Anak Manado

Sejak masih kecil dulu, udah berkali-kali saya dengerin mama saya cerita tentang gimana beliau waktu hamil saya, si kakak, dan si adek. Dari cerita mama, saya udah ngerti kalo yang namanya hamil itu, walo penyuplai dan pabrik pengolahnya sama, tapi tetep aja, bawaan hamilnyaΒ  cenderung beda-beda. Pun hasilnya nanti, pasti tiap anak punya sifat bawaan yang gak sama satu dengan yang laen.

Gara-gara cerita mama yang udah berkali-kali saya denger itu, makanya sejak dulu saya udah siap-siap aja kalo pengalaman hamil kedua jadi berbeda dengan yang pertama.

Dan ternyata kenyataannya memang terbukti demikian.

Hamil kedua ini bisa dibilang berbeda jauh dengan hamil pertama dulu.

Pertama, soal tanda-tandanya.

Kalo yang pertama, tanda kehamilan lumayan jelas. Haid telat dan saya ngerasain ada yang beda dengan tubuh saya. Makanya begitu haid telat dua hari, saya langsung beli testpack. Tapi di kehamilan kedua ini, saya gak dapat tanda-tanda berupa haid telat karena ada flek-flek seperti kalo lagi haid. Makanya, seandainya kemarin itu gak ke dokter, ya saya gak akan tahu kalo ternyata lagi hamil.

Kedua, soal mual-mualnya.

Waktu hamil pertama, saya ngalamin mual cuma bentar banget, gak ada lah sampe dua minggu dan itupun setelah masuk bulan ke dua. Tapi di kehamilan kedua ini, hampir tiap pagi saya muntah dan ngerasa mual seharian. Muntah di pagi hari malah udah saya alamin sejak belum tau kalo lagi hamil, waktu itu kirainnya karena saya lagi batuk makanya tenggorokannya jadi gak enak dan bikin pengen muntah. Ternyata oh ternyata…mual muntahnya karena bawaan hamil.

Ketiga, soal selera makan.

Ini masih ada kaitannya dengan soal mual di atas. Karena hamil pertama hampir gak ada mualnya, maka untuk urusan makan pun jadi guampang sekali. Malahan, saya yang tadinya gak suka makan sayur, jadi sukaaa banget makan sayur. Semua jenis makanan apa aja saya makan apalagi kalo pake embel-embel berguna untuk perkembangan janin. Ya iya sih, gara-gara saking senengnya makan, sampe berat badan naek sebanyak 26 kilo…hihihihi…

Nah, di kehamilan kedua ini, karena bawaannya mual seharian, maka selera makan saya juga jadi kacau. Hampir semua makanan bisa bikin saya mual sampe muntah bahkan cuma dengan mengingatnya saja! Makanya kasian banget sama suami waktu saya mesti bedrest beberapa waktu lalu itu dan yang ngurusin cuma suami aja. Bener-bener dia yang tiap hari bingung nyariin menu makan buat saya. Dia ngasih pilihan rendang, saya langsung muntah. Dia cerita soal ketoprak, saya mual. Bahkan pindang tulang yang biasanya jadi kesukaan saya pun, tak berhasil membuat selera makan saya naik.

Puji Tuhan, saya masih tetap bisa maksain diri untuk makan….walo susahnya bukan main. Susu untuk ibu hamil pun tetep berusaha saya minum sehari dua gelas demi si adek, walo saya musti nahan mual yang bukan main rasanya….

Sebenarnya rasanya sedih sih, karena meskipun saya masih bisa berusaha makan, tapi kan tetep aja porsi makan otomatis jadi sedikit, padahal saya kan harus makan untuk dua orang. Kasian dong si adek kalo cuma dapat sedikit makanan. Makanya kami cuma bisa berdoa semoga masa-masa mual ini segera berlalu.

Tapi kemudian akhirnya ketahuan juga kalo gak semua jenis makanan membuat saya mual. Tahunya setelah si Oma Ody dan Oma Yubel datang ke sini. Ternyata ya pemirsa, mual saya itu gak berlaku untuk jenis makanan…… M a n a d o! πŸ˜€ πŸ˜€

Woku belanga, babi garo, cakalang pampis, ikan garo rica, bayam kuah asang, pisang goreng colo dabu-dabu,Β  semua bisa saya makan dengan lahap selahap lahapnya! Saking napsunya, sampe-sampe daging babi garo sekilo lebih yang dimasakin tante saya, semua saya yang habisin sendiri! Hihihihi… Belom lagi kalo si Oma Yubel masakin ikan garo rica…duh aduh…itu sekali makan bisa 3-4 ekor sekaligus. Bener-bener kayak orang yang super kelaparan deh pokoknya πŸ˜€

Masa-masa mual memang belum berlalu sih. Kalo inget atau cium bau jenis masakan lain masih bikin saya mual, makanya tiap hari saya musti makan di rumah. Tapi seenggaknya kami bersyukur karena masih ada jenis makanan yang bikin saya hepi waktu makan tanpa harus maksa-maksain diri nelen makanannya. Dan lebih bersyukur lagiiii….karena saya gak perlu capek-capek ngeracik makanan yang saya suka karena sekarang udah ada kokinya di rumah, hehe…

Dipikir-pikir, lucu ya si adek, kok bisa gitu hamil dia bawaannya jadi cuma pengen masakan manado gini. Apa waktu bikinnya pas saya lagi kangen pulang ke Manado ya? Hihihihihi….

Ya gitu deh, cerita Jumat sore ini. Nah, kalo temen-temen pengen liat gimana penampakan si adek dalam perut saya…yuk mari disimak foto-foto di bawah ini πŸ˜€

IMG-20130322-05443
Ini foto USG pertama kali. Kantungnya masih terlihat kecil dan kosong. Tapi udah cukup membuktikan kalo saya positif hamil.
Ini foto saat usia kehamilan 6 minggu...janinnya gak keliatan, kantungnya cuma seperti kantung kosong
Ini foto saat usia kehamilan 6 minggu…janinnya gak keliatan, kantungnya yang sudah terlihat lebih besar dibanding hasil USG sebelumnya, terlihat seperti kantung kosong…
Ini hasil USG terakhir. Si adek udah keliatan jelas kaaann?
Ini hasil USG terakhir. Si adek udah keliatan jelas kaaann?

Buat adek dalam perut mama, sehat-sehat selalu di dalam sana ya sayang. Mama akan lakukan apapun demi kamu sehat dan bahagia. Papa, mama, dan abang Raja selalu ngedoain adek…tak lama lagi waktunya kita akan bertemu langsung ya sayang… Tuhan Yesus memberkati setiap tahap pertumbuhan dan perkembanganmu…amin!

Iklan

46 thoughts on “Anak Manado

  1. Lisaaaa… lah kenapa aku tiba2 terharu ya liat foto usgnya… :’)
    Hebat deh bisa maksain minum susu hamil meski mual, aku dulu bener2 ngga bisa loh.. satu2nya susu yg bisa masuk cuma milo… πŸ˜€
    Dan doaku tetep sama, semoga sehat terus ibu & babynya… :*

  2. Aku terharuuu
    *elus2perut alissa*
    Semoga si adik sehat2 terus ya lis..
    Syukurlah akhirnya ada juga yang didoyanin, seneng bacanya!
    Err.. Boleh minta resep bayam-nya gaaak? Zua doyan banget ama bayam niih

    1. Makasih Dhiraaa! πŸ˜€

      Resep bayamnya klo si tante Yubel bikin cm pke sere, daun kunyit, daun kemangi, sama tomat iris, Dhir. Trus dikasih garam. Udah deh πŸ˜€

  3. Alhamdulillah ya mba lis, setidaknya ada makanan yang bisa dimakan, dan mudah2an dedenya sehat selalu..

    Aku jadi terharu ngeliat hasil USGnya mba, kapan yah aku bisa ngerasain ada kantong janin dirahimku.. πŸ˜€ *lah malah curcol*

    1. Iya nih, setidaknya masih bisa makan…walo gak semua jenis makanan masuk πŸ˜€

      Moga kamu segera yaaaa. Yang ditunggu akan datang di waktu yang tepat πŸ˜‰

  4. Aaaaahhh syenang liat foto usg nya, sehat2 terus ya dedek dan mama πŸ™‚
    Jd berasa nostalgia waktu hamil setahun yg lalu mbak hihihi aku maboknya sampe bulan ke 4 baru berenti -_- eh btw lucu juga yah dedeknya seleranya manado pisan hahaha apa ntar kalo udah lahir dan besar demenannya juga masakan manado yah, we’ll see ya

    1. Haduh…sampe 4 bln ya? Moga aku gak selama itu πŸ˜€

      Iya nih…tp keknya sih tar gede bakal seneng makanan manado juga, secara masakan manado kan enyak-enyak…hihihi

  5. liat usg nya jd kangen hamilllll ehh..
    tanda2 nya sama bgt ama waktu aku hamil quin
    -ga ada tanda2 spesifik
    -mual tiada henti sampe 4 bln,sampe kurusssss
    -Ngidamnya spesifikasi kue2 jawa n tradisional hahha bahkan ngidam pertama kali adalah pengen jambu monyet hahha hari gini dpt dimana coba?tp dapetttt..syenangg…
    -apapun yg masuk dikeluarin lg..cium masakan pusing..bahkan liat WC pun bs buat kliyengan..parahh de pokonnya

    Semoga setelah ini back to normal ya?spy bs lbh menikmatiiiii…sehat terus yaaaa..both of u..

    1. uwooww…mirip yaaa sama gejala waktu hamil Quin dulu πŸ˜€

      Masih belum bener2 balik ke normal nih, tapi mudah2an gak lama lagi. Makasih yaaa πŸ™‚

  6. iya anak 1 ama anak 2 emang beda banget. walaupun bukan bermaksud banding2, tapi lucu emang kalo dibanding2in. huahahaha. apalagi ntar kalo anaknya udah lahir ya. bisa bikin geleng2 kepala dah ngeliatnya. kok bisa 2 anak dari rahim yang sama, bibit yang sama, keluarga yang sama, tapi sifatnya bertolak belakang. πŸ˜€

    1. Hihihi..kan yg penting maksud ngebanding2innya bukan untuk ngeliat mana yang lebih baik ato lebih buruk Man, ya gak? πŸ˜€

      Iya yah, kok bisa gitu yah, padahal dididik oleh org yang sama dan dengan pola yang sama pulak πŸ˜€

  7. Liat foto hasil USG….jadi pengen mbakkkk…. hehehe…
    Oooow….ternyata itu ya mbak penyebab doyan makanan manado pas hamil si dedek…qiqiqi#sensoooor

    Semoga mbak alissa dan dedek selalu sehat ya….

    1. Hehehe…moga kamu segera ya Sof… πŸ™‚

      hihihihi…ya gitu deehh πŸ˜€

      Makasih yaa πŸ™‚

  8. duuhh jd kangen hamil… emang paling nyenengin hamil yg gak pake mual yah ..hihi…
    aku juga dulu gitu hamil 1 & 2 beda. kebalikannya dari mama raja, aku hamil 1 mual parah, sampe turun 3kg, trus bedrest 2 bulan krn plasenta previa bener2 bedrest ga bisa berdiri, berdiri dikit langsung pendarahan hikkss… Begitu hamil ke 2 malah gagah perkasa, makanan smua di embat, ga ada mual samsek, ga ada bedrest2an hehe… Semua disyukuri, Nikmat dari yang maha kuasa πŸ˜€
    Sehat selalu ya buat mama & adek dlm perut πŸ˜€

    1. Iya ya, kebalikan πŸ˜€

      Tapi memang, apapun itu, yg penting dibawa hepi aja ya πŸ™‚

      Amiiinn…makasih yaaa πŸ™‚

  9. lucu juga suka sekali makanan manado ya… memang ajaib ya Tuhan itu… keren.
    Untuk makanan manado ya yang doyan.. coba kalau makanan daerah lain gimana coba…. semoga adek sehat selalu….

    1. Semua memang udah diatur Tuhan pas bener. Pas lagi suka makan makanan Manado, eh pas ada yang bisa masakin πŸ˜€

      Amiiinn…makasih yaa πŸ™‚

    1. Iya Des, untung ada yang bisa masakin makanan enak tiap hari πŸ˜€

      Amiinn…makasih tante Desi! πŸ™‚

  10. yeaaah timingnya pas banget yaa, pas lagi hamil yang bawaannya pengen makanan manado terus eh pas ada chef-nya yang dikirim langsung dari manado πŸ™‚ Tuhan memang sayang dirimu πŸ™‚
    Sehat terus yaa..

  11. Baru sempat mampir di mari Lis. Gw adelik terharu lihat poto usgnya. Itu adek bayinya imut ya. Huhuhu. Jadi inget anak sendiri. Sehat terus yaaa.
    Btw emang ajaib bisa cuma maunya makanan menado gitu. Hehehe..

    1. Amiinnn…makasih doanya ya Dan πŸ˜€

      Hihihi..iya nih, gak tau juga kenapa kok bisa kek gini πŸ˜€

Thanks for letting me know your thoughts after reading my post...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s