All About Reading (Part 2)

Ngelanjutin tulisan sebelumnya yang pembukaannya lebih panjang daripada intinya itu, sekarang saya mo share buku-buku yang pernah saya pake untuk membantu Raja belajar membaca. Seperti yang saya bilang kemarin, saya gak punya latar belakang keguruan yang bisa membantu anak saya untuk cepat mengerti, karena itu saya butuh bantuan dari buku-buku ini. Sayang aja kan kalo anaknya udah pengen bisa tapi mamanya gak bisa ngikutin dan ngajarin.

Sebenarnya ada beberapa buku yang saya beli untuk membantu Raja belajar membaca. Tapi sayang, sebagian besar gak terlalu membantu banyak. Maaf, saya gak bisa share di sini buku apa aja yang gak terlalu membantu itu, cuma paling gak saya bisa kasih gambaran buku-buku seperti apa yang menurut saya dan dari pengalaman saya dan Raja kurang membantu anak untuk bisa cepat membaca.

  1. Buku yang meskipun isinya komplit berisi panduan belajar membaca, tapi semua halamannya item-putih, tulisannya pun item-putih. Asli, yang kayak gini bikin anak bosen! Sayangnya, saya sempat juga beli buku kayak gini πŸ˜€
  2. Buku yang setiap halaman ada gambar benda, dan di bawahnya ada tulisan nama benda itu. Misalnya, ada gambar kuda. Trus di bawahnya ada tulisan K U D A, bawahnya lagi ada tulisan KU – DA, trus bawahnya ada lagi tulisan KUDA. Looks good sebenarnya. Tapiiiiii….anak jadinya gak terlalu belajar banyak, soalnya gambarnya udah langsung keliatan! Tanpa perlu dia baca pun, dia udah tau itu tulisannya apa :D. Dan lagi-lagi sungguh sayang, karena saya pun pernah tergoda hati membeli buku kayak gini πŸ˜€

Sampe akhirnya, ketemulah saya dengan buku yang satu ini.

Awalnya, pas liat judul bukunya saya sempat ignorant. Ntah kenapa, kalo liat yang judulnya berbau instant gitu kok langsung gak sreg. Tapi walo gak sreg, tetep aja saya buka-buka isinya. Benar emang kata bijak don’t judge a book from it’s cover, karena ternyata memang setelah melihat-lihat isinya, saya justru menjadi sangat tertarik. Isi buku ini berwarna, sehingga menarik banget untuk anak-anak, dan buku ini mengajarkan cara membaca melalui warna-warna itu di mana setiap suku dalam satu kata dibedakan oleh warna. Selain itu buku ini juga memberikan beberapa tahapan belajar yang terlihat cukup mudah untuk dimengerti oleh anak, apalagi oleh anak yang memang sudah berkeinginan untuk bisa cepat mengerti. Dalam buku ini juga diajarkan penggunaan suku kata akhiran, dan tentu saja penggunaan suku kata yang mengandung NG dan NY.

Salah satu contoh halamannya tuh begini.

Puji Tuhan, buku ini memang sangat membantu saya dan Raja. Apalagi karena Raja pun anaknya udah niat membaca kan, jadinya saya jelaskan dan beri contoh sedikit aja, Raja bisa mengembangkan dirinya sendiri. Dengan berlatih membaca lewat buku itu, Raja juga menjadi lebih pintar dalam memisahkan suku kata, sehingga begitu melihat satu kata, dia udah tau gimana misah-misahinnya πŸ™‚

Selain berlatih dengan buku-buku seperti di atas itu, Raja juga berlatih dengan buku-buku Thomas seperti ini.

Intinya pelajaran membaca dalam buku-buku Thomas kayak di atas itu sih karena ada beberapa kata yang diulang-ulang. Untuk yang baru banget belajar membaca gak terlalu banyak membantu kalo menurut saya, tapi bagi yang sudah bisa dan tinggal memperlancar maka buku ini bisa lumayan berdampak, apalagi kalo anaknya seneng sama Thomas kayak Raja :D.

Bahagianya dengan anak yang udah bisa membaca gini adalah tugas mamanya untuk mendongeng tiap malam bisa lumayan berkurang…hehe…

Cuma ya tetep, kalo dia udah capek, dia bakal ngomong begini, “Sekarang mamma yang bacakan ceritanya, kan tadi Raja udah bacakan buat mamma!”

Eaaaaa….emang kapan ya mama pernah minta didongengin??? πŸ˜›

Β Ya udah, segitu aja ceritanya. Moga berguna buat teman-teman yaaa πŸ™‚

Iklan

34 thoughts on “All About Reading (Part 2)

  1. Baru aja mau nanya dapat buku itu darimana? Pan eikeee ngintip bukunya Raja yang ini (yang tilasannya warna-warni) dipostinganmu sebelumnya jeng…

    Jadi Gramed ada kah jeng?

    Matur suwun yaaa…

  2. BIP.. yah penerbitnya…wah buku ini bakalan ngehits setelah dimention disini hehehe…*semoga berkah bagi pengarang yah jeng..:), semoga di gramedia ada..berburuuuuuuuuu…namanya juga menstimulus dan memfasilitasi untuk belajar…huruf apa aja metode coba saya kenalkan juga..biar nemu mana yang cucok dan kinan seneng..tapi masih tetap dalam kerangka bermain sambil belajar…tidak ada pemaksaan…
    walah saya juga tergoda buku buku belajar membaca apa aja..tiap kali ke gramed atau toko buku dibeli..terus dicobakan untuk belajar ke kinan..hehehe bener banget tuh, kayaka yang kasus bang raja kalo ada gambarnya..misalnya gambarnya kuda tulisannya KUDA KU-DA…nah begini mudah ditebak dan jadinya apalan seperti pengalaman saya dan kinan…atau kalo tidak dia asal aja nyebut kayak misalnya C karena ada gambar cabe dia sebut dengan kata identiknya…cabe identik dengan sambel..makanya dia sebut huruf C bukannya Cabe malah sambel..hehehe..
    thanks banget sharingnya jeng….

    1. Hihihi…iya emang, kalo yang ada gambar gitu kurang efektif. Beda dengan yang pernah saya tulis di sini, yang ngajarin Raja untuk menghubungkan antara kata dan gambar sehingga otomatis Raja harus bisa baca dulu katanya baru tau mo dihubungkan ke gambar mana πŸ™‚

      Mudah2an buku ini juga bermanfaat untuk Kinan yaaa πŸ™‚

    1. Samaaa…aku juga mending disuru baca buku daripada mendongeng, tar kelamaan mikir jalan ceritanya…hahaha

    1. Tar abis itu gantian teh Nchie yang dongengin Raja yaaa πŸ˜€

      Iya teh, bukunya berguna banget πŸ™‚

  3. aku juga kalo liat cara yang instant2 itu gimanaa gitu. Kayaknya sounds good to be true. Eh tapi emang beneran ternyata yak, bagus. Soalnya pake warna warni gitu kata2nya. Jadi lebih menraik dan gampang dinget sama anak.
    Sip ini bakalan eik hunting buku2 indang :D.

  4. Baiklaahh… nanti kalo Fira sudah semakin tertarik membaca, aku juga coba buku ini yah… dan ternyata, buku-buku yang disebutkan di atas, yang mana disebutkan bahwa buku itu kurang membantu, aku udah punya…. ku kasih ke Fira juga sepertinya Fira bosen bangeetttttt (untuk yang item putih), dan malah tertarik dengan gambarnya (untuk yang bergambar)….

    nice inpoh…. makasi yak

    1. Hehehe…moga setelah punya junior nanti, ini bisa berguna ya πŸ™‚

      salam kenal juga πŸ™‚

  5. jadi pengen cepet2 ke gramedia dan nyari buku itu hehehehe. suka banget sama ulasannya. bermanfaat sekali. makasih ya Lis.., aku emang selalu suka sama postingan2 dirimu yg banyak ilmunya, jadi bermanfaat πŸ˜€

    1. Hehe…makasih kembali ya jeng. Moga buku ini juga bisa berguna untuk Dafi dan Keenan nantinya yaa πŸ™‚

    1. Iya, saling titip aja gih, lumayan hemat ongkos…hahahaha

      Hayuk tante maen ke sini, ajak Athianya juga yaaaa πŸ˜€

  6. Saya juga punya buku hampir serupa spt di atas. Awal2 emang banyak beli buku macem2 juga. Saya kejadian juga beli buku yang ada gambar dan tulisannya, anak jadi cuma menebak gambanya saja, buka membaca tulisannya. Lagi2 TFS mam πŸ™‚

Thanks for letting me know your thoughts after reading my post...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s