What Did You Do In The 80’s?

Hari ini saya sedang bahagia soalnya sejak semalam udah ngumpul sama suami, dan karena saya lagi bahagia jadinya hari ini saya pengen ajak temen-temen bernostalgia *gak ada hubungannya sih sebenarnya, cuma kan suka-suka yang nulis dong :P*.

Tadinya saya pengen langsung nostalgia ke tahun 80an dan 90an sekaligus di tulisan ini, tapi ternyata setelah didaftarin yang perlu dikenang di tahun 80an aja udah buanyak buanget, keknya kalo digabung dengan tahun 90an jadinya too much deh πŸ˜€

Tahun 1980-an itu masa yang berarti banget buat saya dan suami. Ya iyalah, di tahun 1980 suami saya lahir di Medan kemudian dua tahun berikutnya seorang gadis cantik manis dan baik hati yang kelak menjadi istrinya lahir di Manado :P. Masa kecil kami dilalui di tahun 1980-an ini. Makanya, rasanya berartiii banget dan kenangan yang tersimpan pun lumayan banyak :). Tapi karena di tahun 1980-an kami masih kanak-kanak, maka maafkan kalo kenangan kami juga masih lebih banyak di seputar dunia anak yaaa πŸ˜€

Daripada preambule-nya jadi kepanjangan, yuk mari kita mulai aja nostalgianya yaaa πŸ™‚

=========================================

MAINAN ANAK-ANAK

Di tahun 80an permainan tradisional masih lumayan mendominasi, tapi udah mulai bermunculan juga permainan dari luar yang pake alat yang jaman itu udah terbilang canggih lah. Sebagian permainan itu ada yang masih lanjut sampe sekarang, ada pula yang udah punah atau kalopun masih dimainkan tapi dah jarang banget lah.

Β Permainan individu:

  • Rubik, di 80-an rubik keknya ngetrend dan rata-rata tiap anak punya walo gak setiap anak bisa nyelesaikan πŸ˜€
  • Slider, yang itu lho permainan geser-geser kotak di atas papan yang mana masing-masing kotak ada tulisan angkanya, sampe angkanya yang dari acak bisa jadi berurutan
  • Permainan bongkar pasang boneka kertas, ini sih Barbie versi kertas yah :D. Dulu tuh mesti deh yang anak cewek ngumpulin permainan ini, trus buat-buat kursi, meja, tempat tidurnya dari kertas juga πŸ˜€
  • Permainan lilin, dulu biasanya bikin bentuk kursi, meja, tempat tidur gitu trus hasilnya dipake untuk boneka bongkar pasang kertas itu πŸ˜€
  • Yoyo, gasing, bola tok-tok.
  • Robot-robotan dan mobil-mobilan yang bisa gerak-gerak dan bunyi. Saya dulu pernah punya mobilan yang bisa berubah bentuk menjadi robot dan sebaliknya. Sayang, karena dulu saya bandel, mainan itu saya banting di hari pertama ia dibeli… Padahal harganya lumayan mahal untuk orang tua saya…hikkss…kalo inget itu, rasanya sedih dan bersalah banget sama mereka :(.
  • Puzzle, sejak jaman dulu permainan puzzle untuk anak-anak memang gak ada matinya yaaa.
  • Permainan balok kayu yang bergambar yang bisa dibentuk jadi istana.
  • Skateboard dan sepatu roda. Kalo gak salah, skateboard itu ditemukan di tahun 1980an kan?
  • Boneka anjing kuning yang berambut lebat trus pake rantai di tahun 1980an lumayan banyak yang punya, rata-rata anak-anak cewek dari keluarga berada punya boneka ini. Saya? Jelas gak punya, tapi sempat berfoto dengannya di studio…hihihi
Itu lho bonekanya yang lagi saya pegang itu :D. Itu fotonya waktu saya masih umur 3 tahun πŸ˜€
  • Boneka cewek yang mata birunya bisa terbuka dan tertutup juga ngetop di masa ini πŸ˜€
  • Balon tiup.Β Masih inget cara mainnya kan? Yang karetnya kita keluarin dari dalam tube, ditaro di ujung pipet kecil, trus abis itu pipetnya kita tiup sampe balonnya gede. Aaahhhh…masih ada gak yaaaa permainan ini?? Seru banget!! Yang lucunya kalo ada yang bocor kita rekatkan dengan cara balonnya dijepit di antara bibir! Kalian begitu juga gak? Apa saya aja yang kayak gitu?? πŸ˜€

Permainan kelompok:

  • Congklak.Β Dulu keknya wajib deh anak gadis tau bermain congklak πŸ˜€
  • Ceklen.Β Asing sama nama ini? Ini adalah nama permainan Bekel dalam bahasa Manado. Bedanya dengan bekel di tempat lain, ceklen di Manado menggunakan rumah kerang kecil dan bolanya pun gak harus bola bekel, bisa juga pake bola kasti :D. Β Maen ceklen diawali dengan pake 4 kerang, trus 5 kerang, terakhir 6 kerang. Buat yang udah pinter banget sih bisa pake lebih dari itu. Dulu saya paling anak bawang kalo maen ini, secara gak pinter maennya…huhuhuhu
  • Layangan, sebenarnya ini permainan individu sih ya, tapi keknya maen layangan kalo gak bareng temen-temen kok gak seru yak? πŸ˜€
  • Gundu, kalo di Manado sebutnya kenikir.Β Ini biasanya anak-anak cowok yang maenin ini, tapi berhubung temen-temen cowok saya suka maenΒ di halaman rumah kami yang luas itu, jadinya saya pun suka ikutan maen πŸ˜€
  • Cublak-cublak suweng….//Donal Bebek mau ke mana // Beta kaya..kaya..kaya..beta miskin…miskin..miskin// Do Mi Ka Do // Bermain…nama-nama…buah…misalnya.. // Putih putih melati ala ka damdam merah merah delima πŸ˜€
  • Karet gelang, dipake untuk maen lempar-lempar gitu ke tongkat kecil yang ditancapkan ke tanah, atau dijalin tebal dan panjang buat maen lompat tali, tali ayun/tali goyang, sama balik papan.
  • Gambaran dan Kwartet. Inget kan sama permainan kwartet, yang kita musti masangin satu seri kartu yang terdiri dari 4 kartu. Dulu kami punya beberapa set dan yang paling saya suka adalah set yang isinya seri kisah putri-putri gitu. Kangeeennn maen kayak ginian lagi!
  • Catur, dam, ludo, ular tangga, halma, monopoli. Di masa itu, semua anak pasti maen permainan ini. Dan kalo di keluarga kami, biasanya gak hanya maen bareng temen aja, tapi juga sama papa dan mama. Biasanya malam-malam tuh, apalagi kalo pas malam minggu, kami suka maen bareng sampe terkantuk-kantuk. Seru aja gitu berusaha ngalahin papa dan mama, kalo sama mama sih lumayan sering lah kami kalahkan, tapi kalo papa…huhuhuhu…ntah kenapa, papa harus selalu yang menang, apalagi kalo main monopoli, selalu aja papa yang hartanya paling banyak dan hotelnya berdiri di mana-mana πŸ˜₯ ->Β ingat ini, sungguh saya pengen beli lagi ludo dan halma buat dimainin bareng Raja di rumah!
  • Di jaman itu, saya dan teman-teman juga suka main perang-perangan gitu, senjatanya dibuat dari pelepah daun pisang (eh, atau dari pelepah apa ya? Lupa! :D). Di Manado, kami menyebut permainan ini TAR-TAR, karena kalo kita nembak anggota tim lawan, kita musti teriak TAR XXX (XXX adalah nama anggota tim lain yang mo kita tembak). Jaman itu maennya di mana lagi kalo bukan di halaman rumah kami, apalagi di sekitar rumah kan ada ada kebon pisang sama pohon-pohon gitu, jadi pas bisa buat tempat persembunyian, berasa yang pejuang kemerdekaan banget gak sih?? πŸ˜†
  • Petak umpet, bola kasti, gobak sodor (kalo di Manado disebut tali tanah), benteng-bentengan. Kalo petak umpet mungkin sekarang masih ada yang mainin, tapi kalo gobak sodor? Kasti? Masih adakah yang mainin itu?

Permainan agak canggihan:

  • Sepeda BMX, di tahun 1980-an sepeda ini nge-hitz beratsss! Eh, gak apa kan kalo ini dikategorikan sebagai mainan yang agak canggihan, soalnya memang di era 1980-an di mana masih banyak terdapat sepeda onthel dan jengki, sepeda BMX terlihat keren sekali! πŸ˜€
  • Masterview! Inget kan sama alat ini? Yang bentuknya kayak kacamata robot gitu, trus ada lubang tipis untuk dimasukkan film, trus dengan kacamata itu kita bisa ngeliat gambar-gambar di film itu.
  • Gembots! Hahahaha…itu bahasa saya untuk permainan Game & Watch :D. Di jaman itu, permainan ini udah termasuk canggih lhoooo πŸ˜€
  • Atari. Cuma tau aja, tapi keknya gak pernah mainin.
  • Permainan komputer : jaman itu masih jaman DOS, Windows belom lahir :D. Computer game yang paling ngetop masa itu tuh PacMan, sama ada satu lagi permainan ngejar-ngejar kucing gitu di komplek perumahan, saya lupa nama permainannya apa.. Asli deh, walo grafisnya masih payah banget tapi sungguh, mayan menyenangkan juga bermain PacMan dan kejar-kejaran kucing itu. Waktu itu sih kami gak punya komputer yah, tapi kakaknya papa yang juga merantau ke Manado punya, jadi kami suka diajarin main di rumah kakaknya papa itu πŸ™‚
  • Nintendo Entertainment System. Di akhir 1980-an nintendo macam ini udah mulai terkenal, game yang paling ngetop apalagi kalo bukan Super Mario Bros dan Tetris (tetris juga ada yang dimainkan di Game Boy kan?). Trus ada juga yang game perang-perangan gitu, Ikari Warriors namanya. Trus waktu itu suka juga maen PacMan, battle tank, sama othello. Kali ini kami dibelikan oleh orang tua. Malah waktu dibelikan, teman-teman sekompleks belum pada punya jadinya rumah kami sering dijadikan tempat berkumpul untuk maen nintendo ini:D
Nintendo Entertainment System. Sumber : http://en.wikipedia.org/wiki/Nintendo

=========================================

MAKANAN

  • YOSAN, btw saya pengen nanya, buat teman-teman yang pernah kenal sama si Yosan ini, ada gak sih yang pernah nemu atau pernah tau ada yang nemu huruf N-nya???
  • Anak Mas, Chiki, Anak Mami, Cup Cup (yang rasanya pedes manis gitu)
  • Telur cicak
  • Wafer Superman
  • Coklat ayam
  • Permen rokok yang rasanya mint
  • Permen chiclets
  • Permen Chelsea
  • Permen Hawaii…dulu harganya Rp 25 per buah!
  • Permen PindyΒ yang ada gambar beruangnya itu di kemasannya.
  • Es tong-tong, es lilin, es mambo
  • Gulali

=========================================

TONTONAN

TV

Jaman itu yang eksis the one and only: TVRI (RCTI muncul di akhir 80an kan ya?) daann…jaman itu belom ada remote! Ya ngarepin remote, wong TV item putih aja masih banyak yang pake! :mrgreen:

Ngomongin soal tontonan TV tahun 80-an kurang lengkap tanpa menampilkan logo stasiun TV kesayangan kita…ini dia…eng i eng…!!

Logo TVRI (24 Agustus 1982-23 Agustus 1999). Sumber : http://asal-usul-motivasi.blogspot.com/2011/01/asal-usul-sejarah-tvri-televisi.html
Sumber : http://www.forumsatelit.com/index.php?topic=1623.0
  • Yang paling berkesan pas hari minggu nih: pagi ada Si Unyil, trus siangan dikit ada Ria Jenaka, Album Minggu Kita, trus Panggung Hiburan Anak-Anak, trus ada selingannya Gelanggang Olahraga (paling gak suka kalo udah ada ini!), daaann…yang paling ditunggu-tunggu: Little House On The Prairie!
  • Magical World if GIGI! Saya nonton ini waktu masih keciiilll banget, kenangan terakhir ya waktu usia 3 tahun kalo gak salah. Tapi saking berkesannya tontonan ini, sampe sekarang pun gak bisa terlupa… Selain Gigi, acara kartun lainnya di TVRI: He-Man, Silverhawk, Thunderbird,Β Anak Laut, Kura-Kura Ninja, sama satu lagi kartun yang mobilnya bisa ngomong apa namanya ya??
Gigi… Sumber: http://kabluey.blogspot.com/2004/07/magical-world-of-gigi_01.html
  • Oshin (dulu tayangnya malam kan yah?), Escrava Isaura (kalo ini ditayangkan minggu siang juga), Little Missy (muncul setelah Escrava Isaura habis serialnya).
  • Zorro, Bonanza, The A Team, Blue Thunder, Wild Wild West, Chips, The Hunter, Remington Steele, The Six Million Dollar Man, Bionic Woman, Mac Gyver, Knight Rider
  • Bold & Beautiful, Dynasty, DallasΒ -> ini tontonan dewasa sebenarnya kan? Tapi saya inget aja, kalo gak salah ini tayangnya setelah Dunia Dalam Berita πŸ˜€
  • Full House, Jeannie (Ginny In a Bottle), The Cosby Show, Growing Pains, Small Wonder (Vicky the Robot)
  • Highway To Heaven -> yang ngegantiin Little House on The Prairie
  • Losmen, Jendela Rumah Kita, Rumah Masa Depan, ACI (Aku Cinta Indonesia)
  • Selecta Pop, Berpacu dalam Melodi, Aneka Ria Safari
  • Kelompencapir, Siaran Pedesaan, Dunia dalam Berita
  • G30s/PKI -> Wajib tonton kaaaannn??? Padahal film-nya sadis, tapi mesti, wajib ditonton!
  • Trus inget gak kalo pas malam minggu tuh suka ditayangkan film-film Indonesia gitu.

Film & Video

  • Gaban, Google V, Megaloman, Voltus V
  • Film-filmnya Dono Kasino Indro, Suzanna, trus itu ada film Anak Ajaib yang dulu kok rasanya sueremmm banget!
  • Ratapan Anak Tiri
  • Merpati Tak Pernah Ingkar Janji -> diangkat dari novelnya Mira W. Yang maen Paramita Rusady
  • Catatan Si Boy dooonngg!!! πŸ˜€

=========================================

PENYANYI / MUSISI / LAGU

  • Pulang kan saja..aku pada ibuku…atau ayahkuuuuu… hahahaha
  • Kisah Kasih di Sekolah-nya Obbie Messakh
  • Selain Betharia Sonata dan Obbie Messakh, juga ada Dian Pisesha, Iis Sugianto, Ratih Purwasih, Endang S Taurina, Julius Sitanggang, Vina Panduwinata, Harvey Malaiholo, Fariz RM, Erwin Gutawa (musisi), Yovie Widianto (muncul di FLPI akhir 80-an).
  • Steffie Wonder, Air Supply, Elton John, Paul McCartney, Diana Ross, Michale Jackson dooonngg!!, Barry Manilow, Phil Collins, Madonna , Duran Duran, Bryan Adams, NKOTB, Richard Marx, Tommy Page, Take That -> aslinya banyak banget sih, tapi yang lagu-lagunya saya inget ya cuma yang dari mereka-mereka inilah πŸ˜€

=========================================

BACAAN

  • BOBO (kangen baca Bobo lagi… Bobo yang sekarang udah gak sebagus dulu lagi), AMI (Anak Manis Indonesia), HAI, GADIS, Kawan Ku, Mode (tau kan ya kalo Pontjo, Monica Oemardi, Cut Mini, Unique Priscilla adalah jebolan coboy – cogirl majalah ini di tahun 80-an? πŸ˜€ )
  • Serial Tini, Lima Sekawan, Tiga Detektif Cilik, Seri Rumah Kecil

=========================================

Gimana? Semua daftar di atas sudah mampukah membuka ingatan teman-teman pada era 80an itu?

Kalo saya bilang, era tahun 1980-an adalah era di mana waktu itu masih berjalan lebih lambat.Β Hooh, soalnya di era ini, sesuatu itu kalo ngetop pasti masih lumayan lama ngetopnya, gak begitu cepat hilang oleh perkembangan zaman lah istilahnya. Makanya, hal-hal yang ngetop di tahun 70-an, di tahun 80-an pun masih tetap bisa berjaya. Dan lagian perkembangan teknologi pun masih belum begitu cepat, gak seperti sekarang.

Kehidupan di masa ini juga termasuk tenang dan aturan kenegaraannya lumayan ketat dilaksanakan hingga semangat nasionalisme (entahkah apakah karena dipaksakan atau tidak) masih sangat terasa.

Terus terang, waktu nulis ini saya jadi kangeeenn banget sama masa-masa itu.

Kangen sama SKJ. Kangen nyanyiin lagu mars Wajib Belajar *tapi gak kangen sama upacara benderanya…hahaha*. Kangen pada suasana 17-an yang selalu rame. Kangen pada suasana desa yang rapi dan teratur, sawah yang luas, pada pak lurah yang tiap mo 17-an meminta warga untuk mengecat pagar bambu di sekeliling rumah dengan cat warna putih dan merah. Kangen pada suasana yang tenang tanpa dikit-dikit demo….

Kangen sama rumah…

Kangen sama pohon flamboyan depan rumah…

Kangen maen bareng adek dan kakak…

Kangen sama papa dan mama…. *di bagian ini pengen nangis-nangis….huwaaa…mamaaa… Ika kangeeenn!!!!*

Dan waktu lagi nulis ini, gak tau kenapa, lagu di bawah ini jadi terngiang-ngiang terus…

Nun…di balik gunung,

Dusun terkurung sunyi…

Sukma merenung, dengar senandung serunai

Sayup dendang menghimbau..gita irama desaku

Insan hidup rukun, memupuk cinta, alam di desa…

Anyway, moga edisi nostalgia ini juga bisa membangkitkan kenangan teman-teman yaaa… Meski masa sekarang adalah masa yang paling asik untuk kita jalani, tapi masa yang telah lalu juga menarik untuk dikenang, karena masa lalu itulah yang sudah membentuk kita menjadi pribadi seperti di masa sekarang ini:)

PS:

Ika : nama kecil saya πŸ™‚

UPDATE:

Ada lagi jenis permainan yang ketinggalan saya tulis. Permainan Cak Ingkling, kalo di Manado disebut CENGEK. Itu lho permainan yang dimulai dengan menggambar persegi di tanah/aspal, mulai dari tiga buat persegiΒ bersusun ke atas, trus dua persegiΒ sejajar, trus terakhir satu persegi lagi. Untuk mulai main, kita harus punya gacuk, bisa batu bisa juga pecahan genting, apa aja pokoknya yang bisa dilempar, ditaro di atas kaki, dan dijepit di antara jari. Trus abis itu kita harus melewati persegi-persegi itu dengan menggunakan satu kaki aja. Permainannya ada tahapan-tahapannya. Pemenangnya adalah yang bisa menyelesaikan semua tahapan tanpa kesalahan. Inget gak sama mainan ini?

Iklan

109 respons untuk β€˜What Did You Do In The 80’s?’

  1. eh eh aku bacanya kilat nih, mau meeting…
    Unyil udah ditulis belom?

    Ksatria baja Hitam masuk 80an atau 90 sich?
    ntar aku baca lagi…hehehe πŸ˜€

    1. Unyil gak mungkin ketinggalan! Dia kan legendaris…hahahaha

      Kalo ksatria baja hitam…nantikan di era 90-an! πŸ˜†

  2. Huahhhh … mau komen apa ya, hihihihi…
    Hampir semua yg di tulis pernah ngalamin juga, kecuali yg permainan individu, gak ada yg punya .. πŸ˜€

    balon tiup yg di maksud masih ada kok, kantin di sekolah Fauzan juga ada.

    1. Teh Dey dulu gak maen boneka bongkar pasang itu ya?

      Iya ya, balon tiup masih ada yaa? πŸ˜€

      1. sempet juga main boneka bongkar pasang, seringnya dibikinin sendiri baju2nya sama tetangga yg umurnya lebih tua. Jarang beli .. πŸ˜€

      2. hihihi…apapun bentuknya, boneka bongkar pasang itu asiiikkk dimainin ya teh πŸ˜€

  3. alamakkkkkkkkkkkkk setelah di list banyak juga yah ternyata…
    ini Permainan bongkar pasang boneka kertas sama banget ma aku, hobby…dan dikumpulin walah berkardus kardus kali sama rumah rumahannya, yang pada akhirnya kemana semua itu yah, kayaknya awalnya disimpen setelah bosan terus mungkin dibuang kali yah ibukku pas bebersih rumah…
    ACI..program di TVRI dulu….selecta pop ditunggu tunggu banget…hehehe kamera ria..walah walah…
    album minggu…aduh jaman masa kecil kita…main gobak sodor…main beteng-beteng -an…main karet…
    seru seru , thanks jeng membuat nostalgia sejenak di akhir minggu..:)

    1. Iyaaa…ternyata buanyak yaaa…ini pun belum semuanya keknya, soalnya kan terbatas di ingatan ku aja πŸ˜€

      Hahahaha…ternyata program2 di TVRI ngangenin juga kaaannn πŸ˜€

  4. Waah samaa kita, lahir awal taun 80-an.. πŸ˜€ Dan kaget banget waktu baca postingan ini, gilingaaan… lengkap bangett.. sambil baca, aku sambil nostalgia nih hehehe..

    btw, balon tiup masih ada kok sekarang. kemaren aku sempet beli. Belinya itu di abang2 yang jual macem2 maenan yang suka lewat depan rumah. Aku kaget aja, masih dijual balon tiup kayak jaman masih kecil. Radit langsung ketawa2 liat mamanya niup balon tiupnya πŸ˜€

    Telur cicak, anak mas, coklat ayam jago, eik bangeeeeettt.. hihihi

    1. Hahahaha..iya dooongg kalo gak lengkap, gak seruuu!! πŸ˜†

      Aku jadi penasaran pengen nyari balon tiup itu deh…kangen euy mainin itu lagi! πŸ˜€

      Keknya angkatan kita gak ada yang gak tau sama telur cicak and the gank yaaa… πŸ˜†

    1. Anita ya? Iya yaa…aku lupa nulis itu. Soalnya sbnrnya tahun 80an itu kan aku masih anak2 jadi majalah remaja gak terlalu inget πŸ˜€

      1. aku barusan posting tentang majalah Anita, tulisan lama di draft. Aku publish karena baca postingan ini .. πŸ™‚

  5. niat abiiisss….hahahahahaha
    gue ngalamin semua yang lu tulis tuh *yaeyalaaaaaah….*
    seinget gue juga Yosan itu gak pernah lengkap deh…kayaknya mah sengaja itu N gak diproduksi *nuduh* huahahahahaha.
    untuk penyayi….lo lupa JASON DONOVAN, πŸ˜† aslik, dulu gue tergila-gila sama dia, hahahahahahahah

    1. Asliiiii…ini niat banget! hahahaha

      Iya koookk…sejak dulu juga aku udah curiga kalo N-nya itu gak pernah diproduksi, habis gak pernah ada yang bisa ngumpulinnya. Tapi udah tau gitu, tetep aja penasaran beli lagi dan lagi…hihihihi

      Jason Donovan yaaa??? aaahhh…kok bisa ketinggalan yaa?? Yang especially for you itu kaann? πŸ˜€

      1. Waktu itu konsernya di jkt ya kak? Jason Donovan jadi lbh penting drpd ujian ya kak..ya iyalah ujian kalo gagal bisa ngulang, tapi belom tentu bs nonton langsung si jason konser lagi πŸ˜€

  6. aku juga bacanya kilat, mau ngajar. tp seneeeeeng bgt ngeliat banyak nama permainan yg dulu aku sering mainkan! aku punya hampir semuanya, kecuali atari, hehehe. aku ga punya atari. punyae nintendo.

    trus trus trus….. aku pernah ngidam pengen punya rumah barbie ama kolam renangnya (dijual terpisah ya), dan alhamdulillah kesampean punya kolam renangnya, hihihi.

    masa kecilku bahagia meski most of the time cuma main berdua ama adekku. kalo minta mainan apa, biasanya selalu dibeliin. yg blm ksampean punya, seingatku cuma 2: playdoh ama lego πŸ˜› soalnya mahal dan suseh nyarinya kalo di Riau yeee…. kudu ke sinjepoh apa jekardah duluk.

    1. Hihihi..untung kita gak punya atari ya, secara kan gak berapa lama stlh atari, muncullah nintendo yang jelas jauh lebih asik! πŸ˜†

      Iyaa…aku inget cerita soal masa kecil mu dulu. Walo temen gak banyak, tapi tetep kenangan indahnya banyak yaaa πŸ˜€

      1. hihi iya lis. so sweet deh kalo inget dulu ama adekku deket bgt. soalnya pas dia ABG, udah ga deket lg krn yaaa…. namanya juga ABG ya, banyak main rahasia2an, susah diajak komunikasi. apalagi anak cowok.

        skrg pas dia udah dewasa, eh kita pisah rumah krn sejak taun 2005 dia pindah ke Jkt.

      2. Lho, Tyk, kok sama, aku sama adek cowokku juga pisah sejak 2005, soalnya sejak itu aku dah mulai pelatihan trus lanjut kerja di sini…

        Iya sih mmg, pas ABG sama adek cowok tuh jadi agak jauh. Tapi setelah sekarang, apalagi setelah jauh2an malah sering chat…cuma tetep beda, pengennya bisa ketemu langsung….huwaaa…bikin aku tambah kangen!!

  7. hwaaaa……
    komplit banget ulasannya….TOP lah…
    masih inget semua di tahun 80 an….
    Oshin….itu salah satu tontonan favorite ku
    apalagi pada saat itu liat Takeshi (klo gak salah) anak Oshin keren bangeeet

    1. Hooh, saking berkesannya makanya banyak yang diinget…hihihi

      Iyaa anak Oshin Takeshi namanya..Keren yaaa…sayang dia kan hilang waktu wamil kan ya? 😦

  8. aaaaaaahhh… review nya bener-bener ngebawa aku ke waktu jaman dulu.. kangen euy..

    oia ada majalah yang gw langganan dulu selain bobo yaitu ananda..
    selebihnya semua yg dijabarin disini aku kenal dan tauu… apalagi si gembots.. itu dulu minta beliin sama mama pake ngerengek lama bangeeett..

    kangen sama film zorro, macgyver, full house, growing pains, pokoknya jaman dulu ngga ada deh tuh yang namanya sinetron yg merusak moral kya skrg.

    pokoknya dulu itu indaahh bangeet.. kangen masa-masa main bareng abangku dan aku selalu jadi anak bawang.. time flies :’)

    btw thanks lis buat reviewnya beneran serasa ke masa lalu πŸ™‚

    1. Sebenarnya pengen bikin review lebih banyak lagi…pengen cerita ttg kesan soal Oshin, Little House, Full House, ACI, dan lain2nya…tapi aduh, kalo direview satu per satu, kapan selesainya ini tulisan? πŸ˜€

      Kenapa ya dulu Indonesia bisa bikin serial yang bagus kayak Losmen, ACI, Jendela Rumah Kita gitu yang isinya tuh membangun moral dan membentuk karakter serta memang mencerminkan masyarakat kita…kok sekarang jadinya sinetron gak jelas gitu ya?

      Sama2 ya jeng…seneng kalo ternyata ini bisa bikin yang baca bernostalgia juga πŸ˜€

  9. wahh…, Lis lengkap bangt, keren..keren daya ingatnya mantap. baca postingan ini jadi inget masa kecil di kampung sono hiks..hiks.., kangen juga jadinya. oh iya, ada yg kurang nih untuk permainan kelompoknya, dulu aku sering bgt main yg namanya galasin, tau kan? itu loh yang Inti permainannya adalah menghadang lawan secara kelompok agar tidak bisa lolos melewati garis sampai ke baris terakhir.

    trus boneka yg matanya biru itu kalo empengnya dicabut langsung nangis, aku punya juga sampe ada beberapa πŸ˜€

    sama film “Gigi”… suka bgt dulu

    btw.., postingannya makasih.., mengingatkan masa lalu jadinya..

    1. Galasin itu kan nama lagi gobak sodor, jeng Dea :D. Kalo di Manado kami sebutnya Tali Tanah πŸ˜€

      Hahahaha…iyaa itu boneka ada yang punya empeng, trus bisa nangis kalo empengnya dicabut…hihihi…lucu juga ya kalo diinget πŸ˜€

      sama2 ya jeng πŸ™‚

      1. hehehe aku malah baru tau kalo galasin nama lainnya gobak sodor, hhihihih.., taunya galasin aja, dan ternyata sudah disebut juga ya.. heheheh πŸ˜€

      2. Hihihi..iyaa…gobak sodor kan dulu ngetren, jadi gak mungkin lupa ditulis πŸ˜€

  10. Itu list tontonan bener-bener bikin aku pengen balik ke tahun 80’an *ketauan banget kerjaannya cuma nonton TV*

    Full House itu selalu aku tunggu filmnya waktu kecil, Bill Cosby show, Mc Gyver, Oshin, Little MissyZorro, Bonanza, The A Team, Blue Thunder, Wild Wild West, Chips, The Hunter, Remington Steele, The Six Million Dollar Man, Bionic Woman, Mac Gyver, Knight Rider aduh aduh tontonan aku banget deh satu lagi aku tambahin kalo untuk film horornya ada tuh film yang selalu ditayangin malam jumat yang ceritanya itu 2 orang muda cewe cantik dan cowo cakep bule dan 1 orang yang tua asian yang jago supranatural apa namanya yak mereka ngumpulin barang-barang yang dikutuk klo ga salah judul filmya “Friday the 13”

    Trus kalo film dan Video pake video deck yang kasetnya gedee banget itu kan nah di rumah ku dulu suka banget sama film silat cina salah satunya ya sering sewa filmya jacky chang “jurus mabok” snake in the eagle shadow whahaha abis nonton biasanya kami silat-silatan gitu kekekeke

    Love 80′ abis dahhh makasih ya udah mengingatkan moment-moment indah itu

    1. Kalo Friday the 13th di TVRI tayangnya mulai tahun 1990, jeng, itu udah masuk ke list untuk nostalgia tahun 90 berikutnya…hihihi

      Hahahaha iyaaa…kaset videonya yang gede tebel ituuu :D. Aih, aku dulu belom kenal malah jacky chan, taunya masih film2 kartun gitu sama film2 indonesia πŸ˜€

      Walo jaduh, tapi era 80an itu asik juga yaaa πŸ˜€

  11. ahhh jadi pengen makan mami (ato mamee sih tulisannya? lupa!) sama coklat ayam jago….
    tapi jaman dulu itu emang lebih banyak permainan yg sifatnya fisik ya, jadi anak2 lebih banyak gerak, sehat dan lebih berinteraksi ama temennya. kalo skrg mainannya depan tipi/gadget, bikin anak kurang gerak.

    1. Eh iya, tulisannya apa ya? Mami apa Mamee? Aku juga lupaaa…hahaha

      Iya, dulu kita karena tayangan di TV kurang, jadinya lebih suka maen di luar. Sekarang anak2 lebih suka nongkrong di depan TV πŸ˜€

  12. wahahaha…biarpun saya lahirnya jauhan dari mbak ika (gpp kan mbak ika? :P)
    tapi ada beberapa yang saya tau loh mbak..
    kayak YOSAN, duuh dulu bela-belain beli yosan untuk nyari huruf N, tapi gak ketemu sampe kami protes sama penjualnya, jangan-jangan udah diambil duluan…hihii…
    trus balon karet…dulu kalo lagi booming, satu sekolah bisa lomba-lombaan bikin balon besar, sampe gak sadar iler juga ikutan masuk ke balo…#jorok
    terus gembot…kami juga ngomongny gembot, dulu heboh juga …tapi karna duit jajan dikit jadinya cuma bisa minjem.huhu… πŸ˜€
    overall,,mengenang masa kecil pasti bikin mewek y mbak, pengen juga punya mesin waktu …pengen ngerasain masa-masa itu lagi…huhu…*nyaritisu*

    1. mbak Ika???? hahahaha…. gak cocoookk!! wkwkwkwk… Di benakku, IKA itu adalah aku versi anak-anak, versi gedenya ya Allisa! hihihi

      Huahahaha…dulu aku juga suka curiga sama tukang jualnya,. Trus akhirnya nekad merengek minta dibelikan YOSAN sekotak, eh sekotak itu emang gak ada N-nya…wkwkwk

      Iyaa…mengenang masa lalu pasti bikin mewek πŸ™‚

  13. ya ampun Ika, lengkap sekali ulasannya ^_^ .. jadi serasa kembali ke jaman itu deh
    jaman TV cuma TVRI …. ingat acara S-A-F-A-R-I ….. safari ^_^

    1. Dipanggil Ika, aku berasa jadi anak-anak lagi mbak…hihihi

      Ternyata walo dulu cuma TVRI tapi jaman itu amat sangat menyenangkan ya mbak πŸ™‚

      1. sekali saja panggil Ika, buat nostalgia ya
        iya, mungkin krn cuma satu TVRI itu jadi ditunggu tunggu ya acara acaranya, nggak kayak skrg channel TV nya bejibun

      2. Hehehe….tapi ternyata asik juga dipanggil Ika lagi πŸ˜€

        Iya mbak, asiknya dulu siaran yang ditonton oleh seluruh anak indonesia relatif sama, kalo sekarang mah anak2 tontonannya bisa beda2, secara channel dalam negeri dan luar negeri bukan main banyaknya πŸ˜€

      3. boleh nih dipanggil Ika terus ? πŸ˜‰

        iya, kadang malah bingung mau nonton yg mana saking banyaknya tuh channel ya

      4. hehehe..gak apa sih mbak, kalo nyaman manggilnya πŸ™‚

        Iya, malah bingung, apalagi kalo di rumah pake indovision and the gank, kerjaannya malah ganti2 channel terus πŸ˜€

      5. Iya mbak, apalagi kalo udah Indonesian Idol. Aku mau nonton itu, Raja mau nonton Jim Jam. Yang adanya rebut2an sampe akhirnya dia ngantuk…hahahaha

  14. boneka anjing kuning yg bulu panjang itu adikku punya, kado ultah,
    Adik2 masa itu ngumpulin kertas surat, tiler2an sama teman
    80an aku udah nggak main-mainan itu lagi, udah masuk SMA say, udah mulai rambut model jambul belah tengah he..he.., dan mulai baca Barbara Cartland

    1. Hahahaha…kak Monda udah lewat masa kanak2nya saat itu ya? Kalo gaya hidup anak SMA-nya saat itu gimana kak? Artis idolanya siapa?

      Barbara Cartland aku kenal di akhir tahun 90-an tepatnya 98 kak, pas SMA juga πŸ˜€

      Kalo ngumpulin kertas surat, sampe tahun 90-an pun masih ngetren tuh πŸ˜€

      1. artisnya Fariz, Ikang Fawzi, Chaseiro,
        Warkop yg kl ngelawak di panggung lucuuu banget, eh iya ada kaset lawakannya juga lho…
        gaya SMAnya apa ya, di Plaju waktu itu biasa2 aja sih,
        oh iya jaman itu vokal group lagi top2nya

      2. Oh ya? Ada kaset lawakannya juga ya kak? Aku baru tau πŸ˜€

        Oh iya ya jaman itu Ikang Fawzi lagi diidolain sama cewek2 ya kak πŸ˜€

  15. Benar-benar lengkap informasinya. Ga kebayang berapa jam membuat postingan ini sambil merangkai dan merekat ingatan kembali ke masa lalu….

  16. aku..aku..aku mbk pernah dapet huruf N,,emang sekotak tu blm tentu ada N nya,
    penemuan huruf N di bungkus permen karet ini gk akan lupa dee,,
    pulang sekolah q beli, nyampe rumah dibuka mau dimakan, e pas diliat bungkusnya hurufnya N, langsung pamer ke adekq..semaleman gkbisa tidur,pgn cpt2 pagi,pgn ditukerin ke penjualnya,,
    e paginya sblm brgkt sekolah, tengkar sm adekq,, bungkusnya direbutt,,disobek..
    rasanya Gak mood sekolah..pengen jitak adekq..

    1. Hah??? Hah?? Kamu nemu??? Aiiihh…sayang banget jadinya gak bisa dituker yaaa…kan penemuan huruf N itu adalah penemuan besar di era 80-an…sayang banget yah 😦

  17. Wah kog bisa sehati ya? Sy td di kantor lagi ngebahas permainan kita waktu masih umbelan hehehe. Niatnya mau angkat di blog tp gk ada waktu eh Mbk Allisa angkat topik yg sama. Asyik ya dulu, permainannya lebih seru ketimbang skrg, udh jarang loh kita liat ank kecil maen gundu, gobak sodor, benteng2an duh jd pengen balik esde lagi hehehe. Dulu favoritku adl bongkar pasang, bisa mainan itu seharian, belum lagi kalo mainan pasar2an. Film yg dulu masih sdkt saya ingat tuh knight rider, itu mobil balap yg jalannya bisa miring2 wah itu jaman 80an apa 90an ya?

    1. Hihihi…keknya pemikiran kita lagi connect nih πŸ˜€

      Eh iya, apa aku salah ya? Knight rider tuh keknya bener deh tahun 90an bukan 80an πŸ˜€

  18. sailormoon blm ditulis mba allisa… dulu itu film kesukaan aku tuh, hehehe… iya betul kangen bgt sm masa2 itu (walaupun thn 80-an aku cm ngalamin 4 thn doank, yg lama thn 90-an). inget dulu tiap sore pasti maen dilapangan smp magrib smp disuruh mandi lg sm nyokap (soalnya dekil bgt hehe N magrib itu jatahnya ngaji), trus tiap mati lampu pasti maen lg dilapangan smp jam tidur tiba (apalagi kl terang bulan, tmbh betah mainnya, kan ga gelap lg) πŸ™‚

    1. Sailormoon keknya 90an deh, soalnya itu udah jamannya RCTI kan?

      Waktu kecil dulu, suasana kampung malah lebih rame ketimbang sekarang yah, soalnya klo sekarang yang ibu2nya pada kerja, yang bapak2 juga pada pulang malam, jadinya begitu nyampe rumah, langsung pada tutup rumah πŸ˜€

  19. kayanya jaman kita sama ya hehehe. adikku koleksi Permainan bongkar pasang boneka kertas loh sampai alat2nya lengkap.
    btw Dallas aku suka nonton juga tuh waktu kelas 2 SMP

    1. Hihihi..iya mbak, krn jaman itu sesuatu klo ngetop lama ngetopnya kan, jadi kesukaan kita masih sama2 aja πŸ˜€

      Aku sbnrnya kurang inget sama ceritanya Dallas, cuma inget aja klo itu ttg keluarga pengusaha minyak gitu kan mbak?

  20. anak sekarang udah gak main gobak sodor (kalo di jakarta namanya galasin) ama benteng2an ya? padahal seru tuh mainnya ya…. πŸ™‚

    coklat superman itu sekarang namnaya jadi superstar kalo gak salah… πŸ˜›

    gua dulu nonton dallas nya nyewa video tuh. sebelum ada di puter di tv (gua malah gak inget lho emang ada diputer di tv ya? hehe). yang gua inget ada di tv tuh serian return to eden.

    1. Iyaaa…anak2 skrg gak kenal lagi sama permainan fisik kayak gitu…ya contohnya aja Raja, mana dia kenal mainan kayak gitu lagi, padahal kan seru banget!

      Oh ya? Rasa dan bentuk coklatnya masih sama ya?

      Dallas pernah kok diputer di TV kalo gak salah, setelah bold & beautiful… Nah, kalo return to eden aku malah gak inget..jangan2 itu film tahun 70an, Man…hahahaha

      1. ya ampun koko Arman kok tau kalo wafer tuh dah ganti nama….
        iya dah ganti nama Superstar, kayanya rasanya masih sama, tapi dah gak seenak dulu karena sekarang dah banyak yang lebih enak.
        Inot masih maem itu, aku kan suka beli di tempat kulakan jajan2 500 atau 1000an gitu, jadi Inot bisa pilih2 jajan buat cemilan dia

    1. Permainan karet maksudnya? Ada tuh di atas, gak mungkin ketinggalan, secara itu mainan favorit anak cewek πŸ˜€

      Eh iya ya, masih seangkatan ya? πŸ˜€

  21. Kenangan 80an yang komplit dari mainan, makanan dan hiburan. Bonekanya imut apalagi yang memangkunya.
    Raja bersyukur sebagian besar data masa kecilnya terdokumentasi di Plovea. Seperempat abad ke depan Raja akan menikmati masa mengenang 2010 an. Selamat berakhir pekan.

    1. Iya bu, Raja beruntung, kenangannya banyak tersimpan di sini, beda dengan mamanya yang musti ngumpulin kenangan demi kenangan dalam ingatan πŸ˜€

  22. ya ampun, Liiis…
    *geleng-geleng kepala*

    bener2 nih ibu satu ini.. lengkap abis2an.. ampe apal semua πŸ™‚
    semuanya terasa flashback…

    tuwir banget dirikyu iniiih..

    escrava, little missy, tommy page..qeqeqeqe

    1. Hihihihi…keliatan banget niat abis ya mbak πŸ˜€

      Kita udah makin tua kok mbak, liat aja para bintang sinetron itu, yang tadinya masih maen di Bidadari jadi anak-anak, sekarang malah udah punya anak..hihihi

  23. Eh iya permen chicklet itu kemana ya, Lis ?
    Kalo ludo, ular tangga, aku masih kuliah aja masih maen lho. Hahaha…
    kalo maen boneka, aku gak terlalu suka. Maen bongkar pasang sama maen barbie itu juga kepaksa karena aku sendirian di rumah.

    1. Gak tau tuh, permen chicklet telah hilang ditelan bumi sejak 20an tahun lalu ya Ndah..padahal kan itu enyak 😦

      Aku malah dulu gak pernah punya barbie, Ndah…punyanya boneka kertas itu doang…hihihi

  24. Aku tauuu… aku tauuu…. aku ngalamin juga …. eh ada siey beberapa yang nggak, beda daerah beda permainan kali yah…
    Kalo gobak sodor di tempatku namanya Galo
    Kalo cak ingkling ato cengek itu di tempatku namanya dengkleng
    Kalo gundu itu di tempatku namanya kelereng ato guli…
    Ah iya yah, jadi kangeeeennnnnn sama masa kecil kita yang walopun jauh dari canggih, tapi bahagianyaaaaaa luar biasa….
    eh…. tayangan Friday the thirteen belom masuk yah?? itu di 80an ato 90an???

    1. Iyaaa…jaman dulu walo belum serba teknologi, tapi bahagianya bukan maen πŸ˜€

      Friday the 13th itu tayangnya taon 90 enno πŸ˜€

  25. hahaha, ya ampuuuuunn liiissss.. aq sampe senyum2 sendiri baca nostalgia 80-an ini.. yosan itu permen karet warna pink itu kaaann?? *TimpukAkuAjaKaloSalah

    trus trus itu bongkar pasang, sampe smp aq masih mainin lohh *mentaldisorder?:D

    bekel kl d mks nyebutnya beklan, sama d mdo, pake kulit kerang warna coklat + bola tenis warna ijo ituh.. ckckck

    waaahh jd panjang,, thanks for bringing back memories liiiissss *cipok *masihsenyamsenyum

    1. Kalo inget Yosan, gak mungkin salah mengenali, secara jaman itu permen karet kan cuma Yosan aja…hihihi…

      Hah?? Maen bongkar pasang ampe SMP?? Ckk..ck…ckkk….

      Sama yaaaa Makassar sama Manado, berarti klo masih sesulawesi, masih mirip-mirip banget lah ya maenannya πŸ˜€

      Ahhh..sama-sama yaaa…seneng nemu temen yang juga seneng nginget-nginget masa lalu πŸ˜€

    1. Iya mbak, susaaahh banget nemunya. Ku pikir malah gak pernah ada yang nemu, ternyata ada juga πŸ˜€

  26. mba alisa, ada jajanan yang kelewat, krip-krip mba. Tau ga? kaya mie cuma Rp.25 bungkus warna merah. kalau permainan ada yang namanya umbul juga, semacam kartu yang digunting-gunting terus dilempar ke tembok

    1. Aku malah gak tau lhooo sama krip-krip itu…lupaaa…hihihi… Permainan umbul itu gambaran kan yah? Itu udah ada juga di atas πŸ˜€

  27. wahhhhh nostalgia banget….

    yang aq inget pas jam 19.30 WIB pasti muncul lagu Garuda Pancasila πŸ™‚ makanya hapal, walo dah tidur pun pasti kebangun hanya denger lagu ini

    btw eda ika…aq tahunya justru ika, bukan allisa :mrgreen: waktu dulu qt PS di Batam kak Jenny a.k.a rugun bilang mo nemuin calon eda namanya ika, makanya setting mind q nama eda Raja itu ika bukan allisa πŸ™‚ *gak penting banget ya komennya

  28. ya ampun Lisa…..detil bgt sihhhh…hebatttt…..
    itu balon yang bisa dilem pake bibir tuh masih ada…kalo sempat ke pasar dan ke bagian jajanan masih ada tuh….
    trus huruf N di kertas Yosan tuh emang legend ya…hahahahaha…..
    iya masa kecil kita sih g kaya anak sekarang yah…. semua emang berkesan karena gak secepet sekarang trend berkembang

    1. Soalnya banyak yang berkesan, jadi banyak yang diinget, tambah lagi kan info banyak di google jadi lebih mudah lah ngingetnya πŸ˜€

      Iyaaa…dulu itu walo gak canggih tapi menyenangkan banget yaaa πŸ˜€

  29. Tahun 80-an, saya sdh remaja. Tapi permainan2 yg ada disini, seperti ludo masih suka saya mainkan. Kerambol kayaknya belum masuk ya Jeng? Atau aku yg terlewat?

  30. ehm,.. sebagai yang baru lahir taun 86, ga ngalemin banyak memori daun pisang tuh di taun 80an hehehe. Tapi kalo mainan dan makanannya kayanya kealamin deh.. hihihihi ini di atas banyak bener yang nostalgila masa kecil.. aku di taun 90an aja deh postingan slanjutnya hahaha

      1. Lho…lho…adekku aja manggil nama lho ke aku, jadi kamu jg harusnya manggil nama ke aku, Nat…hihihi..biar aku berasa lebih muda maksudnya :mrgreen:

      2. Adekku tak pernah sekalipun manggil aku dgn sebutan Kakak, cuma pake ‘ngana’ dan ‘kita’ gitu πŸ˜€

  31. suka..suka..suka..
    hihihi langsung kebayang pake baju merah putih lagi nih, antri main gembots pas jam istirahat ( eh di SD ku dulu ada penyewaan gembots lho, semua gembotsnya diiket pake tali jadi satu, jadi ga bisa dibawa kabur :P) sambil ngunyah si yosan.
    kalo cupcup aku masih suka makan lho, ada di warung2 kampung, secara aku suka malak jajanan keponakanku hohoho. balon tiup juga masih ada, cuma kalo jamannya aku dulu belinya satuan kan uang jajannya cuma seratus perak, sekarang beliin buat chibi minimal 1 kotak πŸ™‚

    1. Iya tuh, ada yang nyewain gembots pake diiket tali gitu biar gembotnya gak dibawa kabur…hahahaha…haduh, ada2 aja yaaa πŸ˜€

      Aaahhh..setelah ini aku pengen nyari balon tiup itu di warung!

  32. Ah kita emang sebaya mam hahahahaha. Yang film G30 S PKI itu saya inget, wajib nonton trus saya nulis yang penting dalam kegelapan bioskop heheheh πŸ˜€

    1. Hehehehe…ternyata masih sama2 aja ya bund πŸ˜€

      Etapi aku udah gak ngerasain lagi nonton G30S PKI itu di bioskop taunya ya nonton di tvri di rumah πŸ˜€

  33. Bener2 bisa bernostalgia..kangeeeeen..kayanya masa itu happy bgat ya..tanpa beban n seneng2 doang
    ternyata sama aja ya di hampir plosok negri..dari mainan,makanan, dll samaaa.
    Iya kangem skj..xixixi..
    Thanks ya Lis nostalgianya komplit plitt

    1. Hihihi…sama2 ya Rul…emang, jaman dulu itu mo di mana aja sebenarnya jenis mainan makanan dan tontonan mah sama2 aja πŸ˜€

  34. Waah..jadi serasa melayang ke masa lalu…masa2 yang indah…dulu waktu itu mgkn biasa aja kali ya mbak..tapi sekarang..begitu indah dan selalu ngangenin… masa2 80 han.. sungguh indah kalu dikenang..memang indah pada waktunya…
    Klu balon tiup yang ditiup dgn pipet kecil masih asa tuh sampe sekarang..kemaren baru beliin buat anakku..hehe
    klu bacaan …Lupus juga lg booming waktu akhir2 80 han..klu gasalah …:)
    thanks 4 share mbak lis…..hatiku menghangat baca postingan nya..:)

Thanks for letting me know your thoughts after reading my post...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s