Children Activities Room

Tadinya mo dinamain Abang’s activities room, tapi trus keinget kalo kami sekarang lagi berencana untuk punya anak kedua, gak adil kalo ruangan ini cuma disebut punyanya si abang aja, kan kalo nanti dia udah punya adek sementara kami masih tinggal di sini, maka si abang dan adeknya akan menggunakan ruangan ini secara bersama-sama.

Aslinya ruangan ini tidak ada saat kami membeli rumah ini di Agustus 2009. Ruangan ini baru diadakan ketika kami melakukan renovasi di awal 2010. Waktu itu isi ruangan ini cuma seadanya banget: satu buah spring bed untuk si abang (yang waktu itu belum lancar jalan) yang digunakan untuk bobo siang dan maen-maen; rak TV; sama mainan-mainannya yang saat itu belum seberapa jumlahnya.

Seperti yang terlihat di foto di atas, saat pertama kali jadi, ruangan ini terlihat lengang banget 😀

Namun kemudian seiring waktu isi ruangan itu bertambah dan terus bertambah… Sampe ruangan itu penuh sama mainan. Bayangin deh untuk rel Thomas and Friends aja butuh dua kontainer sendiri. Gimana dengan kereta-keretanya? Itu butuh dua kotak mainan sendiri dan itupun udah penuh banget. Belum lagi untuk aneka asesoris rel dan kereta. Kemudian belum ditambah dengan mainan si abang yang laen, ya bola, mobil-mobilan, pesawat, robot, motor-motoran, segala macem dah. Buku-bukunya yang diletakkin di rak TV juga udah berdesak-desakan di situ, bikin saya tiap mo beli buku baru untuk si abang suka mikir: ini masih ada tempatnya gak yah?.

Ditambah pula si abang hobi corat-coret, melukis, menggambar, mewarnai dan saya selalu ngerasa sayang untuk membuang begitu aja hasil corat-coretnya, maka saya pun menambahkan satu kontainer lagi untuk khusus untuk kertas, buku gambar, dan activity book yang berisi corat-coretannya.

Karena mainannya kebanyakan dimasukkin dalam kotak-kotak, maka setiap si abang pengen ngambil satu mainan, seluruh isi kotak itu akhirnya berhamburan keluar. Fiuuhh…bikin pusing deh liatnya. Apalagi kalo temen-temennya udah pada datang untuk maen di rumah, wuahhh ruangan itu bener-bener terlihat seperti kapal pecah!

Di dinding kanan itu udah berjejer ring basket, tumpukan 3 kontainer, rak penuh sama mainan, tumpukan kotak-kotak, motor-motoran, sama magic car
Lap keringat liatnya…

Finally, after a long-time thinking, I submit to my husband to make some small changes in this room. Waktu suami nanya, what kind of small changes I mean here, saya jawab: pengen dicat ulang; rak TV plus TV-nya diganti; spring bed-nya dijual (soalnya udah jarang banget dipake) lalu diganti sama sofa yang bagian dalamnya bisa juga berfungsi untuk tempat penyimpanan; trus pengen pasang beberapa wall shelf di dinding. Waktu denger itu, suami saya awalnya hanya bisa terdiam…hihihihi… Akhirnya dia bilang, bakal meloloskan proposal saya setelah tau dulu rencana anggarannya berapa dan setelah saya bisa memastikan kalo spring bed, TV, dan rak TV itu bisa dijual ulang 😀

Kami kemudian menghubungi mas Jajang, yang dulu ngurusin kitchen set di rumah. Tadinya kan kami mau sok-sokan pake plywood seperti yang dipake di dapur kami untuk wall shelf-nya. Eh, ternyata ditotal-total harganya lumayan mahal ya bok, apalagi kalo dipikir-pikir ini tuh cuma untuk ngeletakkin mainan yang rata-rata terbuat dari plastik doang jadi sebenarnya gak butuh kayu yang kekuatannya sama dengan untuk dapur yang dipake untuk nyimpen perkakas yang berat-berat. Ya sudah, karena harganya yang mahal kami pun gak jadi pake jasa mas Jajang.

Sebagai gantinya, kami jalan-jalan ke Ace Hardware dan Informa. Eh, ketemu di Informa ada wall shelf yang terbuat dari particle board yang harganya jauh lebih murah. Pikir-pikir, keknya mending yang ini aja, cukup kuatlah kalo hanya berfungsi untuk rak mainan.  Trus, what a lucky us, pas lagi ngeliat wall shelf itu, kami juga ngeliat ada 1 rak warna putih yang sedang didiskon hingga 50%. Langsung pengen loncat-loncat deh liat rak itu, mana bentuknya bagus dan warnanya pas banget untuk ruangan ini.

Akhirnya malam itu kami langsung ambil 4 wall shelf (2 hitam, 2 putih) sama rak putih itu.

Untuk cat-nya, kami beli di Ace Hardware juga (fyi, cat keluaran Ace lumayan aman untuk anak-anak karena gak berbau dan keunggulan lainnya, catnya applicable jadi gak perlu dicampur air lagi gituh), pilih catnya warna hijau sesuai dengan warna kesukaan si abang. Supaya gak terlihat monoton, salah satu dinding diberi warna hijau dengan tone yang berbeda dan kami juga pake wall sticker dari Informa untuk bikin dindingnya agak ramean dikit.

Hari minggu kami beli, hari Seninnya orang-orang dari Informa udah datang untuk masang-masang wall shelf dan ngerakit rak putihnya. Sebelumnya, sejak pagi hari itu, om Asep udah beralih fungsi dari tukang jemput si abang pulang sekolah, menjadi tukang cat di rumah, hehehe.. Pas banget di hari itu si papa juga lagi ada dinas ke Palembang, jadi bisa ngeliat hasil kerjaan di rumah.

Untuk dinding dan rak-rak beres urusannya, sekarang tinggal sofanya.

Untuk mencari sofa ini, kami udah keluar masuk buanyak sekali toko furniture di Palembang. Tapi  gak ada satupun yang sreg di hati, padahal sebenarnya yang saya mau sederhana sih. Pertama, panjang sofanya gak lebih dari 160 cm. Kedua, sofanya harus bisa berfungsi sebagai tempat penyimpanan. Ketiga, sofanya harus berwarna orange. Eh, kalo itu mah gak sederhana yak? :mrgreen:

Jalan satu-satunya terpaksa adalah memesan dan setelah kami terkaget-kaget dengan harga yang ditawarkan oleh salah satu tempat pembuatan sofa, akhirnya kami kembali menghubungi mas Jajang. Siapa tau gitu dia kenal sama orang yang bisa bantu bikinin sofa. Eh ternyata bener, dikenalkanlah kami dengan mas Ujang (yap, baik Jajang, Ujang, maupun Asep sama-sama datang dari tanah Sunda 😀 *info yang gak ada korelasinya :D*). Puji Tuhan, akhirnya dapat good deal dengan kang Ujang ini. Semua yang saya mau bisa terakomodir dan yang terpenting, harganya buagus sekali! 😀

Dan pada akhirnya, beginilah jadinya ruang beraktivitas untuk anak-anak kami di rumah 🙂

Foto-foto di atas itu diambil saat si abang lagi bobo siang setelah sebelumnya puas maen kereta, makanya di lantai masih ada kereta-keretanya.

Kalo si abang sih seneng ya ngeliat lantainya penuh sama mainan. Sementara saya, lebih suka lantai yang lengang kayak gini…

Yang kayak gini nih yang saya suka..hehehe

Untuk tempat penyimpanan mainan, sebagian masih tetep pake kontainer, terutama untuk rel-rel dan gerbong-gerbong kereta sama mobil-mobilan yang kecil-kecil banget.

Sebagian lagi ditaro di atas wall shelf..

Sebagian menghuni rak putih, berbagi tempat bersama buku-buku yang dipisah sesuai kategori: buku pengetahuan, agama, cerita/dongeng, dan activity book. Selain mainan dan buku, di rak ini juga disimpan tempat-tempat pensil, krayon, cat air, dan spidol.

Kereta-kereta koleksinya pada berjejer… Sayang, ada satu tuh yang hilang: Lady. Udah dicari kemana-mana tapi gak ketemu lagi 😦

Dan tentu, sebagian lagi menghuni bagian dalam sofa! 😀

Ruang dalam sofanya lumayan luas, bisa dipake untuk nyimpen kontainer yang berisi mainan yang udah jarang dipake sama si abang, ember berisi bola-bola, sama tas-tas si abang :D. Sukaa banget deh sama sofa ini. Mana mas Ujang bikinnya rapi banget lagi. Dudukannya juga empuk lho, malah lebih enak daripada sofa di ruang tamu kami dan bahannya juga bagus. Recommended deh mas Ujang ini. Jadi buat yang tinggal di kota Palembang dan pengen bikin sofa sendiri, hubungi saya aja, nanti saya kasih nomor telponnya mas Ujang 😉 *hubunginnya jangan kelamaan, takutnya nomor telponnya hilang lagi 😀 *.

O ya, di dindingnya juga kami gantungkan tiga buah poster si abang yang dibuat di sekolahnya. Poster-posternya bagus yah 😀

Abang ganteng yak di poster-poster itu? :mrgreen:

Puji Tuhan, si abang sukaa banget sama ruangannya yang baru ini. Apalagi kan karena dindingnya berwarna kesukaannya. Trus di sini juga dia bisa selalu menikmati deretan kereta-keretanya, bisa cepat ketahuan kalo ada salah satu yang gak ada di tempatnya. Si abang juga jadi lebih gampang memilih buku yang dia pengen. Biasanya untuk ngambil buku atau mainan, si abang manfaatin kursi kecilnya yang berwarna hijau. Sementara untuk mainan di atas wall shelf, si abang terpaksa harus minta tolong kami untuk mengambilkan, berhubung dianya belom bisa 😀

Si pahlawan bertopeng yang lagi kesenengan sama ruangan barunya 😀

O iya, trus apa kabar dengan spring bed, rak TV, dan TV yang lama? Puji Tuhan, semua laku terjual dengan harga yang pantas. Hari ini ditawarkan, hari ini juga langsung pada laku. Malah untuk TV-nya, sempat diperebutkan lho, karena memang kami jualnya dengan harga yang cukup murah (soalnya dulu di akhir 2007 juga belinya pas lagi super diskon sih…hihihi), sementara kualitas TV-nya masih bagus banget 😀

Overall, we’re super satisfied dengan perubahan kecil di ruangan ini. Seneng rasanya ngeliat si abang tambah semangat belajar dan bermain di ruangan ini, dan sambil mengawasi si abang, kami bisa duduk atau tidur-tiduran dengan nyaman di atas sofa (kalo sebelumnya, terpaksa serba melantai..gak banget deh apalagi setelah capek pulang dari kantor :P).

Semoga ruangan ini selalu bisa memberikan kenyamanan buat abang yah, bikin abang tambah betah tinggal di rumah, walo mama juga gak ngelarang abang bermain bersama teman-teman di luar (dengan pengawasan super ketat..hihihi). Abang tau gak sih, waktu mama kecil, mama juga sempat berkeinginan punya ruangan seperti ini, tapi dulu keinginan itu gak pernah mama sampaikan ke oma dan opa, karena mama tau kondisi mereka gak memungkinkan. Makanya, mama senang banget karena mama bisa bikinkan ruangan khusus untuk anak-anak mama seperti ini, meski gak begitu luas dan tak mewah, tapi asalkan abang dan adek-adek abang nanti merasa nyaman berada di sini, mama sudah merasa sangat bahagia 🙂

Iklan

98 thoughts on “Children Activities Room

  1. Waaaaa bener bener bikin mupeng hahahaha kita sama sama suka ijo nih Raja. Emang ijo cucoknya untuk orang keren macem kita apalagi kalo udah di kolab sama oren. Wih makin betah deh ngegelosor di rumah. Btw Lis, ini perfect banget buat anak anak. Sama loooh waktu kecil juga ga kesampean makanya sekarang pas bisa langsung dibela belain :mrgreen:

    1. Sama dong ya, ungu juga cocok buat orang keren..hahahaha

      Iya nih, ruangannya bikin tambah betah di rumah 😀

  2. Aichhhh keren ruangannya….dah sering liat di pp sie 😉

    itu rak yg dulu q taksir tapi kebetulan dah beli dulu, cuma dah penuh sama buku q padahal buku Favian aza dah banyak….

  3. wow keren banget ya designya… sejak melihat pertama kali ruang mainnya anak. di blog ini jadi terinpirasi untuk punya… terima kasih…

    semoga nanti kalau renovasi rumah bisa balik ke blog sini sebagai contoh…

  4. waaaah kereeeen bangeeeet….

    aku juga udah mulai pusing sama maenan Hanif….
    Bener mbak tempat Hanif beraktivitas juga ada spring bed-nya…. heheheh…

    Terinspirasi…!!!! 🙂

    1. Hihihi..iya yah, makin gede anak, makin pusing liat mainannya di sana-sini. Ayo jeng, bikin yang kayak gini juga buat Hanif 😀

      1. Iyaaa…aku coba deh…dikit2 lha jeng,,,,

        Ngajuin proposal ama papap dulu… 😀

  5. keren keren, kreatif banget deh.. keliatan rapih dan teratur semua letak barang2nya. Bisa dijadiin contoh banget inihhh… 😉

  6. waaah….mainannya banyak banget Rajaaaa……
    ruang mainannya juga keren banget
    kalau di rumahku kyk begitu abis kali bwt ruang mainannya
    abis rumahnya RSS kecil banget,….hehe

    1. Hahahaha…soalnya di sini harga rumah masih belum semahal rumah di bandung, mbak Iyan 😀

  7. wah keren, menginspirasi…aku dah membayangkan rak putih itu kalo ada kamar bermain untuk kinan,sementara ini karena kita ngontrak blom ada ruang bermain khusus, jadi satu sama ruang keluarga dan tv…
    keren sofanya..menginpirasi bangent neh jeng..mupeng untuk bikin seperti itu oneday kalo dah ada rumah sendiri
    tfs yah jeng..

    1. Ah iya, rak putih kayak gitu juga sejak dulu selalu kubayang-bayangkan. Gak nyangka banget akhirnya ketemu juga dengan harga yang terjangkau 😀

      Amiinn..moga nanti bisa bikin yang kayak gini ya mama Kinan 🙂

  8. Mbaaaaaaakkk..sungguh super duper keren itu mah dan aq pun suka yg lantainya lengang dan rapih hihihiii ya iyalah liat foto yg lg dipake raja dan teman2 lg main itu bikin peres2 keringet sendiri rasanya hahahaa 😀
    Btw gimana kakinya raja mbak?udah sembuh kah setelah insiden seremdi toilet tempo hr??

    1. Hahahaha…iya tuh, bener2 deh bikin kepala puyeng liatnya mainan berhamburan sana-sini 😀

      Puji Tuhan, kakinya dah pulih total…makasih yaaa 🙂

  9. wah asiknya punya activities room… bisa tambah banyak nih mainannya.. huahahaha…

    seneng ya lis kalo bisa dapet sofa yang sesuai kemauan tapi harganya juga bersahabat ya… 🙂

    1. Hihihihi..iya nih Man, sebenarnya malah dengan dibeginiin, alamat mainannya bakal tambah banyak karena ngerasa masih ada space untuk naro mainannya :mrgreen:

      Iya Man, super seneng deh pokoknya 😀

    1. Hahahaha…aku keknya gak bakal bosan sampe mungkin someday musti move out dari rumah ini mbak 😀

  10. Bener banget niey, mainan Fira juga udah lumayan bikin pusing,,,,, Jadi mau gak mau memang butuh activities room buat anak yah….
    Ih, keren sofanya. Orange. Seger yah, dipadukan dengan ijo, jadi tambah segeerrrr……..
    Nanti kalo adek nya Raja cewek, bakalan ditambah dengan warna pink tuh…. Jadinya tambah keren deehhh…. hehehehehehehehehe

    1. Iyaa…butuh banget. Tujuan utamanya, supaya saat anak lagi maen, cukup ruangan maennya aja yang berantakan, gak merembet ke ruangan lain..hihihi

      Orange-nya emang seger banget, makanya aku sukaaa..

      Pink??? NO..NO..NO! Mending ditambahin warna ungu 😛

    1. Oalah…Fai juga ikut ngeliat ya? Hahaha… Ayo, Fai, minta sama ibu biar dibikinkan. Kalo untuk Fai pasti jadi rame banget, secara bakal dipake oleh 3 orang jagoan 😀

  11. baguuussss bangeett semuanya..
    paling suka sama rak putih dan sofa nya..

    aku mau ngikutin ahh bikin wall shelf buat naruh buku-bukunya tania di ruang bermainnya.. klo di pakaikan rak kya raja, ruangannya ngga cukup 😦

    1. Wall shelf di Informa ada banyak sekali modelnya, mbak. Ada juga yang model kubikel2 gitu, keknya lebih cocok yang kayak gitu untuk buku 🙂

  12. wah senengnya….rapi dan keliatan legaaa…..
    apalagi pake hijau dan orange…seger banget….
    itu wall shelfnya dipasangin pake apa sih mbak? sedalam apa? emang harus tukangnya ya yang pasang? tks

    1. Dipasangnya pake besi yang ditancepin ke dlm dinding, jeng. Aku pake jasa mereka, selain krn emang kurang ngerti ngebor-ngebor dan pasang-pasangnya, juga krn mmg jasa nganter dan pasangnya sdh termasuk after sale servicenya 🙂

      1. Mbak, komentarku di blogmu nyasar ke spam…huhuhuhu…minta tolong dong diselametin dari situ. Thanks sebelumnya yah 🙂

        Kaki Raja dah baik2 aja, mbak, syukurlah 😀

      2. oke, thanks dah mampir….
        aku tuh dah suka baca blog ini dari dului…tapi baru kemaren komen….
        Lisa cantik banget… 😀

      3. Haduh, jadi ge-er…hahahaha…makasih juga yaa dah mau mampir sini. Blognya ku link, gpp yaa 🙂

  13. Pertama, suka pada warna-warna yg ada dalam ruangan ini. Semuanya cerah dan menggembirakan.
    Kedua, ya ampuuuunnn Raja mainannya banyak amat. Tante lagi ngitung2 dalam kepala nih, duh berapa duit ya si mama keluar uang..hahahah…maaf ya Raja, maklum entrepreneur, suka ngitung…

    1. Thanks mbak Evi 😀

      Hehe…maklum mbak, anak pertama, jadi suka kalap beliin mainannya…hihihihi

    1. Iya mbak, tujuan utama ruangan ini dibikin, supaya kalo anak bermain di rumah, cukup 1 ruangan ini aja yang berantakan 😀

  14. wah… surga banget deh mba ini buat bocah 😀 Iya.. lebih berasa tenang pasti ya mba kalo temen anak yang main ke rumah daripada anak yang keluar 🙂 Rajaaaa.. tante mau main dooooong 😀

    1. Iya Nat, kalo anak maen di rumah, kita lebih mudah mengawasi…tau kan ya, anak2 jaman sekarang pada edan2 dan gak semua orang tua aware akan perkembangan jaman yang mempengaruhi anak2…

      Ayo tante, maen sama Raja di sini 😀

      1. Hooh ih, serem… Di palembang malah, kalo gak salah tahun 2011 lalu, anak2 di bawah umur 10 tahun ketangkap basah lagi pesta s*ks…hiyyyy…sereeeemmmm

    1. Hihihi…makasih tante udah bilang Raja ganteng 😀

      Hayuk atuh maen ke sini, tante, jangan lupa bawa kak Olive juga yaaa 😀

    1. Duh, kalo Athia ada kesempatan bisa maen ke sini sih, pasti bakal diterima dengan senang hati, Ndah 😀

  15. Wah Raja ruangan aktivitasnya ceria dan sistematis, belajar bantuin mama beberes ya.
    Mama Raja punya talenta di bidang interior design nih, bisa buka konsultasi nih Salam

    1. Hehehehe…makasih bu Prih.. Saya baru pe-de untuk rumah sendiri bu, karena tau kebutuhannya apa aja 😀

    1. Sori, baru dibalas komentarnya…ketinggalan tadi, hehe..

      Urusan nata-menata rumah selalu bikin semangat yah 😀

  16. Waaaaa….asyik nih playroom nya. Jadi makin betah deh Raja main dan belajar. Mainan Dita juga sudah seabreg, puyeng ngelihatnya. Kalau saya beliin mainan, suami bilang, mau ditaruh dimana lagi? hehehe…semoga setelah renov ada tempat yang lebih representative nih hehehe. Btw, kok tiba2 pengin sofa warna orange kenapa mam? 🙂

    1. Iya bund, mudah2an setelah renovasi ada tempat yang lebih baik buat Dita yaa… Pengen orange karena dindingnya hijau, bund, dan karena memang sebenarnya itu permintaan Raja. Dia pernah liat kursi warna orange, jadi waktu iseng ku tanya pengen sofa warna apa, dia bilang orange 😀

  17. ya ampuuuuuuuuun, baguuuus banget nget nget……pasti raja lebih sering dikunjungin temen2nya nih kalo gini.btw, itu pakai topeng apa ya raja?ultramen ya?gagap kartun nih tante kanianya

    1. Hihihi…iya nih alamat bakal lebih sering temennya mampir 😀

      Ntah tuh, topeng apa, itu kiriman omanya soalnya 😀

  18. hadeh…liat postingan begini rasanya pengen re-arranging semua furniture di rumah deh, hahahahahaahahah. kalo dirumah gue, yang berantakan itu pasti lantai living room. Isinya mainnannya Dex semua -__-” plus kadang-kadang…ilernya, hoahahahaahahah.

    waktu kecil gue punya ruangan kayak gitu. well…sebenernya kamar gue sih, tapi karena guenya masih tidur sama nyokap, jadi itu kamar jadi activity room. emang bener sih…ruangan kayak gitu bisa bikin anak kecil betah.

    1. Hahahaha…Dexnya gak bisa disuruh elap iler sendiri sih yaaa…hihihihi

      Memang sih, ruangan kayak gini bener2 surga buat anak2 😀

  19. whuaaaaaa….
    keren sekali ruang bermain nya Raja ituuuuuuu…

    dan pede sekali sih dirimu membuat rak rak yang gak ada tutupnya begituh…hihihi…
    maksud akuuuu, kita kan jadi gak bisa seenaknya jeblos jeblosin sembarangan kalo lagi males beberes…hihihi…*pemalas yang mendarah daging*

    Dan poto pertama yang kamarnya berantakan ituh…
    looks familiar banget deh Lis….*lirik ruang tamu*…hihihi…

    Pasti Raja tambah semangat main nya yaaaa….

    1. Aku kan orangnya rapi, mbak, jadi pede pake rak begitu 😛 *suombong* hihihi

      Iya nih, saking tambah semangatnya, sampe2 sekarang2 jadi susah disuruh bobo malam, betah dia di ruangannya, padahal mamaknya udah pengen dia cepet2 bobo, biar bisa nonton korea…hahahaha

  20. Ruang bermainnya rapi bener … meski dalam keadaan berantakan, tetep aja rapi ..*dibandingin rumah saya maksudnya .. hehehe

  21. Kangeeen sm blog ini.nyicil blogwalkingan euy 🙂
    Itu kamar maen raja udh ky plegrup mba.top markotop.diriku jg pgn anak2 pny play room gn suatu hari, klo rumahnya udh settled.tareek napas liyat scene berantakannya tp klo gag berantakan ga blajar yak 🙂

    1. Aku juga kangen dengan dikau…kemana aja, Ndah?

      Iya Ndah, kalo gak berantakan mereka juga gak belajar… Ada cara gak sih biar mereka bisa belajar tanpa ngeberantakkin? Hihihihihi *ngimpi*

  22. Salam kenal…Mbak Alissa tinggal di Palembang yaa…sama dong…baru baca postingan ini stelah baca tentang postingan tentang pepi…ngomong-ngomong…mau dong nomor telepon mang asep-nya sama harga bikin sofanya..email ua mbak..ythanks before

  23. mbak palembangnya dimana nih? mau donk no telpon pembuat sofanya..
    lagi rencana memang rehab rumah..
    bisa di email ya mbak ..
    mokasi….

  24. Mbak, mau donk no hp mas ujang.. bikin sofa gitu budgetnya berapa? Aq juga kurang sreg sama yang ditoko furnitur.. gede-gede.. email ya mbak, thanx..

Thanks for letting me know your thoughts after reading my post...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s