahan untuk sekali masak. Jadiย setiap habis belanja mingguan, setelah ikan danย dagingnya dibersihkan, langsungย dibagi-bagi per sekali masak, masukin dalam plastik transparan, lalu disimpan di kotak yang terpisah. Kotak ituย berbahan PP danย aslinya adalah kotak untuk kueย tapi bikin puas banget begitu dipake buat nyimpen bahan makanan yang amis seperti ikan atau daging ini. Kotaknya tertutup rapat, bikin bau amis gak berani keluar kemana-mana (jadi aman buat ASIP si dedek) tapi cihuynya, kotaknya sendiri gak menyerap bau amis itu. Boleh dicek deh, itu kotak-kotak sama sekali gak ada bau amisnya malah yang ada sampe sekarang pun itu kotak kalo dicium masih berbau wangi seperti wangi kue, padahal sejak beli juga gak pernah sekali pun saya pake buat mewadahi kue lho ๐Ÿ˜€

??????????????????????????????? cats

Nah, dua gambar di atas adalah bagian chiller-nya.

Rak paling atas tuh ada minuman-minuman bersoda. Aslinya kami di rumah gak ada yang minum minuman bersoda kayak gitu (termasuk sus dan mbak wiwik), tapi karena tiap Natalan selalu aja ada pembagian minuman dari koperasi, kami jadinya punya stok minuman bersoda dehย ๐Ÿ˜€ .

Rak keduanya jadi tempat buat ASIP si dedek yang bakal diminum di hari itu. Biasanya sehari ngeluarin 5 botol buat si dedek. Di rak kedua juga jadi tempat buat koko crunch abang dan coklat mamanya..hihihihi…

Rak ketiga biasanya terisi sama puding-puding danย biasanya ada kue juga, tapi yang wajib sih puding karena tiap hari di rumah musti ada puding. Tapi kadang rak ketiga ini jadi tempat buat nyimpen bahan atau bumbu dapur juga, kayak gambar di atas itu, wadah cabe ditaro di rak ketiga, karena gak muat lagi di rak-rak bawahnya.

Rak keempat dan seterusnya jadi tempat buat nyimpen bahan makanan dan bumbu-bumbu. Lihat kan, semua ditaro dalam wadah supaya bersih, rapi, dan gampang dicari. Itu sayuran hijau disimpan dalam wadah gitu, lumayan banget lho bikin sayuran tahan tetap segar meski disimpan sampai seminggu. Bahan-bahan yang gak ditaro dalam kotak dan cuma diplastikin aja disimpan dalam dua laci di bagian paling bawah.

Kalo di bagian pintu sih gak banyak isinya (eh, memang aslinya kulkas kami gak pernah sampe penuh-penuh banget isinya, saya gak suka soalnya liat kulkas yang kepenuhan). Paling cuma ada minuman-minuman, keju-keju (di bagian paling atas yang bertutup), santan, selai, kikkoman, udah deh….segitu aja.

Pas liat kulkas saya, si teman yang saya ceritakan di atas itu, bilang kalo saya nih OCD. Tapi kalo saya sih bilangnya ya gak lah… Menurut saya itu rapinya masih standar kok. Orang kalo OCD mah rapinya bener-bener yang sampe ke detail banget, kalo saya sih rapinya masih biasa-biasa aja. Gak cuma kulkas, tapi untuk pengaturan yang lain-lainnya juga, asal gak terlihat berantakan dan gak bikin susah kalo mo nyari apa-apa, buat saya udah cukup ๐Ÿ™‚

Gitulah cerita saya siang ini….kalo temen-temen sendiri, gimana cara kalian mengatur bahan makanan di kulkas?

PS:

Untuk cerita tentang kulkas jilid kedua bisa dibaca di sini ๐Ÿ™‚

Iklan

87 thoughts on “Mari Ngomongin Isi Kulkas

  1. Betuuull… seneng banget kalo liyat apa-apa rapi yaa….
    Setuju sama 4 peraturan itu.. sama soalnya… bedanyaaa.. isi kulkasku nggak se banyak isi kulkas mu… dan kulkasku juga nggak sebesar kulkasmu, Lis… heheheheh…

    1. Soalnya manusia dalam rumahku lebih banyak juga No, daripada jumlah manusia di rumahmu, makanya isi kulkasku lebih banyak…hihihi

  2. hedeh rapi jali…duh jadi pingin beres beres isi kulkas dirumah..yang soal aturan itu setuju …tapi yang sering melanggar adalah saya sendiri hehehe..*tutup muka ๐Ÿ™‚ nggak konsisten….padahal kalo udah nyari susah emang nggak enak banget..mumet.:)

  3. halo mba allisa…
    aku silent reader nya selama ini.

    dan skrang ga kuat , mau komen.
    aku sungguh terintimidasi mba..
    beneran…rapihhhh

    buru2 ntar pulang mau beres2 kulkas ๐Ÿ™‚

  4. waw..kulkasnya rapih banget. mbak lisa, klo sayur mayur dicuci dulu ga sebelum dimasukin ke kotak? trus disimpen pake plastik apa mbak? cabe, bawang, dipetik dan dibersihin dl ga? maaf nanya borongan. hihi..

    1. Sayur mayur gak dibersihkan dulu, paling cuma dipotong2 atau dipetik2 aja. Kalo dibersihkan dulu tar jadi basah karena air dan bakal bikin sayur cepat busuk.
      Kalo bawang gak saya simpen di kulkas. Cabe juga gak dipetikin dan dibersihkan, langsung aja kering2 masukkin ke kotak ๐Ÿ˜€

  5. disenggol di email, gak tahan buat gak lihat….. kubela-belain lho Lis….wkwkwkwkwk…..
    ah kulkasku lebih rapiiii daripada itu…… *kompetitip *padahal bohong besar wkwkwkwk….
    dulu ya…dirumah lama, kulkas ibu Inot itu terkenal paling bersih dan rapi…. sampai saking siriknya, ibu S (mamanya Bila) suka bilang…. mbak A itu kalau malem gak tidur…. jilatin kulkas biar kinclong…huahahaha…..
    dan aku… malu ih…. aku suka biarin kulkas berantakan… padahal aku itu juga suka yang well organized gitu… sekalinya bersih2 ya emang kinclong banget… tapi… tar kena jajahan pK…langsung buyar…. yo wes…lama2 ketularan jadi males (mencoba menyalahkan pK, mana mau lha ngakuin kalau sendirinya muales banget kan…. )

  6. Idem,kulkas ku malah kepisah,yg lebih kecil utk isian makanan matang n snack,yg 1nya gedean dikit (no,not the sidebyside like urs hahahah).. Utk bahan2 makanan,alias m.en.t.ah macam sayur mayur,bumbu, dsb
    Emg ringkes n bahagia liat kulkas(kulkas) rapih n ga bau ya da..
    Jd pgn crta kulkas… Hahaha
    #buka wordpress

  7. Benar2 mengintimidasi hahahaha ๐Ÿ˜€ suka liatnya, rapi pisan Mbak, btw makasih ya Mbak bs buat catetan nih soalnya aku lg mempertimbangakan utk ganti kulkas *emang kudu ganti kulkas baru dl ya Dang buat ngerapiin isi kulkasnya wkwkwkwkkk*

  8. Gw termasuk yg memperhatikan isi kulkas juga Lis, ga blh ada makanan yg ga ketutup tiap taro di kulkas, terus telur juga mesti dibersihin dulu sblum masuk.
    Kulkas juga sering dibersihin.. Untungnya si bibi se-ide, se-paham sm gw, jd urusan kulkas sih ga ada masalah ๐Ÿ˜€

  9. Hidup containerrrrrr!!! Kalo aku masih blm bisa kayak gitu… Soalnya, isinya BANYAK BANGET! sekali belanja buat 1 minggu dan kulkas langsung penuh blas. Kalau dikasih container lagi, malah tambah nggak bisa ditutup hihhi. Padahal aku pake 2 kulkas. Kayaknya kalo aku pake yang model side by side malah tambah gak muat lagi.

    1. Hehe..kita sama yaa..belanjanya semingguan. Dulu juga aku pake 2 kulkas Le, sempat kepikiran kalo diganti cuma 1 tar gak cukup, tapi ternyata muat2 aja karena freezer di dua kulkas sebelumnya ternyata masih kalah gede sama freezer kulkas yang ini ๐Ÿ˜€

  10. wah rapinyaaaaa yaa…malu deh lihat kulkas kecilku ..berantakan ..anyway itu cabe nya banyak amat yaaa..hahaha bisa dimakan setahun kalau saya….

    1. Hahahaha…kalo kamu mah memang GAK BOLEH makan cabe…suami aku juga sebenarnya sih gk boleh makan cabe juga, tapi dia suka bandeelll…

  11. Mbak..
    Ku pikir itu kulkas buat jualan atau demo cara pake kulkas yang baik dan benar. Rapi kaliiii.. *shock*

    Aku belom punya kulkas pribadi, masih pake barengan sama keluarga. Biasanya cemilan sering aku masukin kulkas dan asal aja naruhnya. Besok-besoknya pas aku makan sesendok langsung ku buang karena rasa ikan dan bawang. Wkwkwk.. Sejak itu aku ngga pernah lagi pake kulkas, kecuali buah yang disimpen pake tupperware rapet-rapet

  12. Aku nggak rapi sih Lis (apalagi dibandingin sama kau dan Tyke ahahaha) , tapiii kalau kulkas aku termasuk rapih soalnya kami belanja kan mingguan ya, jadi meski dua kulkas tetep aja kalo nggak rapi nggak akan maksimal masukin bahan makanan yang seabreg gitu. Tapi aku masih ngandelin tupperware *belinya di temen sendiri soalnya, teracuni senantiasalah* dan nggak pake plastik-plastik. Tapi emang enak kok kalo kulkas teratur, bikin kita belanjanya terarah, dan tau barang-barang apa yang habis dan. Puas rasanya pas Jumat udah banyak “lahan” kosong di bagian freezer, ngerasa pas pembelian dan yang dipergunakan

    1. Klo tupperware mu dipake buat ikan sama daging di freezer gak ndang? Pengalaman temen2ku pake tupperware, pada blg gak oke, krn jadi bau wadahnya…tapi mmg bahan tupperware ini kan suka nyerap bau ya…

      Sama Ndang, aku juga belanja mingguan ๐Ÿ˜€

      1. kayaknya emang ada baunya Lis hahaha tapi aku cuek aja, karena belanjaanku std tiap minggu 2 jenis ikan, udang sama ayam kampung 2 ekor. Dan tempatnya ya itu itu aja gak kuganti jadi biarlah sisa bau ikan minggu lalu diakumulasi sama bau ikan yang baru ihik. Yang nggak bau itu yang seri tupperware apa tuh namanya Lis yang emang buat di freezer, tapi aku cuma punya 4 biji yang ukuran kecil, buat tpt daging giling dan lemak buat kaldu gitu. Itu seinget dan sepenciumanku tak bau deh

      2. Yang seri khusus untuk freezer juga kayaknya bau Ndang, pengalaman beberapa temenku bilang gitu, makanya aku yang tadinya mo beli langsung batal pengen beli ๐Ÿ˜€

  13. silent reader pgn komen dan tnya ni,mb..
    crta2 mb alisa soal rumah tangga jd inspirasi ni..bhkn bnr2 jd bahan pertimbangan bgt klo mw mngambil kputusan soal barang
    boleh direview g,mb soal kulkas sm mesin cucinya?
    itu msg2 tipe apa trus gmn kinerja jg penggunaan listriknya?
    hehe..maaf y ptnyaan nya ibu2 bgt

    1. Kalo kulkasnya yang tipe SRS..tepatnya SRS berapa aku lupa juga..hahaha…so far so good laahh…Konsumsi listrik berapa ya? Aku juga lupa..hahaha…tapi kayaknya gak jauh beda lah dgn kulkas biasa ๐Ÿ˜€

  14. klo udah terlanjur bau gmn ka? penyerap bau kyknya ga begitu ngaruh ya….
    terus kk klo bersiin kulkas pake aer n lap doank apa pake sabun2an juga?

    1. Udah coba pake cara-cara berikut?

      1. Lap pake kain yang udah dikasih cuka, trus abis itu lap lagi dengan lap basah
      2. Taro wadah kecil terbuka berisi kopi/teh di dalam kulkas trus didiamkan beberapa saat
      3. Lap pake kain yang dikasih perasan lemon, trus abis itu lap lagi dengan lap basah bersih

      Aku gak pernah pake sabun2an untuk bersihin kulkas, malah jadi ngerepotin kan kalo pake sabun2an gitu..kecuali untuk ngebersihin rak2nya yang mana raknya dikeluarin dulu baru dicuci pake sabun, udah kering baru masukin lagi

      1. pake kopi udah pernah malah jadi campur aduk baunya… ntar sabtu udah niat beberes kulkas, ngumpulin wadah2 n mo coba pake air lemon aja…. tengkyu kaka…

  15. Hmm….rapi jali banget mbak…
    suka…suka..suka…
    makanya gw udah beli segambreng tupperware buat pindahan entar, karena gw juga tipikal yang mesti rapi kulkasnya
    btw..beli wadah plastik yang masih beraroma kue itu dimana mbak? merk apa?

    1. Tupperware tuh suka bau lho apalagi kalo buat nyimpen ikan/daging ๐Ÿ˜€

      Belinya di toko peralatan rumah tangga biasa…merknya apa aku lupaa..hahahah

  16. Itu rapih banget Lis.. O_O
    Jadi minder.. hahahaha..

    Kalo aku sih semua dimasukin aja.. Apalagi bagian freezer. Kalo mau cari apa harus diubek2 semua baru ketemu.. X_X

  17. Lisaaaa…rapi amaaaatttt ๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜
    Bener kata ibu2 di grup, rapi pisaaan …

    Tapi enak deh kalo bisa ngatur rumah sendiri, kalo terlalu banyak “tangan” kayak aku.. Abis dirapihin pun ya ngga bertahan lama, berantakan lagi.. :((

  18. asli terorganisasi sekali Jeng Lis, agak repot saat membiasakannya tapi pasti menuai hasil memudahkan pengguna.
    Saya acakadut Jeng menata kulkasnya hehe
    Salam hangat

    1. Salam hangat juga bu Prih…

      Iya memang, cuma harus sedikit repot saat menatanya, tapi kalo sudah tertata maka akan sangat memudahkan sekali ๐Ÿ™‚

  19. mbaaakkk saya silent readermu,akhirnya pengen komen juga.tertarik sama kotak2 birunya ituuu pengen juga,walau suamiku suka bilang diriku itu terobsesi kotak2 plastik hahahaha *bisikin merknya ya mbak ๐Ÿ™‚

  20. Hallo mbk allisa, sy sr blog ini… Mbk bikin tulisan tentang pengaturan menu selama seminggu dong, Kayaknya enak ya ga repot belanja sayur tiap pagi ato beli lauk dari luar tiap hari.. Selipin foto2 cara simpan ikan dan daging sblm masuk ke freezer dong Mbak ๐Ÿ™‚ buat inspirasi saya yg sebentar lagi tinggal di Rumah sendiri..Tks mbk allisa..

    1. Iya, lebih enak belanja mingguan, lebih terorganisir dan gak pusing tiap hari mo masak apa..

      Sebelum simpan di dalam kotak, ikan atau daging dimasukin dulu dalam kantong plastik transparan, jadi lebih aman dan lebih gak berbau

  21. mbaaaaa, aku kaguuummm…!!! kulkasmu sungguh SUPER DUPER RAPIH bgt!
    itu kotak daging & ikan pake apa sih ?
    klo aku cuma dibungkusin plastik dibagi per masak abis itu lsg masuk kulkas, ga diwadahi lagi. Trus jug tips2 nya berguna bgttt tyt telur gaboleh dicuci yah, bumbu dapur jg baiknya ga masuk kulkas (brati mesti beli wadah buat naroh2 di luar). TFS mbaa… jadi inget dulu pertama nyasar ke blog ini pas nyari dapur, dapur di rmh lama mu mba, itu juga SUPER RAPIIHH bgttt.

    Mba rikues share ruang cuci/ruang belakang dong XD pingin tau gimana ngerapihin nya

    1. Itu pake kotak martha cake keeper-nya lion star jeng..

      Hahahaha…gak berani janji yaaa…kapan bisa sharingnya ๐Ÿ˜€

  22. Huaaa…kulkasnya Allisa rapi bingits.
    Kulkas kju gak segede punya kamu, Lis.
    Tapi aku juga gak suka berantakan makanya bela-belain punya beberapa tupperware dan beli IKEA container setiap ke sono.
    Soalnya murah dan food grade…

  23. Hai Allisa salam kenal….kayanya dulu pernah mampir blog ini jaman lagi rame2 tahun lalu itu hehehhe…
    kulkasnya rapih banget (berasa diri sendiri kalah rapi padahal udah dikatain org ocd hahahha)

    kl aku semua pake plastik bening setelah di cuci dan potong sesuai porsi sekali masak kemudian baru masuk kotak lock n lock semua karena sebel kalau bau amis apalagi kl sampe ada cairan berceceran bau amis ewwwww…langsung disco merinding hihihih

    1. Hahahaha…rame2 yang dulu itu memang akan selalu terkenang sepanjang masa kayaknya ya ๐Ÿ˜€ ๐Ÿ˜€

      Iyaaa….jijik banget rasanya yaaa kalo sampe pas buka kulkas trus kecium bau amis apalagi ada merah2 berceceran di rak2nya

Thanks for letting me know your thoughts after reading my post...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s