Crafting….

Sebenarnya saya ini termasuk orang yang suka bikin prakarya. Suka di sini dalam artian suka aja ya, bukan ngerasa punya bakat di bidang kerajinan tangan, ย saya sekedar bisa ngikut tutorial aja dengan sedikit modifikasi tapi gak bisa bikin kreasi yang macam-macam apalagi yang unik berat.

Jaman dulu saya suka bikin aneka kerajinan tangan, mulai dari ngejahit kristik (kalo ini hobi berat nih, sampe sekarang juga masih suka walo gak bisa serajin dulu lagi); bikin berbagai pernak-pernik dari stik es; ngehias botol-botol bekas buat jadi tempat pensil; bikin bingkai foto dengan manfaatin kertas karton, lidi, dan bungkus kado bekas; bikin bunga dari kertas krep; macam-macam deh. Saya suka dan menikmati sekali proses membuat kerajinan tangan, walo hasilnya gak bagus-bagus amat, yang penting saya puas liatnya ๐Ÿ˜€

Kenapa saya bisa puas meski hasilnya gak sebagus yang ada di buku-buku, atau gak serapi punya teman-teman saya? Karena saya punya kelemahan yang lumayan mengganggu dalam hal membuat kerajinan tangan apalagi jika mau berharap hasilnya sempurna.

So sad but true, I have palmar hyperhidrosis and I may say it’s quite severe.

Masih asing sama istilah palmar hyperhidrosis? Itu adalah salah satu jenis…apa ya disebut penyakit ya gak juga, mungkin bisa dibilang gangguan dalam metabolisme tubuh kali’ yah. Gangguan ini membuat penderitanya memiliki telapak tangan yang selalu berkeringat. Yes, that’s me. I am one of those people who experiences sweaty palms almost all day long ๐Ÿ™‚

Saya bukan orang yang selalu ngerasa insecure atau nervous, tapi tangan saya selalu berkeringat dan bersuhu dingin. Sebenarnya kondisi kayak gini lumayan menyusahkan lho, apalagi jaman sekolah dulu.

Buku-buku saya gak pernah rapi karena selalu basah, walopun sudah dialasi dengan sapu tangan. Apalagi kalo pas ujian, terutama saat Ebtanas yang mana kertasnya gak boleh rusak berhubung katanya diperiksa pake aplikasi komputer. Menderita banget lah rasanya. Gak heran kalo dulu tiap mo ujian saya bukannya gugup karena mo ngehadapin soal ujian, tapi karena takut kertas saya rusak. Yah apapun itu, puji Tuhan semua masa ujian dari SD sampe kuliah bahkan sampe ke tes untuk dapat pekerjaan akhirnya semua telah terlewati dengan baik, meski dengan kondisi tangan yang tak bersahabat kayak gini.

Bener deh, kalo diinget-inget lagi rasanya gak percaya aja, kalo ternyata telah sepanjang hidup saya berurusan dengan tangan berkeringat kayak gini, padahal dulu saya mengeluh terus sampe berusaha diobatin ke dokter sana sini dan tetap gak berhasil pengobatannya.

Puji Tuhan saya tidak pernah menjadi tidak percaya diri karena kondisi kayak gini *kalopun saya suka ngerasa lebih tak terlihat lebih baik, itu sama sekali bukan karena kondisi tangan saya ini*, walau terus terang, saya akan segera mencari tissue atau sapu tangan terlebih dahulu sebelum bersalaman dengan orang lain apalagi pada saat tangan saya sedang berkeringat parah. Puji Tuhan juga saya tidak pernah dipermalukan hanya karena kondisi telapak tangan saya seperti ini (gak tau ya kalo ada yang menghinanya di belakang saya, yang pasti sih di depan saya gak pernah). Dan lebih puji Tuhan lagi karena sepanjang sejarah hidup saya tidak ada cowok yang mengundurkan niatnya mendekati saya hanya karena kondisi telapak tangan saya ini…hihihihi… (apalagi si pacar terakhir yang jadi suami, dia mah sejak awal sama sekali no problemo dengan kondisi tangan saya kayak gini. Ya iyalah, udah kadung jatuh cinta sejak pertemuan pertama…hihihihi)

Selain suka berkeringat, telapak tangan saya juga aneh lho, karena sidik jari saya susah untuk di-scan. Makanya, di kantor saya termasuk istimewa, soalnya saat yang lain ngabsen dengan menggunakan sidik jari, saya sendiri ngabsen pake chip card. Ya mo gimana lagi, mesinnya sama sekali gak bisa mendeteksi sidik jari saya. Teknisinya sampe ganti-gantian yang datang, tetep aja gak bisa…hihihi… Saya inget waktu mo bikin passport, petugasnya sampe keringetan karena sidik jari saya susah banget di-scan, ada kali puluhan kali nyoba baru akhirnya berhasil ๐Ÿ˜€

Balik lagi ke soal sweaty palms dan crafting, sudah bisa teman-teman bayangkan bukan alangkah susahnya bagi orang dengan tangan yang selalu berkeringat ini untuk membuat sebuah prakarya yang jelas musti pake tangan? Bisa ngebayangin gak bikin bunga dari kertas krep sementara tangan kita dikit-dikit basah? Bunganya pasti jadinya gak karuan kan dan warnanya juga jadi serba luntur kan? Itu cuma salah satu contoh. Makanya dulu saya benciii banget kalo ujian Kesenian pake menggambar segala, udah bisa dipastikan gambar saya yang paling hancur! Etapi kalo ujiannya pake nyanyi, saya benci juga ding, soalnya dalam hal ini suara saya yang hancur…hihihihi….

Tapi bagaimanapun kondisi tangan saya, saya tetep suka bikin kerajinan tangan walo seperti yang saya bilang di atas hasilnya hanya bisa saya yang nikmatin dan cukup saya yang merasa puas lihatnya ๐Ÿ™‚

Setelah punya Raja, satu hal yang saya syukuri adalah sepertinya hyperhidrosis ini tidak menurun ke Raja (dalam nama Yesus, moga memang gak, sampe Raja gede! Amin! Seberterimanya saya dengan kondisi saya ini, tapi sungguh saya tau alangkah sulitnya melewati banyak hal dengan bawaan hyperhidrosis ini, kalo bisa saya meminta cukup saya aja yang mengalaminya….) ย dan akhir-akhir ini saya juga lagi sering ngajak Raja bikin prakarya.

Salah satu hal yang mendorong saya adalah karena laporan hasil belajar di tingkat Nursery kemarin yang bilang bahwa Raja masih membutuhkan latihan dalam menggunting dengan mengikuti pola. Ok deh kakaakkk…mari kita rajin menggunting di rumah! ๐Ÿ˜€

Berhubung seperti yang saya bilang di atas, walo suka sama prakarya tapi saya bukan orang kreatif yang bisa menciptakan ide seni brilian, maka saya pun membutuhkan bantuan. And thanks God for giving us Mister Maker and First-School site! And of course, thanks for the internet too! ๐Ÿ˜€

Dari kedua situs itu, saya bisa download banyak template secara gratis, apalagi yang dari First-School, di situ buanyak buanget template untuk membuat prakarya dan tentu caranya juga mudah-mudah banget. Saya kebanyakan nge-download template yang item putih, supaya nanti selesai digunting sama Raja dia bisa ngewarnain sendiri. Kan seperti yang saya cerita di sini, Raja tuh masih agak malas mewarnainya. Nah, kalo belajar mewarnai dari buku gitu Raja keknya kurang begitu tertarik, jadi saya cobalah gimana kalo Raja belajar mewarnai melalui pembuatan prakarya, eh bener, dia lebih tertarik dengan cara kayak gini lho, soalnya kan dia pengen juga agar hasil prakaryanya terlihat bagus.

Ini dia ada beberapa foto prakarya yang dihasilkan Raja yang tentu masih dibantu oleh mamanya juga ๐Ÿ™‚

Mini garden, ide dari Mister Maker. Alasnya dari piring warna ijo, tanahnya dibuat dari play-doh, pohonnya dari kertas origami, dahan pohon dari pipe cleaner warna item, pagar dari stik es, bunga matahari dari bahan kain yang dibeli jadi, kolam dari kain flanel warna biru, bebek dan ayam pake mainan Raja waktu bayi…hihihi…
Raja and his mini garden ๐Ÿ™‚
Balon udara, di sini Raja belajar menggunting, menempel, mewarnai. Template download dariย First-School
Nempelin awan yang dibuat dari kapas…
Ayam yang bisa berdiri. Template download dari First-School. Semuanya dari kertas. Di sini Raja belajar mengguntin, melipat, mewarnai, menempel. O ya, ekor ayam dibuat pake cetakan telapak tangan Raja ๐Ÿ˜€
Belajar menggunting sesuai pola
Lumayan kan hasil mengguntingnya? Puji Tuhan, Raja menggunting pola itu sendiri lalu diwarnai pake pastel merah. Ini adalah bahan untuk membuat ayam yang bisa berdiri di gambar di atas itu ๐Ÿ™‚

Dalam membuat berbagai prakarya itu, memang sih Raja belum bisa ya bikin semuanya bener-bener sendiri, dalam beberapa hal masih perlu dibantu.ย Kalo buat saya, hasilnya udah lumayan fantastis, terlebih karena lewat kegiatan macam ini Raja makin mahir menggunting, gak hanya pola besar, tapi yang pola kecil pun sudah bisa dikerjakannya dengan cukup baik (menurut standar balita yaaa).ย Trus dalam mewarnai juga dia sudah semakin baik, karena mulai bisa penuh ngewarnainnya :). Dan tentu, manfaat paling besar terasa, karena dalam membuat prakarya itu dia ditemenin sama orang tuanya, bener lho bikin prakarya bareng kayak gini adalah salah satu cara mengisi waktu bersama anak yang sangat berkualitas, daripada anak dibiarkan main sendiri mending kita ajak bikin prakarya bareng kayak gini kan? Lagian toh bagus juga untuk mengembangkan daya kreasi anak ๐Ÿ™‚

Di rumah saya masih punya beberapa template dari First-Schoolย yang belum dipake. Tar pulang pengen bikin lagi sama Raja ah, Raja juga keliatan semangat banget tuh kalo udah saya ajak bikin yang kayak ginian ๐Ÿ˜€

O ya, hari ini Raja libur dalam rangka menyambut bulan puasa. Senin baru masuk lagi. Dan sejak kemarin dia bahagia banget, soalnya papanya udah ada sejak kemarin subuh. Tadi pagi waktu kami mo berangkat, dia nguntit papanya terus…

Papanya mo pake sepatu diikutin, naik ke dalam mobil pun diliatinnya terus, tapi puji Tuhan dia sama sekali gak rewel waktu kami berlalu, malah dengan bahagia dia ngasih bye-bye ke kami.

Anak pintar….

Cerita soal Raja, bikin pengen cepet-cepet pulang. Saya masih nunggu suami nih, moga rapatnya cepet selesai biar kami cepat cabut pulang ๐Ÿ™‚

miss u, son!

O ya, buat teman-teman yang menjalankan ibadah puasa, kami ucapkan selamat menunaikan ibadah puasa ini ya, semoga lancar semuanya yaaa….

Dan buat semua teman-teman, happy weekend, God bless us all!

PS:

Di antara temen-temen ada juga gak yang mengalami masalah hyperhidrosis seperti saya? Kalo ada, gimana cerita kalian? #nyariTemen ๐Ÿ˜›

Iklan

81 thoughts on “Crafting….

  1. Huwaaa pengen komen tapi mau pulang, ntar abis tarawih aku baca lagi dan komen deh jeng….

    see u…have anice weekend

  2. ngejahit kristik itu apa yg bikin kristik itu ya yg sudah ada polanya terus kiat tinggal bikin sesuai dgn warna benangnya, kalau iya dulu aku juga suka, bawa ke sini juga beberapa, tapi ada satu yg sampai sekarnag belum kesentuh, alsannya males ๐Ÿ˜›

    memang paling menyenangkan itu menemani buah hati dalam mengerjakan sesuatu ya Lis, termasuk bikin prakarya, tak ternilai pasti harganya ya

    ayamnya boleh juga ya, warnanya merah membara, nggak nyangka kalau ekornya itu hasil dr cetakan telapak tangan Raja ๐Ÿ™‚

    1. Iya mbak, maksudnya yang itu ngejahit kristik ngikutin pola. Kalo sekarang udah banyak mbak aplikasi yang ngebikinin pola dari gambar yg kita upload. Kemarin aku bikin pola dari gambar Thomas :).

      Memang sih kalo waktu gak banyak, malas juga ngerjain kristik, karena butuh konsentrasi dan jelas butuh waktu yang lumayan ๐Ÿ˜€

      Iya mbak, menyenangkan banget ngisi waktu kayak gini bareng anak, anak dan orang tua sama-sama menikmati ๐Ÿ™‚

      Ayamnya lucu ya, ide dari First-School tuh lumayan keren juga ๐Ÿ˜€

  3. Bagus banget hasil karyanya Raja. Kalau aku blas gak suka prakarya, males plus gak telaten plus gak pernah rapi hasil kerjaanku, hihihi *ngeles aja*
    Aku baru tau itu namanya hiperhidrosis.
    Pernah aku outbond, trus ada permainan yang gandengan ama orang. Yang aku gandeng tangannya basah gitu… aku sih gak komplain apa-apa, biasa aja. Tapi aku malah jadi yang gak enak ama dia kalau aku ngelap tanganku di baju, hehehe…

    1. Thanks Una ๐Ÿ™‚

      Aku biasanya di kondisi kayak gitu bakal blg temenku utk pegang pergelangan tanganku aja, soalnya aku tau gak enak rasanya pegang tangan orang yg berkeringat. Daripada sama-sama gak enak, mending aku aja yg ngomong utk pegangnya di pergelangan aja ๐Ÿ™‚

  4. temen juga gitu..tangannya selalu basah.. lupa dulu diobatin pake apa.. dipijit juga kayaknya..

    btw, saya juga dulu susah buat scan sidik jari .. tp sekarang sih kayaknya mendingan. apa itu gara2 brenti nyuci baju ya? hihi

    Raja… prakaryanya keren ih..

    1. Jadi temennya sembuh ya mbak? Wah asiknya…aku juga pengen bisa sembuh ๐Ÿ˜€

      Hehehehe…hubungannya sama cuci baju apa mbak? ๐Ÿ˜€

      Thanks ya mam Hilsya

  5. Akuhh..akuhhh..Sama persissss..#syenang akhirnya ga sendiri#

    aku juga ya..jaman Sekola ampe kuliah, kl mo nulis, buku/kertasnya dialasi saputangan..biar yg basah2 itu ga netes..zzzz bgt ga sik..

    yang tau ampe komnetar “punya lemah jantung ya” doweng..emang katanya lemah jantung identik dgn tangan basah..tp pas diperiksain ke dokter ahli semua baik2 saja..Alhamdulillah..

    Ampe skr, masih dan kayanya emang always basah all day long..sampe2 aku ga bs pake sepatu /sendal yg ada haknya walo cm 3 cm karnaaa..kakiku pun basahh..#nasebbbbb# jadi kl pk sepatu or sendal berhak pasti licin..kepleset2..jatuhnya ga nyaman..paling poll ama teplek aja dahhhhh…

    Segitu dl curhatnya..ada yg tau ga ya..apa bs disembuhkan atau ada obatnya gt?krn kadang merasa ga nyaman dgn kondisi ini..#butuh puk puk#

    1. Puk puk Yetty…kita senasiiibbb….

      Aku pun kaki juga suka basah, tapi gak separah tanganku. Dan memang sebenarnya agak nyusahin kalo pake high heels, tapi aku udah terbiasa Yet, walo terasa licin tapi gak mengganggu kenyamanan…hihihihi..*maksain diri ceritanya*

      Tangan basah mmg kata org identik dengan jantung lemah, padahal gak juga, jantungku juga udah pernah diperiksa, baik-baik aja tuh. Waktu ngelamar kerja di sini, kan jantung diperiksa juga dan gak ada kelainan apa-apa.

      Sebenarnya hyperhidrosis ini penyebab pastinya belum ditemukan lho. Pernah ada yang blg juga faktor psikologis karen yg punya tangan sering gugup. Padahal gak kan, kita mah gak perlu gugup juga tangan udah berkeringat dengan sendirinya ๐Ÿ™‚

      Soal penyembuhannya, kalo temporary sih ada Yet, dengan botox bisa, tapi kata dokter itu paling cuma bertahan 3 bulan, habis itu bakal kayak gitu lagi…

      Seandainya memang ada obatnya, aku juga mau Yet….hikkss…

      1. ahhhh boong ntuu kl bilang suka nervous-an..wong lagi leyeh2 juga bisa ko mbrebes tu tangan huwahaha..

        yaa intinya kl bgtu mah, mari kita nikmati saja yg sdh ALLAH kasih utk kita ya..
        etapi, gara2 tangan n kaki yg sk basah gini,suka dibilang tangan bayiii loo pas kebetulan salaman n dlm kondisi kering..Halussssss..mo nyapu 24jam sehari dlm 1bln juga ga bakal retak2 itu telapak hahha #lebay,maapkeun#

        Nice weekenddd…

      2. Hahahahaha…iyaaa…kalo lagi luluran atau meni pedi gitu, pasti deh dipuji kalo tangan sama kakinya halus dan lembut banget. Ya gimana gak kalo tubuh kita udah nyediain pelembab yang berlimpah buat kaki dan tangan kita…hihihihi…

        Iya sih jeng, kita nikmati aja dan syukuri aja ๐Ÿ˜‰

        Nice weekend for you tooooo!

  6. Baca ini aku jadi ingat ada beberapa prakarya Hanif yang belum diposting. Waktu liburan kemaren sambil ngisi waktu luang, hanif menggunting, menempel dan ngecet2… ๐Ÿ™‚

    Aku sukaa kristik…tapi ga tau lagi kapan bisa bikin2 gitu. Kalo lagi iseng suka pasang payet di kebaya…lumayan menghemat pasang payet sendiri hehhehe. Tapi sekarang mana sempeeet… ๐Ÿ˜ฆ

    Prakaryanya Raja keren euy,…suka ama bebek dan ayamnya luucuuu… ๐Ÿ™‚

    1. Kristik itu memang menyenangkan ya jeng, cuma ya itu butuh waktu yang banyak, kalo dikit-dikit ngerjainnya tanggung banget rasanya ๐Ÿ˜€

  7. gua sama kayak lu lis. tapak tangan gua gampang basah dan dingin. paling gak enak kalo harus salaman ama orang kalo pas meeting di kantor atau interview. kesannya kita nervous gitu. gak mantap lah salamannya. ๐Ÿ˜› tapi ya mau gimana ya, emang begitu mulu. ๐Ÿ˜›

    dan problemnya juga sama, kalo bikin kerajinan tangan mah ampun2 dah. apalagi kalo harus dealing ama lem! langsung item2 semua… ๐Ÿ˜›

    1. Huwaaa…ternyata Arman juga. Memang ya Man, paling bikin gak enak setelah kerja gini ya soal salaman itu, risih aja salaman yang mantap sama orang dalam kondisi tangan basah gini…tapi iya sih, mo gimana lagi, terima nasib aja…hihihi..

  8. Raja di foto terakhir kliatan gantengnya plus plus gitu, uuuuu…. Tp itu ada bentol, krn digigit nyamuk ya? Mana nyamuknya? Mana! Mana?? *berburu nyamuk sambil bawa raket elektrik*

    1. Ayo tante sini, datang ke rumah Raja jadi tukang ngusir nyamuk…hihihihi…

      Thanks ya Tyk ๐Ÿ™‚

  9. temen saya ada juga mbak,pdahal kpnasan enggak tapi tanganny basah…airny malah jd menetes kayak mata air ๐Ÿ˜ฆ
    Baru tw ‘basah2n’ itu ada namany, hehhee

    1. Nah, aku sama kayak gitu juga Ka, saking keringetannya sampe airnya netes-netes dari telapak tangan…gak nyaman banget rasanya, Ka, apalagi kalo pas lagi gitu pas musti salaman sama orang ๐Ÿ˜ฆ

  10. Beberapa temenku juga seperti mbak Allisa, suka keringetan…
    Waduh bagus ya prakaryanya, kalau aku dulu waktu sd gak pernah berhasil bikin prakarya alhasil yang buatin malahan Papiku :mrgreen:

    1. Hihihi…kalo aku dulu walo hasil karyaku jelek, tapi keukeuh mau ngerjain sendiri, soalnya aku dasarnya sukaaa sama prakarya ๐Ÿ˜€

  11. kalo aku yg suka keringatan malah kaki, bukan tangan. itu sama nggak ya? hehehe
    btw ternyata kondisi tanganmu gak mempengaruhi hasil crafting…bagus2 gitu kok.

    1. Katanya hyperhidrosis ini memang ada macam-macam Nov. Ada di telapak tangan, telapak kaki, di badan, atau kombinasi ketiganya. Kalo aku malah badan tuh jarang keringetan, kaki keringetan tapi gak parah. Nah tangan ku yang paling parah ๐Ÿ˜€

      Thanks ya Nov ๐Ÿ™‚

  12. katanya sih yang telapak tangan nya basah itu ga sehat jantung nya yaa katanyaaaa inget waktu SD dulu guruku bilang gtu..
    waaa raja pinter yaa… ๐Ÿ™‚

    1. Memang salah satu gejala kelainan jantung adalah tangan berkeringat Dea, tapi gak semua hyperhidrosis bisa diidentikkan dengan kelainan jantung. Sejak kecil jantungku udah diperiksa, baik-baik aja ternyata, cuma ya itu aku mengalami hyperhidrosis di sistem metabolisme tubuhku ๐Ÿ™‚

      1. oh gtu ya mbak .. !! bagus lah klo mbak baik2 aja..:)
        siapa sih yang mau punya penyakit ya mbak.. sehat itu kan mahal ๐Ÿ˜‰

    1. Iya memang kondisi hyperhidrosis ini sebenarnya cukup merepotkan juga, salam buat temennya ya sesama hyperhidrosis, hehe ๐Ÿ™‚

      Thanks ya jeng ๐Ÿ™‚

  13. hebat hasil karyanya raja… wah hebat tangan berkeringat dilalui dengan baik…. saya tidak pernah mengalami itu… tapi kadang kadang juga sering berkeringat itu saja sudah menyebalkan apalagi kayak mba ya.. syukur deh kalau ternyata hal itu tidak jadi masalah besar…. salam buat suami dan raja ya….

    1. Iya nih, kalo diinget-inget lagi, luar biasa rasanya yang Tuhan buat di hidup saya, sampe akhirnya semua bisa terlewati dengan baik ๐Ÿ™‚

      Terima kasih, salam juga buat keluarganya yaaa ๐Ÿ™‚

  14. Wah wah wah…. kalo aku sama sekali gak sukaaaa buat prakarya… hiks…. nilai ketrampilan selaluuuu minim. Heheheheheh… Tapi boleh juga ditiru niey, buat seru-seruan sama Fira dan biar Fira rada-rada berjiwa seni, gak kek mamanya

  15. Whoaaaa…
    Raja ituh hasil prakaryanya kok bikin daku minder yah…hihihi…
    *tutup muka pake bantal Fathir*

    Dan asli, aku baru tahu lho, kalo tangan yang suka keringetan ituh ada nama nya…dan penyakit juga ternyata…

    Aku pikir dulu ada hubungannya sama penyakit jantung gituh…
    Sodaraku soalnya suka keringetan tangan gara gara sakit jantung katanyah…

    duh, harus kasih tahu dia soal ini deh…*google ah*

    1. Kalo aku memang bukan karena jantung mbak, tapi emang karena produksi keringat yang berlebih ๐Ÿ˜€

      Bantalnya hasil bikinan tangan mbak Erry juga kaaann ๐Ÿ˜€

  16. ya ampun kak, sama torang dua! *toss*
    kita le bagitu, sadiki2 kluar suar di tangan, makanya tisu capat skali abis. Huhu
    Kong tiap kali mo ujian pake kertas2 komputer bagitu biasanya taro kertas dulu plan2, kong taro tisu/lengso, baru deh bisa ngisi. hihihi

    Masalah absen le bagitu, waktu daftar di kantor baru tu mas bagian umum sampe basuar gara2 lama urus kita pe jari. Untung akhirnya bisa, mar kalo absen tiap pagi/sore jadinya musti bbrp kali percobaan. T_T

    Kita kira pertama depe penyebab karna jantung, mar ternyanda normal kote.
    Yasud akhirnya ditrima dengan lapang dada, kan sisi positipnya tong pe tangan jadi alus trus kak. ๐Ÿ˜€

    1. Ya ampun, ternyata ngana le kote? Toss dang torang!

      Adoh, daripada musti lama2 ba tunggu sampe tu mesin dapa scan tu jari, lebe bae pake kartu jo ๐Ÿ˜€

      Iyo, trima jo deng senang hati, toh tangan juga jadi halus sama deng kulit bayi ๐Ÿ˜€

  17. ihh sukaaa banget ama mini gardennya. lucukkk.. ๐Ÿ˜€
    bebek2an aku pikir bikin pake playdoh juga, ga taunya emang maenan ya.. sama kek punya radit, kalo mandi pasti deh ditemenin ama bebek2 plastik ituh.. ๐Ÿ˜€

    bagus2 hasil prakaryanya lis, musti dipajang ituh, biar raja tambah semangat berpakarya.. ;))

    1. Hehe…banyak yang terkecoh lhooo…waktu aku taro gambar mini garden-nya di PP ku, banyak juga yang ngira kalo ayam dan bebek nya dibuat dari clay, hebat banget katanya..padahal…hihihi….

      Thanks ya Des ๐Ÿ™‚

  18. Dulu pernah denger ka’, katanya klo berkeringat gitu tangannya ada hubungannya dengan jantung *smoga smua baik2 ajah ๐Ÿ™‚
    Akhhh..dapet referensi lagi dlm mendidik anak, wohooo… *punya anak ajah blon ris* hahahhaa

  19. kalo ponakanku, berkeringatnya di tangan dan kaki, itu sama yah, ya liat dia sih emang kaya kelebihan keringat gitu, kalau duduk aja, lantai bisa kotor, kalau nulis juga gitu, tak pikir itu karena dia kelebihan keringat aja….
    apalagi dia gak suka sama AC…katanya gak bisa nafas ๐Ÿ˜€

  20. Gw langsung googling “kristik”, oowww jadi maksudnya itu toh kristik itu *baru mudeng* gw kira selama ini itu namanya sulaman. Dan semakin penasaran dengan suara nya mba Allisa, kalo liat wajahnya rasanya gak percaya kalo suaranya gak merdu.
    Kalo Shira seneng ngewarnain mba, walopun masih acak-acakan, kamarnya aja udah penuh sama coretan krayon padahal baru sebulanan.

    1. Hahahaha…sampe googling, niaatttt Ty ๐Ÿ˜€

      Iya koookk…suaraku gak merdu sama sekali!

      Shira pinter doyan ngewarnain, Raja tuh tadinya kurang doyan, apalagi kalo disuruh sampe penuh, malas dia…hihihi

  21. wah cantik sekali hasil prakaryanya…bang raja pasti senang..
    istemewa yah jeng nggak perlu pake sidik jari..:) kok kasusnya kayak temanku itu ya….berarti mungkin jenis tangannya ya sering berkeringat gitu yah…bolak balik gak bisa pake mesin absensi..atau masalah lain yah..hehehe..nggak tahu juga ding..
    soal prakarya..aku angot angotan..rajin dulu pas ngajar aja..untuk anak didik soalnya…:)
    jadi pingin juga bikin prakarya sama kinan..tfs jeng

    1. Iya, jadinya istimewa banget akunya di kantor, seneng aja sih dari kantor ngasih dispensasi untuk pake kartu, ya abis mo gimana lagi sidik jadinya gak bisa ke-scan ๐Ÿ˜€

  22. Aku suka fotonya Raja yang paling bawah, guantengnya pol deh…
    aku juga kadang2 suka basah tangannya al, ga nyaman banget rasanya ๐Ÿ˜ฆ
    tenang…kamu ga sendirian kok ๐Ÿ˜›
    craftingnya keren deh, suka..suka..suka
    eh ngomongin soal craft kok aku jadi laper yaa, inget sama si moo wkwkwk

    1. Hehe…seneng deh ternyata banyak temennya juga…hihihi…

      Eaaaa…yang lagi puasa, liat craft aja malah laper..hihihi

  23. dirimu emang T O P mommy Lis, keren smua hasilnya
    aku langsung suka ama mini gardennya Raja..maklum orang peternakan kl liat ayam lgs jatuh cintrong hehehe..
    btw itu gunting Raja kynya tajem banget yah ๐Ÿ˜ฎ
    infonya berguna banget. Thanks ya ๐Ÿ™‚

    1. Hahahaha..itu kan keren karena nyontek ide orang ๐Ÿ˜€

      Iya itu guntingnya pake gunting yang biasa kita pake, soalnya Raja udah bisa dikasih pengertian dan udah ngerti gimana pake gunting yang baik ๐Ÿ™‚

      Sama-sama ya jeng ๐Ÿ™‚

    1. Sama-sama, Bundit, first-school tuh ide-idenya banyak sekali dan asiknya karena template gratis-nya itu lho, bikin kita gak perlu mikir banyak-banyak untuk nyari ide kreatif buat anak ๐Ÿ˜€

  24. Kalau Jeng Lis, sidik jarinya susah dibaca, kalau aku urat nadinya yg susah ditemukan. Jadi tiap kali hendak mengukur tensi, dokternya perlu repot meletakan stetoskop yg tepat dan menekan2 mana yg bisa dirasa denyutnya…
    Yah kita masing diciptakan emang unik ya Jeng..Seunik kerajinan tangannya Raja itu ๐Ÿ™‚

    1. Hehehe…iya ya mbak, masing2 kita adaaa aja keunikannya, gak usah disesali dan dikeluhkan ya mbak, dijalani aja ๐Ÿ˜€

  25. mana foto kristik buatan mama Raja ? hihihi, biar gak disangka hoax …
    ada teman SMP saya yang tangannya selalu berkeringat, dulu juga suka di bilang punya penyakit jantung, padahal ngga. Buktinya bisa jadi pramugari.

    Raja telaten ya ngerjain prakarya kayak gitu, hasilnya bagus pula.

    1. Kapan2 deh teh aku nulis soal kristik ๐Ÿ˜‰

      Iya, memang gak selalu karena jantung sih ya, memang karena ada gangguan hyperhidrosis aja dalam sistem metabolisme…

      Thanks yah teh Dey, coba kalo deket sama teh Dey, pasti aku minta tolong ajarin Raja bikin prakarya, hehehe

    1. Asal pokoknya TV dimatiin, galazy tab diumpetin, dan rel thomasnya gak dibikin sih mbak, masih mau lah dia duduk anteng ngerjain..hihihi

Thanks for letting me know your thoughts after reading my post...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s