Kartini Cilik : Cantik Dengan Baju Bodo

Mampir sini buat majang foto saya jaman SD dulu demi ngikutin Kontes Foto Kartini Cilik-nya teh Nchie. Nasib belom punya anak cewek, gak ada yang bisa diajak pake baju-baju daerah yang lucuk-lucuk trus didandanin. Ya udah, pake foto sendiri aja πŸ˜€

Di foto ini saya pake baju daerah wanita Bugis, baju Bodo namanya. Dipakenya dalam rangka ikutan lomba fashion show anak-anak…hihihi… Waktu itu kenapa pilih baju Bodo? Karena pas mama saya pergi ke salon deket rumah buat nyewa baju, ternyata yang tersedia tinggal baju itu aja, yang laennya dah pada disewa anak-anak laen…kasian deh..hihihi..

Dan ini dia penampakan saya dalam baju khas daerah Bugis πŸ™‚

Wajah saya ternyata sejak kecil sampe sekarang gak banyak berubah ya? Hanya terlihat jauh lebih tua matang saja…hihihi

O iya, saya dapat info dari Wikipedia, ternyata warna baju Bodo ini menunjukkan usia dan status wanita yang memakainya lho. Dan tau gak warna ungu itu digunakan untuk siapa? Untuk Janda! Saya jadi berpikir apakah karena baju Bodo yang merupakan salah satu busana tertua di dunia mengharuskan para janda menggunakan kain berwarna ungu, makanya kemudian warna ungu terutama di Indonesia menjadi lekat sebagai warna janda? Bisa jadi juga yah… Soalnya kalo di belahan dunia laen, warna ungu kan tidak lekat sama janda, malah di jaman Romawi kuno, Yunani kuno, Cina kuno (pokoknya yang kuno-kuno), kain berwarna ungu hanya dipakai oleh kaum bangsawan saja karena kain ungu harganya pasti mahal mengingat pembuatannya yang amat sangat sulit *bangga sebagai pencinta ungu :mrgreen: *.

Dan oh ya, saya juga menemukan info yang menarik di Wikipedia. Ternyata oh ternyata, sampai di tahun 1930-an pun, wanita Bugis memakai baju Bodo tanpa menggunakan penutup dada lhoooo…. Gak percaya? Coba aja lihat halaman ini. Saya yakin, di jaman itu, para pria justru lebih berpikiran terbuka karena gak sembarangan melecehkan wanita meskipun bagian dada wanita tak tertutup. Beda kayak sekarang, bahkan wanita yang memakai serba tertutup pun masih bisa mendapatkan pelecehan, baik secara langsung maupun hanya lewat kata-kata 😦

Ya sudahlah, saya sebenarnya hanya pingin nampilin foto, tapi kok ya malah melenceng ceritanya, hehe… Buat teh Nchie, moga sukses kontesnya yaaa dan semoga bisa diterima foto saya ini dan kalo bisa ya mohon dimenangkan…hihihihi…

FotoΒ  ini diikutsertakanΒ  dalam giveaway Blogger Kartinian Ekspresi Kartini Cilik yang di selenggarakan Mama Olive

Iklan

68 thoughts on “Kartini Cilik : Cantik Dengan Baju Bodo

  1. Lis kamu tinggi banget yaaa padahal masih SD loh hahahaha kok sejajar sama aku yang udah tua sekarang -,-” ohya, setuju kalo jaman dulu orangnya lebih punya sopan santun πŸ˜€

    1. Aku dulu SD memang agak tinggi dibanding temen2…tapi setelah itu tinggi badanku naeknya agak berkurang sampe mentok di 159cm πŸ˜€

  2. Semoga sukses dengan kontesnya, ternyata mbak sudah cantik sejak kecil hehe…
    Warna ungu identik dgn warna janda? wah…. emang iya? hehe…
    Kunjungan mertamax & Salam kenal dari newbie…

    1. Iya sih menurut kebanyakan orang begitu, ungu identik dengan warna janda. Padahal gak juga, hehe…

      Makasih atas kunjungannya yah..

      O iya, tadi saya berkomentar di blognya, tapi keknya nyasar deh di spam…tolong dong diselametin komentar saya. Thanks yaaa πŸ™‚

  3. mudah2an Raja nanti dapat adik perempuan ya, supaya bisa didandanin .. heheh .. πŸ˜€

    Emang udah dari sononya ya, cantik & modis … πŸ™‚

  4. cantiknya tetap, tapi kalau gak dikasih tau aku gak ngenalin loh itu foto siapa.
    Walah jaman dulu baju bodonya transparan gitu ya, kalau dipakai sekarang bahaya πŸ™‚

    1. Hihihi…udah beda mukanya ya mbak? Thanks ya mbak Lid πŸ™‚

      Iyaaa…kalo dipake sekarang mah tar disangka orang gila, eh udah disangka orang gila abis itu dilecehkan lagi πŸ˜€

  5. Hmm…keren..cantik jeng..
    semoga sukses yah jeng GA nya…mau ikutan nggak ada stock poto jaman baholak..di kampung halaman semua..:)
    hmm..ingat jaman jaman karnaval dulu
    semangat kartini yah jeng…emansipasi..:)

    1. Aku foto-fotoku jaman dulu ku boyong semua ke sini πŸ˜€

      Makasih ya mama Kinan πŸ™‚

    1. Oh ya? Keknya baju Bodo lumayan ngehits di kalangan anak-anak pas Kartinian yak? πŸ˜€

      Juara gak ya??? Hahahaha…yang pasti, pas di lomba itulah pertama kalinya mamaku mengajarkan untuk tetap berbesar hati dan bersyukur walo dicurangi :mrgreen:

  6. Hihihi aku juga lagi ngubek ngubek albumku lagi pake baju bodo, tapi kok nda ketemu πŸ˜€ Kalau aku waktu kecil pas kartinian emang pengen banget pake baju bodo soalnya namanya lucu bodo bodo hahaha…

    Dari kecil rupanya dah cantik ya Mbak Lisa (bagi seratus ribu dong)
    Semoga menang ya mbak πŸ˜€

    1. Yah Una, aku punyanya 10ribu di dompet, mau gak? πŸ˜›

      Nah, satu lagi yang dulu pernah pake baju Bodo…memang ngehits ternyata baju daerah ini yak πŸ˜€

  7. Hahaha..dari kecil sdh cantik. Perlengkapan bajunya lengkap. Si Mama kayaknya niat banget agar anaknya tampil keren ya Jeng. Berhubung aku gak punya foto secantik ini, tapi pengen ikut, yah aku pasang foto anak saja πŸ™‚

    1. Namanya ibu-ibu, mbak, selalu semangat ngedandanin anaknya :mrgreen:

      Makasih ya mbak Evi. sukses juga buat mbak Evi di GA-nya yaaa…

  8. Kartini cilik yang kini berjaya di PLN dan tetap ber’sinar’ terus. Bangga dan bersyukurnya mama omanya Raja tuk pencapaian putri cantiknya. Sukses berpartisipasi di GAnya jeng Hanie ya. salam

    1. Hihi…tersipu baca ini.. makasih ya bu Prih, salam juga dari keluarga kami yaaa πŸ™‚

  9. Kt juga waktu jaman SD dulu pernah pake baju bodo. Cm sdh lupa, fotonya kt simpan dimana ya?? πŸ™‚ Baca postingan ini membuat kt mo bongkar2 album foto dulu, hehehehe…..

    Semoga menang ya…..

    1. Adoh, memang banyak skali yang dulu pernah pake ni baju noh πŸ˜€

      amin, makase ne One πŸ™‚

    1. Tuh kaaannn…bener banget deh kalo baju Bodo ini ngehits di kalangan anak-anak πŸ˜†

      Makasih ya Ndah πŸ™‚

  10. Mama Raja emang deh top bisa-bisanya kepikiran ngesearch baju bodo di wikipedia baru tau kalo sbenernya cewe pake baju bodo itu topless hehehe dan ada warna pakemnya pula padahal ayahku orang bugis dan aku dulu suka pake baju bodo untuk acara2 kartini bahkan nikahanku pun pake adat bugis warna merah (sesuai dengan ktentuan di wikipedia dunk :p)

    Menurut saya untuk anak kecil kalo pakean adat memang lebih enak pake baju bodo pakenya ga ribet bahannya ringan adem dan acecoris juga ga terlalu banyak simple ga perlu sasak2 pake bando, gelang, kalung, sabuk beres dah πŸ˜€

    1. Oalah, jadi ayahmu Bugis? Ribet gak sih nikahan adat Bugis itu? Etapi biasanya yang namanya acara adat itu pasti rumit binti ribet yak? πŸ˜€

      Iya emang, enaknya pake baju bodo krn gak panas dan gak gatel:D

    1. Ya ampun mbak, ngapain musti susah2 di-scan?? Tinggal buka album, lepasin plastiknya, trus dipoto deh pake kamera henpon, selesai :p

      Etapi aku setuju tuh yang bilang ke teh Nchie supaya aku dimenangin..hihihi

    1. Bahkan dulu di Cina, ada larangan memakain baju ungu bagi kalangan biasa lho…yang bisa pake ungu hanya kaisar dan keluarganya saja! πŸ˜†

      amin, makasih ya jeng πŸ™‚

  11. ungu udah dari kecil jadi favorit ya

    si sulungku dulu juga pernah pakai baju bodo keunguan , shocking pink deh tepatnya
    emang baju bodo itu simpel makeinnya, mudah untukku mama2 nggak terampil daripada baju Bali

      1. Harusnya sih ada, karena dulu pernah nari maengket. Tapi fotonya kok gak ada yak..jangan2 masih di rumah di manado..

    1. Hihihi…iya ternyata dari kecil udah suka sama yang keungu-unguan πŸ˜€

      Baju Bodo memang bersahabat banget terutama untuk anak-anak ya kak πŸ˜€

  12. Dari kemaren pengen komen tapi ga sempet….

    Cie cieee….dari SD aja udah cantik gitu… πŸ™‚
    Pengen ikutaaaan, aku juga banyak foto2 kartinian dan karnaval waktu SD tapi kan di rumah ortu.

    Tahon depan adalagi ga ya? prepare dari sekarang hahahaha πŸ˜€
    Besok mudik lebaran mau bongkar gudang di rumah ortu.

    1. Hahahaha…minta difotoin aja jeng, trus dikirimin filenya πŸ˜€

      Aih, dirimu membuatku malu..hihihi

  13. kata siapa jambul khatulistiwa itu baru tercetus dari Syahrini
    inih….buktinya sudah udah ada dari beberapa tahun yg lalu
    *kyknya syahrini nyontek dari fotomu Lis*
    hihihi…..

    1. Apa?? Tidak…aku sungguh tidak rela disama-samain dengan syahrini! Hihihihi… Etapi iya juga yah, jangan2 dia pernah liat foto aku ini trus akhirnya ikut-ikutan ya? Jadi pengen nanya deh ke mama di manado apa si syahrini pernah masuk rumah kami?? hihihi

  14. Waaa…foto saya pas Kartinian jaman SMP sudah entah kemana, hiks :-(. Sekolah Dita kemarin gak ngerayain Kartinian nih, gak punya foto Dita pas pake baju daerah. Semoga sukses kontesnya ya mam πŸ™‚

    1. Bundit dulu pake baju bodo juga? πŸ˜€

      Sekolah Dita kenapa gak ngerayain Kartinian bund?

  15. ahaaaa.. pake baju daerah ku nih.. sayang yaa, foto2 masa kecilku masih di rumah mama di makassar, ga bisa ikutan deh..

    ku doain allisa menang deh, mewakili aku yang kl ikutan kontes ini pasti pake baju bodo juga, hahaha.. hadiah bagi dua ya lis, lol

    1. Hahahahaha..iya nih, aku pake baju daerahmu yang cantik ini! Baju Bodo tuh memang idola anak-anak, soalnya gak ribet pakenya πŸ˜€

  16. Iya ga brubah tampangnya jeng dari kecil emg udah cantik ya..
    Btw Nisha n Aira jg pas kartinian pertama aku sengaja pakein baju bodo krn simple ga tll ribet krn kl disanggul ksian jg
    iya bener ak jg dl pernahbaca di wikipedia ttg baju bodo hehe..untung versi skr udah bagus yah cb kl beneran asli baju bodo jaman dl xixixi

    1. Hahaha…kalo jaman sekarang gak mungkin lagi orang pake baju kayak gitu di depan umum, jeng, serem ih πŸ˜€

      Iya yah, baju bodo tuh simple, cocok banget untuk anak2

      Thanks yah jeng Rully πŸ™‚

  17. hai mbak…salam kenal….
    dari kecil sampai sekarang emang cantik banget…..
    baju bodo emang bagus, dulu waktu kakakku karnaval, ibuku malah bikinin sendiri dari kerudung….sulap2 dikit tetep cantikkk….

    1. Halo, salam kenal juga :). Nanti aku mampir ke sana ya…tapi tolong nanti dicek di spam foldernya, soalnya biasanya komentarku suka nyasar di situ πŸ˜€

      Mamanya bikin sendiri? wow…hebat banget yah! Salut! πŸ™‚

    1. Hahahaha…jaman dulu sih belom ngetren ya jambul aja dinama-namain, jambul ya jambul…hihi..

      Sama-sama ya teh Nchie, jangan lupa pesan mbak Erry yaaa…hahaha

  18. saya orang bugisloh… tapi baju bodonya dah yg islami… wah… masih sempat ada tuh sekitar 10 tahunan lalu baju bodo yg transparan…

    1. Hah? Sekitar 10 tahunan lalu masih ada aja yang pake baju bodo transparan? Wew…hebat yah πŸ˜€

      Kalo sekarang baju bodo dah banyak modifikasinya yah, tapi aslinya baju ini cantik banget, warna-warnanya cerah dan leluasa banget rasanya kalo pake itu karena modelnya yang agak longgar πŸ™‚

Thanks for letting me know your thoughts after reading my post...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s